Pendampingan CGP Yang Berkesan

Published by TeacherCreativeCorner on

Lebih dari itu dua orang gurunya juga telah meraih prestasi yang luar biasa. Pada periode sebelumnya Ibu Putu Sumiartini adalah guru TK Pertama yang menjadi Guru Penggerak, yang saat ini juga telah lulus menjadi Asesor Guru Penggerak. Terinspirasi dari hal itu, maka saat ini menyusul Ibu Ni Luh Putu Sumarliani juga telah berhasil lolos sebagai Calon Guru Penggerak yang sedang mengikuti Pendidikan Guru Penggerak yang kebetulan saya berperan sebagai Pengajar Praktiknya.

Tidak membuang waktu lagi, saya ingin menggali lebih jauh lagi, bagaimana sesungguhnya strategi yang mereka lakukan sehingga dapat berhasil seperti ini. Pada sebuah ruangan belajar saya dipersilahkan duduk dan diberi kesempatan berbincang dengan CGP. Ibu Putu Sumarliani, S.Pd Aud adalah sosok guru TK yang pada pertemuan sebelumnya pernah saya gali terkait dengan motivasi dan tantangannya ketika mengikuti Program guru Penggerak. Sesuai tujuan pendampingan saya hari ini, adalah menindak lanjuti dari program yang telah beliau sampaikan sejak dilakukan Lokakarya 1 sebagai wujud komitmennya menghadirkan pembelajaran yang memerdekakan di kelasnya.

Sebagai kegiatan awal saya sampaikan maksud dan tujuan dari kegiatan pendampingan hari ini, kurang lebih sebagai berikut:

  1. Diskusi tentang pengalaman, tantangan dan pembelajaran saat penerapan Aksi Nyata Modul 1.1 yang merupakan kelanjutan dari kegiatan pendampingan 0
  2. Diskusi pengalaman, tantangan dan pembelajaran terkait penerapan Aksi Nyata Modul 1.2 tentang nilai, peran, strategi dari Guru Penggerak
  3. Diskusi Tindak lanjut hasil Loka 1 terkait tugas meminta umpan balik dari rekan sejawat tentang pendapat, umpan balik, reaksi dari umpan balik, dan tindak lanjut dari kegiatan umpan balik
  4. Diskusi tentang umpan balik kepada siswa tentang bagaimana guru memposisikan siswa, reaksi terhadap interaksi siswa, respon siswa ketika pelaksanaan umpan balik, perasaan ketika mendapatkan umpan balik, tindak lanjut terhadap hasil umpan balik
  5. Mendiskusikan terkait tindak lanjut dari hasil kegiatan umpan balik secara umum
  6. Refleksi terkait apa yang menarik, apa yang telah baik, apresiasi dan motivasi

Melihat uraian tujuan di atas, saya pikir terlampau padat dapat saya gali hanya dalam beberapa jam saja. Tetapi melalui strategi percakapan yang santai dan merdeka, saya tidak mengalami hambatan yang berarti. Pada saat proses pendampingan yang dilakukan santai dan penuh keakraban, sesekali teman sejawat dan kepala sekolah beserta guru yang lain juga menyapa dan membantu CGP dalam kegiatan ini.

Categories: Uncategorized

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: