OLIMPIADE SAINS NASIONAL 2022

Matematika IPA dan Literasi Sains dalam

Kemunduran Indonesia dalam bidang teknologi merupakan dampak dari rendahnya budaya literasi terutama dalam bidang sains. Kemajuan teknologi di negara-negara maju telah sangat jauh meninggalkan kita. Mulai dari rekayasa teknologi berbasis biologi, pendalaman aplikasi teknologi bidang fisika bumi dan antariksa yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Gadget dengan segala aplikasi yang ada di dalamnya itu adalah produk teknologi, dimana sains menjadi pondasi dasarnya. Sains yang berkerja pada alat elektronika yang kita gunakan sehari-hari, adalah jasa dari penemuan ribuan sainstis, yang telah mendedikasikan dirinya untuk pengembangan sains. Salah satu bidang sains yang menjadi landasan dalam mengembangkan teknologi elektronika canggih berbasis nano teknologi adalah fisika kuantaum.

 Fisika kuantum telah mampu dikembangkan melalui penjabaran perilaku partikel sub atomik dengan bantuan ilmu matematika. Perilaku partikel sub atomik yang direkayasa sedemikian rupa melalui berbagai eksperimen tak kenal lelah dari pada sainstis telah mampu menemukan cara untuk membantu mempermudah kehidupan manusia melalui pengaplikasiannya dalam bentuk teknologi terapan. Sedemikian maju kreatifitas para sainstis dalam upaya memanipulasi dan merekayasa perilaku partikel sub atomik tersebut adalah berkat kemampuan literasi sains yang tinggi pada pendidikan negara-negara maju. Berdasarkan hal itu, upaya mengejar ketertinggalan Indonesia dalam mutu pendidikan hal pokok yang harus dilakukan adalah meningkatkan kemampuan literasi anak-anak Indonesia.

Baca Juga

PENYELENGGARAAN OSN KABUPATEN KARANGASEM

OLIMPIADE SAINS NASIONAL 2022

PENGUMUMAN

DAFTAR NAMA PESERTA KSN MATEMATIKA DAN IPA

MATERI OSN

Meningkatnya aktivitas literasi sains di kalangan anak-anak Indonesia akan berdampak kepada kemampuan berpikir analitis. Perkembangan literasi sains tidak dapat optimal dilaksanakan jika masih menerapkan menerapkan kurikulum yang masih membatasi kesempatan murid dalam mengekspresikan kreatifitasnya. Maka dari itu, kebijakan merdeka belajar adalah jawaban yang relevan untuk dilakukan dalam rangka merintis upaya memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar lebih merdeka, yaitu belajar dengan caranya, sesuai bakatnya dan sesuai dengan tingkat perkembangannya.

Baca Juga

Berpikir analitis, kolaboratif dan komunikatif merupakan skill yang tidak bisa dipisahkan dari upaya mengembangkan sains di masa depan. Sehingga pembelajaran yang mengedepankan karakter juga menjadi hal penting dari pengembangan literasi sains. Melalui gerakan literasi sains yang luas maka bukan hanya skill yang akan dimilliki tetapi juga karakter yang akan mengantarkan anak-anak kita mampu menerapkan skillnya sesuai dengan atutude yang diperlukan di masa depan. Melalui hal itu di masa depan, akan lahir banyak anak-anak yang sadar tentang pentingnya sains, untuk mendukung kreatifitas dan inovasinya untuk memecahkan persoalan hidup. Maka berbicara masalah literasi sains, tentu kita tidak lepas dari upaya mendekatkan dan menghadirkan IPA dan Matematika, menjadi menu wajib untuk dipahami oleh siswa.

Link Bacaan

MATERI DAN SOAL KSN MODUL 1

MATERI DAN SOAL KSN MODUL 2

MATERI DAN SOAL KSN MODUL 3

MATERI DAN SOAL KSN MODUL 4

MATERI DAN SOAL KSN MODUL 5

MATERI DAN SOAL KSN MODUL 6

MODUL EDISI REVISI JUGA TELAH TERSEDIA

Pusat Prestasi Nasional Sekretariat Jendral, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi melakukan upaya peningkatan mutu pendidikan di bidang Matematika dan IPA melalui penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional. Ajang ini merupakan wadah untuk memberikan tantangan kepada peserta didik untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif untuk mengembangkan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis dan kreatif. Hal ini juga sejalan dengan visi utama Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi yaitu mewujudkan peserta didik yang berkarakter Profil Pelajar Pancasila yang selain memiliki skill juga mampu menerapkan skill itu berdasarkan atitude yang diperlukan di masa depan.

Dalam rangka mewujudkan hal itu Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Karangasem bekerjasama dengan Forum Pembina Kompetisi Sains Kabupaten Karangasem, akan menyelenggarakan Kompetisi Sains Nasional, yang suratnya dapat dilihat di link di bawah ini

AYO BURUAN DAFTAR DI SINI

Link Sekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *