Pengantar

Catatan kecil ini merupakan pengalaman terbaik guru kelas III, sebagaimana yang saya ampu. Mengungkapkan pengalaman buruk sepertinya lebih mudah dari pada mengatakan pengalaman baik. Sepertinya agak berlebihan dan sombong. Tetapi atas pandangan kepala sekolah dalam upaya pentingnya berbudaya dan berpikir positif, maka baru saya sadar bahwa mengungkapkan pengalaman buruk, akan cenderung juga mengulangi perbuatan yang buruk. Sehingga hal yang perlu kita sampaikan adalah pengalaman baik, dimana jika hal ini sering di sampaikan, maka pikiran kita akan positif, dan cenderung mengulang aktifitas yang sama. Di saat bersamaan pengalaman burukpun akan hilang dan tidak memiliki kesempatan untuk di ulang kembali.

Strategi Pengembangan Karakter

Hal baik yang telah saya lakukan dalam kegiatan pengembangan karakter anak pada siswa Kelas III dapat saya ceritakan bahwa selama pembelajaran di masa pandemi memang sulit untuk memantau karakter anak secara langsung dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka. Maka dari itu saya berusaha untuk memantau karakter anak misalnya dengan menampilkan pembelajaran dan memberi tugas. Pada kegiatan ini siswa selalu diharapkan untuk bangun pagi, dan membantu orang tua saya selalu menanyakan  tentang tugas yang diberikan melalui wa grup atau secara pribadi melalui japri. Saya selalu memberi motivasisemangat, dan dorongan untuk bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.

Strategi baik yang akan saya lakukan untuk meningkatkan capaian kegiatan pengembangan karakter siswa di antaranya memberi kembali materi yg sudah diberikan pada minggu yang lalu dan melanjutkan materi selanjutnya. Selain itu juga mengadakan evaluasi setiap minggu. Tujuannya sejauh mana peserta didik mengerti tentang pembelajaran yang saya berikan.

Baca juga

Meningkatkan Kreatifitas

Sementara hal baik yang telah saya lakukan untuk meningkatkan skill kreatifitas anak, seperti yang saya pikirkan pada dasarnya setiap anak yang lahir sudah membawa kemampuan, minat atau hobi secara alami, suka menari, bernyanyi, atau olah focal, berkarya, termasuk juga gemar melukis.

Strategi yang saya lakukan untuk meningkatkan skill kreatif siswa setiap orang pasti memiliki potensi, untuk melakukan kemampuan aktifitas. Setiap siswa yang memasuki proses belajar, di dalam hati nya selalu diiringi dengan rasa ingin tahu Guru diharapkan untuk merangsang siswa dalam melakukan apa yang dinamakan kemampuan aktifitas. Untuk mendapatkan informasi bagi mereka adalah hal yang nyata. Rasa ingin tahu siswa harus dijaga dengan cara memberi kesempatan bagi mereka untuk mengembangkan skill kreatif nya. Dimasa pandemi seperti sekarang banyak siswa yang hasil kreatif nya yang aktif diciptakn apra siswa untuk mengembangkan sesuai bakat dan minat.

Meningkatkan Nalar Kritis

Pengalaman baik yang telah saya lakukan untuk mengembangkan skill berfikir bernalar kritis dapat saya jelaskan bahwa pada masa pandemi seperti sekarang ini tantangan peningkatan mutu dalam berbagai aspek kehidupan tidak bisa berkembang. Oleh karena itu, pendidikan sekarang ini diarahkan agar mampu berkompetesi dalam persaingan hal ini dapat diarahkan tercapai nya pendidikan di sekolah, artinya saya perlu mengajar siswa untuk belajar berfikir dan keunggulan dalam berkompetisi dsn itu pun tergantung pada kemampuan siswa itu sendiri Singkatnya karna berfikir kritis merupakan topik yang penting dalam pendidikan di maaa pandemi sekarang ini.

Tindakan yang sayan lakukan untuk meningkatkan capaian skill berfikir kritis adalah lebih banyak memberi soal dan penugasan untuk menyimak vidio pembelajaran matematika sperti pecahan satuan jarak dan alat ukur dan materi lainnya.

Meningkatkan Skill Kolaborasi

Pengalaman baik yang saya lakukan untuk menumbuhkan skill kemampuan kolaborasi siswa dalam situasi sekarang dimana  siswa belajar secara lebih di arahkan di tingkat keluarga. Dimana siswa dapat  melakukan kolaborasi dengan keluarganya atau orang terdekat dalam hal mengerjakan tugas yang diberi guru. Tugas-tugas yang merangsang kemampuan siswa untuk bernalar kritis, dengan model pertanyaan terbuka atas fenomena dan kasus yang kontekstual, lebih menantang siswa dan anggota keluarganya untuk bersama-sama berpikir dalam menjawab soal.

Melihat hal di atas hal baik yang akan saya lakukan beberapa minggu ke depan dalam meningkatkan capaian skill kolaborasi sangat penting dalam perannya untuk mengambangkan karakter anak. Menurut saya pengembangan karakter adalah untuk meningkatkan kemampuan dan membentuk karakter berhubungan juga dengan upaya mencerdaskan. Disaat sekarang ini mulai dibicarakan mengenai pendidikan karakter khususnya pada siswa bukan semata-mata memberi tugas. Mengingat siswa beraktivitas bukan hanya disekolah saja tetapi juga menghabiskan waktunya di rumah, dan pendidikan karakter adalah untuk membentuk meningkatkan derajat disampaikan dan martabat.

Meningkatkan Skill Berkomunikasi

Hal baik yang telah saya lakukan dalam upaya menumbuhkan kemampuan berkomunikasi pada siswa adalahh beranjak dari pendapat saya bahwa kemampuan berkomunikasi di butuhkan untuk menunjang suatu pekerjaan yang baik dan menumbuhkan rasa percaya diri dari orang lain dan menjalin komunikasi siswa. Hal itu saya lakukan dengan menjalin komunikasi yang baik saat berinteraksi dalam pembelajaran baik melalui Google Calssroom dan Whatsapp Group.

Pentingnya kemampuan berkomunikasi dilatih kepada siswa dapat dilakukan kepada teman, orang tua, keluarga, masyarakat sekitar. Hal itu tergantung pada orang yang diajak komunikasi. Hal ini akan sangat berguna bagi seseorang, dalam menyampaikan ide dan gagasannya untuk dimengerti orang lain. Sehingga dengan cara berkomunikasi  yang baik, orang lain akan lebih mengerti terhadap apa yang kita sampaikan.

Penutup

Demikian beberapa hal terkait pengalaman terbaik dalam mengintegrasikan pengambangan karakter pada proses pembelajaran, ketika masa Pandemi Covid-19 yang dapat saya sampaikan. Pengalaman itu pula, selanjutnya menjadi dasar bagi saya untuk melakukan hal yang sama, bila perlu dengan cara yang lebih baik lagi. Bimbingan kepala sekolah telah banyak menyadarkan saya, bahwa pentingnya karakter itu disisipkan pada kegiatan pembelajaran, sehingga ke depannya anak-anak, akan memiliki sikap baik dan dipercaya orang lain karena memiliki kemampuan disertai karakter yang baik pula.

Info Sekolah

loading...

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *