Pendampingan CGP Yang Berkesan

Published by TeacherCreativeCorner on

Hal-hal yang telah dibahas saat kegiatan pendampingan adalah sebagai berikut:

  1. Diskusi pengalaman CGP tentang pengalaman saat melaksanakan pembelajaran yang berwujud aksi nyata untuk mencari pengalaman ketika melaksanakan pesan-pesan dari Modul 1.1 Filosofi Ajaran Ki Hajar Dewantara.  Guru menjelaskan bahwa internalisasi pemikiran akibat dari pemahaman tentang Ajaran Ki Hajar Dewantara telah berpengaruh terhadap perilaku guru dalam membelajarkan siswa. Hal ini berdampak pada respon peserta didik yang sangat antusias dan senang. Respon tersebut terjadi sebagai dampak dari penerapan pembelajaran yang menyenangkan terinspirasi dari pemikiran Ki Hajar Dewantara. Hal yang sudah baik dari proses pembelajaran yang telah dilakukan adalah terkait penerapan pembelajaran yang diawali dengan kesepakatan kelas dan penerapan budaya positif dalam pembelajaran.  Hal yang tampak berubah dari CGP adalah budaya berpikir positif yang awalnya belum dipahami, tetapi mendapatkan manfaat yang sangat besar dalam memotivasi siswa. Menurut penjelasan CGP, dulu dalam menegakkan aturan kelas agak bersifat tegas, harus ini dan harus itu, tanpa diawali dengan kesepakatan kelas. Saat ini hal ini sangat bermanfaat bagi yang bersangkutan untuk memotivasi agar siswa mau menaati aturan yang siswa buat sendiri
  2. Hal yang disampaikan guru penggerak adalah nilai-nilai yang harus dimiliki guru penggerak yang salah satunya adalah rutin melakukan kegiatan refleksi diri. Karena melalui kegiatan merefleksikan diri guru senantiasa untuk mengeksplorasi kelebihan dan hal-hal yang perlu ditingkatkan dari proses pembelajaran yang telah dilakukan
  3. Umpan balik yang dilakukan teman sejawat, sedikit banyak telah membantu CGP dalam memahami dirinya (bukan hanya pendapatnya sendiri) tetapi lebih kepada pendapat orang lain terhadapnya. Melalui kegiatan mendapatkan umpan balik (yang terkadang mendapatkan tantangan) CGP lebih mampu menyadari hakikat dirinya
  4. Upaya menggali pendapat siswa sehingga CGP mendapatkan umpan balik dari siswa, adalah hal yang menarik baginya. Upaya guru menggali pendapat siswa tentang dirinya telah berdampak kepada bagaimana guru senantiasa berupaya memperbaiki perencanaan dan proses pembelajaran yang dilakukannya. Upaya perbaikan tersebut nyata-nyata dilakukan karena sebagian besar siswa mengharapkan perubahan itu. Siswa meminta secara terbuka (walaupun siswa TK), tetapi mereka telah berhasil mengungkapkan harapannya kepada guru. Ada siswa yang bahkan tidak mau ditemani guru lain, kalau tidak CGP yang mengajaknya belajar.
  5. pada akhirnya guru sampai pada suatu kesimpulan untuk melanjutkan praktik-praktik baik yang mereka telah lakukan untuk tetap dilakukan karena hal tersebut telah terbukti membantu CGP dalam menguubah perspektif terkait pandangannya tentang pembelajaran. Hal-hal yang menyenangkan siswa sebagai bentuk motivasi awal agar siswa mau belajar dan berinteraksi dengan guru dan teman siswa lainnya menjadi salah satu fokus perhatian CGP
  6. Pada akhir pertemuan CGP menyampaikan hal-hal yang menarik yang telah dilakukan Pengajar Praktik dalam pendampingan saat ini, dan menyarankan untuk mengulang hal tersebut. Dimana menurut CGP cara pendampingan yang dilakukan dengan santai dan akrab sehingga CGP tidak merasa canggung dalam menyampaikan hal-hal yang harus disampaikannya kepada pengajar praktik. Hal yang menurut CGP harus benahi pada proses pendampingan selanjutnya adalah terletak kepada CGP sendiri agar fokus untuk berkegiatan mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan siswa sehingga menjadi hal baik bagi penyemangat dalam rangka menguatkan diri melalui pendampingan.

Pembahasan itu berjalan santai, dan merdeka berkat teknik coaching yang saya lakukan. Proses coaching yang dilakukan Pengajar Praktik saat ini telah lebih baik dan mendalam berdasarkan pengalaman sebelumnya. Suasana santai dan akrab kemudian memantik PP untuk mampu berpikir dan menggali lebih banyak lagi informasi tentang hal-hal baik yang membanggakan bagi CGP. Terkait waktu pendampingan, sudah tidak menjadi masalah, karena juga didasarkan atas kesepakatan dan aturan yang sudah ditetapkan.

Secara umum pendampingan individu 1 yang saya lakukan kepada Ibu Ni Putu Sumarliani, S.Pd Aud telah berhasil dan selesai. Proses pendampingan kepada Ibu Sumarliani telah berlangsung baik dan banyak hal yang telah saya dapatkan di sini.

Hal-hal yang menjadi catatan bagi saya selaku Pengajar Praktik terhadap capaian belajar CGP telah sangat baik. Catatan yang ada adalah catatan kebaikan yang sangat menginspirasi bagi saya selaku pengajar praktik yang telah diberi kesempatan melakukan pendampingan di TK Negeri Pembina Karangasem. Kepala sekolah yang energik dan selalu memotivasi guru-guru untuk melakukan hal-hal positif dalam mengembangkan CGP dan guru-guru lainnya merupakan hal istimewa yang menjadi pelajaran berarti bagi saya. Hal ini telah menjadi pemikiran dan akan diterapkan di tempat saya bertugas yaitu SD Negeri 7 Subagan.

Categories: Uncategorized

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: