PENDAMPINGAN INDIVIDU 5

Published by TeacherCreativeCorner on

Fokus Pendampingan individu yang dilakukan adalah Diskusi hasil Lokakarya 5 dan modul 3.1 , meliputi diskusi hasil pemetaan sumber daya, refleksi proses pembuatan peta sumber daya (cek lembar refleksi). refleksi capaian kompetensi di bulan ke-5 dan mengapresiasi capaian Guru Penggerak Pendampingan dilakukan pada tanggal 13- 15 Juni 2022, sebagai kegiatan pendampingan yang dilaksanakan dalam kurun waktu seminggu sebelum lokakarya 6.

Baca Juga

Pendampingan Ni Putu Tustiana Dewi

Kegiatan pendampingan yang dilakukan pada tanggal 13 Juni 2022 ini diawali dengan menanyakan kabar CGP terkait tugas-tugas yang dikerjakan di LMS yang dipandu oleh fasilitator CGP.

pendampingan individu

pendampingan individu

Pemetaan Sumber Daya

Apa yang Bapak/Ibu temukan ketika melakukan proses pemetaan sumber daya?Adakah hal-hal menarik dan khusus yang ditemukan?

Dalam proses pemetaan sumber daya hal yang menarik yang saya temukan adalah dimana seorang guru memiliki potensi yang sangat luar biasa di bidang perkebunan dan murid pun seperti itu karena mereka sering membantu orang tuanya ke kebun/keswah, didukung dengan kondisi alam di lingkungan sekolah yang cocok untuk lahan pertanian.

Perubahan apa yang Bapak/Ibu harapkan dapat terjadi di lingkungan sekolah setelah Bapak/Ibu mengetahui sumber daya yang ada dan bagaimana Bapak/Ibu mewujudnyatakan perubahan tersebut?

Perubahan yang yang saya harapkan adalah sekolah mampu lebih memfokuskan kegiatan di bidang perkebunan, karena dilihat dari potensi manusia dan lingkungan yang ada di sekolah , yang nantinya mampu berwirausaha dari hasil berkebun yang dilakukan oleh guru maupun murid.

Bagaimana Bapak/Ibu akan menggunakan hasil pemetaan yang diperoleh untuk memaksimalkan potensi sekolah?

Hasil pemetaan yang dilakukan secara observasi atau pengamatan, untuk meningkatkan saya akan memberikan motivasi dan kolaborasi untuk dapat meningkatkan potensi yang sudah ada.

Refleksi proses pembuatan peta sumber daya

Bagaimana proses Bapak/Ibu dalam menemukan/mengidentifikasi sumber daya yang ada di sekolah?

Proses yang saya lakukan selama sebulan ini adalah dengan cara mengamati dan memperhatikan potensi yang ada dan dapat muncul ketika hal tersebut lebih dikuatkan lagi.

Apa saja kendala dan tantangan yang Bapak/Ibu hadapi saat melakukan identifikasi sumber daya sekolah dan bagaimana Bapak/Ibu mengatasinya?

Tantangan yang dihadapi adalah waktu pada saat berkegiatan, dan padatnya kegiatan yang dilakukan serta tugas-tugas yang harus diselesaikan, serta membangun kesadaran dan komitmen dari teman teman guru. Cara mengatasi membagi waktu dengan baik, selalu berusaha memotivasi teman-teman yang ada.

Bagaimana perasaan Bapak/Ibu ketika berhasil mengidentifikasi sumber daya sekolah?

Perasaan saya bangga karena sekolah banyak memiliki potensi meskipun itu hal kecil, namun sangat perlu diapresiasi dan dikuatkan sehingga nantinya mampu menjadi kekuatan yang besar.

Apa pertimbangan Bapak/Ibu dalam menentukan sumber daya sekolah?

Karena dengan mengetahui sumber daya yang ada di sekolah kita mampu untuk menentukan kegiatan apa yang dapat dilakukan untuk sekolah dan perubahan apa yang bisa dilakukan untuk memajukan pendidikan yang ada di sekolah.

Apakah terdapat hal lain yang dapat dijadikan sumber daya sekolah yang belum Bapak/Ibu temukan dalam proses yang sudah berlangsung?

Peran serta orang tua dalam kegiatan sekolah, sampai saat ini saya belum mampu untuk membuat paguyuban orang tua murid.

Refleksi proses pengambilan keputusan

Berdasarkan hasil pemetaan yang Bapak/ Ibu lakukan, bagaimana hal tersebut memengaruhi proses pengambilan keputusan yang dilakukan Bapak/ Ibu?

Setelah memetakan sumber daya yang ada di sekolah tentunya sangat mempengaruhi keputusan yang akan diambil, dimana keputusan yang akan diambil disesuaikan dengan potensi kekuatan sumber daya yang ada di sekolah.

Apa hal yang menurut Bapak/ Ibu masih perlu dikembangkan atau perlu dievaluasi?

Banyak hal yang harus saya kembangkan dalam pengambilan keputusan dimana dari keputusan yang saya ambil bagaimana akibatnya untuk jangka pendek dan jangka panjangnya, kemudian bagaimana dampaknya kepada sekolah murid, guru maupun masyarakat sekitar.

Apa hal yang menurut Bapak/ Ibu mendukung keberhasilan dari keputusan yang diambil?

Untuk mendukung keberhasilan dari keputusan yang diambil adalah sebuah komitmen dimana kita mampu untuk menjalankan keputusan tersebut, keberanian dan sosial emosional juga sangat menentukan keberhasilan keputusan yang telah kita ambil.

Adakah pengalaman yang terjadi (baik dalam waktu dekat ataupun sebelum mengikuti Pendidikan Guru Penggerak) yang mencerminkan dilema etika, baik itu terkait murid maupun rekan sejawat?

Ada, sebuat kasus yang mencerminkan dilema etik dimana pada saat saya mengusulkan untuk Penyegaran Pengurus Komite. Kasus dilema etika itu saya alami dengan berbagai pertimbangan yang ada dan akhirnya keputusan yang saya ambil adalah Mempending Penyegaran Kepengurusan Komite.

Menurut Bapak/Ibu, apakah proses pengambilan keputusan yang dilakukan sudah sesuai dengan prinsip dan langkah yang dipelajari di modul 3.1?

Dalam proses pengambilan keputusan saya sudah melakukan tahapan yang sudah dipelajari pada modul 3.1 yaitu memetakan 4 paradigma dilema etika yaitu individu vs masyarakat, rasa keadilan vs rasa kasihan, kebenaran vs kesetiaan dan jangka pendek vs jangka panjang. Pengambilan keputusan juga berpegang pada 3 prinsip pengambilan keputusan yaitu prinsip berbasis hasil akhir, prinsip berbasis peraturan, dan prinsip berbasis rasa peduli. Serta dipadukan dengan 9 langkah pengambilan keputusan.

Apa hal yang menurut Bapak/ Ibu masih perlu dikembangkan atau perlu dievaluasi dari proses pengambilan keputusan tersebut?

Banyak hal yang masih perlu saya kembangkan untuk mengambil keputusan, tentunya dalam 9 langkah pengambil keputusan dimana hal tersebut masih sangat perlu dikembangkan tentunya juga dengan pengamalan dan permasalahan yang dialami. Sehingga dapat membuat keputusan yang tepat dan bertanggung jawab.

Refleksi pencapaian kompetensi bulan ke-5 berdasarkan Lembar Pengecekan Mandiri Kompetensi pada Lokakarya 5

Apa saja pencapaian Bapak/Ibu pada pembelajaran bulan ini?

Melakukan proses pembelajaran yang menyenangkan di kelas, mengamati menggali potensi sumber daya yang ada di sekolah.

Apakah terdapat tantangan dan kesulitan selama proses pembelajaran dan bagaimana Bapak/Ibu menanggapi tantangan dan kesulitan tersebut?

Dalam sebulan ini hal yang menjadi tantangan bagi saya adalah pengambilan keputusan yang saya lakukan untuk menjadikan sekolah saya lebih maju tanpa adanya tekanan dari pihak manapun. Untuk menghadapi tantangan tersebut saya belajar bersabar dan terus belajar untuk dapat menjadi lebih baik.

Bagaimana Bapak/Ibu akan menggunakan pencapaian tersebut untuk proses pembelajaran selanjutnya?

Potensi sumber daya yang sudah saya dapatnya di sekolah itu yang akan saya kembangkan nantinya dalam proses pembelajaran selanjutnya dimana Menguatkan kegiatan perkebunan guna menjadikan sebuah kegiatan kewirausahaan sekolah.

Bagian Akhir Pendampingan

PP sangat mengapresiasi apa yang telah dicapai sebagai progres peningkatan implementasi program guru penggerak pada topik menggali sumberdaya sekolah yang dapat dianalisis sebagai sebuah kekuatan untuk mengembangkan sekolah. Hal baik yang telah dilakukan CGP dalam rangka mengembangkan kompetensi dirinya.

Tindak Lanjut Sebagai bentuk tindak lanjut, PP akan tetap melakukan pendampingan sehingga sumberdaya potensial yang dimiliki sekolah, dan calon guru penggerak sendiri dapat dioptimalkan untuk pengembangan kompetensi calon guru penggerak, yang pada akhirnya semuanya bermuara pada penyelenggaraan pembelajaran dan pengelolaan sekolah yang berdampak pada peserta didik.

Pendampingan Ni Luh Sumarliani

Mengawali kegiatan pendampingan yang dilaksanakan pada tanggal 13 Juni 2022, dilakukan dengan mengajukan pertanyaan terkait kabar dan refleksi pelaksanaan pembelajaran di LMS bersama fasilitator.

Apa saja proses yang sudah berjalan selama satu bulan terakhir dan hal-hal yang dianggap sebagai capaian?

Kabar saya hari ini astungkara sehat bisa bertemu dengan pengajar praktek yang hebat dan sangat luar biasa, Selama 1 bulan ini saya memperhatikan , dan mengamati potensi atau sumber daya yang ada disekolah saya

pendampingan individu

pendampingan individu

Pemetaan sumber daya

Apa yang Bapak/Ibu temukan ketika melakukan proses pemetaan sumber daya?

Hal yang saya temukan saat saya melakukan pemetaan sumber daya adalah saya menemukan berbagai aset yang dimiliki sekolah yang dapat digunakan sebagai kekuatan dalam mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki oleh sekolah.

Perubahan apa yang Bapak/Ibu harapkan dapat terjadi di lingkungan sekolah setelah Bapak/Ibu mengetahui sumber daya yang ada dan bagaimana Bapak/Ibu mewujudnyatakan perubahan tersebut?

Perubahan yang saya harapkan adalah sekolah mampu lebih memfokuskan kegiatan dibidang menari bali, karena dilihat dari potensi manusia dan lingkungan yang ada di sekolah, yang nantinya mampu

Bagaimana Bapak/Ibu akan menggunakan hasil pemetaan yang diperoleh untuk memaksimalkan potensi sekolah?

Perubahan yang saya harapkan terjadi adalah sekolah dapat mengembangkan potensi berdasarkan 7 aset yang telah diidentifikasi. Selain itu saya juga berharap sekolah dapat berkembang berdasarkan pendekatan berbasis aset (Asset-Based Thinking) dan tidak lagi berpikir berbasis masalah(Deficit-Based Thinking).

Categories: Uncategorized

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: