PROFIL PELAJAR PANCASILA

Published by TeacherCreativeCorner on

Subelemen Di Akhir Fase A Di Akhir Fase B Di Akhir Fase C
Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan Mengenali hal-hal yang sama dan berbeda yang dimiliki diri dan temannya dalam berbagai berbagai hal, serta memberikan respon secara positif Terbiasa mengidentifikasi hal-hal yang sama dan berbeda yang dimiliki diri dan temannya dalam berbagai hal serta memberikan respon secara positif Mengidentifikasi kesamaan dengan orang lain sebagai perekat hubungan sosial dan mewujudkannya dalam aktivitas kelompok. Mulai mengenal berbagai kemungkinan interpretasi dan cara pandang yang berbeda ketika dihadapkan pada dilema
Berempati kepada orang lain Mengidentifikasi emosi, minat dan kebutuhan orang terdekat dan meresponsnya secara positif Terbiasa memberikan apresiai di lingkungan sekolah dan masyarakat Mulai memandang sesuatu dari perspektif orang lain serta mengidentifikasi kebaikan dan kelebihan orang disekitarnya

4. Ahklak kepada Alam

Sebagai bagian dari lingkungan, Pelajar Pancasial mengejawantahkan ahklak mulianya dalam tanggung jawab, rasa sayang dan peduli terhadap lingkungan alam sekitarnya. Pelajar Pancasila menyadari bahwa dirinnya adalah salah satu di antara bagian-bagian dari ekosistem bumi yang saling mempengarhui. Ia juga menyadari bahwa sebagai manusia, Ia mengemban tugas dalam menjaga dan melestarikan alam sebagai ciptaan Tuhan. Hal tersebut membuatnya menyadari pentingnya merawat lingkungan sekitar sehingga Ia menjaga alam tetap layak dihuni oleh seluruh mahkluk hidup saat ini maupun generasi mendatang. Ia tidak merusak atau menyualahgunakan lingkungan alam, serta mengambil peran untuk menghentkan perilaku yang merusak dan menyalahgunakan lingkungan alam. Pelajar Pancasila juga senantiasa reflektif, memikirkan dan membangun kesadaran tentang konsekuensi atau dampak dari perilakunya terhadap lingkungan alam. Kesadarannya ini menjadi dasar untuk membiasakan diri menerapkan gaya hidup peduli lingkungan, sehingga ia secara aktif berkontribusi untuk menjaga kelestarian lingkungan. Adapun alur perkembangan Subdimensi Akhlak kepada Alam adalah sebagai berikut:

Tabel 3.4 alur perkembangan sub dimensi ahklak kepada alam

Subelemen Di Akhir Fase A Di Akhir Fase B Di Akhir Fase C
Memahami keterhubungan Ekosistem Bumi Mengidentifikasi berbgai ciptaan Tuhan Memahami keterhbungan antara satu ciptaan dengan ciptaan Tuhan lainnya Memahami konsep harmoni dan mengidentifikasi adanya saling ketergantungan antara berbagai ciptaan Tuhan
Menjaga Lingkungan Alam Sekitar Membiasakan bersyukur atas lingkungan alam sekitar dan berlatih untuk menjaganya Terbiasa memahami tindakan-tindakan yang ramah dan tidak ramah lingkungan serta membiasakan diri berperilaku ramah lingkungan Mewujudkan rasa syukur dengan terbiasa berperilaku ramah lingkungan akibat perbuatan tidak ramahlungjungan dalam lingkup kecil maupun besar

5. Ahklak Bernegara

Pelajar Pancasila memahami serta menunaikan hak dan kewajibannya sebagai warga negara yang baik serta menyadari perannya sebagai arga negara. ia menempatkan kemanusiaan, persatuan, kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara sebagai kepentingan bersama di atas kepentingan peibadi. Akhlak peribadinya medorong Pelajar Pancasila untuk peduli dan membantu sesama, untuk bergotong-royong. Ia juga mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama, sebagai dampak dari akhlak pribadinya dan juga akhlaknya terhadap sesama. Keimanan dan ketakwannya juga mendorong untuk aktif menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia sebagai wujud cinta yang dimilikinnya untuk negara. Adapun alur perkembangan Subdimensi Akhlak Bernegara adalah sebagai berikut:

Tabel 3.5 alur perkembangan sub dimensi ahklak bernegara

Subelemen Di Akhir Fase A Di Akhir Fase B Di Akhir Fase C
Melaksanakan hak dan Kewajiban sebagai Warga Negara Indonesia Mengidentifikasi hak dan tanggungjawabnya di rumah sekolah dan lingkungan sekitar sekolah serta kaitannya nsengan keimanan kepada Tuhan YME Mengidentifikasi hak dan tangggung jawab orang-orang di sekitarnya serta kaintannya dengan keimanan kepada Tuhan YME Menngidentifikasi dan memahami peran, hak dan kewajiban dasar sebagai warga negara serta kaitannya dengan keimanan kepda Tuhan YME dan secara sadar mempraktikkannnya dalam kehidupan sehari-hari

Dimensi Berkebhinekaan Global

Pelajar Indonesia mempertahankan budaya luhur, lokalitas dan identitas, dan tetap berpikiran terbuka dan berinteraksi dengan budaya lain, sehingga menumbuhkan rasa saling menghargai dan kemungkinann terbentuknya budaya baru yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa. Elemen kunci dari berkebhinekaan global meliputi mengenal dan menghargai budaya, kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama. dan refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman berkebinekaan.

1. Mengenal dan menghargai budaya

Pelajar Pancasila mengenali, mengidentifikasi dan mendeskripsikan berbagai macam kelompok berdasarkan perilaku, jenis kelamin, cara komunikasi, dan budayannya, serta mendeskripsikan pembentukan identitas diriya dan kelompok, juga menganalisis bagaimana menjadi anggota kelompok sosial di tingkat lokal, regional, nasional dan global

Adapun alur perkembangan Subdimensi Mengenal dan menghargai budaya adalah sebagai berikut:

Tabel 3.6 alur perkembangan sub dimensi Mengenal dan menghargai budaya

Subelemen Di Akhir Fase A Di Akhir Fase B Di Akhir Fase C
Mendalami budaya dan identitas budaya Mengidentifikasi dan mendeskripsikan ide-ide tentang dirinya dan beberapa kelompok di lingkungan sekitarnya Mengidentifikasi dan mendeskripsikan ide-ide tentang dirinya dan berbagai kelompok di lingkungan sekitarnya, sertacara orang lain berperilaku dan berkomunikasi dengannya Mengidentifikasi dan mendeskripsikan keragaman budaya di sekitarnya, serta menjelaskan peran budaya dan bahasa dalam membentuk identitas dirinya
Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya Mengidentifikasi dan mendeskripsikan praktik keseharian diri dan budayanya Mengidentifikasi dan membandingkan praktik keseharian diri dan budayanya denganorang lain di tempat dan waktu/era yang berbeda. Mendeskripsikan dan membandingkan pengetahuan, kepercayaan dan praktik dari berbagai kelompok budaya.
Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya Mendeskripsikan pengalaman dan pemahaman hidup bersama-sama dalam kemajemukan. Memahami bahwa kemajemukan dapat memberikan kesempatan untuk memperolah pengalaman dan pemahaman yang baru. Mengidentifikasi peluang dan tantangan yang muncul dari keragaman budaya di Indonesia

2. Komunikasi dan interaksi antar budaya

Pelajar Pancasila berkomunikasi dengan budaya berbeda dari dirinya secara setara dengan memperhaeikan, memahami, menerima, keberadaan, dan menghargai keunikan setiap budaya sebagai sebuah kekayaan perspektif sehingga terbangun kesaling pahaman dan empati terhadap sesama.

Adapun alur perkembangan Subdimensi Komunikasi dan interaksi antar budaya adalah sebagai berikut:

Tabel 3.7 alur perkembangan sub dimensi Komunikasi dan interaksi antar budaya

Subelemen Di Akhir Fase A Di Akhir Fase B Di Akhir Fase C
Berkomunikasi antar budaya Mengenalibahwa diri dan orang lain menggunakan kata, gambar, dan bahasa tubuh yang dapat memiliki makna yang berbeda di lingkungan sekitarnya. Mendeskripsikan penggunaan kata, tulisan dan bahasa, tubuh dan hasa tubuh yang memiliki makna yang berbeda di lingkungan sekitarnya dan dalam suatu budaya tertentu Memahami persamaan dan perbedaan cara komunikasi baik di dalam maupun antar kelompok budaya
Mempertimbangkan dan menumbuhkan berbagai perpektif Menekspresikan pandangannya terhdap topik yang umum dan mendengarkan sudut pandang orang lain yang berbeda dari dirinya dalam lingkungan keluarta dan sekolah Menekspresikan pandangannya terhadap topik yang umum dan dapat mengenal sudut pandang orang lain. Mendengarkan dan memperkirakan sudut pandang orang yang berbeda dari dirinya pada situasi di ranah sekolah, keluarga dan lingkungan sekitar. Membandingkan beragam perspektif untuk memahami permasalahan sehari-hari. Memperkirakan dan mendeskripsikan situasi komunitas yang berbeda dengan dirinya ke dalam situasi ke dalam situasi dirinya dalam konteks dan regional

3. Refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan

Pelajar Pancasila secara refleksit memanfaatkan kesadaran dan pengalaman kebinekaannnya agar terhindar dari prasangka dan setreotip terhadap budaya yang berbeda, termasuk perundungan, intoleransi, dan kekerasan, dengan mempelajari keragaman budaya dan mendapatkan pengalaman dalam kebinekaan. Hal ini membuatnya menyelaraskan perbedaan budaya agar tercipta kehidupan yang secara setara dan harmonis antar sesama.

Adapun alur perkembangan Subdimensi Refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan adalah sebagai berikut:

Tabel 3.8 alur perkembangan sub dimensi Refleksi dan tanggung jawab

Subelemen Di Akhir Fase A Di Akhir Fase B Di Akhir Fase C
Refleksi terhadap pengalaman kebinekaan Menyebutkan apa yang telah dipelajari tentang orang lain dan interaksinya dengan kemajemukan budaya lingkungan sekolah dan rumah Menyebutkan apa yang telah dipelajari tentang orang lain dari interaksinya dengan kemajemukan budaya di lingkungan sekitar Menjelaskan apa yang telah dipelajari dari interaksi dan pengalaman dirinya dalam lingkungan yang beragam
Menghilangkan strereotip dan prasangka Mengenali perbedaan tiap orang atau kelompok dan menyikapinya sebagai kewajaran Mengkomunikaskna setereotip dan prasangka yang dimilikinya tentang orang atau kelompok di sekitarnya untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik Menkonfirmasi dan mengklarifikasi setereotip dan prasangka yang dimilikinya yang dimilikinya tentang orang atau kelompok di sekitarnya untuk mendapatkan yang lebih baik serta mengidentifikasi pengaruhnya terhadap individu dan kelompok di lingkungan sekitarnya
Menyelaraskan perbedaan budaya Mengidentifikasi perbedaan budaya yang konkret di lingkungan sekitar Mengenali bahwa perbedaan budaya mempengaruhi pemahaman antar individu Mencari titik temu nilai budaya yang beragam untuk menyelesaikan permasalahan bersama

4. Berkeadilan sosial

Pelajar Pancasila peduli dan aktif berpartisipasi dalam mewujudkan keadilan sosial di tingkat lokal, regional, nasional, dan global. ia percaya akan kekautan dan potensi dirinya sebagai modal untuk menguatakan demokrasi, untuk secara aktif -partisipatif membangun masyarakat yang dalam dan inklusif, berkeadilan sosial, serta berorientasi pada pembangunan yang berkelanjutan.

Adapun alur perkembangan Subdimensi Berkeadilan sosial adalah sebagai berikut:

Tabel 3.9 alur perkembangan sub dimensi berkeadilan sosial

Categories: Uncategorized

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: