TPACK dalam Pembelajaran Matematika Berbantuan Aplikasi Marlin

Published by TeacherCreativeCorner on

  1. Technological Knowlagde, yaitu kompetensi guru dalam menggunakan berbagai teknologi, alat teknologi dan berbagai sumberdaya yang relavan untuk secara terus menerus mendukung penegmbangan kompetensi belajar matematika pada siswa.
  2. Content Knowladge, pengatahuan guru tentang materi pelajaran, konsep teori, bukti dan kerangka kerja organisasi dalam mendukung optimalisasi pengembangan proses pencapaian kompetensi siswa dalam belajar matematika.
  3. Pedagogical Knowladge, yaitu pengetahuan dan keterampilan guru dalam menerapkan praktik baik pembelajaran seperti metode, strategi, pendekatan, model dan teknik pembelajaran yang relevan sehingga upaya meningkatkan kompetensi siswa dalam belajar matematika tercapai.
  4. Pedagogical Kontent Knowladge, yaitu kompetensi guru dalam mengkemas materi pembelajaran tertentu berlandaskan skill pedagogi yang dimiliki dengan konten materi yang sedang dibelajarkan, sehingga upaya memaksimalkan proses belajar untuk menghasilkan produk belajar bermakna akan tercapai.

Integrasi Matematika dan TIK

Penggunaan teknologi dalam pembelajaran merupakan salah satu bentuk implementasi pendekatan TPACK dalam proses pembelajaran. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran berpotensi meniadakan hambatan yang dulunya sangat besar, hingga saat digunakannya teknologi dapat ditekan. Penggunaan teknologi, juga relevan dengan konteks kehidupan masa kini, sehingga lebih merangsang guru untuk lebih berinovasi menghadirkan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan.
Kehadiran internat telah menghubungkan perangkat TIK dari jutaan pengguna di dunia adalah peluang untuk meningkatkan pemenuhan kebutuhan siswa dalam belajar. Metode e-learning sangat berpeluang untuk memberi pengalaman baru bagi siswa, ketika proses belajar berlangsung. UNESCO mengemukakan tiga pendekatan pengajaran berdasarkan pengembangan kapasitas sumber daya manusia di bidang pendidikan yaitu:

  1. Literasi Teknologi, yaitu proses untuk melek dengan teknologi sehingga dapat memanfaatkannya untuk membantu proses pembelajaran atas beberapa aspek yaitu: Kesadaran kebijakan, Pengetahuan dasar, Mengintegrasikan teknologi, Peralatan dasar, Standar ruang kelas, Literasi digital
  2. Pendalaman Pengetahuan, yaitu upaya memperkaya pengetahuan yang lebih berorientasi kontekstual, meliputi : Pemahaman kebijakan, Penerapan pengetahuan, Pemecahan masalah yang rumit d. Kelompok kolaborati, Kelola dan pandu, Penciptaan Pengetahuan, yaitu upaya menciptakan pengetahuan baru sebagai bagian dari upaya pemecahan masalah yang telah dilakukan, meliputi:, Inovasi kebijakan, Keterampilan dan pengetahuan bermasyarakat c. Manajemen diri, Peralatan yang mampu menyesuaikan dengan kondisi lingkungan e. Organisasi pembelajaran, Guru sebagai model pembelajar

    Program Monitoring dan Evaluasi

    Menurut FSECD (2021), yang dikutip dari OCDC-DAC (2002) memberikan pengertian bahwa monitoring sebagai pengumpulan informasi yang sistematis dan berkelanjutan untuk menilai kemajuan pencapaian tujuan, hasil dan dampak. Sementara evaluasi sebagai penilaian sistematis dan objektif dari proyek, program yang sedang atau sudah selesai atau kebijakan, rancangan, pelaksanaan dan hasil dengan tujuan untuk menentukan relevansi dan pemenuhan tujuan, efisiensi, dampak dan keberlanjutan.
    Paradigma monev menuju keberhasilan berbasis kinerja dan berorientasi pada hasil dalam konteks bekerja bersama-sama dengan tren reformasi pendidikan saat ini, dengan memperhatikan kualitas pendidikan yang berpengaruh kepada pendekatan dan praktik monitoring dan evaluasi di sektor pendidikan. Melihat hal itu monitoring dan evaluasi dilakukan untuk mengukur keefektifan penerapan Aplikasi Marlin adalah sebagai berikut:

    1. Indikator Input
    2. Mengukur kondisi dasar penerapan Aplikasi Marlin, yaitu: Rasio komputer setiap siswa b. Akses internet, Keterampilan TIK guru/pendidik /kepala sekolah, Keterlibatan kepemimpinan kepala sekolah e. Infrastruktur TIK Sekolah, Pengawasan dan dukungan teknis, Waktu yang dihabiskan oleh guru untuk mempersiapkan perencanaan pelaporan berbasis TIK
    3. Indikator Proses, Melacak evolusi integrasi TIK:
    4. Indikator intervensi, mengukur apakah keterampilan untuk mengimplementasikan Aplikasi Marlin telah diperoleh oleh penggunannya
    5. Indikator Adopsi, memantau fitur-fitur penting yang harus diberlakukan oleh guru dalam kelas, faktor-faktor yang menentukan hasil program, terutama yang berkaitan dengan prestasi siswa
    6. Indikator Hasil Mencerminkan dampak langsung dari penerapan Aplikasi Marlin a. Keterampilan guru yang diperoleh melalui pelatihan b. Peningkatan pencapaian siswa c. Tingkat penggunaan teknologi
    7. Instrumen Penilaian, Mengukur input, proses dan hasil indikator,  Kinerja guru menggunakan Aplikasi Marlin b. Observasi
    8. Survei
    9. Quesioner
    10. Rencana Monitoring dan evaluasi

    Perencanaan menjadi hal yang penting dilakukan untuk memastikan pelaksanaan kegiatan monitoring dan evaluasi dilaksanakan secara efektif. Dengan perencanaan yang baik dan matang maka persiapan dari siswa, guru dan pelaksana monev akan lebih baik dari pada tidak dilakukan perencanaan.

    Categories: Uncategorized

    0 Comments

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    %d bloggers like this: