TIPS MEMBELAJARKAN SISWA YANG MEMERDEKAKAN

Published by Ayu Anjani on

    • “Nah anak-anak, Ibu tadi sudah bercerita, sekarang giliran kalian untuk menceritakan pengalaman terbaik kalian dalam memecahkan sebuah masalah”
    • “Silahkan kalian berpikir, menulisnya, lalu menceritakannya kepada Ibu dan teman-temannya di Google Classroom ini!”
    • (Dan soal sterusnya materi di posting di Google Classroom berbantuan WA)
 Kegiatan Awal PTM
    • Anak-anak selamat pagi, apa kabar kalian, sudah bagun? Kalau belum silahkan bagun ini sudah pagi, ingat sekarang giliran kalian bertemu Ibu guru lagi untuk belajar. Ingat terlebih dahulu, rapikan tempat tidurmu, bantulah Ibu kalian membersihkan kamar dan lingkungan sekitar rumah. Selanjutnya kalian mandi, sarapan, berdoa dan berangkat ke sekolah, sampai di sekolah ingat cuci tangan, ukur suhu tubuh, masuk ke kelas, bantu Ibu gurumu membersihkan kelas dan halaman sekolah”.
    • “Selamat pagi anak-anak, sebelum masuk kelas dan pembelajaran di mulai, silahkan cari buku yang kalian suka dan bacalah selama 15 menit”
Kegiatan Inti PTM
    • “Anak-anak, siapa yang mau menceritakan isi buku yang telah di baca tadi”
    • “Ok terimakasih ya, menarik sekali bacaan yang kamu baca, dan ibu suka sekali, cara kamu menceritakan juga bagus, ibu menjadi mengerti”
    • Guru bercerita secara lisan

“Anak-anak silahkan kalian dengarkan, ini pengalaman hidup Ibu. Ibu awalnya tidak bisa laptop, awalnya Ibu kok malas sekali belajar laptop. Padahal guru saat ini dituntut harus bisa menggunakan laptop. Akhirnya ibu bisa lepas dari masalah itu, karena ibu sendiri bertekad, bahwa Ibu harus bisa laptop. Kebetulan awalnya Ibu dapat pinjam dan akhirnya belajar, dan sekarang walaupun tidak pinter amat, tetapi Ibu sudah bisa menggunakan laptop. Ternyata banyak sekali manfaat menggunakan laptop, Ibu dapat berinternet, Ibu dapat meeting dengan kalian, dapat mengetik surat dan sebagainya. Sekarang ibu, sangat senang, karena ternyata belajar laptop itu sangat mudah, dan ibu sekarang melakukan pekerjaan dengan mudah dengan menggunakan laptop!”

    • “Nah anak-anak, Ibu tadi sudah bercerita, sekarang giliran kalian untuk menceritakan pengalaman terbaik kalian dalam memecahkan sebuah masalah”
    • “Silahkan kalian berpikir, menulisnya, lalu menceritakannya kepada Ibu dan teman-teman nya di sini secara bergiliran!
    • (Dan soal seterusnya ……………..)
Kegiatan Penutup (PJJ dan PTM)
    • “Ok anak-anak, kalian ternyata semua berbakat ya, terima kasih ibu ucapkan atas kemauan belajar kalian yang baik”
    • “Sekarang giliran kalian menceritakan, tadi kita sudah belajar apa saja?
    • “Siapa mau memberitahu ibu, bagaimana caranya memberi saran, ada yang mau membantu menjelaskan?”
    • “Bagaimana cara kalian untuk menyempurnakan kegiatan belajar di sekolah agar lebih baik lagi besok?”

Langkah Kegiatan Belajar Hari Kamis, 28 Oktober 2021

Kegiatan Awal PJJ
    • “Hai Anak-anak, selamat pagi, apa kabar kalian, sudah bagun, pasti sudah bangun kan?
    • “Kalau ada yang belum bangun, sayang sekali, keduluan sama ayam, selanjutnya rapikan tempat tidur kalian, lanjut bantulah Ibu kalian membersihkan kamar dan lingkungan rumah. lanjut mandi, sarapan, berdoa dan dan bersiap belajar di LMS Google Classroom”
Kegiatan Inti PJJ
    • “Lanjut kegiatan belajar kalian sekarang giliran di rumah ya, tapi janji, kalian harus tetap belajar, tetap jadi orang baik ya, sesuai pelajaran kemarin,
    • “Kalau kalian sudah masuk ke Google Classroom, terimakasih dan silahkan baca petunjuk pengerjaan ini!”
    • “Ok Anak-anak, kita sekarang akan melakukan simulasi tentang pentingnya hak berbicara di depan kelas”
    • “Ada yang tahu, apa artinya hak? Dan Kewajiban?”
    • “Ok Bagus sekali ya, ternyata kalian tahu apa maksud Ibu”
    • “Tugas dari Ibu sekarang adalah, kalain menulis apa saja yang harus dilakukan agar kita dapat berbicara di depan kelas!”
    • “Dan apakah kewajiban kalian ketika berbicara di depan kelas!”
    • “Maka, buatlah rekaman singkat, tentang hak dan kewajiban tentang berbicara di depan kelas!”
    • (Dan soal sterusnya materi di posting di Google Classroom berbantuan WA)
Kegiatan Awal PTM
    • Anak-anak selamat pagi, apa kabar kalian, sudah bagun? Kalau belum silahkan bagun ini sudah pagi, ingat sekarang giliran kalian bertemu Ibu guru lagi untuk belajar. Ingat terlebih dahulu, rapikan tempat tidurmu, bantulah Ibu kalian membersihkan kamar dan lingkungan sekitar rumah. Selanjutnya kalian mandi, sarapan, berdoa dan berangkat ke sekolah, sampai di sekolah ingat cuci tangan, ukur suhu tubuh, masuk ke kelas, bantu Ibu gurumu membersihkan kelas dan halaman sekolah”.
    • “Selamat pagi anak-anak, sebelum masuk kelas dan pembelajaran di mulai, silahkan cari buku yang kalian suka dan bacalah selama 15 menit”
Kegiatan Inti PTM
    • “Anak-anak, siapa yang mau menceritakan isi buku yang telah di baca tadi”
    • “Ok terimakasih ya, menarik sekali bacaan yang kamu baca, dan ibu suka sekali, cara kamu menceritakan juga bagus, ibu menjadi mengerti”
    • “Ok Anak-anak, kita sekarang akan melakukan simulasi tentang pentingnya hak berbicara di depan kelas”
    • “Ada yang tahu, apa artinya hak? Dan Kewajiban?”
    • “Ok Bagus sekali ya, ternyata kalian tahu apa maksud Ibu”
    • “Tugas dari Ibu sekarang adalah, kalain menulis apa saja yang harus dilakukan agar kita dapat berbicara di depan kelas!”
    • “Dan apakah kewajiban kalian ketika berbicara di depan kelas!”
    • “Maka, silahkan bergiliran ke depan kelas untuk bercerita tentang hak dan kewajibannya ketika berbicara di depan kelas
    • (Dan soal seterusnya ……………..)
Kegiatan Penutup (PJJ dan PTM)
    • “Ok anak-anak, kalian ternyata semua berbakat ya, terima kasih ibu ucapkan atas kemauan belajar kalian yang baik”
    • “Sekarang giliran kalian menceritakan, tadi kita sudah belajar apa saja?
    • “Siapa mau memberitahu ibu, bagaimana caranya memberi saran, ada yang mau membantu menjelaskan?”
    • “Bagaimana cara kalian untuk menyempurnakan kegiatan belajar di sekolah agar lebih baik lagi besok?”

Langkah Kegiatan Belajar Hari Jumat, 29 Oktober 2021

Kegiatan Awal PJJ
    • Anak-anak selamat pagi, apa kabar kalian, sudah bagun?”
    • “Kalau belum silahkan bagun ini sudah pagi, rapikan tempat tidur kalian, lanjut bantulah Ibu kalian membersihkan kamar dan lingkungan rumah. lanjut mandi, sarapan, berdoa dan dan bersiap belajar di LMS Google Classroom”
Kegiatan Inti PJJ
    • “Ok anak-anak kalian sudah masuk ke Google Classroom, silahkan baca petunjuk pengerjaan ini!”
    • “Anak-anak silahkan tonton video Ibu tentang selisih dibawah ini, lalu kerjakan soal-soal di bawahnya!”
    • Coba tentukan berapa selisih jumlah kotak yang di kiri dan di kanan
    • (Dan soal sterusnya materi di posting di Google Classroom berbantuan WA)
Kegiatan Awal PTM
    • Anak-anak selamat pagi, apa kabar kalian, sudah bagun? Kalau belum silahkan bagun ini sudah pagi, ingat sekarang giliran kalian bertemu Ibu guru lagi untuk belajar. Ingat terlebih dahulu, rapikan tempat tidurmu, bantulah Ibu kalian membersihkan kamar dan lingkungan sekitar rumah. Selanjutnya kalian mandi, sarapan, berdoa dan berangkat ke sekolah, sampai di sekolah ingat cuci tangan, ukur suhu tubuh, masuk ke kelas, bantu Ibu gurumu membersihkan kelas dan halaman sekolah”.
    • “Selamat pagi anak-anak, sebelum masuk kelas dan pembelajaran di mulai, silahkan cari buku yang kalian suka dan bacalah selama 15 menit”
Kegiatan Inti PTM
    • “Anak-anak, siapa yang mau menceritakan isi buku yang telah di baca tadi?”
    • “Ok bagus sekali, anak-anak, ternyata kalian tertarik dan baik dalam memahami dan menceritakan isi buku tersebut”
    • “Ok anak-anak, saatnya kita sekarang belajar di luar kelas, mari kita duduk-duduk di halaman ya, ingat tetap jaga jarak dan bawa alat tulis kalian!”
    • “Anak-anak silahkan kalian, menandai papng di halaman dengan membuat coretan tanda X dengan kapur yang telah kalian bawa!”
    • “Usahakan paping yang kalian tandai berkelompok, jumlahnya tergantung kalian saja!”
    • “Nah sekarang, kalian ingat jumah paping yang telah kalian tandai, lanjut kalian pindah tempat ke paping yang ditandai temannya, yang lain juga pinda tempat”
    • “Hitunglah jumlah paping temannya!”
    • “Sekarang hitunglah selisih jumlah paping kamu dengan jumlah paping temannya!”
    • Dan seterusnya………………..
Kegiatan Penutup (PJJ dan PTM)
    • “Ok anak-anak, kalian ternyata semua berbakat ya, terima kasih Ibu ucapkan atas kemauan belajar kalian yang baik”
    • “Sekarang giliran kalian menceritakan, tadi kita sudah belajar apa saja?
    • “Siapa mau memberitahu ibu, bagaimana caranya menghitung selisih, ada yang mau membantu menjelaskan?”
    • “Bagaimana cara kalian untuk menyempurnakan kegiatan belajar di sekolah agar lebih baik lagi besok?”

Kegiatan Akhir, Hari Sabtu, 30 Oktober 2021

Kegiatan Awal PJJ
    • Anak-anak selamat pagi, apa kabar kalian, sudah bagun?”
    • “Kalau belum silahkan bagun ini sudah pagi, rapikan tempat tidur kalian, lanjut bantulah Ibu kalian membersihkan kamar dan lingkungan rumah. lanjut mandi, sarapan, berdoa dan dan bersiap belajar di LMS Google Classroom”
Kegiatan Awal PTM
    • Anak-anak selamat pagi, apa kabar kalian, sudah bagun? Kalau belum silahkan bagun ini sudah pagi, ingat sekarang giliran kalian bertemu Ibu guru lagi untuk belajar. Ingat terlebih dahulu, rapikan tempat tidurmu, bantulah Ibu kalian membersihkan kamar dan lingkungan sekitar rumah. Selanjutnya kalian mandi, sarapan, berdoa dan berangkat ke sekolah, sampai di sekolah ingat cuci tangan, ukur suhu tubuh, masuk ke kelas, bantu Ibu gurumu membersihkan kelas dan halaman sekolah”.
    • “Selamat pagi anak-anak, sebelum masuk kelas dan pembelajaran di mulai, silahkan cari buku yang kalian suka dan bacalah selama 15 menit”
Menyimpulkan KBM Mingguan (PJJ dan PTM)
    • “Ok anak-anak, setelah kalian membaca buku tadi, coba ceritakan hal apa yang kalian baca pada buku tersebut!”
    • “Ok bagus sekali, kalian memang anak-anak Ibu yang berbakat dan baik”
Refleksi Oleh Siswa
    • “Ok kita lanjut, hal apa yang telah kalian pelajari selama seminggu?”
    • “Hal apa yang telah kalian lakukan dan ingin kalian ulang lagi untuk melakukannya minggu depan?”
Evaluasi
    • “Ok anak-anakku, kalian telah belajar banyak hal minggu ini, kini giliran saatnya kalian tahu sejauh mana kalian telah memahami materi yang telah Ibu berikan”
    • Soal 1 : “Wayan sekarang memiliki umur 16 Tahun dan Kadek berumur 21 Tahun, berapakah selisih umur mereka?”
    • Soal 2: “Jika berat Andi 50 Kg, sedang kan berat Budi adalah 43 Kg, berapakah perbedaan berat badan mereka?”
    • Soal 3: “Jika Ketut berlari sejauh 5 Km dengan waktu 50 menit, sedangkan Gede telah berlari dengan waktu yang sama yaitu 50 menit, tetapi ia berlari sejauh 4 Km. Berapakah perbedaan jarak yang ditempuh antara Ketut dan Gede? Siapakah di antara keduanya yang lebih cepat?

MODEL PENATAAN TOPIK

Berdasarkan Tips Membelajarkan Siswa Yang Memerdekakan pada RPP di atas maka pada Google Classroom harus ditata dengan model uraian topik sebagai berikut:

KB 73,  Hari Senin, 25 Oktober 2021

  1. Absen Siswa
  2. Kegiatan Awal PJJ
  3. Materi 1
  4. Tugas 1
  5. Materi 2
  6. Tugas 2
  7. Kegiatan Akhir
  8. Jurnal Refleksi

KB 74,  Hari Selasa, 26 Oktober 2021

  1. Absen Siswa
  2. Kegiatan Awal PJJ
  3. Materi 1
  4. Tugas 1
  5. Materi 2
  6. Tugas 2
  7. Kegiatan Akhir
  8. Jurnal Refleksi

KB 75,  Hari Rabu, 27 Oktober 2021

  1. Absen Siswa
  2. Kegiatan Awal PJJ
  3. Materi 1
  4. Tugas 1
  5. Materi 2
  6. Tugas 2
  7. Kegiatan Akhir
  8. Jurnal Refleksi

KB 76,  Hari Kamis, 28 Oktober 2021

  1. Absen Siswa
  2. Kegiatan Awal PJJ
  3. Materi 1
  4. Tugas 1
  5. Materi 2
  6. Tugas 2
  7. Kegiatan Akhir
  8. Jurnal Refleksi

KB 77,  Hari Jumat, 29 Oktober 2021

  1. Absen Siswa
  2. Kegiatan Awal PJJ
  3. Materi 1
  4. Tugas 1
  5. Materi 2
  6. Tugas 2
  7. Kegiatan Akhir
  8. Jurnal Refleksi

KB 78,  Hari Sabtu, 30 Oktober 2021

  1. Absen Siswa
  2. Kegiatan Awal PJJ
  3. Menyimpulkan KBM Mingguan
  4. Refleksi Mingguan Siswa
  5. Evaluasi Mingguan
  6. Jurnal Refleksi

PENUTUP

Tips Membelajarkan Siswa Yang Memerdekakan merupakan pengembangan sudut pandang yang mengedepankan siswa sebagai target pelayanan oleh guru. Hal ini akan membawa suasana pembelajaran yang lebih bermakna dan menyenangkan. Secara singkat, prinsipnya adalah bagaimana guru menyelenggarakan pembelajaran dimana semuanya adalah untuk berdampak semaksimal mungkin pada siswa.

Hal lain yang harus dipahami adalah, bagaimana upaya mewujudkan siswa optimal dalam belajar, dengan cara membuat siswa nyaman belajar. Nyaman bukan berarti membawa siswa untuk bersenang-senang, tetapi membawa siswa untuk tenang, tidak beban, tidak belajar berdasarkan ketakutan, tidak belajar berdasarkan hal-hal yang justru membuat mereka merasa terhina dan tersisih.

Siswa membutuhkan kenyamanan karena diterima oleh guru, kelompoknya, merasa dihargai, dan diberi kesempatan secara adil untuk mengungkapkan ide dan pendapatnya. Peran guru untuk mengendalikan kelas dengan tetap tidak membatasi keinginan untuk berekspresi yang mungkin terjadi pada beberapa siswa. Kecenderungan untuk mendominasi yang mengarah ke arah bullying, harus dikendalikan oleh guru dengan cara mengadakan sesi menggali kekhawatiran dan harapan, membuat kesepakatan kelas dan komitmen belajar.

Tips Membelajarkan Siswa Yang Memerdekakan mengandung esensi yang harus dipegang teguh adalah proses pembelajaran yang berpihak pada siswa melalui tahapan, yaitu mulai dari merencanakan, melaksanakan, refleksi dan evaluasi, berupa siklus yang konstan dan berkelanjutan. Sementara yang boleh berubah adalah strategi, metode, model, pendekatan, sumber, bahan ajar yang melahirkan inovasi.

Baca Juga Situs Sekolah


1 Comment

Ni Luh Sari Suryastini · October 22, 2021 at 10:10 pm

Terimakasih ilmunya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: