CAPAIAN MAPEL MATEMATIKA
3.1.5 CAPAIAN MAPEL MATEMATIKA
BACA JUGA
PENGORGANISASIAN PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM MERDEKA
Rasional
Matematika merupakan ilmu atau pengetahuan tentang belajar atau berpikir logis yang sangat dibutuhkan manusia untuk hidup yang mendasari perkembangan teknologi moderen. Matematika mempunyai peranan penting dalam berbagai bidang disiplin ilmu dan memajukan daya pikir manusia. Matematika dipandang sebagai materi pembelajaran yang harus dipahami sekaligus sebagai alat konseptual untuk mendkonstruksi dan mrekonstruksi materi tersebut, mengasah dan melatih ekcakapan berpikir yang dibutuhkan untuk memecahkan permasalahan kehidupan. Belajar matematika dapat membantu peserta didik meningkatkan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif. Kompetensi tersebut akan dibutuhkan dalam rangka memperoleh, mengelola dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, penuh dengan ketidakpastian dan bersifat kompetitif.
Tujuan Mata Pelajaran Matematika
Mata Pelajaran Matematika bertujuan untuk membekali peserta didik agar dapat:
- memehami materi pelajaran matematika berupa fakta, konsep, prinsip, operasi, relasi matematika dan mengaplikasikannya secara luwes, akurat, efisien dan tepat dalam pemecahan masalah matematis (pemahaman matematis dan kecakapan prosedural)
- menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematis dan membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika (penalaran dan pembuktian matematis)
- memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami, merancang model matematika atau menafsirkan solusi yang diperoleh (pemecahan masalah matematis)
- mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjalas keadaan atau masalah, serta menyajikan situasi ke dalam simbol atau model matematis (komunikasi dan representasi matematis)
- mengaitkan materi pembelajarna matematika berupa fakta, konsep, prinsip, operasi dan relasi matematis pada suatu bidang kajian, lintas bidang kajian, lintas bidang ilmu dan dengan kehidupan (koneksi matematis) dan
- memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap kreatif, sabat, mandiri, tekun, terbuka, tangguh, ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah (disposisi matematis)
Karakteristik Capaian Mapel Matematika
Capaian Mapel Matematika diorganisasikan dalam lingkup lima elemen konten adalah sebagai berikut:
0 Comments