KURIKULUM OPERASIONAL SEKOLAH

Published by TeacherCreativeCorner on

Kurikulum Operasioanal Sekolah  sebagai perangkat panduan pelaksanaan pembelajaran di sekolah semestinya dikembangkan berdasarkan orientasi masa depan dan fleksibel dalam menghadapi tantangan perubahan yang terjadi sangat cepat. Kurikulum yang fleksibel merupakan seperangkat instrumen pendukung pelaksanaan pembelajaran yang dapat mengakomodir perubahan yang terjadi terkait dengan kondisi saat ini dan prediksi masa depan. Maka dari itu Kurikulum Operasional Sekolah SD Negeri 7 Subagan disusun untuk mewujudkan siswa yang memiliki skill Abad 21, berdasarkan kondisi terkini baik situasi formal dan informal. Aturan formal berupa kebijakan pemerintah terkait pelaksanaan prinsip Merdeka Belajar dan Profil Pelajar Pancasila yang memberikan opsi pada sekolah, dimana SD Negeri 7 Subagan menentukan pilihan Mandiri Berubah. Berdasarkan hal itu, maka lahirlah Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan SD Negeri 7 Subagan Tahun Pelajaran 2022/2023.

REFLEKSI KURIKULUM MERDEKA

CONTOH SKENARIO PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA

Pengembangan proses pembelajaran sebagai bagian dari proses pelaksanaan pendidikan yang harus selalu menyesuaikan dengan perubahan zaman. Maka dari itu Kurikulum Operasional Sekolah merupakan salah satu nomenklatur yang mencerminkan perubahan garis kebijakan Kemendikbudristek dalam menyiapkan sekolah dengan segenap kompleksitas aktivitas dan elemennya agar dapat beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Perubahan konten, konteks dan strategi pengembangan dan penerapan terkini yang diistilahkan dengan Kurikulum Merdeka lebih memberikan keleluasaan pada satuan pendidikan untuk mengadaptasinya sesuai dengan konten, konteks dan strategi yang relevan.

Seperti yang telah dijabarkan mulai dari Bab I hingga IV pada Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan SD Negeri 7 Subagan, merupakan gambaran strategi implementasi sesuai dengan pilihan Merdeka Berubah yang telah disepakati oleh segenap elemen sekolah. Hal ini membawa konsekuensi untuk pada kepala sekolah, guru dan staff untuk belajar untuk berubah yang sekaligus diimplementasikan pada saat yang bersamaan. Sudah barang tentu hal ini memerlukan energi yang lebih besar dari hanya sekedar belajar di tahap awal dan berubah di tahap selanjutnya. Aktivitas yang simultan yang terjadi akibat dari pilihan ini akhirnya melahirkan dokumen Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan SD Negeri 7 Subagan yang memiliki ciri khas yang telah disesuaikan dengan sumberdaya yang ada.

Semoga apa yang telah kepala sekolah bersama guru rancang ini, menjadi panduan yang efektif untuk mewujudkan cita-cita pendidikan sesuai prinsip-prinsip merdeka. Adapun kekurangan dan kelebihan dari konten, konteks dan strategi penerapan yang dipertimbangkan dan digunakan di SD Negeri 7 Subagan adalah cerminan keinginan untuk belajar dan sekaligus berubah di saat yang bersamaan. Untuk itu masukan dan saran sangat diperlukan demi kesempurnaan Kurikulum Operasional Pendidikan SD Negeri 7 Subagan. Terimakasih

Kurikulum Operasional Sekolah Lihat di sini

Kurikulum Operasional Sekolah

Categories: Uncategorized

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version