PENGEMBANGAN KARAKTER MELALUI KBM PJOK
Pengembangan Karakter Melalui KBM PJOK diharapkan dapat dilaksanakan oleh semua guru termasuk guru mata pelajaran, Guru merupakan pembimbing yang secara formal senantiasa mendampingi anak-anak baik dalam belajar dan pengambangan karakter anak. Tak kalah dengan guru kelas, guru PJOK juga berhak, berpeluang dan wajib ikut serta dalam berkontribusi dalam pengembangan karakter anak. Pada masa pandemi Covid-19 guru PJOK memiliki peluang kecil dalam menerapkan KBM berdasarkan materi yang sebelumnya wajib dibelajarkan secara wajar. Oleh karena kondisi tidak wajar ini, maka guru PJOK diharapkan menyelenggarakan KBM hanya berdasarkan teori, demonstrasi dan penugasan, tanpa pelibatan siswa dalam melakukan gerakan psikomotorik, karena alasan resiko tertular virus.
Walaupun demikian tidak mengurangi semangat saya dalam menyelenggarakan KBM sambil melakukan pengembangan karakter melalui KBM PJOK. Sesuai arahan kepala sekolah, dan berdasarkan himbauan pemerintah, guru diharapkan melakukan KBM dengan mengedepankan pengembangan karakter anak ketika belajar di rumah berkolaborasi dengan orang tua. Konten materi dapat dipelajari secara mandiri, berlatih di rumah, sementara guru menghadirkan panduan belajar melalui video, baik buatan sendiri maupun orang lain, dari sumber-sumber yang banyak tersedia di internet. Sesekali panduan belajar diberikan dengan teks, melalui Google Classroom dan Wahtsapp Group sebagai bentuk variasi pembelajaran.
Baca Juga
- REFLEKSI PENGEMBANGAN KARAKTER
- BERCERITA PENGALAMAN TERBAIK
- PENGALAMAN TERBAIK DALAM PENGABDIAN
- PRAKTIK BAIK KEGIATAN PENGEMBANGAN KARAKTER
Praktik Baik Pengembangan Karakter Melalui KBM PJOK
Karakter anak sebagai gambaran dari tingkah laku dan sifat anak akan mempengaruhi pembelajaran dalam pendidikan maupun kehidupan sehingga perlu fokus yang intens dalam pengembangannya. Di masa pandemi seperti ini, pengembangan karakter anak memang sulit dilakukan karena pembelajaran dilakukan secara daring. Maka dari itu selama KBM PJOK saya biasanya mengajak peserta didik untuk memulai kegiatan dengan seksama, seperti:
- Kegiatan awal: membiasakan anak (peserta didik) bangun pagi, membersihkan diri dan tempat tidur.
- Berdoa sebelum melaksanakan pembelajaran yang dapat mengembangkan karakter anak yang selalu bersyukur dan mengingat Tuhan.
- Kegiatan inti: mengajak berinteraksi lewat classroom dengan video pembelajaran yang mudah dimengerti tetapi sebelumnya mengingatkan untuk melakukan pemanasan sehingga peserta didik bisa berolahraga sekaligus mengerjakan tugas yang diberikan. Ini dapat menggambarkan karakter anak sehat.
- Mengevaluasi pekerjaan ataupun tugas peserta didik sehingga terjalin interaksi dan komunikasi walaupun secara virtual. Komunikasi ini, biasanya dengan menanyakan apakah ada kesulitan dalam pembelajaran lewat WA dan senantiasa memberikan motivasi untuk selalu semangat, rajin membantu orangtua serta selalu menjaga kesehatan di tengah pandemi.
Tips Pegembangkan Karakter
Sesuai pengalaman saya, beberapa hal yang dilakukan dalam meningkatkan capaian pengembangan karakter dari sisi Mata Pelajaran PJOK adalah:
0 Comments