REFLEKSI PENGEMBANGAN KARAKTER

Published by TeacherCreativeCorner on

Refleksi pengembangan karakter dalam tulisan ini, merupakan ungkapan saya terkait bagaimana proses dan hasil dari kegiatan KBM yang mengintegrasikan strategi pengembangan karakter. Hal baik dan menyenangkan yang saya ungkapkan disini merupakan cara terbaik untuk meningkatkan cara berpikir positif diri saya, sehingga berdampak pada kemauan untuk meningkatkan kinerja.

Baca Juga

Pengembangan Karakter

Saya sebagai guru ketika melaksanakan kegiatan pengembangan karakter pada anak di kelas dilakukan mengingat guru sebagai orang tua kedua siswa di sekolah maka sewajarnya guru mempunyai peranan besar dalam mentransfer ilmu dan memberi bekal ilmu dan pengambangan karakter kepada siswanya. Betapa pentingnya peran yang dimiliki, sehingga guru dinilai sebagai sosok berpendidikan yang diharapkan mampu mendidik anak bangsa untuk masa depan. Membentuk generasi penerus bangsa yang berkarakter Indonesia. Guru tidak sekedar mendidik dan memberi materi akademik saja di sekolah, namun lebih dari itu. Guru diharapkan juga dapat menanamkan nilai-nilai positif pada siswa, karena guru merupakan role model bagi para siswanya. Untuk mendukung hal ini, para guru seyogyanya mengokohkan karakter dirinya dalam membangun karakter para siswanya. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan para guru dalam membangun karakter siswanya:

  1. Menjadi contoh bagi siswanya
  2. Menjadi apresiator
  3. Mengajarkan nilai moral pada setiap pelajaran
  4. Bersikap jujur dan terbuka pada kesalahan
  5. Mengajarkan sopan santun dan lain-lain

Hal yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan capaian kegiatan pengembangan karakter pada siswa, terutama dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari di sekolah, penanaman nilai-nilai karakter dapat dilakukan dalam beberapa bentuk kegiatan meliputi literasi sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan awal dan akhir pembelajaran,pembiasaan, dan penetapan tata tertib.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: