CARA MENYUSUN KURIKULUM MERDEKA

Published by TeacherCreativeCorner on

Sebelum membaca petunjuk menyusun kurikulum merdeka, ada baiknya pembaca mencermati pengantar dan ulasan singkat berikut!

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi telah mengeluarkan kebijakan untuk menerapkan kurikulum merdeka secara masif pada tahun 2024. Prinsip penerapan kurikulum ala semangat merdeka pada hampir keseluruhan program adalah kemandirian sekolah dalam merancangnya. Walaupun demikian kementerian tetap membantu dalam hal fasilitasi pengembangan dan menyediakan contoh-contoh penerapan dengan berbagai program yang keseluruhan menerapkan prinsip kemandirian. Program seperti Implementasi Kurikulum Mandiri, dengan tiga mode yaitu Mandiri Belajar, Mandiri Berubah dan Mandiri Berbagi sangat mengedepankan kemandirian dan kemerdekaan dengna batasan konten akademik dan pengembangan karakter yang tetap mencadu pada kebijakan pemerintah. Demikian pula program implementasi yang mendapat pendampingan penuh dari pemerintah tetap saja tidak lepas dari penggunaan prinsip kemandirian.  Program dimaksud adalah Program Sekolah Penggerak yang dibiayai dan difasilitasi penuh oleh pemerintah dalam kurun waktu 3 tahun, selain Program Guru Penggerak, dan Organisasi Penggerak.

Program yang mendukung Program Ilmplementasi Kurikulum Mandiri (IKM) adalah Platform Merdeka Mengajar (PMM). Pada platform ini, pemerintah menyediakan konten pedagogi untuk memberikan wawasan bagi guru dalam merubah pola pikir sebelum menerapkan Kurikulu Merdeka di sekolahnya. Pelatihan melalui PMM sepenuhnya menggunakan prinsip mandiri dan merdeka, sehingga guru dapat memilih cara belajar, waktu belajar, dan dengan siapa harus belajar. Terkait dengan strategi belajar, waktu dan dengan siapa para guru harus belajar, pada platform PMM turut pula disediakan Program Komunitas Penggerak, yang memberi wadah organisasi penggerak dalam pendidikan seperti KKG, K3S, MGMP dan lain-lain untuk menyelenggarakan pelatihan, pendampingan secara mandiri dengan menggunakan konten PMM dan sekaligus dapat dilakukan pada platform tersebut. Maka para guru dan kepala sekolah dapat melakukan pelatihan, pendampingan dan sekligus berbagi strategi terbaik yang dilakukan dalam belajar konten tersebut.

Sementara kepala sekolah yang sangat berkepentingan dalam hal menyusun Kurikulum Merdeka untuk sekolahnya selain harus belajar melalui PMM, juga menemukan strategi sendiri dalam mengembangkan dratnya, sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing. Terkait dengna hal itu pada tuisan ini akan disertakan strategi penyusunan kurikulum yang efektif dan mudah dilakukan dalam upaya penyusunan dokumen kurikulum. Dengan menggunakan strategi ini, maka dijamin Draft dokumen fisik kurikulum merdeka akan dapat diselesaikan dengan tidak meninggalkan prinsip kemandirian yang mengutamakan pemahaman dalam upaya menggali gagasan kreatif berdasarkan kondisi sekolah masing-masing, silahkan dicermati.

Baca Juga

Petunjuk cara menyusun kurikulum merdeka :

  1. Upayakan menghindari kata “Saya” pada setiap Anda menjawab
  2. Diskusikan jawaban masing-masing pertanyaan bersama para guru atau teman sejawat
  3. Ajaklah operator Anda dalam menjawab setiap pertanyaan terutama dalam ketik-mengetik
  4. Jangan ragu untuk bertanya jika menemukan kesulitan
  5. Selalu belajar melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM)
  6. Panduan ini tidak mutlak benar, sehingga bisa ditambah dan dikurangi atau disesuaikan

 

KOP

KURIKULUM OPERASIONAL

SATUAN PENDIDIKAN SD NEGERI…

HALAMAN DEPAN

LOGO

Disusun Oleh

……

DINAS PENDIDIKAN KEPEMUDAAN DAN OLAH RAGA KABUPATEN KARANGASEM

2022

 

HALAMAN PENGESAHAN

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

DAFTAR TABEL

DAFTAR LAMPIRAN

Untuk mempermudah pencarian klik menu di bawah ini!

BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang

1. Bagaimanakah kondisi masa depan yang Anda bayangkan saat anak-anak kita hidup di zamannya kelak?

“Kemukakan jawaban Anda, dan kaitkan dengan Profil Pelajar Pancasila dalam minimal 3 paragraf”

2. Bagaimanakah harapan Anda terkait arah pendidikan untuk mewujudkan Keterampilan Abad 21 pada anak-anak kita?

“Kemukakan jawaban dan kaitkan dengan Profil Pelajar Pancasila Anda dalam minimal 3 paragraf”

3. Bagaimanakah kondisi pendidikan kita saat ini?

“Kemukakan jawaban Anda dan kaitkan dengan Profil Pelajar Pancasila dalam minimal 3 paragraf”

Landasan Filosofis

Kemukakan pengetahuan Anda tentang kemampuan filosofis yang perlu dimikiki guru untuk menjawab permaasalahan kondisi pendidikan Indonesia!

“Kemukakan jawaban Anda dan kaitkan dengan ajaran KH Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila berdasarkan pendapat para ahli dalam 3 paragraf”

Contoh Lihat di sini

Landasan Pedagogik

Kemukakan pengetahuan Anda tentang kemampuan pedagogik yang perlu dimikiki guru untuk menjawab permaasalahan kondisi pendidikan Indonesia!

“Kemukakan jawaban Anda dan kaitkan dengan strategi pembelajaran yang berdampak pada murid berdasarkan pendapat para ahli dalam 3 paragraf”

Contoh Lihat di sini

Landasan Yuridis

Kemukakan landasarn hukum yang menjadi dasar bagi Anda dalam mengimplementasikan kurikulum ini, (Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka)!

“Kemukakan jawaban Anda berdasarkan urutan peraturan perundang-undangan dari tingakat pusat hingga daerah yang diperlakukan terhadap dua kurikulum yang dilaksanakan dalam IKM Mandiri Berubah”

Contoh Lihat di sini

BAB II KARAKTERISTIK DAN VISI MISI

Contoh Lihat disini!

Karakteristik Sekolah

Sebagai petunjuk menyusun kurikulum merdeka pada analisis karakteristik sekolah berikut panduan pertanyaannya!

Karakteristik Fisik Sekolah

  1. Bagaimana lokasi sekolah Anda?

“Jawaban memuat lokasi sekolah, jarak dengan sekolah lain, karakteristik penduduknya, wilayah pendukung sekolah, kondisi yang dapat mendukung sekolah dan lain-lain, kemukakan dalam 3 paragraft”

  1. Bagaimana kondisi fisik sekolah seperti bangunan, luas, dan kondisinya saat ini?

“Jawaban anda memuat kondisi bangunan sekolah, luas sekolah, kondisi bangunan dan fusngsinya, dan lain-lain, kemukakan dalam 3 paragraf”

Karakteristik Siswa

  1. Bagaimana kondisi siswa sekolah Anda?

“Jawaban memuat kondisi jumlah, kesehatan, komposisi dalam berbagai sudut pandang seperti gender, suku, ras, agama dan lain-lain, kemukakan dalam minimal 3 paragraf!”

  1. Bagaimana kondisi karakter siswa sekolah Anda?

“Jawaban memuat kondisi karakteristik siswa dan kaitkan dengan Profil Pelajar Pancasila, kemukakan dalam minimal 3 paragraf!”

  1. Bagaimana harapan siswa Anda terhadap sekolah?

“Jawaban memuat harapan siswa terhadap pelayanan pendidikan dari sekolah, yang datanya dapat diperoleh dari survey, terkait aspek, harapannya terhadap pelayanan sekolah secara umum, harapan terkait pelayanan pembelajaran, kondisi keamanan dan kenyaman sekolah yang sesuai dengan kondisi fisik dan mental mereka. jawaban minimal 3 paragraft”

Karakteristik  Orang Tua dan Lingkugan Sekolah

  1. Bagaimana kondisi orang tua pendukung sekolah Anda?

“Jawaban Anda memuat karakteristik orang tua dari sudut padnang pekerjaan, ekonomi, pendidikan, dan lain lain yang dikemukakan dalam 3 paragraf!”

  1. Bagaimana orang tua dapat mendukung pengembangan sekolah?

“Kemukakan jawaban Anda terkait bagaimana orang tua dapat mendukung program-program sekolah, kemukakan dalam 2 paragraf!

  1. Bagaimana harapan orang tua terhadap pelayanan sekolah?

“Jawaban memuat harapan oran tua terhadap pelayanan pendidikan dari sekolah, yang datanya dapat diperoleh dari survey, terkait aspek, harapannya terhadap pelayanan sekolah secara umum, harapan terkait pelayanan pembelajaran, kondisi keamanan dan kenyaman sekolah yang sesuai dengan kondisi fisik dan mental mereka. jawaban minimal 3 paragraft”

Karakteristik Pendidik dan Tenaga Kependidikan

  1. Bagaimana kondisi Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang ada di sekolah Anda?

“Jawaban memuat jumlah, kualifikasi pendidikan, status kepegawaian, status sertifikasi, kekuarangan, dan kebutuhannya yang disesuaikan dengan kerangka kurikulum, yang Anda kembangkan nanti, kemukakan jawaban Anda dalam 3 paragraf!

  1. Bagaimana Anda membangun komitmen mereka dalam mendukung pengembangan sekolah?

“Kemukakan komitmen Anda dengan para GTK untuk memajukan sekolah baik yang sudah, telah dan akan dilakukan, untuk mendukung kemajuan sekolah. kemukakan jawaban Anda dalam minimal 3 paragraf!”

Categories: Uncategorized

1 Comment

muliarta · October 18, 2022 at 2:58 am

trimkasi pak yan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: