Pendampingan CGP Yang Berkesan

Published by TeacherCreativeCorner on

Hal lain yang menjadi catatan dari saya adalah bagaimana CGP menemukan beberapa hal yang harus ditingkatkan dari dirinya adalah terkait strategi berkomunikasi dan menyampaikan ide. Karena menurut beliau, walaupun sudah memiliki ide dan gagasan tetapi skill dalam menyampaikan gagasan dimaksud  harus ditingkatkan. Walaupun dengan tertatih-tatih saya sebagai Pengejar Praktik telah merasakan perubahan yang luar biasa dari Ibu Sumarliani dalam rangka menyampaikan gagasannya. Hal yang nampak telah banyak berubah dari penampilan awal saat pendampingan perdana. Hal ini sangat membanggakan bagi saya sebagai Pengajar Praktik tentang pentingnya Pendidikan Guru Penggerak yang nyata-nyata telah merubah cara pandang yang berimplikasi kepada cara pengambilan keputusan yang tercermin dari perilaku dan aktivitas keseharian CGP.

Bukan hanya itu ada beberapa hal tambahan yang saya peroleh dari proses pendampingan di TK Negeri Pembina adalah :

  1.   Bagaimana antusiasme guru dalam selalu menyelenggarakan pembelajaran yang berpihak pada siswa
  2. Bagaimana peran kepala sekolah yang selalu hadir dalam memotivasi dan memfasilitasi guru agar selalu berinovasi menghadirkan praktik-praktik pembelajaran yang mengedepankan pelayanan pada siswa berbasis student centre
  3. Berikutnya adalah penjelasan CGP tentang bagaimana upaya penyelesaian masalah yang sudah CGP lakukan ketika ada siswa yang menangis dan berkat strategi dan pendekatan yang beliau lakukan yaitu bagaimana berperan layaknya Ibu Kandung siswa dalam mendampingi siswa belajar, sungguh telah menyentuh hati saya sebagai Pengejar Praktik tentang bagaimana seorang guru dengan segenap ketulusan dan keikhlasan yang dimilikinya telah mampu membuatnya berhasil menjadi guru TK/PAUD
  4. Peran teman sejawat yang juga turut hadir berdiskusi secara terbuka dengan CGP juga telah membuat suasana pendampingan benar-benar hidup. Dimana teman sejawat CGP yang bernama Putu Sumiartini (CGP Angkatan terdahulu) telah benar benar mencerminkan bagaimana komunitas sekolah yang telah bergerak sedemikian rupa telah menjadikan TK Negeri Pembina salah satu sekolah yang spesial menurut saya.
  5. Hal terakhir yang juga membuat saya kagum dengan TK Negeri Pembina adalah bagaimana peran kepala sekolah dengan karakteristik leadership yang kuat telah menghadirkan proses pembelajaran yang menggerakkan, komunitas guru di sekolah yang bergerak. Hal ini tidak terlepas dari bagaimana capaian kepala sekolah atas nama Ida Ayu Anom Pratiwi yang telah tuntas dalam menjalankan tugas sebagai Pengajar Praktik pada periode sebelumnya, dimana saat ini telah dipercaya mengemban tugas sebagai Fasilitator Guru Penggerak periode selanjutnya. Motivasi fasilitasi dan pembimbingan beliau telah berhasil melahirkan 2 CGP (Ibu Sumiartini dan Ibu Sumarliani) 1 Asesor (Ibu Sumiartini) , 1 PP (Ida Ayu Anom Pratiwi) dan 1 Fasilitator (Ida Ayu Anom Pratiwi).  Singkat kata tiada lain dari kekaguman yang seolah tiada kata lain yang mampu terucap dari capaian TK Negeri Pembina Karangasem selain “Luar Biasa”.

Demikian tulisan terkait pendampingan saya di TK Negeri Pembina yang telah saya lakukan. Tujuan pendampingan yang sesungguhnya dalam rangka menggali melalui strategi coach kepada CGP adalah merupakan pengalaman berharga bagi saya. Selain dapat membantu CGP dalam upaya meningkatkan pemahaman terhadap apa yang telah dilakukannya, mencari pemecahan atas masalah yang dihadapi tetapi telah sangat berharga bagi saya meraih pengalaman baru. Hal ini sesuai dengan prinsip dan peran Praktik Mengajar Guru Penggerak adalah sebagai teman belajar dari CGP, sepertinya telah saya lakoni dengan baik. Saya ingat harapan narasumber yang memberikan materi tentang coach bahwa peran Pengajar Praktik bersifat menggali dan menguatkan yang menghindari intervensi. Hal ini telah membuat CGP berusaha mengungkapkan hal positif yang telah dilakukan sekaligus menjadi tantangan baginya untuk terus berkembang, akibat dari proses penguatan positif yang dilakukan. Penguatan dimaksud bukan mengada-ngada tetapi berdasarkan bukti nyata perubahan yang telah dilakukan CGP berkolaborasi dengan teman sejawat dan kepala sekolah. Semoga pendampingan esok saya mendapatkan pengalaman baru, dan mungkin akan lebih seru dan menarik.

 

Categories: Uncategorized

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: