Praktik baik sebagai penjaga sekolah, merupakan judul yang saya angkat dari upaya menuangkan pikiran dalam bentuk tulisan berikut. Pertama kali dalam menulis refleksi, mungkin sedikit canggung, untuk mengungkapkan perasaan. Akan tetapi karena tugas ini diberikan oleh kepala sekolah, maka saya usahakan membuatnya. Jadi teringat sewaktu sekolah dulu, ditugaskan mengarang oleh guru saya. Walaupun terdapat kesulitan dalam merangkai kata, tetapi saya bersyukur karena akhirnya tulisan ini dapat selesai.

Baca Juga

Deskripsi Praktik baik Sebagai Penjaga Sekolah

Praktik baik sebagai penjaga sekolah di SD Negeri 7 Subagan dimana tempat saya bekerja saat ini dapat saya tuliskan, seperti pengalaman saya saat bekerja berkebun di Sekolah. Kegiatan ini saya lakukan bersama Bapak Kepsek. Bapak  Kepala Sekolah I Wayan Putra suka sekali dalam berkebun. Di belakang  Sekolah ada lahan yang kosong cocok untuk membuat perkebunan. Disitulah saya diajak bapak Kepsek untuk berkebun. Di Dalam berkebun, ada banyak cara- cara yang diajarkan Bapak Kepsek tentang bagaimana cara berkebun yang baik dan benar. Dari mencangkul tanah menggemburkan tanah, menanam bibit tanaman, hingga membuahkan hasil yang cukup memuaskan. Adapun tanaman yang bapak Kepsek dan saya tanam yaitu tanaman jagung, kacang hingga umbi- umbian. Jadi berkebun juga dapat dijadikan sebagai sarana latihan fisik dan olahraga. Berkebun juga  dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Itulah pengalaman yang baik dan menyenangkan, karena saya bisa mengetahui cara berkebun yang baik dan benar.

Mengupayakan peningkatan mutu, menurut saya bukan hanya tanggung jawab guru dan kepala sekolah. Hal yang saya lakukan adalah secara lebih  fokus dan lebih maksimal dalam melakukan suatu pekerjaan yang ada di Sekolah. Karena dengan memaksimalkan pekerjaan yang saya lakukan itu, saya berharap bisa bekerja lebih baik dari sebelumnya, dan juga berharap saya bisa sedikit membantu rekan-rekan guru dan pegawai lain dalam melakukan tugas di Sekolah dan berharap bisa ikut bersama- sama untuk meningkatkan mutu pendidikan di SD Negeri 7 Subagan.

Harapan saya, setelah melakukan praktik baik sebagai penjaga sekolah semoga bisa melaksanakan tugas sebagai Penjaga Sekolah bekerja sebaik mungkin, sebisa mungkin dan semaksimal dalam bekerja di sekolah SD Negeri 7 Subagan. Mungkin dengan hal seperti itu saya bisa meningkatkan kinerja di dalam melakukan pekerjaan yang ada di sekolah. dan juga agar saya bisa ikut bekerjasama dengan rekan- rekan Guru, dalam berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di SD Negeri 7 Subagan. hanya itu, yang saya harapkan semoga SD Negeri 7 Subagan lebih baik dan lebih maju kedepannya

Pengalaman Bekerja Sama

Pengalaman baik saya dalam bekerjasama dengan teman – teman guru di SD Negeri 7 Subagan yaitu, pada saat melakukan pembersihan di lingkungan sekolah. Saya, rekan-rekan guru dan Kepala Sekolah lainnya bekerjasama untuk membersihkan lingkungan Sekolah, ada yang membersihkan ruang kelasnya masing – masing, ada yang membersihkan di halaman Sekolah dan ada juga yang membersihkan di kebun sampai lingkungan Sekolah bersih. Itu merupakan tujuan dari bekerja sama, agar pekerjaan akan lebih ringan dan cepat selesai. Selain dengan itu bekerja sama juga dapat meningkatkan kerjasama dan solidaritas sesama manusia dan Itu merupakan pengalaman baik.

Didalam bekerjasama dengan rekan lain, hal yang dapat saya lakukan hanya bisa ikut bekerjasama dan membantu pekerjaan rekan-rekan guru, dalam melakukan tugasnya di Sekolah. adapun tugas yang bisa saya lakukan yaitu  Melakukan tugas foto copy, mengantar surat, Meminta menerima tugas dari Kepala Sekolah dan rekan- rekan Guru, dan juga  membantu menyediakan kebutuhan barang-barang yang diperlukan Kepala Sekolah, dan juga rekan-rekan Guru lainnya. semoga dengan cara bekerja sama  membantu rekan-rekan Guru saya bisa bersama- sama mengembangkan mutu pendidikan di SD Negeri 7 Subagan.

Hal yang saya harapkan, untuk meningkatkan kerjasama dengan rekan Guru untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan cara ikut serta belajar bersama dan bekerjasama  dengan rekan-rekan guru di SD Negeri 7 Subagan. Karena dengan saya belajar dan bekerjasama dengan rekan- rekan guru yang sudah paham, dan sudah mengerti di dalam dunia pendidikan,  itu bisa menginspirasi atau memotivasi diri saya untuk bisa menjadi orang yang berguna dalam meningkatkan mutu pendidikan. 

Pengalaman Berkomunikasi

Pengalaman baik dalam mengkomunikasikan masalah ketika melaksanakan tugas, pengalaman saya pada saat melaksanakan tugas, yaitu pada saat saya ditugaskan untuk mengirim surat ke Kantor, permasalahanya kantor yang dituju itu saya tidak tau tempatnya dimana, dan disinilah saya mengkomunikasikannya dengan cara bertanya kepada rekan guru tersebut. dengan bertanya kepada rekan guru yang menugaskan saya untuk mengirimkan surat itu memberitahu  tau dimana lokasi dan tempat Kantor itu  berada. dan akhirnya saya tau dimana Kantor itu berada. Itu merupakan  pengalaman baik, jadi dengan kita mengkomunikasikan atau bertanya ke seseorang, tentang  masalah di dalam melaksanakan tugas, tugas itu akan cepat teratasi dan akan cepat selesai.

Dalam mengkomunikasikan masalah yang ditemukan saat melakukan tugas di SD Negeri 7 Subagan. yang saya lakukan adalah dengan cara berkomunikasi atau bertanya kepada rekan- rekan guru lainnya tentang masalah yang saya temukan disaat melaksanakan tugas, dan saya juga meminta pendapat rekan-rekan guru, apa yang harus saya lakukan dan bagaimana cara menyelesaikan masalah yang saya temukan tersebut. Jadi dengan bertanya atau berkomunikasi saya bisa menyelesaikan masalah dalam melaksanakan tugas.

Saya berharap upaya meningkatkan kemampuan mengkomunikasikan permasalahan dalam meningkatkan mutu Pendidikan adalah, saya tau bahwa komunikasi merupakan unsur penting untuk meningkatkan motivasi seseorang dalam meningkatkan kinerja terutama untuk saya sendiri. Komunikasi yang baik juga  dapat mempengaruhi seseorang menjadi lebih giat dalam bekerja. tapi yang saya rasakan saya belum baik dalam berkomunikasi sesama teman maupun sesama rekan-rekan guru. saya pun merasakannya sendiri, banyak orang yang mengatakan saya orangnya  pendiam, memang  saya orangnya pendiam, susah sekali untuk bicara dengan orang lain tapi bukan sikap seperti itu yang saya inginkan, melainkan saya ingin jadi seseorang yang ramah, berbicara yang baik dan berkomunikasi yang baik. tapi saya akan berusaha bagaimanapun caranya agar bisa berkomunikasi lebih baik lagi. dan harapan saya semoga di dalam berkomunikasi dengan baik dengan rekan-rekan guru yang lain, saya bisa meningkatkan kinerja  di dalam bekerja. dan bisa meningkatkan mutu pendidikan di SD Negeri 7 Subagan

Penutup

Apapun hal yang telah saya lakukan belum sempurna, sehingga tetap mendapat bimbingan dari Bapak Kepala Sekolah dan Bapak Ibu Guru. Semoga praktik baik sebagai penjaga sekolah sehingga saya dapat memenuhi harapan untuk ikut andil dalam upaya meningkatkan mutu SD Negeri 7 Subagan. Semoga apa yang saya lakukan hari ini, berkembang lebih baik lagi keesokan hari.

Situs Sekolah

loading...
Categories: Uncategorized

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *