CONTOH MODUL PROJEK

Published by TeacherCreativeCorner on

CONTOH MODUL PROJEK DENGAN JUDUL MARI MEMILAH SAMPAH

Silahkan di baca dengan seksama, link unduh file projek ada di akhir tulisan

KOMPONEN UMUM

Nama Penulis Modul :

Sarana & Prasarana

  1. Plakat banner instruksi
  2. Video informasi dampak pencemaran sampah, manfaat pengolahan sampah dan informasi lain untuk memantik kesadaran
  3. Gambar menarik terkait dampak pencemaran sampah, manfaat pengolahan sampah, dan informasi lain untuk memantik kesadaran
  4. Tong sampah berbeda warna (hijau, kuning dan merah) bergambar menarik
  5. Tong sampah besar (hijau, kuning dan merah) bergambar menarik
  6. Sapu beridentitas siswa dan moto
  7. Serok beridentitas kelas dan moto
  8. Petunjuk arah pembuangan sampah

Target Peserta didik : Siswa kelas IV

Relevansi

Penulisan contoh modul projek digunakan sebagai panduan pelaksanaan projek, yang diselaraskan dengan kontekstualitas yang relevan. Pentingnya pemilahan sampah untuk mewujudkan kepdulian kepada siswa kelas II SD Negeri 7 Subagan terhadap upaya menjaga kelestarian lingkungan. Lingkungan yang bersih dan bebas dari sampah plastik merupakan awal dari upaya menjaga kelestarian lingkungan. Fakta umum ancaman global yang menjadi ancaman adalah pencemaran sampah terutama plastik dan yang lainnya dapat menyebabkan :

  1. Pemandangan yang tidak baik dan etis
  2. Penyumbatan saluran air
  3. Pencemaran tanah jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan tanah

Hal ini berkesesuaian dengan kondisi di depan sekolah yang terdapat saluran air yang sering tersumbat yang menyebabkan banjir. Sehingga perlu meningkatakan kesadaran dari siswa untuk bersama-sama menjaga lingkungan sekolah agar tidak tercemar sampah plastik.

Hal ini juga relevan dengan kebijakan pemerintah dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karangasem yang mengharapkan sekolah dan isntitusi pemerintah lainnya untuk berpartisipasi dalam mengatasi masalah sampah karena saat ini menjadi permasalahan keterbatasan kemampuan dalam mengolah sampah. Maka pihak dinas akan memprogramkan sistem pengomposan di tingkat isntitusi/OPD dan keluarga agar berkesadaran mengolah sampah organik secara mandiri, dan tidak dibebankan kepada pemerintah. Selain bermanfaat bagi kesuburan tanah di linkungan sekitar, juga mengurangi beban pemerintah, yang fokus untuk menangani sampah plastik beserta pengolahannya. Maka terkait hal itu Dinas Lingkungan Hidup sangat mengharapkan sampah yang dibuang di TPA hanya sampah plastik dan bahan berbahaya, karena sampah organik dapat dimanfaatkan oleh pihak institusi/OPD dan keluarga di masyarakat untuk menyuburkan tanah untuk kepentingan produktifitas pertanian lahan sempit diperkotaan dan lahan pertanian di pedesaan.

Baca Juga

 

KOMPONEN INTI

Deskripsi Projek

Pada contoh modul projek ini mengalalokasikan waktu 252 untuk kelas II untuk pengembangan projek yang dilaksanakan secara mingguan dengan Alokasi Waktu 2 JP perminggu (70 menit/6 hari = ± 11 menit per hari), dilakukan ketika istirahat dan menjelang pulang sekolah.

Alur Projek

Identitas Projek

Modul Projek Fase B (Kelas III dan IV)

Tema: Gaya Hidup Berkelanjutan

Judul: Mari Memilah Sampah

Total Waktu: 18 JP/1 Semester

Dimensi

1.      Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

2.      Gotong-royong

3.      Bernalar kritis

Elemen

1.1 Ahklak kepada alam

2.1 Kolaborasi

3.1 Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan

3.2  Merefleksi dan mengevaluasi pemkirirannya sendiri

Sub Elemen

1.1.1 Memahami keterhubungan ekosistem Bumi

1.1.2 Menjaga Lingkungan Alam Sekitar

2.1.1  Kerja sama

2.1.2  Koordinasi Sosial

3.1.1  Mengajukan pertanyaan

3.2.1  Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan

 

Tujuan

·      Memahami keterhubungan antara satu ciptaan dengan ciptaan Tuhan lainnya

·     Terbiasa memahami tindakan-tindakan yang ramah lingkungan serta membiasakan diri berperilaku ramah lingkungan

·      Menampilkan tindakan yang sesuai dengan harapan dan tujuan kelompok

·     Menyadari bahwa dirinya memiliki peran yang berbeda dengan orang lain/temannya, serta mengetahui konsekwensi perannya terhadap ketercapaian tujuan

·      Mengajukan pertanyan untuk mengidentifikasi suatu permasalahan dan mengkonfirmasi pemahaman terhadap suatu permasalahan mengenai dirinya dan lingkungan sekitar

·     Mengumpulkan, mengklasifikasi dan memillih informasi dari berbagai sumber

 

Indikator

  1. Mampu menghubungkan dampak lingkungan sekitar terhadap mahkluk hidup sebagai ciptaan Tuhan dan sebaliknya
  2. Mampu mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpilih
  3. Mampu mempertanyakan suatu dampak permasalahan ini antara dirinya dan lingkungannya
  4. Mampu mengambil peran sesuai dengan tugasnya dan konsekwensinya yang berbeda dengan orang lain
  5. Mampu menjelaskan tindakan diri yang berdampak pada lingkungan sekitar
  6. Mampu membiasakan tindakan diri agar berdampak ramah terhadap lingkungan
  7. Mampu bertindak sesuai dengan harapan dan tujuan kelompok

Asesemen Diagnostik

  1. Ceritakan dampaknya kepada kita jika lingkungan tempat kita tinggal rusak?
  2. Ceritakan apa yang kalian tonton tentang ulah manusia yang membuang sampah semabarangan?
  3. Ceritakan apa yang dapat kita lakukan agar lingkungan sekitar tetap ramah terhadap kita?
  4. Tindakan apa yang dapat kita lakukan agar kita dapat hidup nyaman di lingkungan yang sehat?
  5. Bagaimana tindakan yang akan kamu lakukan dapat berdampak baik terhadap lingkungan kita?
  6. Bagaimana kita dapat membiasakan diri agar berdampak ramah terhadap lingkungan?
  7. Bagaimana kalian dapat bekerjasama sesuai dengan harapan dan tujuan kelompok?
  8. Bagaimana kalian dapat mengajak orang lain untuk bekerjasa sama untuk bertindak ramah dengan lingkungan sekitar?

Tahapan dan Program

Tahap Pengenalan : Mengenal dan membangun kesadaran pesrta didik terhadap isu pengelolaan sampah dan implikasinya terhadap kerusakan alam dan perubahan iklim

Minggu 1 – 2

1)      Perkenalan kerusakan lingkungan akibat pencemaran sampah 2)  Eksplorasi isu dengan menoton video, mengamati gambar tentang pencemaran dan akibatnya 3)  Refleksi awal 4)  Kunjungan ke TPA/Tempat pembuangan sampah terdekat 5)  Mendiskusikan terkait hal yang diamati di TPA
Tahap Kontekstualitas : mengkontekstualisasi msalah dalam lingkungan terdekat

Minggu 3 – 4

6)      Menggambar suasana TPA yang banyak sampah 7)  Memamerkan dan mendeskripsikan gambar tentang pencemaran sampah 8)  Memajang karya gambar dipajangan di dinding kelas 9)  Mendemonstrasikan ungkapan perasaan terkait gambar tentang pencemaran sampah 10)   Asesemen formatif berpendapat tentang kondisi pengalolaan sampah di sekolah
Tahap Aksi : bersama -sama mewujudkan pelajaran yang mereka dapatkan melalui aksi nyata

Minggu 5 – 16

11)   Merenung dan berdiskusi tentang cara mengelola sampah 12)    Melakukan aksi nyata untuk mengelola sampah (memilah sampah) 13)  Melakukan aksi nyata untuk mengelola sampah (memilah sampah) 14)   Melakukan aksi nyata mengajak adik, dan kakak kelas, guru untuk peduli dalam berkegiatan memilah sampah 15)   Asesemen formatif pengamatan dalam hal melakukan aksi nyata
Tahap Refleksi dan Tindak Lanjut : Menggenapi proses dengan berbagi karya, evaluasi dan refleksi serta menyusun dan melakukan langkah strategis selanjutnya

Minggu 14 – 16

16)   Melanjutkan melakukan aksi nyata memilah sampah dan mengajak adik, kakak kelas dan guru untuk memilah sampah 17)    Asesemen Sumatif, bercerita dan berpendapat tentang aksi nyata yang telah sedang dan akan dilakukan 18)    Asesemen Sumatif, bercerita dan berpendapat tentang aksi nyata yang telah sedang dan akan dilakukan 19)   Beraksi dan berefleksi tentang kegiatan aksi nyata memilah sampah dan mengajak adik, kakak kelas dan guru untuk memilah sampah 20)   Melaksanakan aksi nyata secara berkelanjutan

 

Asesemen

Asesemen yang dilaksanakan adalah asesemen berbasis kinerja sesuai panduan penilaian berikut:

NO DESKRIPTOR KRETERIA
1 2 3
a.     Mengenal hubungan pencemaran lingkungan di sekitar sekolah dengan kerusakan lingkungan bumi
b.     Mendeskripsikan kondisi pengelolaan sampah di lingkungan sekolah
c.      Mengajukan pertanyaan terkait upaya-upaya yang telah dilakukan untuk mengelola sampah
d.     Mengungkapkan ide dan gagasan untuk mengelola sampah agar tidak mencemari linkungan
e.     Bekerja sama merencanakan aksi nyata memilah sampah
f.       Mengajak orang lain untuk memahami dampak dari pencemaran sampah

Keterangan

  • 1 = akan berkembang
  • 2 = sedang berkembang
  • 3 = sudah berkembang

 

LAMPIRAN CONTOH MUDUL PROJEK

Lembar Kerja Peserta Didik

LEMBAR KERJA SISWA

Tujuan

Membiasakan tindakan diri agar peduli dengan lingkungan sekitar melalui kegiatan memilah sampah

Alat dan Bahan

Sapu, serok, 3 tong sampah kecil beda warna, pamflet ajakan memilah sampah, gambar petunjuk arah membuang sampah. plaster doubel tips

Langkah Kegiatan

  1. Tontonlah video yang ditayangkan oleh guru
  2. Kemukakan pendapat kamu dengan memberikan tanda/ikon senang tidak senang sesuai gambar yang disediakan guru!
  3. Ceritakan apa yang sudah kalian tonton tadi?
  4. Ceritakan dampaknya kepada kita jika lingkungan tempat kita tinggal rusak?
    • Ceritakanlah dampak dari kebiasaan membuang sampah sembarangan yang merusak lingkungan!
  5. Ceritakan apa yang kalian tonton tentang ulah manusia yang membuang sampah sembarangan?
    • Tampilah ke depan kelas dan ceritakan ulah manusia membuang sampah sembarangan dan dampaknya
  6. Ceritakan apa yang dapat kita lakukan agar lingkungan sekitar tetap ramah terhadap kita?
    • Kemukakan pendapatmu tentang hal yang dapat dilakukan agar selalu bertindak ramah dengan lingkungan!
  7. Tindakan apa yang dapat kita lakukan agar kita dapat hidup nyaman di lingkungan yang sehat?
    • Buatlah tulisan ajakan memilah sampah kepada kakak dan adik kelas kalian!
  8. Bagaimana tindakan yang akan kamu lakukan dapat berdampak baik terhadap lingkungan kita?
    • Tempelkan gambar yang kamu buat pada tempat-tempat strategis termasuk sapu, serok dan ember dengan plater doubel tips
  9. Bagaimana kita dapat membiasakan diri agar berdampak ramah terhadap lingkungan?
    • Lakukankanlah kegiatan memillah sampah setiap akhir pelajaran dan tulislah kegiatan kamu pada jurnal
  10. Bagaimana kalian dapat bekerjasama sesuai dengan harapan dan tujuan kelompok?
    • Bekerjasamalah dengan teman-teman kalian di kelas untuk dapat membiasakan diri memilah sampah setiap membung sampah!
  11. Bagaimana kalian dapat mengajak orang lain untuk bekerjasa sama untuk bertindak ramah dengan lingkungan sekitar?
    • Ajaklah kakak, adik dan guru kalian untuk melakukan kegiatan pemilahan sampah ketika membuang sampah?

 

 Data yang ada

NO MINGGU KE KEGIATAN BERCERITA

1.Ceritakan apa hal baik yang berhubungan dengan kegiatan memilah sampah?

2.Ceritakan apa peristiwa menarik yang terjadi pada minggu ini!

3.Ceritakan hal apa yang menyenangkan ketika kalian memilah sampah?

4.Bagaimana kamu melakukannya kegiatan memilah sampah?

5.Bagaimana kalian akan dapat mengajak teman lain untuk ikut megiatan memilah sampah?

6.Bagaimana kalian akan melanjutkan kegiatan baik tersebut?

1 Minggu 1  
2 Minggu 2  
3 Minggu 3  
4 Minggu 4  
5 Minggu 5  
6 Minggu 6  
7 Minggu 7  
8 Minggu 8  
9 Minggu 9  
10 Minggu 10  
11 Minggu 11  
12 Minggu 12  
13 Minggu 13  
14 Minggu 14  
15 Minggu 15  
16 Minggu 16  

 

Bacaan Referensi

https://www.youtube.com/watch?v=lAbu0znJ1W8

https://www.youtube.com/watch?v=y9fJK2wbWT4

https://www.youtube.com/watch?v=Z1C8j393gXg

http://v2.karangasemkab.go.id/index.php/baca-artikel/22/Melongok-Tempat-Pemerosesan-Akhir-Sampah-Mengolah-Sampah-Menjadi-Biogas-dan-Minyak

Glosarium

Modul Projek                                      :    Serangkaian petunjuk untuk memandu guru melakukan aktivitas mengajar dengan model projek

Projek                                                :    Serangkaian kegiatan belajar dengan durasi tertentu untuk pengembangan pengatahuan, sikap dan karakter

Profil Pelajar Pancasila                       :    Rincian nilai-nilai sikap dan tindakan yang baik sesuai skill masa depan yang dijabarkan dari nilai-nilai Pancasila

Relevansi                                          :    Kecocokan

Deskripsi Projek                                 :    Penjelasan tentang serangkaian kegiatan projek

Alur Projek                                         :    Tata urutan kegiatan belajar yang runut, baik dari sempit ke luas, umum ke sempit, dangkal ke dalam dan lain-lain

Identitas Projek                                  :    Keterangan pokok tentang kegiatan projek

Dimensi                                             :    Bagian-bagian dari (Profil Pelajar Pancasila)

Elemen                                              :    Bagian dari dimensi (Profil Pelajar Pancasila)

Sub Elemen                                       :    Bagian dari elemen (Profil Pelajar Pancasila)

Tujuan                                               :    Penjabaran dari kompetensi pada sub elemen

Indikator                                            :    Penjabaran kompetensi lebih mendalam dan detail dari tujuan

Asesemen DIagnostik                         :    Penilaian di awal untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik

Tahapan dan Program                        :    Rentang waktu kegiatan, tata urutan kegiatan

Tahap Pengenalan                              :    Tahapan untuk mengenal/mengetahui

Tahap Kontekstualitas                        :    Rantang waktu kegiatan untuk mencari kesesuaian dengan fakta/peristiwa/fenomena nyata di lapangan

Tahap Aksi                                        :    Rentang waktu pelaksanaan kegiatan

Tahap Refleksi dan Tindak Lanjut        :    Rentang waktu merenungkan kembali hal-hal/peristiwa yang telah terjadi untuk menemukan makna dan praktik yang layak dilanjutkan dan ditingkatkan

Asesemen                                         :    Seperangkat kegiatan dan alat untuk mengukur keberhasilan belajar

Deskriptor                                          :    Item penjelas

Kreteria                                              :    Item penggolongan tingkat kecakapan dalam rentang terntentu

Lembar Kerja Siswa                           :    Alat bantu aktivitas belajar untuk mempermudah siswa melakukan kegiatan belajar yang memuat serangkaian petunjuk dan isian yang wajib lakukan dan dilengkapi siswa

Glosarium                                          :    Daftar kata

Daftar Pustaka                                   :    Sumber informasi yang dibaca dalam membuat modul projek ini

 Daftar Pustaka

Tim Penyusun Panduan, 2021. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta :Kemendikbudristek

Badan Standar Kurikulum dan Asesemen Pendidikan, 2022. Dimensi, Elemen dan Sub Elemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Jakarta : Kemendikbudristek


1 Comment

Ariati · July 17, 2022 at 10:54 am

trimakasih pak putra, sangat membantu guru guru kami dalam membuat projek, teruskan berbagi ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: