CAPAIAN MAPEL PJOK

3.1.7 CAPAIAN MAPEL PJOK

BACA JUGA

PENGORGANISASIAN PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM MERDEKA

Rasional

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan IPJOK) adalah pendidikan yang menggunakan aktivitas jasmani untuk meningkatkan individu peserta didik secara menyeluruh berupa aspek jasmani, mental dan emosional. Pendidikan jasmani memperlakukan setiap peserta didik sebagai satu kesatuan utuh antara jiwa dan raga. Pernyataan tersebut menjadikan pendidikan jasmani sebagai bidang kajian yang sangat luas dan menarik dengan titik berat pada peningkatan pegerakan manusia (human movement).

Pembelajaran pendidikan jasmani dilaksanakandengan mengguinakan pendekatan, model, strategi, metode, gaya, dan tekik sesuai dengan karakteritik tugas gerak, peserta didik, dan lingkungan belajar. Pembelajaran diarahkan untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan seluruh ranah (psikomotor, kognitif, dan afektif) setiap peserta didik dengan menekankan pada kualitas kebugaran jasmani, dan perbendaharaan gerak. Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dilaksanakan di sekolah secara terencana, bertahap dan berkelanjutan agar dapat mengembangkan sikap positif peserta didik yang dapat menghargai manfaat aktivitas jasmani untuk meningkatkan kualitas hidup secara menyeluruh.

Berbagai penjelasan ini menyiratkan bahwa pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan bukan semata-mata berurusan dengna pembentukan raga, tetapi melibatkan seluruh aspek perkembangan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, kreatif, gotong royong, berkebhinekaan global, bernalar kritis dan mandiri.

 

Tujuan

Tujuan mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah adalah membentuk individu yang terliterasi secara jasmani, dengna uraian sebagai berikut:

  1. Mengembangkan kesadaran arti penting aktivitas jasmani untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan individu, serta gaya hidup sepanjang hayat.
  2. Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya meningkatkan dan memelihara kebugaran jasmani , kesejahteraan diri, serta pola perilaku hidup sehat.
  3. Mengembangkan pola gerak dasar (fundamental movement pattern) ndan keterampilan gerak (motor skills) yang dilandasi dengan penerapan konsep, prinsip, strategi, dan taktik secara umum.
  4. Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai kepercayaan diri, sportif, jujur, disiplin, kerja sama, pengendalian diri, kepemimpinan, dan demokratis dalam melakukan aktivitas jasmani sebagai cerminan rasa tanggung jawab personal dan sosial (personal and social responsibility)
  5. Menciptakan suasana rekreatif yang berisi keriangan, interaksi sosial, tantangan, dan ekepresi diri.
  6. Mengembangkan Profil Pelajar Pancasila yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, kreatif, gotong royong, berkebhinekaan global, bernalar kritis, dan mandiri melalui aktivitas jasmani.

 

Karakteristik Capaian Mapel PJOK

Elemen-elemen Capaian Mapel PJOK serta deskripsinya:

Elemen Deskripsi
Keterampilan Gerak Elemen ini berupa kekhasan pembelajaran PJOK yang merupakan proses pendidikan tentang dan melalui aktivitas jasmani, terdiri dari sub elemen:

a.    Aktivitas Pengembangan Pola Gerak Dasar (Fundamental Movement Pattern)

b.   Aktivitas Pengembangan Keterampilan Gerak (Motor Skills) berupa Aktivitas Pilihan Permainan dan Olahraga, Aktivitas Senam, Aktivitas Gerak Beriama, serta Aktivitas Permainan dan Olahraga Air (kondisional)

Pengetahuan Gerak Elemen ini berupa pemahaman, penerapan, analisis, evaluasi, derta kreasi konsep, prisip, prosedur, tektik, dan strategi gerak sebagai landasan dalam melakukan keterampilan, kinerja, serta budaya hidup aktif pada setiap sub elemen:

a.   Aktivitas Pengembangan Pola Gerak Dasar (Fundamental Movement Pattern)

b.  Aktivitas Pengembangan Keterampilan Gerak (Motor Skills) berupa Aktivitas Pilihan Permainan dan Olahraga, Aktivitas Senam, Aktivitas Gerak Beriama, serta Aktivitas Permainan dan Olahraga Air (kondisional)

Pemanfaatan Gerak Elemen ini berupa pengatahuan dan keterampilan gerak serta pemanfaatanna dalam keshidupan sehari-hari, terdiri dari sub elemen:

a.   Aktivitas Pemeliharaan dan Peningkatan Kebugaran jasmani Terkait Kesehatan Kesehatan dan Keterampilan dan

b.  Pola Perilaku Hidup Sehat

Pengembangan Karakter dan Internalisasi Nilai-nilai Gerak Elemen ini berupa pengembangan karakter dan internalisasi nilai-nilai gerak secara gradual yang dirancang melalui berbagai aktivitas jasmani, terdiri dari sub elemen:

a.   Tanggung Jawab Personal dan Sosial, serta

b.  Nilai-nilai Keriangan, Tantangan, Ekspresi Diri, dan Interaksi Sosial

Silahkan dilihat dan diunduh capaian mapel pjok dibawah ini!

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *