Praktik baik kegiatan pengembangan karakter merupakan topik bahasan pada tulisan di bawah ini. Setiap pagi dalam mengawali aktivitas pembelajaran, merupakan hal yang selalu dilakukan untuk mengupayakan pengembangan karakter pada siswa. Kegiatan ini menjadi sedemikian penting walau terkesan remeh. Hal kecil ini menjadi sebuah pembiasaan dalam penyelenggaraan pembelajaran di sekolah. Apakah hal ini menjadi efektif bagi pengembangan karakter anak? Walaupun terkadang terjadi keraguan, tetapi dengan tekad serius dan konsisten, ada harapan besar baik bagi guru maupun orang tua agar anak-anak ke depannya menjadi lebih baik.

Baca Juga

Setiap harinya mengingatkan pada anak-anak untuk tetap menaati protokol kesehatan demi menjaga kesehatan diri maupun keluarga merupakan hal yang rutin dilakukan dalam megupayakan pengembangan karakter mandiri. Tidak lupa mengingatkan untuk berdoa dan  berolahraga setiap harinya sebelum memulai aktivitas untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani, mengingatkan kewajibannya sebagai seorang pelajar dan seorang anak di dalam rumah  agar senantiasa belajar dan membantu orang tua di rumah. Hal ini berkaitan dengan pengembangan karakter anak agar bertanggungjawab dan nantinya menjadi kebiasaan yang baik yang akan senantiasa dilaksananan setiap harinya.

Upaya meningkatkan capaian kegiatan pengembangan karakter pada siswa selanjutnya dilakukan melalui kegiatan merivew ulang materi yang sudah diberikan sebelum melanjutkan materi selanjutnya. Selain itu mengadakan post test yang diadakan setiap minggunya. Tujuannya untuk evalusi terhadap materi yang sudah disampaikan. Sejauh mana peserta didik mengerti. Ini juga evaluasi bagi saya, apakah metode pembelajaran yang saya terapkan bisa mereka terima. Selain itu, mengingatkan siswa untuk selalu disiplin dalam membuat tugas dan mengajarkan siswa pentingnya sikap jujur. Sikap jujur ini dengan menulis jurnal kegiataan keseharian siswa sehari-hari.

Penumbuhan karakter kreatif dan inovatif selanjutnya dihadirkan melalui kegiatan belajar dengan memberikan tugas berupa produk atau proyek, di mana anak-anak bisa menumbuhkan skill kreatifnya sesuai dengan minat dan bakatnya. Dan juga menghadirkan pembelajaran berupa video yang menarik. Hal lain untuk meningkatkan skill kreatif pada anak dengan mendorong dan mengasah bakat mereka. Contoh saya memberikan tugas untuk membuat poster mengenai “Cara Menjaga Kesehatan Organ Pernafasan”. Dimana anak-anak diberikan kebebasan untuk mengembangkan skill kreatifnya dalam membuat poster agar terlihat menarik.

Berpikir kritis adalah menjadi hal yang penting dikembangkan untuk menjadi karakter anak. Hal baik yang dilakukan  adalah dengan cara memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan pendapat pribadinya mengenai materi ajar yang diberikan. Tidak melulu guru memulai dengan memberi materi, tetapi dengan memberikan kesempatan siswa untuk menjelaskan terlebih dahulu apa yang mereka pelajari atau ketahui tentang materi tersebut. Selain itu, saya juga memberikan soal-soal yang bersifat HOTS untuk mengembangkan skill berfikir kritis. Untuk meningkatkan pencapaian skill bernalar kritis pada kegiatan pengembangan karakter siswa adalah saat proses pembelajaran saya melakukan dengan metode diskusi, dimana siswa diberikan kesempatan untuk mengungkapkan pendapat pribadinya setelah mereka mempelajari materi secara mandiri. Contoh, dalam proses belajar mengajar mata ajar muatan IPA Tema 1 mengenai organ gerak pada hewan. Saya memberikan materi berupa PPT yang dikirim melalui Google Classroom dan memberikan kesempatan pada siswa untuk menjelaskan mengenai organ gerak hewan pada pertemuan melalui Google Meeting.

Masa depan penuh dengan kolaborasi, maka anak-anak diharapkan memiliki karakter kolabooratif sebagai bagian dari keunggulan karakternya kelak. Hal baik yang telah dilakukan untuk menumbuhkan skill kemampuan kolaboratif pada siswa dikelas adalah dalam proses belajar di rumah anak didik didampingi oleh orang tua mereka, agar bersama sama belajar memecahkan masalah atau tugas yang diberikan oleh guru. Di masa pandemi ini, siswa juga bisa berkolaborasi dengan teman sejawatnya walaupun dengan jarak jauh tidak menghalangi mereka untuk berkolaborasi dengan teman sejawatnya. Kolaborasi ini bisa melalui wa dengan cara bertukar pikiran atau saling berbagi informasi.

Kegiatan positif lainnya seabagai praktik baik pengembangan karakter  dan capaian skill berkolaborasi anak pada kegiatan pengembangan karakter anak dikelas adalah dengan memberikan tugas yang dapat dikerjakan secara kolaborasi dengan orang tua atau keluarga lainnya di rumah. Contoh, memberikan tugas muatan IPS Tema 2 mengenai jenis-jenis usaha kegiatan ekonomi masyarakat. Disini saya memberikan tugas berupa wawancara tentang usaha yang dilakoni oleh orang tua siswa dalam bentuk video. Dimana saya memberikan kesempatan kepada siswa dan orang tua untuk berkolaborasi membuat video yang menarik dan mampu menjelaskan dan menyampaikan maksud dari tugas yang guru berikan.

Kemampuan berkomunikasi yang efektif juga tak kalah penting untuk menjadikan anak-anak unggul di kemudian hari. Upaya menumbuhkan kemampuan berkomunikasi pada siswa di kelas adalah dalam proses belajar mengajar saya memberikan kesempatan pada siswa untuk mempresentasikan tugas yang guru berikan. Siswa dapat mengasah skill berkomunikasinya dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar serta sopan dan santun. Karena kemampuan berkomunikasi menjadi syarat penting dalam proses pembelajaran dan dapat membantu atau memfasilitasi siswa untuk mengutarakan gagasannya, serta bertukar informasi dengan guru atau teman sejawatnya. Selain itu, kemampuan berkomunikasi memberikan kesempatan siswa untuk lebih percaya diri dalam mengemukakan pendapatnya dan mengembangkan sikap empati dalam menghargai perbeedaan pendapat yang akan mereka temukan dalam lingkungan masyarakat.

Hal yang dilakukan untuk menumbuhkan kemampuan berkomunikasi siswa dikelas, seperti contohnya saya memberikan tugas Muatan IPA Tema 2 mengenai sistem pernafasan pada manusia. Saya memberikan tugas pada siswa agar mempresentasikan materi sistem pernafasan manusia melalui video. Dengan tugas ini siswa dapat melatih keterampilan atau kemampuan mereka dalam berkomunikasi yang benar dan menumbuhkan rasa kepercayaan diri serta bersikap kritis, dan mampu mengungkapkan pendapatnya masing-masing. Dan menjadi bekal nantinya untuk mereka dalam berkomunikasi dan siap terjun ke dalam lingkungan masyarakat sebagai seorang warga negara yang baik.

Ref

Pengembangan Karakter

loading...

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *