CAPAIAN MAPEL IPAS

Published by TeacherCreativeCorner on

3.1.6 CAPAIAN MAPEL IPAS

BACA JUGA

PENGORGANISASIAN PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM MERDEKA

 

Rasional

Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang makhluk hidup dan benda mati di alam semesta serta interaksinya, dan mengkaji kehidupan manusia sebagai individu sekaligus sebagai makhlkuk sosial yang berinteraksi dengan lingkungannya. Secara umum, ilmu pengetahuan diartikan sebagai gabungan berbagai pengatahuan yang disusun secara logis dan bersistem dengan memperhitungkan sebab dan akibat (kamus Besar bahasa Indonesia, 2016),

Sebagai negara yang kaya akan budaya dan kearifan lokal, melalui IPAS diharapkan peserta didik menggali kekayaan kearifan lokal terkait IPAS termasu peserta didik menggali kekayaan kearifan lokal terkait IPAS termasuk menggunakannya dalam memecahkan masalah. Oleh karena itu, fokus utama yang indin dicapai dari pembelajaran IPAS di SD bukanlah seberapa banyak konten materi yang dapat diserap oleh peserta didik, akan tetapi dari seberapa besar kompetendi peserta didik dalam memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki.  Dengan mempertimbangkan bahwa anak usia SD masih melihat segala sesuatu secara apa adanya, utuh dan terpadu maka pembelajaran IPA dan IPS disederhanakan menjadi satu mata pelajaran yaitu IPAS. Pertimbangan lainnya adalah bahwa anak usia SD masih dalam tahap berpikir konkrit/sederhana, holistik, komprehensif dan tidak detail.

Tujuan

Dengan mempelajari capaian mapel IPAS, peserta didik mengembangkan dirinya sehingga sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila dan dapat:

  1. mengembangkan ketertarikan serta rasa ingin tahu sehingga peserta didik terpicu utuk mengkaji fenomena yang ada di sekitar manusia, memahami alam semeseta dan kaitannya dengan kehidupan manusia;
  2. berperan aktif dalam memelihara, menjaga, melestarikan lingkungan alam, mengelola sumber daya alam dan lingkungan dengan bijak;
  3. mengembangkan keterampilan inkuiri untuk mengidentifikasi. merumuskan hingga menyelesaikan masalah melalui aksi nyata;
  4. mengerti siapa dieinya, memahami bagaimana lingkungan sosial dia berada, memaknai bagaimanakah kehidupan mansusia dan masyarakat berubah dari waktu ke waktu;
  5. memahami persyaratan yang diperlukan peserta didik untuk menjadi anggota suatu kelompok masyarakat dan bangsa serta memahami arti menjadi anggota masyarakat bangsa dan dunia, sehingga dia dapat berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan dirinya dan lingkungan sekitarnya; dan
  6. mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep di dalam IPAS serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari

Karakteristik Capaian Mapel IPAS

ELEMEN DESKRIPSI
Pemahaman IPAS (sains dan sosial) 1.   Ilmu pengetahuan mengambil peran penting dalam mengembangkan teori-teori yang membantu kita memahami bagaimana dunia kita bekerja.

2.   Lebih jauh lagi, ilmu pengetahuan telah membantu kita mengembangkan teknologi dan sistem tata kelola yang mendukung terciptanya kehidupan yang lebih baik.

3.   Dengan menguasai ilmu pengetahuan kita dapat melakukan banyak hal untuk menyelesaikan permasalahan atau menghadapi tantangan yang ada.

4.   Memiliki pemahaman IPAS merupakan bukti ketika seseorang memilih dan mengintegrasikan pengetahuan ilmiah yang tepat untuk menjelaskan serta memprediksi suatu fenomena atau fakta dan menerapkan pengetahuan tersebut dalam situasi yang berbeda.

Categories: Uncategorized

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *