LANDASAN PENYUSUNAN KURIKULUM MERDEKA
Artikel ini memuat Landasan Penyusunan Kurikulum Merdeka yang sangat penting dipahami sebelum melangkah ke penyusunan dokumen kurikulum yang lebih kompleks lagi. Silahkan disimak landasan penyusunan kurikulum merdeka di bawah ini.
Baca Juga
- PETUNJUK MENYUSUN KURIKULUM MERDEKA
- PENGANTAR PENYUSUNAN KURIKULUM MERDEKA
- CONTOH TAMPLATE SEDERHANA KURIKULUM MERDEKA
- CAPAIAN MAPEL IPAS
1.1 LANDASAN FILOSOFIS
Hakekat pendidikan seperti yang dikemukakan oleh Ki Hajar Dewantara adalah memanusiakan manusia, dimana pendidikan yang dilaksanakan harus tetap bermuara pada bagaimana menciptakan proses pembelajaran sebagai bagian dari pendidikan yang berdampak pada murid. Pemikiran bahwa pendidik harus senantiasa menghamba pada murid merupakan pandangan beliau yang telah dikumandangkan sejak sebelum Indonesia merdeka. Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara adalah tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya. Pemikiran ini membawa kita pada pemahaman bahwa siswa pada kelas kita kelak adalah merupakan cikal bakal pembentuk masyarakat dengan segenap peradaban dan kebudayaannya. Maka pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara adalah unsur pembentuk kebudayaan itu sendiri.
0 Comments