PENDIDIKAN PANCASILA

Published by TeacherCreativeCorner on

4.    Mengembangkan  potensi  sebagai kualitas  personal  yang  bermanfaat  dalam kehidupannya,  memberi  bantuan  yang  dianggap penting  dan  berharga  kepada  orang-orang  yang membutuhkan  di  masyarakat  yang  lebih  luas dalam konteks Indonesia dan kehidupan global UUD 1945 1.    Mengkaji  konstitusi  dan  perwujudan  norma  yang berlaku mulai dari lingkup terkecil (keluarga, dan masyarakat)  sampai  pada  lingkup  negara  dan global  sehingga  dapat  mengetahui  dan mempraktikkan  hak  dan  kewajibannya  baik sebagai  manusia,  bangsa  Indonesia  maupun sebagai  warga  negara  Indonesia  dan  dunia, termasuk  menyuarakan  secara  kritis  terhadap pelanggaran  hak  asasi  manusia.

2.    Mempraktikkan sistem  musyawarah  dari  lingkup  kelas,  sekolah, dan  keluarga.

3.    Menyadari  dan  menjadikan musyawarah  sebagai  pilihan  penting  dalam mengambil  keputusan,  menjaga  persatuan,  dan kehidupan  yang  demokratis.

4.    Peserta  didik  dapat menganalisis  konstitusi,  hubungan  antar regulasi yang  berlaku  sehingga  segala  peraturan perundang-undangan  dapat  diterapkan  secara kontekstual dan aktual. Bhineka Tunggal Ika 1.    Mengenali  dan  menunjukkan  rasa  bangga terhadap jati dirinya sebagai anak Indonesia yang berlandaskan  Pancasila,  sikap  hormat  kepada bangsa  yang  beragam,  serta  memahami  dirinya menjadi  bagian  dari  warga  negara  dunia.

Categories: Uncategorized

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: