CAPAIAN MAPEL BAHASA INGGRIS
3.1.11 CAPAIAN MAPEL BAHASA INGGRIS
BACA JUGA
PENGORGANISASIAN PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM MERDEKA
Rasional Capaian Mapel Bahasa Inggris
Bahasa Inggris adalah salah astu bahasa yang dominan digunakan secara global dalam aspek pendidikan, bisnis perdagangan, ilmu pengatahuan, hukum, pariwisata, hubungan internasional, kesehatan dan teknologi. Mempelajari bahasa Inggris memberikan peserta didik kesempatan untuk berkomunikasi dengan warga dunia dari latar belajang yang berbeda budaya. Dengan menguasai Bahasa Inggris, maka peserta didik akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk berinteraksi dengan menggunakan berbagai teks, untuk mempelajari pengetahuan, dan memperoleh keterampilan yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan.
Pembelajaran Bahasa Inggris difokuskan pada penguatan kemampuan menggunakan bahasa Inggris dalam enam keterampilan berbahasa yakni menyimak, berbicara, membaca, memirsa, menulis dan mempresentasikan secara terpadu dalam berbagai jenis teks. Hal ini mengacu pada Common European Framework of Reference for languages: Learning, Teaching, Asesement (CEFR) dan setara level B1. Level B1 (CEFR) mencerminkan spesifikasi yang dapat dilihat dari kemampuan peserta didik untuk:
- mempermudah interaksi dan menyampaikan sesuatu yang diinginkan, dalam berbagai konteks dengan artikulasi jelas;
- mengungkapkan pokok pikiran utama yang ingin disampaikan secara komprehensif
- mempertahankan komunikasi walaupun terkadang masihg terdapat jeda
Tujuan
Mata pelajaran Bahasa Inggris bertujuan untuk memastikan peserta didik dapat melakukan hal-hal sebagai berikut:
0 Comments