PENDAHULUAN

Tips Membelajarkan Siswa Yang Memerdekakan adalah suatu pandangan praktis ketika kita ingin benar-benar menghadirkan pembelajaran yang berpihak pada siswa. Tulisan ini memuat pendekatan baru dalam upaya memaksimalkan dalam mengimplementasikan Ajaran Ki Hajar dewantara terjadi pada pembelajaran di kelas. Awal tulisan ini adalah beranjak dari Refleksi 3 minggu awal pelaksanaan Blended Learning Berbasis diferensiasi Minggu XI 04 ~ 09 Oktober 2021, Minggu XII, 11 ~ 16 Oktober 2021, Minggu XIII, 18 ~ 23 Oktober 2021.

Tips Membelajarkan Siswa Yang Memerdekakan ini membawa konsekuensi perubahan. Perubahan adalah yang pasti, sehingga dalam menjalani profesi sebagai guru dan praktisi pendidikan, harus mampu menyesuaikan diri dengan kondisi perubahan yang terjadi. Pendidikan merupakan upaya bagaimana membekali peserta didik skill atau kemampuan yang dapat mereka gunakan ketika menghadapi perubahan di masa yang akan datang. Maka salah satu esensi penting dari pendidikan adalah belajar menyesuaikan diri dengan perubahan.

Anggapan tentang keadaan tetap berada di zona nyaman yang penuh kepastian, hendaknya dibuang jauh-jauh dari pola pikir kita. Apalagi sebagai pendidik, harus bisa meneladani bagaimana mengupayakan perubahan itu terjadi setiap saat dalam proses pelaksanaan pembelajaran. Implikasi dari hal itu adalah, mengupayakan perubahan mulai dari diri sendiri. Setiap hari perubahan itu harus terjadi, karena kemarin ada masalah yang belum sempat terpecahkan. Maka rencana kita hari ini berbeda dengan kemarin. Keesokan harinya juga pasti berbeda dan demikian seterusnya.

Dinamika perubahan praktik perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran memang sangat tinggi. Materi yang diajarkan pun kadang kala juga berubah, demikian pula strategi pembelajaran yang akan kita terapkan. Perubahan hari ini adalah akibat kita sempat melihat kembali proses yang terjadi kemarin, sehingga beberapa perlu perbaikan. Melihat dari hal itu, maka yang tetap adalah bagaimana kita mengelola pembelajaran yang berpihak pada siswa melalui tahapan proses mulai dari merencanakan, melaksanakan, evaluasi dan refleksi. Sementara yang berubah adalah strategi, metode, model, pendekatan, sumber, bahan ajar yang melahirkan inovasi.

Baca Juga

PRINSIP DAN TIPS 

Beberapa penyempurnaan yang diperlukan sebagai bentuk Tips Membelajarkan Siswa Yang Memerdekakan pada RPP dan KBM di kelas I, yang dapat dilakukan guru agar sistematika dan proses berpikir runut tetap terjaga adalah seperti tips di bawah ini:

  1. Tujuan pembelajaran harus memuat langkah KBM PJJ dan Tatap Muka dengan target dan perlakuan berbeda, yang mendukung prinsip RPP berdiferensiasi.
  2. Tujuan pembelajaran harus memuat kegiatan pengembangan sikap yang mencerminkan skill Abad 21
  3. Tujuan pembelajaran harus memuat arahan untuk tetap taat protokol Covid-19
  4. Tujuan pembelajaran yang memuat elemen ABCD sehingga memenuhi sarat keterukuran, ruang lingkup, subjek dan perubahan perilaku yang diharapkan
  5. Tujuan pembelajaran yang harus memuat aspek proses yang mengedepankan pemerolehan pengalaman belajar yang bermakna
  6. Tujuan pembelajaran yang memuat strategi memanfaatkan likungan terdekat sebagai media pembelajaran
  7. Tujuan pembelajaran yang mengedepankan proses pemerolehan pengalaman belajar melatih kemampuan berpikir kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif
  8. Tujuan pembelajaran yang harus menetapkan target tinggi dalam hal level kognitif, psikomotorik, dan afektif, dengan tetap mempertimbangkan jenjang tingkat kelas.

Beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sebagai bentuk Tips Membelajarkan Siswa Yang Memerdekakan adalah sebagai berikut :

  1. Prinsip melayani semua siswa baik yang PJJ maupun tatap muka
  2. Prinsip dimana siswa menjadi pelaku aktif dalam pembelajaran
  3. Prinsip guru menempatkan diri sebagai fasilitator pembelajaran
  4. Prinsip pelaksanaan pembelajaran yang mementingkan proses
  5. Prinsip pelaksanaan literasi sebagai upaya meningkatkan wawasan siswa dalam upaya mendorong siswa mampu meningkatkan nalar kritis nya dalam memahami materi
  6. Prinsip pengambangan sikap yang harus diupayakan terjadi pada setiap KBM
  7. Prinsip evaluasi berbasis proses dan HOT terjadi dalam setiap pembelajaran
  8. Prinsip refleksi siswa secara berkelanjutan dilaksanakan oleh siswa dan guru melalui jurnal siswa dan guru
  9. Prinsip pelibatan orang tua secara aktif dalam pendampingan belajar siswa
  10. Prinsip berpikir positif yang dituangkan dalam kalimat baik lisan dan tertulis, sebagai bentuk penguatan terintegrasi
  11. Prinsip saling menghargai, dan mengantisipasi perilaku bullying
  12. Mengantisipasi hukuman yang merugikan dengan sosialisasi sejak awal berdasarkan upaya menggali kekhawatiran dan harapan, membuat kesepakatan kelas hingga membuat komitmen kelas.

REFLEKSI RPP DAN PEMBELAJARAN

Secara umum RPP kelas I telah disusun secara apik disiplin tepat waktu sehingga guru memiliki peluang melaksanakan pembelajaran secara tepat, sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. RPP Guru yang ditulis tangan, menandakan rangkaian perencanaan pembelajaran memang benar-benar dilakukan secara seksama dan teliti. Hal ini tidak terlepas dari pengalaman saya sewaktu membuat RPP dengan tulis tangan. Apapun yang kita pikirkan untuk dituangkan dalam rencana pembelajaran, terinternalisasi secara baik ke dalam pola pikir kita, dan hal itu memberi jaminan, kepastian antara apa yang kita rencanakan sesuai dengan apa yang kita laksanakan.

Tips Membelajarkan Siswa Yang Memerdekakan pada KBM yang dilaksanakan dengan mengikuti pengaturan beban belajar mode campuran yaitu PJJ dan Tatap Muka, dimana siswa dihadirkan secara bergiliran, memerlukan model perencanaan pembelajaran yang sangat berbeda. RPP dan KBM di kelas I telah berupaya memuat model blended learning (campuran ) tersebut dengan baik.

MODEL RPP MEMERDEKAKAN

Sebagai Tips Membelajarkan Siswa Yang Memerdekakan Untuk menjamin kerunutan proses berpikir dalam merencanakan pembelajaran maka RPP dapat diuraikan minimal berupaka skenario pembelajaran seperti di bawah ini:

Kop dan Identitas

Kelas               : III

Tema               : 4 Kewajiban dan Hakku

Subtema         : 2 Kewajiban dan Hakku di Sekolah

Tujuan Pembelajaran

  1. Melalui penugasan pembuatan jurnal siswa dapat melakukan pembiasaan pengembangan karakter di rumah dan di sekolah
  2. Melalui membaca teks siswa dapat memperagakan sebuah tarian, sambil menyanyikan selisih dua bilangan yang telah diketahui dengan berkolaborasi bersama temannya secara baik
  3. Melalui kegiatan wawancara dengan guru siswa dapat menuliskan saran terkait kewajiban dan haknya di sekolah dengan komunikasi yang baik
  4. Melalui kegiatan presentasi siswa dapat mengemukakan pengalaman dalam memecahkan permasalahan dengan komunikasi yang baik
  5. Melalui kegiatan simulasi siswa dapat melakukan percakapan tentang pentingnya hak berbicara di depan kelas, secara kreatif

Langkah Kegiatan Belajar Hari Senin, 25 Oktober 2021

1. Kegiatan Awal PJJ
    • Anak-anak selamat pagi, apa kabar kalian, sudah bagun?”
    • “Kalau belum silahkan bagun ini sudah pagi, rapikan tempat tidur kalian, lanjut bantulah Ibu kalian membersihkan kamar dan lingkungan rumah. lanjut mandi, sarapan, berdoa dan dan bersiap belajar di LMS Google Classroom”
    • “Ok anak-anak sebelum kita belajar, kita harus sepakat dulu minggu ini, bahwa,
    • “Harus saling menghargai satu dengan yang lain”
    • “Tepat waktu dalam mengerjakan tugas”
    • “Menulis komentar di WA dan Google Classroom secara sopan”
    • “Bertekad untuk mengikuti proses belajar secara tuntas”
    • “Meminta izin jika ada keperluan khusus”
    • “Bertekad untuk berhasil dalam belajar”
2. Kegiatan Inti PJJ
    • “Ok anak-anak kalian sudah masuk ke Google Classroom, silahkan baca petunjuk pengerjaan ini!”
    • “Anak-anak silahkan tonton video Ibu tentang selisih dibawah ini, lalu kerjakan soal-soal di bawahnya!”
    • Coba tentukan berapa selisih jumlah orang yang di kiri dan di kanan?
    • (Dan soal sterusnya materi di posting di Google Classroom berbantuan WA)
Kegiatan Awal PTM
    • Anak-anak selamat pagi, apa kabar kalian, sudah bagun? Kalau belum silahkan bagun ini sudah pagi, ingat sekarang giliran kalian bertemu Ibu guru lagi untuk belajar. Ingat terlebih dahulu, rapikan tempat tidurmu, bantulah Ibu kalian membersihkan kamar dan lingkungan sekitar rumah. Selanjutnya kalian mandi, sarapan, berdoa dan berangkat ke sekolah, sampai di sekolah ingat cuci tangan, ukur suhu tubuh, masuk ke kelas, bantu Ibu gurumu membersihkan kelas dan halaman sekolah”.
    • “Ok anak-anak sebelum kita belajar, kita harus sepakat dulu minggu ini, bahwa,
    • “Harus saling menghargai satu dengan yang lain”
    • “Tepat waktu dalam mengerjakan tugas”
    • “Berbicara sopan kepada teman dan guru”
    • “Bertekad untuk mengikuti proses belajar secara tuntas”
    • “Meminta izin jika ada keperluan khusus”
    • “Bertekad untuk berhasil dalam belajar”
    • “Menjaga kebersihan kelas”
    • “Menaati protokol kesehatan”
    • “Selamat pagi anak-anak, sebelum masuk kelas dan pembelajaran di mulai, silahkan cari buku yang kalian suka dan bacalah selama 15 menit”
Kegiatan Inti PJJ
    • “Ok anak-anak kalian sudah masuk ke Google Classroom, silahkan baca petunjuk pengerjaan ini!”
    • “Anak-anak silahkan tonton video Ibu tentang selisih dibawah ini, lalu kerjakan soal-soal di bawahnya!”
    • Coba tentukan berapa selisih jumlah orang yang di kiri dan di kanan?
Kegiatan Inti PTM
    • “Anak-anak, siapa yang mau menceritakan isi buku yang telah di baca tadi?”
    • “Lanjut anak-anak, Ibu akan melakukan gerakan tari berikut, silahkan anak-anak ikuti!”
    • “Ok Bagus, Gerakan tari adalah kerakan maju mundur, sederhana bukan?, OK coba kita ulang lagi gerakan maju mundur itu disertai nyanyian”
    • Ingat sambil tepuk tangan!”
    • “dua tiga selisihnya satu”
    • “empat enam selisihnya dua”
    • “tujuh dan sepuluh selisihnya tiga”
    • “OK ayo kita bergerak maju mundur, sambil tepuk tangan dan bernyanyi ya!, OK SIap? Satu…dua…tiga…mulai”
    • “OK anak-anak , sekarang coba tuliskan apa yang ada di lagu tersebut!”
    • “Ok Bagus, kalian telah menyanyi dan dapat menuliskannya”
    • “Siapa bisa jawab? Kenapa tujuh dan sepuluh selisihnya tiga?”
    • Dan seterusnya………………..
Kegiatan Penutup (PJJ dan PTM)
    • “Ok anak-anak, kalian ternyata semua berbakat ya, terima kasih ibu ucapkan atas kemauan belajar kalian yang baik”
    • “Sekarang giliran kalian menceritakan, tadi kita sudah belajar apa saja?
    • “Siapa mau memberitahu ibu, bagaimana caranya menghitung selisih, ada yang mau membantu menjelaskan?”
    • “Bagaimana cara kalian untuk menyempurnakan kegiatan belajar di sekolah agar lebih baik lagi besok?”

Langkah Kegiatan Belajar Hari Selasa, 26 Oktober 2021

Kegiatan Awal PJJ
    • “Hai…Anak-anak selamat pagi, apa kabar kalian, sudah bagun, selamat ya, kalian sudah bangun pagi hari ini?”
    • “Kalau belum silahkan bagun ini sudah pagi, rapikan tempat tidur kalian, lanjut bantulah Ibu kalian membersihkan kamar dan lingkungan rumah. lanjut mandi, sarapan, berdoa dan dan bersiap belajar di LMS Google Classroom”
Kegiatan Inti PJJ
    • “Kalau kalian sudah kalian sudah masuk ke Google Classroom, terimakasih dan silahkan baca petunjuk pengerjaan ini!”
    • Guru menyajikan gambar anak yang berperilaku nakal, “Anak-anak silahkan amati gambar di bawah ini, lalu berikanlah saran perbaikan bagaimana semestinya agar anak bersikap baik seperti yang diharapkan kebanyakan orang tua, kemukakan saran kalian sebanyak-banyaknya, dengan kalimat yang benar!”
    • “Selanjutnya lakukanlah wawancara dengan orang tua kalian tentang apa harapan mereka terhadapmu! Berikut kata kunci dalam pertanyaan kalian:
    • “Saya harus bagaimana Pak, agar ibu senang?”
    • “Apa saran Bapak, agar saya menjadi Anak yang baik?”
    • “Apa yang bisa Bapak lakukan agar saya menjadi anak yang rajin belajar?”
    • “Apa yang bisa saya lakukan agar dapat meringankan beban Bapak di rumah?”
    • (Dan soal sterusnya materi di posting di Google Classroom berbantuan WA)
 Kegiatan Awal PTM
    • Anak-anak selamat pagi, apa kabar kalian, sudah bagun? Kalau belum silahkan bagun ini sudah pagi, ingat sekarang giliran kalian bertemu Ibu guru lagi untuk belajar. Ingat terlebih dahulu, rapikan tempat tidurmu, bantulah Ibu kalian membersihkan kamar dan lingkungan sekitar rumah. Selanjutnya kalian mandi, sarapan, berdoa dan berangkat ke sekolah, sampai di sekolah ingat cuci tangan, ukur suhu tubuh, masuk ke kelas, bantu Ibu gurumu membersihkan kelas dan halaman sekolah”.
    • “Selamat pagi anak-anak, sebelum masuk kelas dan pembelajaran di mulai, silahkan cari buku yang kalian suka dan bacalah selama 15 menit”
Kegiatan Inti PTM
    • “Anak-anak, siapa yang mau menceritakan isi buku yang telah di baca tadi?”
    • “Anak-anak sekarang waktunya kita belajar di luar kelas, bagaimana, senang tidak kalau belajar di luar kelas?”
    • “Anak-anak kita akan mengadakan kegiatan wawancara, silahkan kalian tulis dulu beberapa hal dalam kegiatan ini!”
    • “Pertama kalian bertamulah dengan sopan di kelas IV, berkenalanlah dengan guru di sana, lalu tanyakanlah hal-hal berikut:”
    • “Saya harus bagaimana Pak, agar ibu saya dapat belajar lebih baik?”
    • “Apa saran Bapak, agar saya menjadi Anak yang baik?”
    • “Apa yang bisa Bapak lakukan agar saya menjadi anak yang rajin belajar?”
    • “Apa yang bisa saya lakukan agar dapat meringankan beban orang tua?”
    • (Dan soal seterusnya ……………..)
    Kegiatan Penutup (PJJ dan PTM)
      • “Ok anak-anak, kalian ternyata semua berbakat ya, terima kasih ibu ucapkan atas kemauan belajar kalian yang baik”
      • “Sekarang giliran kalian menceritakan, tadi kita sudah belajar apa saja?
      • “Siapa mau memberitahu ibu, bagaimana caranya memberi saran, ada yang mau membantu menjelaskan?”
      • “Bagaimana cara kalian untuk menyempurnakan kegiatan belajar di sekolah agar lebih baik lagi besok?”

    Langkah Kegiatan Belajar Hari Rabu, 27 Oktober 2021

    Kegiatan Awal PJJ
      • “Halooo…Anak-anak selamat pagi, apa kabar kalian, sudah bagun, selamat ya, kalian sudah bangun pagi hari ini?”
      • “Jika kalian belum bangun, artinya rezeki kalian dipatok ayam, lalu merapikan tempat tidur kalian, lanjut bantulah Ibu kalian membersihkan kamar dan lingkungan rumah. lanjut mandi, sarapan, berdoa dan dan bersiap belajar di LMS Google Classroom”
    Kegiatan Inti PJJ
      • “Lanjut kegiatan belajar kalian sekarang giliran di rumah ya, tapi janji, kalian harus tetap belajar, tetap jadi orang baik ya, sesuai pelajaran kemarin,
      • “Kalau kalian sudah masuk ke Google Classroom, terimakasih dan silahkan baca petunjuk pengerjaan ini!”
      • Guru bercerita dengan teks

    “Anak-anak silahkan kalian baca, ini pengalaman hidup Ibu. Ibu awalnya tidak bisa laptop, awalnya Ibu kok malas sekali belajar laptop. Padahal guru saat ini dituntut harus bisa menggunakan laptop. Akhirnya ibu bisa lepas dari masalah itu, karena ibu sendiri bertekad, bahwa Ibu harus bisa laptop. Kebetulan awalnya Ibu dapat pinjam dan akhirnya belajar, dan sekarang walaupun tidak pinter amat, tetapi Ibu sudah bisa menggunakan laptop. Ternyata banyak sekali manfaat menggunakan laptop, Ibu dapat berinternet, Ibu dapat meeting dengan kalian, dapat mengetik surat dan sebagainya. Sekarang ibu, sangat senang, karena ternyata belajar laptop itu sangat mudah, dan ibu sekarang melakukan pekerjaan dengan mudah dengan menggunakan laptop!”

      • “Nah anak-anak, Ibu tadi sudah bercerita, sekarang giliran kalian untuk menceritakan pengalaman terbaik kalian dalam memecahkan sebuah masalah”
      • “Silahkan kalian berpikir, menulisnya, lalu menceritakannya kepada Ibu dan teman-temannya di Google Classroom ini!”
      • (Dan soal sterusnya materi di posting di Google Classroom berbantuan WA)
     Kegiatan Awal PTM
      • Anak-anak selamat pagi, apa kabar kalian, sudah bagun? Kalau belum silahkan bagun ini sudah pagi, ingat sekarang giliran kalian bertemu Ibu guru lagi untuk belajar. Ingat terlebih dahulu, rapikan tempat tidurmu, bantulah Ibu kalian membersihkan kamar dan lingkungan sekitar rumah. Selanjutnya kalian mandi, sarapan, berdoa dan berangkat ke sekolah, sampai di sekolah ingat cuci tangan, ukur suhu tubuh, masuk ke kelas, bantu Ibu gurumu membersihkan kelas dan halaman sekolah”.
      • “Selamat pagi anak-anak, sebelum masuk kelas dan pembelajaran di mulai, silahkan cari buku yang kalian suka dan bacalah selama 15 menit”
    Kegiatan Inti PTM
      • “Anak-anak, siapa yang mau menceritakan isi buku yang telah di baca tadi”
      • “Ok terimakasih ya, menarik sekali bacaan yang kamu baca, dan ibu suka sekali, cara kamu menceritakan juga bagus, ibu menjadi mengerti”
      • Guru bercerita secara lisan

    “Anak-anak silahkan kalian dengarkan, ini pengalaman hidup Ibu. Ibu awalnya tidak bisa laptop, awalnya Ibu kok malas sekali belajar laptop. Padahal guru saat ini dituntut harus bisa menggunakan laptop. Akhirnya ibu bisa lepas dari masalah itu, karena ibu sendiri bertekad, bahwa Ibu harus bisa laptop. Kebetulan awalnya Ibu dapat pinjam dan akhirnya belajar, dan sekarang walaupun tidak pinter amat, tetapi Ibu sudah bisa menggunakan laptop. Ternyata banyak sekali manfaat menggunakan laptop, Ibu dapat berinternet, Ibu dapat meeting dengan kalian, dapat mengetik surat dan sebagainya. Sekarang ibu, sangat senang, karena ternyata belajar laptop itu sangat mudah, dan ibu sekarang melakukan pekerjaan dengan mudah dengan menggunakan laptop!”

      • “Nah anak-anak, Ibu tadi sudah bercerita, sekarang giliran kalian untuk menceritakan pengalaman terbaik kalian dalam memecahkan sebuah masalah”
      • “Silahkan kalian berpikir, menulisnya, lalu menceritakannya kepada Ibu dan teman-teman nya di sini secara bergiliran!
      • (Dan soal seterusnya ……………..)
    Kegiatan Penutup (PJJ dan PTM)
      • “Ok anak-anak, kalian ternyata semua berbakat ya, terima kasih ibu ucapkan atas kemauan belajar kalian yang baik”
      • “Sekarang giliran kalian menceritakan, tadi kita sudah belajar apa saja?
      • “Siapa mau memberitahu ibu, bagaimana caranya memberi saran, ada yang mau membantu menjelaskan?”
      • “Bagaimana cara kalian untuk menyempurnakan kegiatan belajar di sekolah agar lebih baik lagi besok?”

    Langkah Kegiatan Belajar Hari Kamis, 28 Oktober 2021

    Kegiatan Awal PJJ
      • “Hai Anak-anak, selamat pagi, apa kabar kalian, sudah bagun, pasti sudah bangun kan?
      • “Kalau ada yang belum bangun, sayang sekali, keduluan sama ayam, selanjutnya rapikan tempat tidur kalian, lanjut bantulah Ibu kalian membersihkan kamar dan lingkungan rumah. lanjut mandi, sarapan, berdoa dan dan bersiap belajar di LMS Google Classroom”
    Kegiatan Inti PJJ
      • “Lanjut kegiatan belajar kalian sekarang giliran di rumah ya, tapi janji, kalian harus tetap belajar, tetap jadi orang baik ya, sesuai pelajaran kemarin,
      • “Kalau kalian sudah masuk ke Google Classroom, terimakasih dan silahkan baca petunjuk pengerjaan ini!”
      • “Ok Anak-anak, kita sekarang akan melakukan simulasi tentang pentingnya hak berbicara di depan kelas”
      • “Ada yang tahu, apa artinya hak? Dan Kewajiban?”
      • “Ok Bagus sekali ya, ternyata kalian tahu apa maksud Ibu”
      • “Tugas dari Ibu sekarang adalah, kalain menulis apa saja yang harus dilakukan agar kita dapat berbicara di depan kelas!”
      • “Dan apakah kewajiban kalian ketika berbicara di depan kelas!”
      • “Maka, buatlah rekaman singkat, tentang hak dan kewajiban tentang berbicara di depan kelas!”
      • (Dan soal sterusnya materi di posting di Google Classroom berbantuan WA)
    Kegiatan Awal PTM
      • Anak-anak selamat pagi, apa kabar kalian, sudah bagun? Kalau belum silahkan bagun ini sudah pagi, ingat sekarang giliran kalian bertemu Ibu guru lagi untuk belajar. Ingat terlebih dahulu, rapikan tempat tidurmu, bantulah Ibu kalian membersihkan kamar dan lingkungan sekitar rumah. Selanjutnya kalian mandi, sarapan, berdoa dan berangkat ke sekolah, sampai di sekolah ingat cuci tangan, ukur suhu tubuh, masuk ke kelas, bantu Ibu gurumu membersihkan kelas dan halaman sekolah”.
      • “Selamat pagi anak-anak, sebelum masuk kelas dan pembelajaran di mulai, silahkan cari buku yang kalian suka dan bacalah selama 15 menit”
    Kegiatan Inti PTM
      • “Anak-anak, siapa yang mau menceritakan isi buku yang telah di baca tadi”
      • “Ok terimakasih ya, menarik sekali bacaan yang kamu baca, dan ibu suka sekali, cara kamu menceritakan juga bagus, ibu menjadi mengerti”
      • “Ok Anak-anak, kita sekarang akan melakukan simulasi tentang pentingnya hak berbicara di depan kelas”
      • “Ada yang tahu, apa artinya hak? Dan Kewajiban?”
      • “Ok Bagus sekali ya, ternyata kalian tahu apa maksud Ibu”
      • “Tugas dari Ibu sekarang adalah, kalain menulis apa saja yang harus dilakukan agar kita dapat berbicara di depan kelas!”
      • “Dan apakah kewajiban kalian ketika berbicara di depan kelas!”
      • “Maka, silahkan bergiliran ke depan kelas untuk bercerita tentang hak dan kewajibannya ketika berbicara di depan kelas
      • (Dan soal seterusnya ……………..)
    Kegiatan Penutup (PJJ dan PTM)
      • “Ok anak-anak, kalian ternyata semua berbakat ya, terima kasih ibu ucapkan atas kemauan belajar kalian yang baik”
      • “Sekarang giliran kalian menceritakan, tadi kita sudah belajar apa saja?
      • “Siapa mau memberitahu ibu, bagaimana caranya memberi saran, ada yang mau membantu menjelaskan?”
      • “Bagaimana cara kalian untuk menyempurnakan kegiatan belajar di sekolah agar lebih baik lagi besok?”

    Langkah Kegiatan Belajar Hari Jumat, 29 Oktober 2021

    Kegiatan Awal PJJ
      • Anak-anak selamat pagi, apa kabar kalian, sudah bagun?”
      • “Kalau belum silahkan bagun ini sudah pagi, rapikan tempat tidur kalian, lanjut bantulah Ibu kalian membersihkan kamar dan lingkungan rumah. lanjut mandi, sarapan, berdoa dan dan bersiap belajar di LMS Google Classroom”
    Kegiatan Inti PJJ
      • “Ok anak-anak kalian sudah masuk ke Google Classroom, silahkan baca petunjuk pengerjaan ini!”
      • “Anak-anak silahkan tonton video Ibu tentang selisih dibawah ini, lalu kerjakan soal-soal di bawahnya!”
      • Coba tentukan berapa selisih jumlah kotak yang di kiri dan di kanan
      • (Dan soal sterusnya materi di posting di Google Classroom berbantuan WA)
    Kegiatan Awal PTM
      • Anak-anak selamat pagi, apa kabar kalian, sudah bagun? Kalau belum silahkan bagun ini sudah pagi, ingat sekarang giliran kalian bertemu Ibu guru lagi untuk belajar. Ingat terlebih dahulu, rapikan tempat tidurmu, bantulah Ibu kalian membersihkan kamar dan lingkungan sekitar rumah. Selanjutnya kalian mandi, sarapan, berdoa dan berangkat ke sekolah, sampai di sekolah ingat cuci tangan, ukur suhu tubuh, masuk ke kelas, bantu Ibu gurumu membersihkan kelas dan halaman sekolah”.
      • “Selamat pagi anak-anak, sebelum masuk kelas dan pembelajaran di mulai, silahkan cari buku yang kalian suka dan bacalah selama 15 menit”
    Kegiatan Inti PTM
      • “Anak-anak, siapa yang mau menceritakan isi buku yang telah di baca tadi?”
      • “Ok bagus sekali, anak-anak, ternyata kalian tertarik dan baik dalam memahami dan menceritakan isi buku tersebut”
      • “Ok anak-anak, saatnya kita sekarang belajar di luar kelas, mari kita duduk-duduk di halaman ya, ingat tetap jaga jarak dan bawa alat tulis kalian!”
      • “Anak-anak silahkan kalian, menandai papng di halaman dengan membuat coretan tanda X dengan kapur yang telah kalian bawa!”
      • “Usahakan paping yang kalian tandai berkelompok, jumlahnya tergantung kalian saja!”
      • “Nah sekarang, kalian ingat jumah paping yang telah kalian tandai, lanjut kalian pindah tempat ke paping yang ditandai temannya, yang lain juga pinda tempat”
      • “Hitunglah jumlah paping temannya!”
      • “Sekarang hitunglah selisih jumlah paping kamu dengan jumlah paping temannya!”
      • Dan seterusnya………………..
    Kegiatan Penutup (PJJ dan PTM)
      • “Ok anak-anak, kalian ternyata semua berbakat ya, terima kasih Ibu ucapkan atas kemauan belajar kalian yang baik”
      • “Sekarang giliran kalian menceritakan, tadi kita sudah belajar apa saja?
      • “Siapa mau memberitahu ibu, bagaimana caranya menghitung selisih, ada yang mau membantu menjelaskan?”
      • “Bagaimana cara kalian untuk menyempurnakan kegiatan belajar di sekolah agar lebih baik lagi besok?”

    Kegiatan Akhir, Hari Sabtu, 30 Oktober 2021

    Kegiatan Awal PJJ
      • Anak-anak selamat pagi, apa kabar kalian, sudah bagun?”
      • “Kalau belum silahkan bagun ini sudah pagi, rapikan tempat tidur kalian, lanjut bantulah Ibu kalian membersihkan kamar dan lingkungan rumah. lanjut mandi, sarapan, berdoa dan dan bersiap belajar di LMS Google Classroom”
    Kegiatan Awal PTM
      • Anak-anak selamat pagi, apa kabar kalian, sudah bagun? Kalau belum silahkan bagun ini sudah pagi, ingat sekarang giliran kalian bertemu Ibu guru lagi untuk belajar. Ingat terlebih dahulu, rapikan tempat tidurmu, bantulah Ibu kalian membersihkan kamar dan lingkungan sekitar rumah. Selanjutnya kalian mandi, sarapan, berdoa dan berangkat ke sekolah, sampai di sekolah ingat cuci tangan, ukur suhu tubuh, masuk ke kelas, bantu Ibu gurumu membersihkan kelas dan halaman sekolah”.
      • “Selamat pagi anak-anak, sebelum masuk kelas dan pembelajaran di mulai, silahkan cari buku yang kalian suka dan bacalah selama 15 menit”
    Menyimpulkan KBM Mingguan (PJJ dan PTM)
      • “Ok anak-anak, setelah kalian membaca buku tadi, coba ceritakan hal apa yang kalian baca pada buku tersebut!”
      • “Ok bagus sekali, kalian memang anak-anak Ibu yang berbakat dan baik”
    Refleksi Oleh Siswa
      • “Ok kita lanjut, hal apa yang telah kalian pelajari selama seminggu?”
      • “Hal apa yang telah kalian lakukan dan ingin kalian ulang lagi untuk melakukannya minggu depan?”
    Evaluasi
      • “Ok anak-anakku, kalian telah belajar banyak hal minggu ini, kini giliran saatnya kalian tahu sejauh mana kalian telah memahami materi yang telah Ibu berikan”
      • Soal 1 : “Wayan sekarang memiliki umur 16 Tahun dan Kadek berumur 21 Tahun, berapakah selisih umur mereka?”
      • Soal 2: “Jika berat Andi 50 Kg, sedang kan berat Budi adalah 43 Kg, berapakah perbedaan berat badan mereka?”
      • Soal 3: “Jika Ketut berlari sejauh 5 Km dengan waktu 50 menit, sedangkan Gede telah berlari dengan waktu yang sama yaitu 50 menit, tetapi ia berlari sejauh 4 Km. Berapakah perbedaan jarak yang ditempuh antara Ketut dan Gede? Siapakah di antara keduanya yang lebih cepat?

    MODEL PENATAAN TOPIK

    Berdasarkan Tips Membelajarkan Siswa Yang Memerdekakan pada RPP di atas maka pada Google Classroom harus ditata dengan model uraian topik sebagai berikut:

    KB 73,  Hari Senin, 25 Oktober 2021

    1. Absen Siswa
    2. Kegiatan Awal PJJ
    3. Materi 1
    4. Tugas 1
    5. Materi 2
    6. Tugas 2
    7. Kegiatan Akhir
    8. Jurnal Refleksi

    KB 74,  Hari Selasa, 26 Oktober 2021

    1. Absen Siswa
    2. Kegiatan Awal PJJ
    3. Materi 1
    4. Tugas 1
    5. Materi 2
    6. Tugas 2
    7. Kegiatan Akhir
    8. Jurnal Refleksi

    KB 75,  Hari Rabu, 27 Oktober 2021

    1. Absen Siswa
    2. Kegiatan Awal PJJ
    3. Materi 1
    4. Tugas 1
    5. Materi 2
    6. Tugas 2
    7. Kegiatan Akhir
    8. Jurnal Refleksi

    KB 76,  Hari Kamis, 28 Oktober 2021

    1. Absen Siswa
    2. Kegiatan Awal PJJ
    3. Materi 1
    4. Tugas 1
    5. Materi 2
    6. Tugas 2
    7. Kegiatan Akhir
    8. Jurnal Refleksi

    KB 77,  Hari Jumat, 29 Oktober 2021

    1. Absen Siswa
    2. Kegiatan Awal PJJ
    3. Materi 1
    4. Tugas 1
    5. Materi 2
    6. Tugas 2
    7. Kegiatan Akhir
    8. Jurnal Refleksi

    KB 78,  Hari Sabtu, 30 Oktober 2021

    1. Absen Siswa
    2. Kegiatan Awal PJJ
    3. Menyimpulkan KBM Mingguan
    4. Refleksi Mingguan Siswa
    5. Evaluasi Mingguan
    6. Jurnal Refleksi

    PENUTUP

    Tips Membelajarkan Siswa Yang Memerdekakan merupakan pengembangan sudut pandang yang mengedepankan siswa sebagai target pelayanan oleh guru. Hal ini akan membawa suasana pembelajaran yang lebih bermakna dan menyenangkan. Secara singkat, prinsipnya adalah bagaimana guru menyelenggarakan pembelajaran dimana semuanya adalah untuk berdampak semaksimal mungkin pada siswa.

    Hal lain yang harus dipahami adalah, bagaimana upaya mewujudkan siswa optimal dalam belajar, dengan cara membuat siswa nyaman belajar. Nyaman bukan berarti membawa siswa untuk bersenang-senang, tetapi membawa siswa untuk tenang, tidak beban, tidak belajar berdasarkan ketakutan, tidak belajar berdasarkan hal-hal yang justru membuat mereka merasa terhina dan tersisih.

    Siswa membutuhkan kenyamanan karena diterima oleh guru, kelompoknya, merasa dihargai, dan diberi kesempatan secara adil untuk mengungkapkan ide dan pendapatnya. Peran guru untuk mengendalikan kelas dengan tetap tidak membatasi keinginan untuk berekspresi yang mungkin terjadi pada beberapa siswa. Kecenderungan untuk mendominasi yang mengarah ke arah bullying, harus dikendalikan oleh guru dengan cara mengadakan sesi menggali kekhawatiran dan harapan, membuat kesepakatan kelas dan komitmen belajar.

    Tips Membelajarkan Siswa Yang Memerdekakan mengandung esensi yang harus dipegang teguh adalah proses pembelajaran yang berpihak pada siswa melalui tahapan, yaitu mulai dari merencanakan, melaksanakan, refleksi dan evaluasi, berupa siklus yang konstan dan berkelanjutan. Sementara yang boleh berubah adalah strategi, metode, model, pendekatan, sumber, bahan ajar yang melahirkan inovasi.

    Baca Juga Situs Sekolah

     

    loading...

    1 Comment

    Ni Luh Sari Suryastini · October 22, 2021 at 10:10 pm

    Terimakasih ilmunya

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *