CONTOH MODUL PROJEK
CONTOH MODUL PROJEK DENGAN JUDUL MARI MEMILAH SAMPAH
Silahkan di baca dengan seksama, link unduh file projek ada di akhir tulisan
KOMPONEN UMUM
Nama Penulis Modul :
Sarana & Prasarana
- Plakat banner instruksi
- Video informasi dampak pencemaran sampah, manfaat pengolahan sampah dan informasi lain untuk memantik kesadaran
- Gambar menarik terkait dampak pencemaran sampah, manfaat pengolahan sampah, dan informasi lain untuk memantik kesadaran
- Tong sampah berbeda warna (hijau, kuning dan merah) bergambar menarik
- Tong sampah besar (hijau, kuning dan merah) bergambar menarik
- Sapu beridentitas siswa dan moto
- Serok beridentitas kelas dan moto
- Petunjuk arah pembuangan sampah
Target Peserta didik : Siswa kelas IV
Relevansi
Penulisan contoh modul projek digunakan sebagai panduan pelaksanaan projek, yang diselaraskan dengan kontekstualitas yang relevan. Pentingnya pemilahan sampah untuk mewujudkan kepdulian kepada siswa kelas II SD Negeri 7 Subagan terhadap upaya menjaga kelestarian lingkungan. Lingkungan yang bersih dan bebas dari sampah plastik merupakan awal dari upaya menjaga kelestarian lingkungan. Fakta umum ancaman global yang menjadi ancaman adalah pencemaran sampah terutama plastik dan yang lainnya dapat menyebabkan :
- Pemandangan yang tidak baik dan etis
- Penyumbatan saluran air
- Pencemaran tanah jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan tanah
Hal ini berkesesuaian dengan kondisi di depan sekolah yang terdapat saluran air yang sering tersumbat yang menyebabkan banjir. Sehingga perlu meningkatakan kesadaran dari siswa untuk bersama-sama menjaga lingkungan sekolah agar tidak tercemar sampah plastik.
Hal ini juga relevan dengan kebijakan pemerintah dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karangasem yang mengharapkan sekolah dan isntitusi pemerintah lainnya untuk berpartisipasi dalam mengatasi masalah sampah karena saat ini menjadi permasalahan keterbatasan kemampuan dalam mengolah sampah. Maka pihak dinas akan memprogramkan sistem pengomposan di tingkat isntitusi/OPD dan keluarga agar berkesadaran mengolah sampah organik secara mandiri, dan tidak dibebankan kepada pemerintah. Selain bermanfaat bagi kesuburan tanah di linkungan sekitar, juga mengurangi beban pemerintah, yang fokus untuk menangani sampah plastik beserta pengolahannya. Maka terkait hal itu Dinas Lingkungan Hidup sangat mengharapkan sampah yang dibuang di TPA hanya sampah plastik dan bahan berbahaya, karena sampah organik dapat dimanfaatkan oleh pihak institusi/OPD dan keluarga di masyarakat untuk menyuburkan tanah untuk kepentingan produktifitas pertanian lahan sempit diperkotaan dan lahan pertanian di pedesaan.
Baca Juga
KOMPONEN INTI
Deskripsi Projek
Pada contoh modul projek ini mengalalokasikan waktu 252 untuk kelas II untuk pengembangan projek yang dilaksanakan secara mingguan dengan Alokasi Waktu 2 JP perminggu (70 menit/6 hari = ± 11 menit per hari), dilakukan ketika istirahat dan menjelang pulang sekolah.
Alur Projek
Identitas Projek
Modul Projek Fase B (Kelas III dan IV) Tema: Gaya Hidup Berkelanjutan Judul: Mari Memilah Sampah Total Waktu: 18 JP/1 Semester |
Dimensi
1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa 2. Gotong-royong 3. Bernalar kritis Elemen 1.1 Ahklak kepada alam 2.1 Kolaborasi 3.1 Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan 3.2 Merefleksi dan mengevaluasi pemkirirannya sendiri |
Sub Elemen
1.1.1 Memahami keterhubungan ekosistem Bumi 1.1.2 Menjaga Lingkungan Alam Sekitar 2.1.1 Kerja sama 2.1.2 Koordinasi Sosial 3.1.1 Mengajukan pertanyaan 3.2.1 Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan
|
Tujuan
· Memahami keterhubungan antara satu ciptaan dengan ciptaan Tuhan lainnya · Terbiasa memahami tindakan-tindakan yang ramah lingkungan serta membiasakan diri berperilaku ramah lingkungan · Menampilkan tindakan yang sesuai dengan harapan dan tujuan kelompok · Menyadari bahwa dirinya memiliki peran yang berbeda dengan orang lain/temannya, serta mengetahui konsekwensi perannya terhadap ketercapaian tujuan · Mengajukan pertanyan untuk mengidentifikasi suatu permasalahan dan mengkonfirmasi pemahaman terhadap suatu permasalahan mengenai dirinya dan lingkungan sekitar · Mengumpulkan, mengklasifikasi dan memillih informasi dari berbagai sumber |
Indikator
- Mampu menghubungkan dampak lingkungan sekitar terhadap mahkluk hidup sebagai ciptaan Tuhan dan sebaliknya
- Mampu mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpilih
- Mampu mempertanyakan suatu dampak permasalahan ini antara dirinya dan lingkungannya
- Mampu mengambil peran sesuai dengan tugasnya dan konsekwensinya yang berbeda dengan orang lain
- Mampu menjelaskan tindakan diri yang berdampak pada lingkungan sekitar
- Mampu membiasakan tindakan diri agar berdampak ramah terhadap lingkungan
- Mampu bertindak sesuai dengan harapan dan tujuan kelompok
Asesemen Diagnostik
- Ceritakan dampaknya kepada kita jika lingkungan tempat kita tinggal rusak?
- Ceritakan apa yang kalian tonton tentang ulah manusia yang membuang sampah semabarangan?
- Ceritakan apa yang dapat kita lakukan agar lingkungan sekitar tetap ramah terhadap kita?
- Tindakan apa yang dapat kita lakukan agar kita dapat hidup nyaman di lingkungan yang sehat?
- Bagaimana tindakan yang akan kamu lakukan dapat berdampak baik terhadap lingkungan kita?
- Bagaimana kita dapat membiasakan diri agar berdampak ramah terhadap lingkungan?
- Bagaimana kalian dapat bekerjasama sesuai dengan harapan dan tujuan kelompok?
- Bagaimana kalian dapat mengajak orang lain untuk bekerjasa sama untuk bertindak ramah dengan lingkungan sekitar?
Tahapan dan Program
Tahap Pengenalan : Mengenal dan membangun kesadaran pesrta didik terhadap isu pengelolaan sampah dan implikasinya terhadap kerusakan alam dan perubahan iklim
Minggu 1 – 2 |
||||
1) Perkenalan kerusakan lingkungan akibat pencemaran sampah | 2) Eksplorasi isu dengan menoton video, mengamati gambar tentang pencemaran dan akibatnya | 3) Refleksi awal | 4) Kunjungan ke TPA/Tempat pembuangan sampah terdekat | 5) Mendiskusikan terkait hal yang diamati di TPA |
Tahap Kontekstualitas : mengkontekstualisasi msalah dalam lingkungan terdekat
Minggu 3 – 4 |
||||
6) Menggambar suasana TPA yang banyak sampah | 7) Memamerkan dan mendeskripsikan gambar tentang pencemaran sampah | 8) Memajang karya gambar dipajangan di dinding kelas | 9) Mendemonstrasikan ungkapan perasaan terkait gambar tentang pencemaran sampah | 10) Asesemen formatif berpendapat tentang kondisi pengalolaan sampah di sekolah |
Tahap Aksi : bersama -sama mewujudkan pelajaran yang mereka dapatkan melalui aksi nyata
Minggu 5 – 16 |
||||
11) Merenung dan berdiskusi tentang cara mengelola sampah | 12) Melakukan aksi nyata untuk mengelola sampah (memilah sampah) | 13) Melakukan aksi nyata untuk mengelola sampah (memilah sampah) | 14) Melakukan aksi nyata mengajak adik, dan kakak kelas, guru untuk peduli dalam berkegiatan memilah sampah | 15) Asesemen formatif pengamatan dalam hal melakukan aksi nyata |
Tahap Refleksi dan Tindak Lanjut : Menggenapi proses dengan berbagi karya, evaluasi dan refleksi serta menyusun dan melakukan langkah strategis selanjutnya
Minggu 14 – 16 |
||||
16) Melanjutkan melakukan aksi nyata memilah sampah dan mengajak adik, kakak kelas dan guru untuk memilah sampah | 17) Asesemen Sumatif, bercerita dan berpendapat tentang aksi nyata yang telah sedang dan akan dilakukan | 18) Asesemen Sumatif, bercerita dan berpendapat tentang aksi nyata yang telah sedang dan akan dilakukan | 19) Beraksi dan berefleksi tentang kegiatan aksi nyata memilah sampah dan mengajak adik, kakak kelas dan guru untuk memilah sampah | 20) Melaksanakan aksi nyata secara berkelanjutan |
Asesemen
Asesemen yang dilaksanakan adalah asesemen berbasis kinerja sesuai panduan penilaian berikut:
NO | DESKRIPTOR | KRETERIA | ||
1 | 2 | 3 | ||
a. Mengenal hubungan pencemaran lingkungan di sekitar sekolah dengan kerusakan lingkungan bumi | ||||
b. Mendeskripsikan kondisi pengelolaan sampah di lingkungan sekolah | ||||
c. Mengajukan pertanyaan terkait upaya-upaya yang telah dilakukan untuk mengelola sampah | ||||
d. Mengungkapkan ide dan gagasan untuk mengelola sampah agar tidak mencemari linkungan | ||||
e. Bekerja sama merencanakan aksi nyata memilah sampah | ||||
f. Mengajak orang lain untuk memahami dampak dari pencemaran sampah |
Keterangan
- 1 = akan berkembang
- 2 = sedang berkembang
- 3 = sudah berkembang
LAMPIRAN CONTOH MUDUL PROJEK
Lembar Kerja Peserta Didik
LEMBAR KERJA SISWA
Tujuan
Membiasakan tindakan diri agar peduli dengan lingkungan sekitar melalui kegiatan memilah sampah
Alat dan Bahan
Sapu, serok, 3 tong sampah kecil beda warna, pamflet ajakan memilah sampah, gambar petunjuk arah membuang sampah. plaster doubel tips
Langkah Kegiatan
- Tontonlah video yang ditayangkan oleh guru
- Kemukakan pendapat kamu dengan memberikan tanda/ikon senang tidak senang sesuai gambar yang disediakan guru!
- Ceritakan apa yang sudah kalian tonton tadi?
- Ceritakan dampaknya kepada kita jika lingkungan tempat kita tinggal rusak?
- Ceritakanlah dampak dari kebiasaan membuang sampah sembarangan yang merusak lingkungan!
- Ceritakan apa yang kalian tonton tentang ulah manusia yang membuang sampah sembarangan?
- Tampilah ke depan kelas dan ceritakan ulah manusia membuang sampah sembarangan dan dampaknya
- Ceritakan apa yang dapat kita lakukan agar lingkungan sekitar tetap ramah terhadap kita?
- Kemukakan pendapatmu tentang hal yang dapat dilakukan agar selalu bertindak ramah dengan lingkungan!
- Tindakan apa yang dapat kita lakukan agar kita dapat hidup nyaman di lingkungan yang sehat?
- Buatlah tulisan ajakan memilah sampah kepada kakak dan adik kelas kalian!
- Bagaimana tindakan yang akan kamu lakukan dapat berdampak baik terhadap lingkungan kita?
- Tempelkan gambar yang kamu buat pada tempat-tempat strategis termasuk sapu, serok dan ember dengan plater doubel tips
- Bagaimana kita dapat membiasakan diri agar berdampak ramah terhadap lingkungan?
- Lakukankanlah kegiatan memillah sampah setiap akhir pelajaran dan tulislah kegiatan kamu pada jurnal
- Bagaimana kalian dapat bekerjasama sesuai dengan harapan dan tujuan kelompok?
- Bekerjasamalah dengan teman-teman kalian di kelas untuk dapat membiasakan diri memilah sampah setiap membung sampah!
- Bagaimana kalian dapat mengajak orang lain untuk bekerjasa sama untuk bertindak ramah dengan lingkungan sekitar?
- Ajaklah kakak, adik dan guru kalian untuk melakukan kegiatan pemilahan sampah ketika membuang sampah?
Data yang ada
NO | MINGGU KE | KEGIATAN BERCERITA
1.Ceritakan apa hal baik yang berhubungan dengan kegiatan memilah sampah? 2.Ceritakan apa peristiwa menarik yang terjadi pada minggu ini! 3.Ceritakan hal apa yang menyenangkan ketika kalian memilah sampah? 4.Bagaimana kamu melakukannya kegiatan memilah sampah? 5.Bagaimana kalian akan dapat mengajak teman lain untuk ikut megiatan memilah sampah? 6.Bagaimana kalian akan melanjutkan kegiatan baik tersebut? |
1 | Minggu 1 | |
2 | Minggu 2 | |
3 | Minggu 3 | |
4 | Minggu 4 | |
5 | Minggu 5 | |
6 | Minggu 6 | |
7 | Minggu 7 | |
8 | Minggu 8 | |
9 | Minggu 9 | |
10 | Minggu 10 | |
11 | Minggu 11 | |
12 | Minggu 12 | |
13 | Minggu 13 | |
14 | Minggu 14 | |
15 | Minggu 15 | |
16 | Minggu 16 |
Bacaan Referensi
https://www.youtube.com/watch?v=lAbu0znJ1W8
https://www.youtube.com/watch?v=y9fJK2wbWT4
https://www.youtube.com/watch?v=Z1C8j393gXg
Glosarium
Modul Projek : Serangkaian petunjuk untuk memandu guru melakukan aktivitas mengajar dengan model projek
Projek : Serangkaian kegiatan belajar dengan durasi tertentu untuk pengembangan pengatahuan, sikap dan karakter
Profil Pelajar Pancasila : Rincian nilai-nilai sikap dan tindakan yang baik sesuai skill masa depan yang dijabarkan dari nilai-nilai Pancasila
Relevansi : Kecocokan
Deskripsi Projek : Penjelasan tentang serangkaian kegiatan projek
Alur Projek : Tata urutan kegiatan belajar yang runut, baik dari sempit ke luas, umum ke sempit, dangkal ke dalam dan lain-lain
Identitas Projek : Keterangan pokok tentang kegiatan projek
Dimensi : Bagian-bagian dari (Profil Pelajar Pancasila)
Elemen : Bagian dari dimensi (Profil Pelajar Pancasila)
Sub Elemen : Bagian dari elemen (Profil Pelajar Pancasila)
Tujuan : Penjabaran dari kompetensi pada sub elemen
Indikator : Penjabaran kompetensi lebih mendalam dan detail dari tujuan
Asesemen DIagnostik : Penilaian di awal untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik
Tahapan dan Program : Rentang waktu kegiatan, tata urutan kegiatan
Tahap Pengenalan : Tahapan untuk mengenal/mengetahui
Tahap Kontekstualitas : Rantang waktu kegiatan untuk mencari kesesuaian dengan fakta/peristiwa/fenomena nyata di lapangan
Tahap Aksi : Rentang waktu pelaksanaan kegiatan
Tahap Refleksi dan Tindak Lanjut : Rentang waktu merenungkan kembali hal-hal/peristiwa yang telah terjadi untuk menemukan makna dan praktik yang layak dilanjutkan dan ditingkatkan
Asesemen : Seperangkat kegiatan dan alat untuk mengukur keberhasilan belajar
Deskriptor : Item penjelas
Kreteria : Item penggolongan tingkat kecakapan dalam rentang terntentu
Lembar Kerja Siswa : Alat bantu aktivitas belajar untuk mempermudah siswa melakukan kegiatan belajar yang memuat serangkaian petunjuk dan isian yang wajib lakukan dan dilengkapi siswa
Glosarium : Daftar kata
Daftar Pustaka : Sumber informasi yang dibaca dalam membuat modul projek ini
Daftar Pustaka
Tim Penyusun Panduan, 2021. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta :Kemendikbudristek
Badan Standar Kurikulum dan Asesemen Pendidikan, 2022. Dimensi, Elemen dan Sub Elemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Jakarta : Kemendikbudristek
0 Comments