VISI MISI KURIKULUM

Artikel cara menyusun visi misi tujuan dan program Kurikulum Merdeka dapat disimak di bawah ini!

Baca Juga

2.2.1  VISI SEKOLAH

Visi sekolah merupakan bagian terpenting dari artikel cara menyusun visi misi tujuan dan program Kurikulum Merdeka, Berdasarkan analisis karakteristik sekolah seperti dikemukakan sebelumnya maka diperlukan cara pandang baru dalam pengelolaan sekolah dalam ruang lingkup jangka panjang. Sekolah harus memiliki harapan untuk meningkatkan capaian dari keadan sebelumnya. Impian sekolah tersebut dituangkan ke dalam visi dan misi yang akan menjadi landasan bagi arah pengembangan sekolah mulai saat ini dan seterusnya hingga di masa yang akan datang yang fokus pada pencapaian baik proses maupun produk belajar yang berdampak pada siswa.

Visi sekolah menjadi sangat penting dalam rangka memberi arah menentukan langkah-langkah umum, tujuan, dan strategi program yang keseluruhan berpusat pada peserta didik atau siswa. Dampak yang diharapkan adalah terciptannya siswa yang  memiliki bekal untuk menjalani kehidupanya di masa depan. Kalimat Visi dan Misi disusun sedemikian rupa yang selanjutnya dijadiakan impian jangka panjang bagi sekolah, sehingga memandu segenap elemen warga sekolah dalam melangkah menuju harapan. Contoh kalimat visi dapat dikemukakan sebagai berikut: Terwujudnya siswa dipercaya berlandaskan karakter Profil Pelajar Pancasila”

2.2.2 MISI SEKOLAH

Berdasarkan visi sekolah tersebut maka selanjutnya dijabarkan misi sekolah seperti untuk mendorong dan mengembangkan terwujudnya visi:

  1. Mewujudkan siswa berkarakter mulia dan mensyukuri karunia Tuhan
  2. Mewujudkan mewujudkan siswa kreatif berlandasakan pola pikir kritis dan logis
  3. Mewujudkan siswa suka bekerjasama dan berkomunikasi yang efektif dalam kerangka keberagaman
  4. Mewujudkan siswa tangguh, disipilin, percaya diri dan tidak lekas putus asa

2.2.3 TUJUAN

Tujuan merupakan harapan terukur yang dirumuskan untuk mewujudkan masing-masing penjabaran visi.  Seperti contoh di bawah ini:

 Tujuan Sekolah

JANGKA PANJANG JANGKA MENENGAH JANGKA PENDEK
1.     Penerapan project base learning berbasis mata pelajaran atau tematik melalui pemanfaatan lingkungan sekolah, lingkungan rumah dan aktivitas budaya lokal

2.     Penerapan evaluasi berbasis Hots dan kinerja melalui instrumen penilaian outhentik

3.     Penerapan strategi refleksi pembelajaran berkelanjutan melalui supervisi mingguan, wawancara tentang persepsi siswa dan angket orang tua dan pelaksanaan gelar karya

4.     Penerapan pembiasaan budaya positif di sekolah dan di rumah melalui Komitmen Siswa Bersama Orang Tua

5.     Penerapan pembiasaan budaya baca melalui peningkatan kunjungan perpustakaan dan penyediaan pajangan baca,  literasi dinding kelas dan sekolah

1.     Program Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila melaui pemanfaatan kebun sekolah, lingkungan rumah, perayaan hari besar nasional, keagamaan dan budaya lokal

2.     Program pembinaan lomba Olimpiade Sains Nasional, formatif/sumatif berbasis soal Hots dan kinerja

3.     Program penyusunan RPP, refleksi pembelajaran secara konsisten dan berkelanjutan

4.     Program motivasi dan pemantauan pelaksanaan Komitmen Siswa bersama Orang Tua dan pembuatan jurnal anak

5.     Program pengayaaan buku teks, motivasi dan pemantauan literasi pajangan dan dinding, lomba memahami isi buku

 

1.     RPP guru yang memuat Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang mengintegrasikan pemanfaatan kebun sekolah, lingkungan rumah, perayaan hari besar nasional, keagamaan dan budaya lokal

2.     RPP guru yang memuat pembelajaran berbasis pemecahan masalah dan berbasis kinerja’

3.     Penyusunan instrumen refleksi siswa, guru dan orang tua

4.     Wawancara siswa dan orang tua terkait pelaksanaan Komitmen Siswa Bersama Orang Tua

5.     Kegiatan monitoring rotasi buku, pemasangan banner motivasi membaca, instrumen lomba memahami isi buku

6.     Kegiatan penyediaan sarana buku, untuk meningkatkan budaya baca siswa,

Program yang dikembangkan dalam mewujdkan tujuan, visi dan misi seperti dikemukakan di atas selanjutnya dituangkan dalam program jangka pendek, dan jangka panjang. Program jangka pendek, memuat strategi pengelolaan sekolah dalam satu tahun, sedangkan program jangka panjang, memuat strategi pengelolaan sekolah dalam kurun waktu 4 tahun atau lebih.

2.2.3 PROGRAM JANGKA PANJANG

Program jangka panjang yang dilaksanakan sekolah dalam mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan adalah:

  1. Peningkatan Kualitas Pembelajaran yang Berpihak pada Murid

Peningkatan kualitas pembelajaran yang dapat dilakukan baik dari sisi kemampuan guru dalam mengajar, intensitas kepala sekolah dalam melakukan pemantauan pembelajaran, dan peran orang tua dalam memotivasi anak belajar. Capaian program ini bersifat relatif mengacu pada aspek karakter dan skill siswa untuk dapat hidup di masa depan yang kompleks dan rumit. Pelaksanaan pembelajaran yang bermutu ditandai dengan keberpihakan guru dalam setiap tindakan pembelajaran yang dilakukannya semata-mata demi murid.

  1. Pemenuhan Sumber Daya Manusia

Pemenuhan sumber daya manusia, yang dapat dipenuhi melalui pengusulan guru baru, tenaga administrasi, optimalisasi penggunaan anggaran dana BOS untuk perekrutan tenaga baik pengajar maupun adminstrasi. Capaian aspek ini bersifat kuantitas ketersediaan tenaga pedidik dan kependidikan dengan kuantitas katagori cukup baik, sehingga guru tidak lagi dibebankan pekerjaan tambahan. Pemenuhan sumberdaya manusia diupayakan sehingga semua aspek pendidikan mendapat layanan yang optimal.

  1. Menjalin Kemitraan dengan Pihak Lain yang Mendukung

Kemitraan dengan pihak lain harus senantiasa dirintis, dilakukan dan dijalin agar dapat memberikan kontribusi untuk membantu peningkatan mutu, baik dari sisi saran, masukan, kontribusi pemikiran dan dana. Capaian aspek ini adalah ketika alumni sekolah, orang tua siswa, lembaga yang peduli pendidikan dapat menjalin kerjasama dalam rangka mewujudkan proses pembelajaran yang berdampak pada murid.

  1. Pemenuhan Sarana dan Prasarana Sekolah

Strategi pemenuhan sarana dan prasarana dapat dilakukan dengan mendata sarana dan prasarana sekolah dan melengkapinya dengan pembiayaan BOS, pemerintah, swadaya masyarakat. Capaian keberhasilan aspek ini adalah ketika sekolah mampu menagadakan sarana fisik yang cukup untuk mendukung pembelajaran dan penciptaan lingkungan yang ramah anak

2.2.4 PROGRAM JANGKA PENDEK

Program jangka pendek sekolah merupakan upaya strategi bertahap dan berkelanjutan dalam rangka mencapai program jangka panjang yang dijabarkan seperti tabel di bawah ini:

  1. Program Supervisi Refleksi Berkelanjutan

Program Supervisi Refleksi Berkelanjutan atau Superfleksibel, merupakan program yang dirancang dalam rangka mendampingi guru dalam upaya meningkatkan capaian pembelajaran melalui refleksi siswa, guru, kepala sekolah dan orang tua secara berkelanjutan.

  1. Program Literasi Sekolah

Program literasi sekolah dilakukan untuk mendukung pencapaian skill Abad 21 sehingga anak memiliki kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah, kreatifitas dan inovasi, kerjasama tim dan komunikasi yang efektif melalui pembudayaan budaya baca baik di sekolah maupun di rumah.

  1. Program Projek Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila

Program Projek Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila, dilakukan guru baik dari sisi pelaksanaan kokurikuler dan ekstrakurikuler, untuk menguatkan karakter anak yang mandiri, bergotong royong, menghargai perbedaan terhadap kebhinekaan lokal maupun global serta selalu bersyukur kepada Tuhan atas segala ciptaannya, melalui ahklak yang mulia mewujudkan anak yang dipercaya untuk hidup di Abad 21.

  1. Program Apresiasi Gelar Karya

Program Apresiasi Gelar Karya dilakukan untuk memberikan penguatan dan apresiasi atas capaian siswa dalam belajar, dan capaian guru dalam menyelenggarakan pembelajaran yang berpihak pada murid.

  1. Program Pengembangan Kompetensi Keprofesian Berkelanjutan

Program Pengembangan Kompetensi Keprofesian Berkalanjutan bagi guru, tenaga kependidikan, dan kepala sekolah dalam upaya meningkatakan kapasitas diri melalui pelatihan mandiri dan pada komunitas praktisi yang ada. Terutama dalam mengupdate informasi terkait implementasi kurikulum merdeka. Melalui upaya ini akan tercipta pelayanan yang berorientasi dan berpusat pada murid.

Demikianlah cara menyusun visi misi tujuan dan program Kurikulum Merdeka, semoga bermanfaat

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *