PEMBELAJARAN DAN PROJEK
Panduan Pengembangan Pembelajaran dan Projek pada Kurikulum Merdeka
Pengantar
Kata merdeka belajar dan mengajar boleh jadi mengisaratkan sebuah keleluasaan bagi pelaksana pembelajaran di tingkat sekolah. Karena merdeka dalam konteks pembelajaran memiliki makna keleluasan dalam merancang strategi pembelajaran yang relevan dengan konteks situasi pembelajaran yang diselenggarakan. Hendaknya dihindari pemaknaan merdeka yang berarti bebas, karena dalam frase merdeka belajar, ada kata belajar yang mengikutinya, sehingga harus diberi pemaknaan yang lengkap yaitu merdeka belajar. Walaupun merdeka berarti bebas, tetapi tetap menjadi satu kesatuan makna dengan “belajar” yang pastinya memiliki pakem atau aturan tersendiri. Maka dari itu merdeka belajar dimaknai sebagai keleluasaan dalam konteks menerapkan pembelajaran yang memiliki aturan tertentu sesuai dengna prinsip-prinsip pembelajaran itu sendiri. Prinsip pembelajaram yang dimaksud dalam hal ini adalah yang senantiasa bermakna dan berdampak bagi peserta didik.
Baca Juga
Pembelajaran dan Projek
Berikut masing-masing langkah pengembangan perencanaan terkait 3 domain konten Kurikulum Merdeka seperti dijelaskan di bawah ini.
-
Intrakurikuler
Berikut langkah-langkah penyusunan domain pembelajaran seperti termuat dalam standar isi Kurikulum Merdeka adalah sebagai berikut:
-
- Memahami capaian pembelajaran
- Menjabarkan capaian pembelajaran menjadi tujuan pembelajaran
- Menyusun tujuan pembelajaran yang disesuaikan dengan kedalaman, keluasan dan jenjang pemahaman peserta didik dalam alur tujuan pembelajaran
- Merancang strategi asesemen pembelajaran yang akan dilaksanakan
- Menentukan indikator pencapaian tujuan pembelajaran
- Menentukan jenjang kelas sasaran pembelajaran
- Menentukan jumlah perkiraan alokasi waktu yang diperlukan
- Menyusun modul ajar atau RPP
- Pelaksanaan pembelajaran
- Refleksi dan perbaikan perangkat ajar
- Asesemen kegiatan
-
Kokurikuler
Pengembangan kokurikuler dalam kurikulum merdeka mengacu pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, yang disusun dengan langkah-langkah
-
- Menggali gagasan bersama peserta didik,
- Mengklasifikasi gagasan dan menyusun topik belajar yang akan dikembangkan
- Menyelaraskan elemen dimensi Profil Pelajar Pancasila
- Menyepakati tujuan pelaksanaan projek bersama peserta didik
- Mengidentifikasi sasaran dan pihak yang akan dilibatkan dalam projek
- Menyusun rencana projek dan penentuan durasi dan alokasi waktu pelaksanaan bersama perserta didik
- Menyepakati aksi nyata yang akan dilaksankan bersama peserta didik
- Pelaksanaan aksi nyata bersama peserta didik
- Menyepakati produk yang akan dihasilkan bersama peserta didik
- Menyepakati strategi berbagi, presentasi dan penyebarluasan produk hasil karya bersama peserta didik
- Menyepakati dan melaksanakan perayaan keberhasilan bersama perserta didik
- Refleksi kebermanfaatan dan penyempurnaan kegiatan bersama peserta didik
- Asesemen kegiatan
-
Ekstrakurikuler
Pengembangan ekstrakurikuler mengacu kepada pengembangan bakat baik individual dan kelompok pada peserta didik dengan langkah-langkah:
-
- Mengidentifikasi bakat dan minat peserta didik
- Mengidentifikasi ketersediaan sumberdaya pendidik dan sarana prasarana
- Memfasilitasi pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler
- Menentukan waktu pelaksanaan ekstrakurikuler
- Melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler
- Refleksi kegiatan ekstrakurikuler
- Asesemen kegiatan
Penutup
Demikian secara singkat penjabaran kegiatan pembelajaran ala Kurikulum Merdeka yang mengacu pada 3 domain konten pembelajaran yang selengkapnya menjadi bagian tidak terpisahkan dalam Kurikulum Operasional Sekolah. Secara teknis langkah-langkah tersebut dikembangkan disesuaikan dengan kondisi karakteristik sekolah, dengan melibatkan berbagai elemen yang relevan.
Petunjuk Lengkap Pelaksanaan Kurikulum Merdeka
0 Comments