CAPAIAN BELAJAR MAPEL AGAMA HINDU

Pengantar

Capaian Belajar Mapel Agama Hindu mengacu pada Kemendikbudristek No 008/H/KR/2022 yang menyatakan bahwa umat Hindu memiiki konsep Dharma Negara dan Dharma Agama, yang tertuang dalam pesamuhan Agung Parisda Hindu Dharma Indonesia Pusat. Pada prinsipnya umat Hindu baik secara tersurat dan tersirat mendukung keutuhan Negara Republik Indonesia. Agama Hindu dalam ajarannya memuat konsep Tri Hita karana, yang terdiri dari hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan manusia dan hubungan manusia dengan lingkungan alam.

Hubungan manusia dengan Tuhan tercermin dari berbagai ajaran tattwa dan yadnya yang bersumber dari kitab-kitab Agama Hindu, seperti Weda Upanishad dan yang lainnya. Hubungan manusia dengan manusia tercermin dari ajaran susila seperti yang sangat terkenal adalah Tat Twam Asi, Tri Kaya Parisudha dan yang lainnya. Sementara banyak lagi ajaran Agama Hindu yang mengajarkan agar senantiasa menjaga keseimbangan lingkungan alam sekitar, seperti pada ajaran Bhuta Yadnya dan yang lainnya.

Baca Juga

CAPAIAN BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA

Capaian Belajar Mapel Agama Hindu

Capaian Belajar Mata Pelajaran Agama Hindu dan Budi Pekerti memuat elemen kecakapan, empati, komunikasi, reflektif, berpikir kritis, kreatif dan kolaboratif. Pada pendidikan SD elemen ini kemudian didistribusikan menjadi capaian pembelajaran berdasarkan fase, mulai dari Fase A, B dan C. Berikut adalah penjabaran deskripsi capaian belajar Mata Pelajaran Pelajaran Agama Hindu

 

Capaian Belajar Agama Hindu

Situs Sekolah

AJARAN TAT TWAM ASI DALAM PROGRAM GURU PENGGERAK

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *