SUPERFLEKSIBEL (SUPERVISI REFLEKSI PEMBELAJARAN)

Published by TeacherCreativeCorner on

Superfleksibel (Supervisi Refleksi Pembelajaran) merupakan sebuah tindakan supervisi kolaborasi yang dipimpin kepala sekolah untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa. Pembahasan di bawah ini akan banyak mengupas terkait Superfleksibel (Supervisi Refleksi Pembelajaran) yang dilaksanakan secara mingguan.

Laporan Refleksi Minggu X 

PENDAHULUAN

Guru pintar dalam mengajar dan mendidik siswa mungkin akan membawa siswa memanangkan ajang lomba tertentu. Kompetisi siswa pada ajang-ajang tertentu sangat menarik perhatian siswa dan orang tua untuk ikut berpartisipasi. Tidak ada yang salah dengan hal itu dalam rangka mengembangkan kemampuan akademik dan skill keterampilan tertentu sebagai landasan implementasi model penguatan karakter, keterampilan dan sikap di Abad 21.

Salah satu point penting dari Skill Abad 21 yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan berkolaborasi dan berbagi. Maka konsep kompetisi menjadi hal yang berlawanan dengan konsep kolaborasi. Kompetisi lebih memandang aspek individual, sedangkan kolaborasi adalah kerjasama tim. Skill atau kemampuan berkolaborasi menjadi hal penting untuk dapat tetap bertahan hidup di masa depan.

Sebagai upaya bagaimana mengimplementasikan aspek kolaborasi dalam pembelajaran maka Superfleksibel (Supervisi Refleksi Pembelajaran) merupakan sebuah praktik baik yang penulis pahami, adalah upaya untuk mengembalikan hakikat dan martabat kembali pada anak. Melalui kolaborasi antara guru dengan kepala sekolah maka Superfleksibel (Supervisi Refleksi Pembelajaran) ini dilaksanakan dengan penuh kesadaran dan motivasi berkembang.
Sebagai gambaran berikut adalah hasil kolaborasi guru dan orang tua dalam tindakan Superfleksibel (Supervisi Reflieksi Pembelajaran) pada pembelajaran sehari-hari di suatu kelas. pada pembahasan selanjutnya.

KELAS I

RPP KELAS I MINGGU X

Komentar

RPP Kelas I Minggu X telah dibuat dengan baik, dimana tujuan pembelajaran yang disusun dengan benar. Komponen ABCD pada tujuan pembelajaran telah disusun secara baik. RPP telah merencanakan KBM dengan strategi yang baik, mulai dari kegiatan penugasan, diskusi dengan orang tua, membaca dan pengamatan video.

Saran

Langkah KBM yang disusun telah mencerminkan tujuan pembelajaran yang dibuat. Sehingga nanti tinggal mengimplementasikan pembelajaran yang mencerminkan apa yang sudah direncanakan dalam RPP. Selain itu partisipasi siswa dalam belajar agar diperhatikan untuk dapat ditingkatkan baik ketika PJJ penuh dan Blended Learning. Terimakasih Bu Komang Sukerti, selamat dan tetap semangat.

KBM KELAS I MINGGU IX

Komentar

KBM Kelas I Minggu IX telah berjalan baik, dimana guru telah terpantau menyapa siswa baik melalui Whatsapp Group dan Google Classroom. Guru juga sudah membuat video pengantar materi pelajaran, untuk memperjelas penugasan kepada siswa. Guru secara konsisten juga telah berkolaborasi dengan orang tua dalam memberikan motivasi penembangan sikap.

Saran

Praktik baik yang sudah dilaksanakan diharapkan untuk dilanjutkan dan ditingkatkan pada KBM berikutnya, terimakasih, selamat dan tetap semangat.

KELAS II

RPP KELAS II MINGGU X

……………………

KBM KELAS II MINGGU IX

Komentar

KBM Kelas II telah dilaksanakan dengan sangat baik. Platform yang digunakan pada pembelajaran Kelas II Minggu IX, telah beragam mulai dari Google Classroom, Whatsapp Group dan Google Meet. Pada masing-masing platform yang digunakan telah relevan dengan RPP Minggu IX, dan satu dengan yang lainnya telah saling melengkapi. Pembelajaran juga dapat mengaktifkan proses KBM. Hal yang menarik adalah saat guru menyajikan kegiatan awal, yang menghadirkan teks deskripsi yang sangat lengkap mulai dari kegiatan menyapa dan mengingatkan siswa secara berkelanjutan agar mematuhi protokol kesehatan.Kegiatan di Google Meet dan Whatsapp Group juga telah mampu menghadirkan proses belajar yang mengaktifkan siswa.

Saran

Agar praktik baik yang telah dilaksanakan dipertahankan, ditingkatkan secara berkelanjutan pada KB berikutnya, selamat terimakasih dan tetap semangat.

KELAS III

RPP KELAS III MINGGU X

Komentar

RPP Kelas III Minggu X telah dibuat dengan baik. RPP telah memuat tujuan pembelajaran yang memenuhi persyaratan seperti ABCD dengan perubahan perilaku pembiasaan positif di rumah, mengelompokkan, berbagi pengalaman, mengenal dan menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan satuan panjang. Rencana KBM yang disusun juga sudah mencerminkan pencapaian tujuan pembelajaran. Evaluasi pembelajaran yang disusun telah mencerminkan capaian dari tujuan pembelajaran.

Saran

Praktik baik dalam menyusun RPP harap dilanjutkan, ditingkatkan, dikembangkan dan dilaksanakan secara berkelanjutan. Soal evaluasi yang dihadirkan harap disempurnakan dengan tetap mengedepankan soal HOT, untuk melatih nalar dan kemampuan sisa berpikir kritis, sambil melatih daya literasi siswa. Selamat, terimakasih dan tetap semangat!

KBM KELAS III MINGGU IX

Komentar 

Superfleksibel (Supervisi Refleksi Pembelajaran) melihat KBM Kelas III Minggu X yang dihadirkan oleh guru, telah sangat baik, dimana guru telah menghadirkan berbagai strategi bervariasi dalam KBM PJJ. Guru telah memuat rangkaian menyapa pada kegiatan awal, kegiatan inti yang menyajikan pembelajaran aktif, dan kegiatan akhir yang bersifat reflektif. Kehadiran media video pengantar pembelajaran juga telah dihadirkan dengan baik.

Saran

Hal yang menarik adalah pada materi pembahasan tentang sampah, dari KBM yang bersifat pengamatan merupakan cara yang tepat untuk mengaktifkan pembelajaran. Kegiatan KBM ini dapat disempurnakan dengan menghadirkan LKS yang dapat disajikan sebagai berikut:

LEMBAR KERJA SISWA

TENTANG PENGAMATAN DAN PEDULI SAMPAH PLASTIK

1. Tujuan

Setelah kalian melakukan pengamatan terhadap kondisi sampah di lingkungan tempat tinggal, diharapkan kalian dapat melakukan tindakan yang mencerminkan kepedulian terhadap sampah plastik yang bermanfaat bagi kebersihan dan kesehatan lingkungan


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: