SELAMAT HARI RAYA GALUNGAN DAN KUNINGAN

Laporan pelaksanaan Diklat Profil Pelajar Pancasila, 4 s/d 7 November 2021 adalah topik cerita penulis hari ini. Kegiatan ini adalah kali kedua yang berhasil dilaksanakan untuk mendukung upaya membumikan Profil Pelajar Pancasila di daerah paling timur pulau Bali ini. Kegiatan pertama yang dilaksanakan adalah “Lomba Sekolah Nadi Bersinar dalam Pengembangan Profil Pelajar Pancasila” yang didukung beberapa instansi seperti BNN, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem. Setelah sukses dengan kegiatan pertama maka Disdikpora Kabupaten Karangasem kembali menghadirkan kegiatan dengan topik “Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Mengembangkan Kurikulum Muatan Lokal”. Topik ini diambil, karena melihat bahwa sangat banyak nilai-nilai lokal di Kabupaten Karangasem yang berpotensi untuk mendukung pengembangan Skill dan Karakter Profil Pelajar Pancasila.

Baca Juga

 

Diklat Profil Pelajar Pancasila secara resmi dibuka oleh Kepala Disdikpora Kabupaten Karangasem I Wayan Sutrisna dalam sambutannya mengatakan bahwa,

“Pentingnya dalam menjalin kerjasama untuk sama-sama mendukung kegiatan pengembangan Kurikulum Muatan Lokal agar lebih berdampak kepada siswa dalam penumbuhan skill dan sikapnya. Maka agar sekolah, guru dan orang tua lebih peduli kepada pendidikan melalui proses pembelajaran yang baik. Walaupun Pembelajaran Tatap Muka dilaksanakan secara terbatas, dihimbau agar guru-guru lebih kreatif memunculkan inovasi-inovasi dalam mengoptimalkan kegiatan belajar, utamanya dalam pengembangan karakter. Utamanya saat ini yang sangat penting dilaksanakan dalam mengelola pembelajaran dengan tetap melatih skill anak-anak agar peduli dengan kesehatan diri dan lingkungan, melalui penerapan Protokol Kesehatan. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan masyarakat akibat Virus Corona, dimana Kabupaten Karangasem telah menunjukkan hal yang baik dengan semakin banyaknya zona kuning dan hijau.”

 

Diklat Profil Pelajar Pancasila dilakukan dengan mode luring dan daring ini diikuti oleh 40 orang peserta yang tersebar secara merata dari seluruh guru kelas IV dari sekolah dasar yang tersebar di Kabupaten Karangasem. Kegiatan hari pertama menyajikan materi tentang Membumikan Profil Pelajar Pancasila, Integrasi Profil Pelajar Pancasila dalam Muatan Lokal dan Strategi Penyusunan RPP Merdeka Belajar Berkarakter Profil Pelajar Pancasila, yang disajikan oleh narasumber I Wayan Putra, I Ketut Latri dan I Gusti Ketut Panon. Hari kedua narasumber yang menyajikan materi adalah I Ketut Merta Yasa dan Ngakan Suarjana dengan materi Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Gerakan Anti Perundungan yang dilanjutkan dengan Aktivasi Akun Praktik Baik Puspeka oleh I Wayan Putra. Hari ketiga dan empat kegiatan dilakukan secara daring dengan panduan tata cara upload karya di situs Puspeka.

Ketua panitia I Wayan Widiana dalam laporannya menyatakan, bahwa kegiatan ini dapat terlaksana dengan proses yang agak panjang mulai dari perumusan ide, anggaran, koordinasi hingga penyiapan sarana dan prasarana. Beliau juga mengatakan bahwa komitmen program ini adalah bagaimana menjamin kegiatan ini dapat diimbaskan sampai ke sasaran terdepan yaitu siswa. Maka kewajiban peserta adalah untuk menggalang kerjasama dan menumbuhkan kepedulian agar motivasi mengembangkan praktik baik dalam implementasi Pengembangan Karakter Pelajar Pancasila dapat tumbuh secara berkelanjutan. Panitia juga mengapresiasi peserta dan akan memberikan sertifikat penghargaan kepada peserta kegiatan selain fasilitas lain seperti ATK.

Hingga hari keempat kegiatan ini dilaksanakan telah berhasil memotivasi peserta untuk membuat tindak lanjut yang akan dipenuhi hingga bulan Desember Tahun 2021. Hampir semua peserta antusias dalam melaksanakan kegiatan yang dirancang secara interaktif oleh para narasumber. Hingga hari terakhir. Terdapat beberapa peserta telah berhasil registrasi di portal praktik baik Puspeka. Bahkan diantaranya telah berhasil upload praktik baik yang pernah mereka laksanakan.

 

 

Semoga Diklat Profil Pelajar Pancasila untuk Mengembangkan Kurikulum Muatan  Lokal terjadi pada pembelajaran di kelas-kelas sekolah dasar di Seluruh Kabupaten Karangasem. Maka dari itu misi pemerintah untuk membumikan Profil Pelajar Pancasila dapat menghasilkan anak-anak generasi masa depan yang benar-benar berkarakter Abad 21. Mereka adalah tumpuan bangsa yang akan membawa pribadi-pribadi unggul berwawasan global untuk bersama sama menjaga eksistensi manusia di muka bumi.

 


Portal Puspeka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *