CAPAIAN MAPEL BAHASA INGGRIS

3.1.11 CAPAIAN MAPEL BAHASA INGGRIS

BACA JUGA

PENGORGANISASIAN PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM MERDEKA

Rasional Capaian Mapel Bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah salah astu bahasa yang dominan digunakan secara global dalam aspek pendidikan, bisnis perdagangan, ilmu pengatahuan, hukum, pariwisata, hubungan internasional, kesehatan dan teknologi. Mempelajari bahasa Inggris memberikan peserta didik kesempatan untuk berkomunikasi dengan warga dunia dari latar belajang yang berbeda budaya. Dengan menguasai Bahasa Inggris, maka peserta didik akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk berinteraksi dengan menggunakan berbagai teks, untuk mempelajari pengetahuan, dan memperoleh keterampilan yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan.

Pembelajaran Bahasa Inggris difokuskan pada penguatan kemampuan menggunakan bahasa Inggris dalam enam keterampilan berbahasa yakni menyimak, berbicara, membaca, memirsa, menulis dan mempresentasikan secara terpadu dalam berbagai jenis teks. Hal ini mengacu pada Common European Framework of Reference for languages: Learning, Teaching, Asesement (CEFR) dan setara level B1. Level B1 (CEFR) mencerminkan spesifikasi yang dapat dilihat dari kemampuan peserta didik untuk:

  1. mempermudah interaksi dan menyampaikan sesuatu yang diinginkan, dalam berbagai konteks dengan artikulasi jelas;
  2. mengungkapkan pokok pikiran utama yang ingin disampaikan secara komprehensif
  3. mempertahankan komunikasi walaupun terkadang masihg terdapat jeda

Tujuan

Mata pelajaran Bahasa Inggris bertujuan untuk memastikan peserta didik dapat melakukan hal-hal sebagai berikut:

  1. mengembangkan kompetensi komunikatif dalam bahasa Inggris dengan berbagai teks multimodal (lisan, tulisan, visual, dan audiovisual)
  2. mengembangkan kompetensi interkultural untuk memahami dan menghargai perspektif, praktik dan produk budaya Indonesia dan budaya asing
  3. mengembangkan kepercauaan diri untuk berekepresi sebagai individu yang mandiri dan beratangungjawab
  4. mengembangkan keeterampilan bernalar kritis dan kreatif

Karakteristik

Karakteristik mata pelajaran Bahasa Inggris tercermin dari elemen-elemen yang akan menjadi landasan penjabaran capaian mapel Bahasa Inggris SD yaitu:

ELEMEN DESKRIPSI
Menyimak 1.    Kemampuan memahami informasi, memberikan apresiasi kepada lawan bicara, dan memahami informasi yang didengar, sehingga dapat menyampaikan tanggapan secara relevan dan kontekstual.

2.    Proses yang terjadi dalam menyimak mencakup kegiatan seperti mendengarkan, mengidentifikasi, memahami, menginterpretasi bunyi bahasa, lalu memahami makna.

3.    Keterampilan menyimak juga merupakan kemampuan komunikasi non-verbal yang mencakup seberapa baik seseorang menangkap makna (tersirat dan tersurat) pada sebuah paparan lisan dan memahami ide pokok dan pendukung pada konten informasi maupun konteks yang melatari paparan tersebut (Petri, 2017).

Membaca 1.    Kemampuan memahami, menggunakan, dan merefleksi teks sesuai tujuan dan kepentingannya, untuk mengembangkan pengetahuan dan potensi seseorang agar ia dapat berpartisipasi dengan masyarakat (OECD, 2000)
Memirsa 1.   Kemampuan memahami, menggunakan, dan merefleksi teks visual sesuai tujuan dan kepentingannya.
Berbicara 1.   Kemampuan menyampaikan gagasan, pikiran, serta perasaan secara lisan dalam interaksi sosial.
Menulis 1.   Kemampuan menyampaikan, mengomunikasikan gagasan, mengekspresikan kreativitas dan mencipta dalam berbagai genre teks tertulis, dengan cara yang efektif dan dapat dipahami, serta diminati oleh pembaca dengan struktur organisasi dan unsur kebahasaan yang tepat
Mempresentasikan 1.    Kemampuan memaparkan gagasan secara fasih, akurat, dapat dipertanggungjawabkan dengan cara yang komunikatif melalui beragam media (visual, digital, dan audiovisual), dan dapat dipahami oleh pendengar.

2.    Penyampaian dalam berbicara dan mempresentasikan perlu disusun dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan atau karakteristik penyimak.

Berikut dapat diunduh capaian mapel Bahasa Inggris SD

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *