ANALISIS PROFIL SEKOLAH

Analisis Profil Sekolah merupakan landasan dari penyusunan visi, misi, tujuan dan program sekolah utamanya pada Kurikulum Merdeka, silahkan disimak tulisan di bawah ini!

Baca Juga

2.1.1 KARAKTERISTIK SEKOLAH BERDASARKAN PERSPEKTIF DATA

1. Karakteristik Sekolah

Karakteristik sekolah memuat tentang profil subjektif sekolah seperti alamat, dan situasi lingkungan yang nantinya bisa dijadikan daya dukung sekolah

2. Karakteristik Siswa dan Orang Tua

Karakteristik siswa dan orang tua memuat sejumlah data tentang berapa jumlah siswa, dan karakteristik prang tua. karakteristik orang tua meliputi berbagai profil latar belakang orang tua seperti pendidikan, pekerjaan dan hal-hal lain yang berpotensi mempengaruhi perkembangan sekolah.

3. Karakteristik Tenaga Pendidik dan Kependidikan

Karakteristik pendidik dan tenaga kependidikan menyangkut profil pribadi, pendidikan, jabatan, dan jenjang karirnya saat ini. Hal ini juga akan menjadi pertimbangan daya dukung pengembangan sekolah

2.1.2 KARAKTERISTIK SEKOLAH BERDASARKAN PERSEPSI ORANG TUA

Karakteristik berdasarkan persepsi orang tua dibuat melalui strategi pengumpulan data yang dapat dilakukan dengan wawancara atau angket. Hal ini dilakukan dengan menyusun beberapa kreteria dan pertanyaan sederhana yang diharapkan dapat menggali harapan orang tua dan potensi berdasarkan perpektifnya.

2.1.3 ANALISIS KARAKTERISTIK SEKOLAH & DATA ASESEMEN NASIONAL

Karakteristik sekolah berdasarkan hasil Asesemen Kompetensi Minimum yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada tahun 2021 yang meliputi Kualitas Capaian Pembelajaran Peserta Didik, Kualitas Proses Pembelajaran Kepada Peserta Didik dan Kualitas Sumberdaya Manusia pada Satuan Pendidikan. pada pembahasan di bawah ini akan dideskripsikan, sekaligus di analisis berdasarkan data yang diperoleh dari situs raporpendidikan,kemdikbud,go.id

1. Kualitas Capaian Pembelajaran Peserta Didik

Hasil belajar peserta didik bias dilihat dari aspek kognitif dan nonkognitif, yang diukur dari kemampuan literasi dan numerasi peserta didik sementara nonkognitif dari karakter dan perilaku yang sejalan dengan nilai Profil Pelajar Pancasila. Hal itu meliputi:

Kemampuan Literasi

  • Kompetensi membaca teks informasi
  • Kompetensi membaca teks sastra
  • Kompetensi mengakses dan menemukan isi teks
  • Kompetensi menginterpretasi dan memahami isi teks

Kemampuan Numerasi

  • Kompetensi pada domain Bilangan
  • Kompetensi pada domain Aljabar
  • Kompetensi pada domain Data dan Ketidakpastian
  • Kompetensi mengetahui

Indeks Karakter

Peserta didik telah menyadari pentingnya nilai-nilai karakter Profil Pelajar Pancasila namun perlu dukungan untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari

  • Beriman Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia
  • Gotong royong
  • Kreativitas
  • Nalar kritis
  • Kebhinekaan global
  • Kemandirian

2. Kualitas Proses Pembelajaran Peserta Didik

Iklim Keamanan dan Inklusivitas

Kualitas proses pembelajaran peserta didik atau mutu pembelajaran mengacu pada keamanan dan inklusivitas, yaitu perasaan dan interaksi peserta didik di sekolah sangat menentukan kualitas pembelajaran. Peserta didik yang merasa tidak aman, misalnya karena mengalami perundungan dan disksiminasi agama, ras, sosial ekonomi, atau kondisi fisiknya, akan kesulitan dalam mengikuti pelajaran, seperti :

Kualitas Pengajaran

Untuk menghasilkan pembelajaran yang berkualitas, guru perlu melakukan refleksi dan evaluasi terhadap cara mengajar saat ini, meliputi :

  • Indeks Kualitas Pembelajaran
  • Indeks Refleksi Guru
  • Kepemimpinan Instruksional

3. Kualitas Sumber Daya Manusia dan Satuan Pendidikan

Kompetensi dan Kinerja GTK

Tingkat kompetensi GTK bisa dilihat dari GTK yang bersertifikat dan nilai Uji Kompetensi Guru (UKG), meliputi

  • Proporsi GTK Bersertifkat
  • Kehadiran Guru
  • Nilai Uji Kompetensi Guru katagori

Pengelolaan Sekolah yang Partisipatif, Transparan, dan Akuntabel

Dalam pelaksanaan dan pengembangan aktivitas, sekolah penting untuk melibatkan warga sekolah (orang tua dan peserta didik), meliputi:

  • Partipasi Warga Sekolah
  • Pemanfaatan Sumber Daya Sekolah
  • Pemanfaatan TIK untuk Administrasi

2.1.4 ANALISIS

Faktor-faktor yang mempengaruhi mutu pembelajaran yang berdampak pada peserta didik yaitu pengeruh internal (warga sekolah) dan eksternal (linkungan belajar). Berdasarkan karakteristik baik dari sisi situasi fisik sekolah, analisis persepsi orang tua, dan capaian Asesemen Kompetensi Minimum dan Lingkungan Pembelajaran yang diseleraskan dengan tujuan pendidikan nasional yang mengacu pada Profil Pelajar Pancasila meliputi:

  1. Bagaimana pelaksanaan aspek Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berahklak Mulia
  2. Bagaimana pelaksanaan aspek Berkebhinekaan Global
  3. Bagaimana pelaksanan aspek Bergotong Royong
  4. Bagaimana pelaksanaan aspek Mandiri
  5. Bagaimana pelaksanaan aspek Bernalar Kritis,
  6. bagaimana pelaksanaan aspek Kreatif

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *