Superfleksibel (Supervisi Refleksi Pembelajaran) merupakan sebuah tindakan supervisi kolaborasi yang dipimpin kepala sekolah untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa. Pembahasan di bawah ini akan banyak mengupas terkait Superfleksibel (Supervisi Refleksi Pembelajaran) yang dilaksanakan secara mingguan.

Laporan Refleksi Minggu X 

PENDAHULUAN

Guru pintar dalam mengajar dan mendidik siswa mungkin akan membawa siswa memanangkan ajang lomba tertentu. Kompetisi siswa pada ajang-ajang tertentu sangat menarik perhatian siswa dan orang tua untuk ikut berpartisipasi. Tidak ada yang salah dengan hal itu dalam rangka mengembangkan kemampuan akademik dan skill keterampilan tertentu sebagai landasan implementasi model penguatan karakter, keterampilan dan sikap di Abad 21.

Salah satu point penting dari Skill Abad 21 yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan berkolaborasi dan berbagi. Maka konsep kompetisi menjadi hal yang berlawanan dengan konsep kolaborasi. Kompetisi lebih memandang aspek individual, sedangkan kolaborasi adalah kerjasama tim. Skill atau kemampuan berkolaborasi menjadi hal penting untuk dapat tetap bertahan hidup di masa depan.

Sebagai upaya bagaimana mengimplementasikan aspek kolaborasi dalam pembelajaran maka Superfleksibel (Supervisi Refleksi Pembelajaran) merupakan sebuah praktik baik yang penulis pahami, adalah upaya untuk mengembalikan hakikat dan martabat kembali pada anak. Melalui kolaborasi antara guru dengan kepala sekolah maka Superfleksibel (Supervisi Refleksi Pembelajaran) ini dilaksanakan dengan penuh kesadaran dan motivasi berkembang.
Sebagai gambaran berikut adalah hasil kolaborasi guru dan orang tua dalam tindakan Superfleksibel (Supervisi Reflieksi Pembelajaran) pada pembelajaran sehari-hari di suatu kelas. pada pembahasan selanjutnya.

KELAS I

RPP KELAS I MINGGU X

Komentar

RPP Kelas I Minggu X telah dibuat dengan baik, dimana tujuan pembelajaran yang disusun dengan benar. Komponen ABCD pada tujuan pembelajaran telah disusun secara baik. RPP telah merencanakan KBM dengan strategi yang baik, mulai dari kegiatan penugasan, diskusi dengan orang tua, membaca dan pengamatan video.

Saran

Langkah KBM yang disusun telah mencerminkan tujuan pembelajaran yang dibuat. Sehingga nanti tinggal mengimplementasikan pembelajaran yang mencerminkan apa yang sudah direncanakan dalam RPP. Selain itu partisipasi siswa dalam belajar agar diperhatikan untuk dapat ditingkatkan baik ketika PJJ penuh dan Blended Learning. Terimakasih Bu Komang Sukerti, selamat dan tetap semangat.

KBM KELAS I MINGGU IX

Komentar

KBM Kelas I Minggu IX telah berjalan baik, dimana guru telah terpantau menyapa siswa baik melalui Whatsapp Group dan Google Classroom. Guru juga sudah membuat video pengantar materi pelajaran, untuk memperjelas penugasan kepada siswa. Guru secara konsisten juga telah berkolaborasi dengan orang tua dalam memberikan motivasi penembangan sikap.

Saran

Praktik baik yang sudah dilaksanakan diharapkan untuk dilanjutkan dan ditingkatkan pada KBM berikutnya, terimakasih, selamat dan tetap semangat.

KELAS II

RPP KELAS II MINGGU X

……………………

KBM KELAS II MINGGU IX

Komentar

KBM Kelas II telah dilaksanakan dengan sangat baik. Platform yang digunakan pada pembelajaran Kelas II Minggu IX, telah beragam mulai dari Google Classroom, Whatsapp Group dan Google Meet. Pada masing-masing platform yang digunakan telah relevan dengan RPP Minggu IX, dan satu dengan yang lainnya telah saling melengkapi. Pembelajaran juga dapat mengaktifkan proses KBM. Hal yang menarik adalah saat guru menyajikan kegiatan awal, yang menghadirkan teks deskripsi yang sangat lengkap mulai dari kegiatan menyapa dan mengingatkan siswa secara berkelanjutan agar mematuhi protokol kesehatan.Kegiatan di Google Meet dan Whatsapp Group juga telah mampu menghadirkan proses belajar yang mengaktifkan siswa.

Saran

Agar praktik baik yang telah dilaksanakan dipertahankan, ditingkatkan secara berkelanjutan pada KB berikutnya, selamat terimakasih dan tetap semangat.

KELAS III

RPP KELAS III MINGGU X

Komentar

RPP Kelas III Minggu X telah dibuat dengan baik. RPP telah memuat tujuan pembelajaran yang memenuhi persyaratan seperti ABCD dengan perubahan perilaku pembiasaan positif di rumah, mengelompokkan, berbagi pengalaman, mengenal dan menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan satuan panjang. Rencana KBM yang disusun juga sudah mencerminkan pencapaian tujuan pembelajaran. Evaluasi pembelajaran yang disusun telah mencerminkan capaian dari tujuan pembelajaran.

Saran

Praktik baik dalam menyusun RPP harap dilanjutkan, ditingkatkan, dikembangkan dan dilaksanakan secara berkelanjutan. Soal evaluasi yang dihadirkan harap disempurnakan dengan tetap mengedepankan soal HOT, untuk melatih nalar dan kemampuan sisa berpikir kritis, sambil melatih daya literasi siswa. Selamat, terimakasih dan tetap semangat!

KBM KELAS III MINGGU IX

Komentar 

Superfleksibel (Supervisi Refleksi Pembelajaran) melihat KBM Kelas III Minggu X yang dihadirkan oleh guru, telah sangat baik, dimana guru telah menghadirkan berbagai strategi bervariasi dalam KBM PJJ. Guru telah memuat rangkaian menyapa pada kegiatan awal, kegiatan inti yang menyajikan pembelajaran aktif, dan kegiatan akhir yang bersifat reflektif. Kehadiran media video pengantar pembelajaran juga telah dihadirkan dengan baik.

Saran

Hal yang menarik adalah pada materi pembahasan tentang sampah, dari KBM yang bersifat pengamatan merupakan cara yang tepat untuk mengaktifkan pembelajaran. Kegiatan KBM ini dapat disempurnakan dengan menghadirkan LKS yang dapat disajikan sebagai berikut:

LEMBAR KERJA SISWA

TENTANG PENGAMATAN DAN PEDULI SAMPAH PLASTIK

1. Tujuan

Setelah kalian melakukan pengamatan terhadap kondisi sampah di lingkungan tempat tinggal, diharapkan kalian dapat melakukan tindakan yang mencerminkan kepedulian terhadap sampah plastik yang bermanfaat bagi kebersihan dan kesehatan lingkungan

  • Alat dan Bahan
  • Alat tulis
  • HP

2. Materi

Mengatasi Sampah Plastik 

Sebagian besar benda – benda yang ada di sekitar kita terbuat dari plastik, ember, panci, gayung, dan tempat belanjaan semua terbuat dari plastik. Bungkus-bungkus makanan hampir semuanya menggunakan plastik. Sampah plastik menjadi banyak dan ada di mana-mana karena banyaknya plastik. Plastik memberikan banyak manfaat dalam kehidupan kita. Tetapi plastik juga dapat menimbulkan masalah . Plastik membutuhkan waktu yang lama untuk terurai secara alami, sekitar puluhan bahkan ratusan tahun. Jika dibandingkan dibandingkan dengan benda yang lain, plastik akan lebih lama terurai .Bayangkan jika kalian membuang sampah plastik sembarangan setiap hari! Apa yang akan terjadi jika semua itu dilakukan oleh semua orang?

Permasalahan yang berhubungan dengan plastik sudah ada sejak lama . Untuk mengatasi masalah sampah plastik dapat dilakukan dengan cara, yaitu reduce ( mengurangi), reuse (menggunakan kembali), dan recycle (mendaur ulang). Reduce adalah mengurangi penggunaan plastik, misalnya ketika berbelanja lebih baik membawa tas sendiri. Reuse adalah memanfaatkan kembali plastik yang sudah tidak terpakai, misalnya sampah bekas botol minuman digunakan untuk membuat tempat pensil. Adapun recycle adalah mendaur ulang plastik yang telah menjadi sampah, biasanya dilakukan pabrik. 

Sekarang kalian coba untuk mengadakan pengamatan terhadap sampah plastik yang ada di lingkungan sekitar tempat kalian tinggal sesuai langkah kegiatan di bawah ini:

 

3. Langkah kegiatan

  • Setelah membaca tentang materi Mengatasi Sampah Plastik di atas sekarang cobalah berkeliling di lingkungan dalam rumah dan sekitarnya, amati dan catat sampah apa yang kalian temukan dan tulislah hasilnya pada tabel dibawah ini!
  • Fotolah sampah dimana kalian mengamatinya!
  • Diskusikan keadaan sampah di dalam dan di sekitar rumah kamu terkait data yang kalian peroleh di atas!
  • Tentukan langkah apa yang akan kalian lakukan untuk mengatasi sampah tersebut, sambil membantu meringankan beban pekerjaan orang tua!

4. Kesimpulan

  • Setelah pengamatan yang saya lakukan, hal baik yang telah saya lakukan untuk mengatasi masalah sampah adalah….
  • Orang-orang di rumah saya yang peduli dengan sampah adalah….
  • Nasehat orang tua yang diberikan kepada saya dalam mengatasi sampah adalah…
  • Saya akan bersemangat dalam ikut membantu orang tua untuk mengatasi masalah sampah dengan melakukan kegiatan sebagai berikut:

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

Saran berikutnya untuk diselenggarakan pada pembelajaran berikutnya adalah, pada tahapan refleksi. Saya mengharapkan pada kegiatan refleksi beberapa hal berikut :

  1. Tanyakan pengalaman menarik ketika belajar hari itu, 
  2. Minta siswa untuk menceritakan rangkaian pengalaman belajar yang telah dilakukan,
  3. Tanyakan juga perasaan mereka ketika belajar hari itu
  4. Jangan lupa juga untuk meminta mereka menyimpulkan hasil kegiatan belajar
  5. Terakhir tanyakan hal-hal apa yang akan mereka lakukan untuk dapat berperan aktif dalam menjaga lingkungan agar bebas sampah plastik

KELAS IV

RPP KELAS IV MINGGU X

Komentar

Pandangan Superfleksibel (Supervisi Refleksi Pembelajaran) terhadap RPP Kelas IV Minggu X, telah disusun secara baik, dimana guru telah menyusun tujuan pembelajaran yang memuat ABCD, dengan strategi yang bervariasi mulai dari penugasan, pengamatan dan penjelasan guru. Hal ini diharapkan dapat merubah perilaku siswa mulai dari pembiasaan pengembangan karakter, menunjukkan bagian-bagian tumbuhan, membuat hasil karya seni kolase, menjelaskan faktor penyebab kerusakan lingkungan dan menyelesaikan permasalahan pada penjumlahan dan pengurangan. Langkah pembelajaran yang dilaksanakan juga telah mencerminkan implementasi dari tujuan pembelajaran. 

Saran

Praktik baik yang telah dilaksanakan harap untuk ditingkatkan, dikembangkan secara berkelanjutan. RPP ini dapat disempurnakan dengan menghadirkan evaluasi pembelajaran yang mencerminkan proses pengukuran tujuan pembelajaran. Pada kegiatan refleksi juga dapat disempurnakan dengan memuat pertanyaan-pertanyaan refleksi seperti yang saya sarankan sebelumnya. Selamat, terimakasih dan tetap semangat.

KBM KELAS IV MINGGU IX

Komentar

KBM Kelas IV Minggu IX telah terlaksana dengan baik, dimana guru telah menyajikan platform pembelajaran Google Classroom dan Whatsapp Group, Pembelajaran juga telah menyajikan video menyapa dan pengantar pembelajaran secara konsisten dan berkelanjutan. Guru juga sudah terpantau menghadirkan KBM yang mengaktifkan siswa, dengan memuat langkah penugasan mengadakan wawancara dengan orang lain termasuk orang tua. Guru juga sudah terpantau melakukan evaluasi pembelajaran dengan menggunakan soal-soal HOTS.

Saran

Terimakasih dan selamat telah secara konsisten menghadirkan KBM yang menginspirasi, tetap semangat.

KELAS V

RPP KELAS V MINGGU X

Komentar

RPP Kelas V Minggu X telah disusun dengan baik. Tujuan pembelajaran yang disusun juga telah memuat ABCD dengan strategi penugasan, pengamatan, membaca, demonstrasi dan diskusi diharapkan dapat merubah perilaku kegiatan pembiasaan dan menuliskan informasi. RPP juga telah memuat rencana kegiatan pembelajaran PJJ melalui platform Google Classroom, Whatsapp dan Google Meet. 

Saran

Praktik baik yang telah dilakukan harap ditingkatkan, dilanjutkan dan dikembangkan pada penyusunan RPP berikutnya. Saran penyempurnaan tujuan pembelajaran mulai dari rancangan tujuan semula:

  1. Melalui penugasan pembuatan jurnal, siswa dapat melakukan kegiatan pembiasaan pengembangan karakter di rumah masing-masing secara berkelanjutan.
  2. Melalui pengamatan dan membaca iklan siswa dapat menemukan iklan di media cetak atau elektronik. 
  3. Setelah membaca, siswa dapat menuliskan informasi tentang organ-organ pencernaan hewan ruminansia pada sapi beserta fungsinya dengan tepat. 
  4. Dengan membuat gambar siswa mampu menjelaskan organ-organ pencernaan hewan ruminansia pada sapi dengan benar. 
  5. Melalui diskusi siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  hubungan antar satuan jarak.

Dapat diperbaiki menjadi:

  1. Melalui penugasan pembuatan jurnal, siswa dapat melakukan kegiatan pembiasaan pengembangan karakter di rumah masing-masing secara berkelanjutan.
  2. Melalui pengamatan iklan siswa dapat menyebutkan unsur-unsur iklan di media cetak atau elektronik dengan baik
  3. Setelah membaca siswa dapat menuliskan informasi tentang organ-organ pencernaan hewan ruminansia pada sapi beserta fungsinya dengan tepat. 
  4. Setelah penugasan membuat gambar siswa mampu menjelaskan organ-organ pencernaan hewan ruminansia pada sapi dengan benar. 
  5. Melalui diskusi siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  hubungan antar satuan jarak dengan tepat

KBM KELAS V MINGGU IX

Komentar

KBM Kelas V Minggu IX telah berlangsung baik, dimana guru telah menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi. Guru sudah terpantau melaksanakan pembelajaran menggunakan Google Classroom dan Whatsapp Group. Guru juga telah menghadirkan teks narasi kegiatan awal untuk membantu siswa mengembangkan karakter dan sikapnya. Guru juga telah menghadirkan proses belajar aktif dimana pada KBM Hari Senin, telah menugaskan siswa membuat poster, yang dilengkapi dengan teks motivasi dan contoh.

Saran 

Praktik baik pada KBM harap diintensifkan (dilakukan dengan sungguh-sungguh) sehingga siswa terlayani dengan nyaman atas kebutuhan belajarnya. Terimakasih, selamat dan tetap semangat.

KELAS VI

RPP KELAS VI MINGGU X

Komentar

RPP Kelas VI Minggu X telah dirancang dengan baik. RPP telah memuat tujuan pembelajaran yang terimplementasi ke langkah pembelajaran. Rencana pembelajaran juga telah memuat langkah kegiatan pembelajaran yang akan menggunakan platform belajar Google Classroom, Whatsapp dan Google Meet pada pelaksanaan PJJ. RPP juga telah memuat kegiatan awal terkait pengembangan sikap, kegiatan mengaktifkan pembelajaran dan dan diakhiri dengan refleksi, literasi dan mengisi jurnal harian.

Saran

Praktik baik yang telah dilaksanakan harap untuk ditingkatkan, peningkatan dan pengembangan RPP yang baik. Soal Evaluasi dapat dimuat pada bagian akhir RPP sebagai bentuk penyempurnaan. Beberapa hal yang perlu disempurnakan adalah terkait dengan tujuan pembelajaran, yang awalnya seperti ini:

  1. Melalui penugasan menulis jurnal siswa dapat melakukan kegiatan pembiasaan pengembangan   karakter di rumah masing-masing
  2. Melalui diskusi siswa mampu memberikan pendapat atas pelaksanaan tanggung jawab terhadap hak dan kewajiban dengan terperinci
  3. Setelah membaca, siswa mampu menuliskan informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca tentang penemuan dan manfaatnya dengan menggunakan kalimat efektif dan kosakata baku dengan benar.
  4. Dengan percobaan membuat rangkaian listrik pararel, siswa mampu mengidentifikasi perbedaan sifat rangkaian listrik sederhana seri  dan pararel dengan tepat.
  5. Melalui diskusi dan google meet siswa mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung campuran pada bilangan cacah dan/atau pecahan

Direvisi menjadi:

  1. Melalui penugasan menulis jurnal siswa dapat melakukan kegiatan pembiasaan pengembangan   karakter di rumah masing-masing secara berkelanjutan
  2. Melalui diskusi siswa mampu memberikan pendapat atas pelaksanaan tanggung jawab terhadap hak dan kewajiban dengan terperinci
  3. Setelah membaca, siswa mampu menuliskan informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca tentang penemuan dan manfaatnya dengan menggunakan kalimat efektif dan kosakata baku dengan benar.
  4. Dengan percobaan membuat rangkaian listrik pararel, siswa mampu mengidentifikasi perbedaan sifat rangkaian listrik sederhana seri  dan pararel dengan tepat.
  5. Melalui diskusi dan Google Meet siswa mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung campuran pada bilangan cacah dan/atau pecahan dengan benar

Masukan lainnya adalah pada kegiatan akhir agar memuat refleksi sebagai umpan balik dengan memuat pertanyaan motivasi yang sudah saya muat sebelumnya.

KBM KELAS VI MINGGU IX

Komentar

KBM Kelas VI Minggu IX berlangsung baik, dimana guru telah menghadirkan platform belajar Google Classroom, Whatsapp Group dan Google Meet. Materi menarik yang disajikan adalah tentang rangkaian listrik sederhana dimana siswa ditugaskan mengamati video demonstrasi pembuatan rangkaian listrik, yang dilanjutkan dengan kegiatan Project Base Learning oleh guru. Guru juga telah menyajikan video pengantar pembelajaran untuk membimbing siswa menyelesaikan masalah matematika yang terkait dengan pengerjaan operasi bilangan pecahan campuran.

Saran

Praktik baik yang telah dilaksanakan harap dilanjutkan dan ditingkatkan pada RPP dan KBM berikutnya. Hal yang perlu disempurnakan pada KBM kelas VI adalah agar guru membuat video demonstrasi merakit rangkaian listrik sederhana, sebagai bentuk video tutorial. Saran lainnya sebagai upaya menyempurnakan KBM agar bentuk dan struktur LKS seperti yang telah contohkan beberapa waktu yang lalu. Terimakasih, selamat dan tetap semangat dalam membelajarkan siswa.

MAPEL PJOK

RPP PJOK MINGGU X

Komentar

KBM Mapel PJOK Minggu X telah disusun dengan baik yang memuat tujuan, langkah kegiatan awal dan kegiatan akhir. RPP yang merencanakan KBM melalui Google Classroom, Whatsapp dan video pangantar pembelajaran dan menyapa siswa. Tujuan pembelajaran yang dirancang telah tercermin pada langkah pembelajaran.

Saran

Praktik baik yang telah dilaksanakan harap ditingkatkan, dilanjutkan dan dikembangkan pada KBM berikutnya. Hal yang perlu disempurnakan dari RPP yang telah dibuat adalah terkait dengan tujuan pembelajaran seperti sebelumnya:

  1. Melalui penugasan pembuatan jurnal, siswa dapat melakukan kegiatan pembiasaan pengembangan karakter di rumah masing-masing secara berkelanjutan
  2. Melalui penggunaan literasi dan video siswa dapat memahami pengguanan vareasi gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan)tanpa/dengan music dalam aktivitas gerak berirama
  3. Melalui penggunaan materi penggunaan  vareasi  gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan music dalam aktivitas gerak berirama siswa  dapat memperaktekan gerakannya dengan baik dan benar 
  4. Melalui kegiatan literasi dan video siswa dapat menggali informasi tentang dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan)tanpa/dengan music dalam aktivitas gerak berirama

 Diubah menjadi:

  1. Melalui penugasan pembuatan jurnal, siswa dapat melakukan kegiatan pembiasaan pengembangan karakter di rumah masing-masing secara berkelanjutan
  2. Melalui pengamatan video siswa dapat memahami penggunaan variasi gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan music dalam aktivitas gerak berirama dengan tepat
  3. Melalui penggunaan materi penggunaan  variasi  gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan music dalam aktivitas gerak berirama siswa  dapat mempraktikkan gerakannya dengan baik dan benar 
  4. Melalui kegiatan pengamatan video siswa dapat menggali informasi tentang dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan)tanpa/dengan music dalam aktivitas gerak berirama secara tepat

RPP juga dapat disempurnakan dengan memuat evaluasi pembelajaran yang belum nampak pada RPP yang disajikan. Evaluasi dimaksud untuk mendorong siswa dapat bernalar kritis, sebagai upaya mewujudkan visi sekolah terkait perwujudan siswa yang memiliki Skill Keterampilan dan Sikap Abad 21. Hal lain yang juga harus menjadi perhatian adalah pada kegiatan refleksi juga saya sarankan dengan mengajukan pertanyaan yang dimuat di RPP yang selanjutnya diimplementasikan pada KBM. Pertanyaan dimaksud adalah seperti yang saya muat pada laporan sebelumnya.

KBM PJOK MINGGU IX

Komentar

Superfleksibel (Supervisi Refleksi Pembelajaran) melihat KBM PJOK telah dilaksanakan secara baik. Guru telah menghadirkan media pembelajaran yang dapat membantu siswa memahami materi pelajaran. Guru juga telah menghadirkan penugasan untuk berlatih gerakan sesuai materi yang sedang diajarkan. Guru juga telah membantu guru kelas untuk memberi penekanan pada bagaimana upaya mematuhi protokol kesehatan Prokes-19, dari sudut pandang materi PJOK. Kegiatan KBM juga dikuatkan dengan pemberian motivasi di Whatsapp Group kelas.

Saran

Superfleksibel (Supervisi Refleksi Pembelajaran) memandang praktik baik yang telah dilaksanakan agar ditingkatkan, diintensifkan, dilengkapi secara berkelanjutan. Selamat, tetap semangat dan terimakasih.

MAPEL AGAMA HINDU KELAS TINGGI

RPP MAPEL AGAMA HINDU KELAS TINGGI

Komentar

Superfleksibel (Supervisi Refleksi Pembelajaran) melihat RPP Agama Hindu Kelas Tinggi telah disusun dengan baik dimana kegiatan awal, kegiatan inti dan akhir telah disusun secara apik. Tujuan pembelajaran juga telah dimuat pada langkah kegiatan inti. Pembelajaran juga telah direncanakan menggunakan platform Google Classroom dan Whatsapp yag dilengkapi dengan video menyapa dan pengantar pembelajaran. 

Saran

Superfleksibel (Supervisi Refleksi Pembelajaran) melihat Praktik baik yang telah direncanakan di RPP agar ditingkatkan dan dikembangkan secara berkelanjutan pada RPP berikutnya. Saran penyempurnaan tujuan agar memenuhi syarat ABCD adalah dari tujuan yang ditulis seperti di bawah ini:

  1. Melalui penugasan pembuatan jurnal, siswa dapat melakukan , kegiatan pembiasaan pengembangan karakter , di rumah masing-masing , secara berkelanjutan  dan  terus  menerus
  2. Melalui  kegiatan  literasi , siswa  dapat  menyebutkan  tingkat  Golongan  Orang  Suci  Agama  Hindu 
  3. Melalui  kegiatan  literasi , siswa  dapat  menjelaskan pengertian  Orang  Suci  Dwi  Jati
  4. Melalui  kegiatan  literasi , siswa  dapat  menyebutkan ,  nama-nama  golongan ,  Orang  Suci  Dwi  Jati
  5. Melalui kegiatan  literasi ,   Siswa  dapat  menjelaskan  nama-nama   busana , Orang  Suci  Dwi  Jati

Disusun menjadi:

  1. Melalui penugasan pembuatan jurnal, siswa dapat melakukan, kegiatan pembiasaan melaksanakan tradisi Hindu, di rumah masing-masing, secara berkelanjutan 
  2. Melalui  kegiatan  membaca buku referensi, siswa  dapat  menyebutkan  tingkat  Golongan  Orang  Suci  Agama  Hindu 
  3. Melalui  kegiatan  membaca artikel di internet, siswa  dapat  menjelaskan pengertian Orang  Suci  Dwijati dan menyertakan sumbernya secara komunikatif
  4. Melalui  kegiatan  membaca buku sumber, siswa  dapat  menyebutkan,  nama-nama  golongan,  Orang  Suci  Dwijati minimal 4 orang
  5. Melalui kegiatan  diskusi,   siswa  dapat  menjelaskan  nama-nama   busana, Orang  Suci  Dwijati dengan lengkap

Saran lainnya adalah, agar RPP disempurnakan dengan memuat soal evaluasi yang akan digunakan, dengan karakteristik soal HOTS

Demikian juga agar kegiatan refleksi dilakukan dengan memuat pertanyaan-pertanyaan yang telah tiang muat pada laporan minggu sebelumnya.

KBM MAPEL AGAMA HINDU KELAS TINGGI 

Komentar

Superfleksibel (Supervisi Refleksi Pembelajaran) memandang KBM Agama Hindu Kelas Tinggi telah terlaksana dengan baik. Guru telah menghadirkan KBM yang dapat mengaktifkan siswa dalam belajar. Platform pembelajaran yang digunakan telah bervariasi seperti Google Classroom dan Whatsapp Group. KBM juga kadang-kadang dihadirkan melalui Google Meet. Strategi pembelajaran jarak jauh juga dilaksanakan secara bervariasi dengan mengedepankan kemudahan bagi siswa. Pembelajaran dengan materi kontekstual juga telah meningkatkan kebermaknaan pembelajaran. Seperti kita ketahui bersama, Agama Hindu yang dianut oleh hampir 99% siswa SD Negeri 7 Subagan, menempatkan kegiatan keagamaan bukan hanya masalah keyakinan saja, tetapi telah berdampak lu

Saran

Praktik baik yang telah dilaksanakan agar dipertahankan, ditingkatkan dan dilaksanakan secara berkelanjutan. Selamat, terimakasih, dan tetap semangat.

MAPEL AGAMA HINDU KELAS RENDAH 

RPP MAPEL AGAMA HINDU KELAS RENDAH

KBM MAPEL AGAMA HINDU KELAS RENDAH

Komentar

KBM Mapel Agama Kelas Rendah telah terselenggara dengan baik. Guru Mapel Agama Hindu telah menyajikan pembelajaran yang memuat kegiatan awal berupa teks menyapa siswa, yang juga memuat tentang pembiasaan melaksanakan aktivitas keagamaan pada kehidupan sehari-hari termasuk menaati protokol kesehatan. Guru juga sesekali telah menghadirkan video menyapa dan video pengantar materi. Demikian pula  guru juga telah memuat soal AKM dengan kriteria soal bernalar kritis atau HOT pada kegiatan evaluasi.

Saran

Praktik baik yan telah dilaksanakan agar dapat dilanjutkan, dikembangkan dan ditingkatkan pada KBM berikutnya. Selamat, terimakasih dan tetap semangat.

KBM BAHASA BALI

Komentar

KBM Mapel Bahasa Bali juga telah dihadirkan dengan baik. Guru telah mendeskripsikan tugas dengan sangat baik. Guru juga telah hadir memberikan pengantar materi baik pada platform Google Classroom dan Whatsapp Group. Tugas yang diberikan juga telah mampu mengaktifkan siswa pada kegiatan belajar.

Saran

Praktik baik yang telah dilaksanakan oleh guru harap untuk dilanjutkan, ditingkatkan dan dikembangkan, sehingga pembelajaran lebih bermakna dan kontekstual dengan kehidupan siswa dalam rangka berkomunikasi menggunakan Bahasa Bali sebagai bagian dari Bahasa dan Budaya Daerah Bali. Selamat, terimakasih dan tetap semangat.

 

PENUTUP 

Komentar Umum Superfleksibel (Supervisi Refleksi Pembelajaran)

Superfleksibel (Supervisi Refleksi Pembelajaran) menyajikan komentar terkait RPP, sebagian besar telah lengkap dan baik. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai bentuk penyempurnaan adalah sebagai berikut:

1. Tujuan pembelajaran yang dirancang, agar memuat ABCD, seperti contoh: 

“Melalui kegiatan percobaan siswa dapat merancang rangkaian listrik sederhana yang berfungsi baik”

2. Pada kegiatan awal, sebagai penjabaran dari tujuan hendaknya deskripsi pernyataan seperti contoh:

“Anak-anak sebelum kalian mulai kegiatan belajar, biasakan untuk bangun pagi, karena dengan bangun pagi kalian dapat mengerjakan tugas lebih banyak. Kebiasaan bangun pagi juga akan akan membuat kalian rajin, disiplin dan dipercaya orang nantinya. Setelah bangun pagi, bantulah diri kamu untuk merapikan tempat tidur kamu, membantu orang tua memasak, menyapu memberi makan ternak dan yang lainnya. Kenapa kalian harus membantu diri, karena setelah kalian lepas dari orang tua saat dewasa, mereka tidak lagi akan membantumu. Maka menjadi orang mandiri akan menjamin kehidupan kalian lebih baik lagi nanti. Membantu orang tua juga sangat penting, karena rumah yang kamu tinggali bersama orang tua adalah milik bersama sehingga, kalian wajib menjaganya bersama. Setelah membantu orang tua, barulah kalian mandi, sarapan, berpakain rapi, berdoa dan mempersiapkan peralatan belajar. Setelah semua kegiatan di atas selesai maka ketika kalian belajar, kalian akan sangat nyaman, dengan lingkungan rumah kalian yang bersih dan rapi, perut kalian sudah berisi, sehingga kalian dapat berkonsentrasi untuk belajar. Apalagi kalian sudah mandi, segar kan? Dan Apalagi kalian sudah berdoa, tadi sehingga lebih tenang dalam belajar”.

Setelah semua siap, maka kalian silahkan baca petunjuk belajar di bawah ini! Selamat belajar ya nak, tetap semangat!

3. Pada kegiatan akhir, agar memuat pertanyaan pemantik, agar siswa terdorong untuk menceritakan hal-hal baik terkait pengalaman belajar, dan menghindari menanyakan hal-hal yang kurang. Model pertanyaan dimaksud adalah:

“Anak-anak, bagaimana perasaan kalian setelah belajar hari ini? Tadi ibu amati kalian sangat semangat dalam belajar, coba ceritakan apa saja yang telah kalian pelajari hari ini!”

4. Pada kegiatan akhir pada RPP mingguan sertakan evaluasi yang menyajikan soal HOTS


KBM PJJ yang diselenggarakan di SD Negeri 7 Subagan semenjak masa Pandemi-19 berlangsung diupayakan berjalan dengan efektif. Hal ini seperti penjelasan dari pengamatan terhadap beberapa RPP Minggu X dan KBM Minggu IX yang telah dilaksanakan. Beberapa hal baik yang telah dilakukan para guru secara berkelanjutan dapat dianalisis berdasarkan beberapa aspek sesuai visi dan misi sekolah SD Negeri 7 Subagan. Walaupun belum optimal tercapai tetapi upaya-ke arah itu tetap dilaksanakan secara konsisten. Hal ini sesuai moto yang sejak seminggu lalu menjadi penyemangat saya dalam melakukan refleksi adalah

“Tegas, itu penting, tetapi yang paling penting adalah serius dan konsisten”.

Aspek pencapaian yang sesuai visi dan misi dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Berintegritas, keinginan kami adalah bagaimana meletakkan landasan sikap meliputi unsur-unsur yang menjadikan mereka kelak menjadi manusia yang dipercaya.dalam konteks sosial masyarakat Indonesia. Unsur-unsur tersebut adalah:

    • Menjadi anak yang meyakini keberadaan dan kemahakuasaan Tuhan Yang Maha Kuasa, yang dijalankan berdasarkan agama dan keyakinannya masing-masing
    • Bangga dengan bangsanya sendiri, yang diwujudkan dengan sikap Cinta Tanah Air dan Bangsa
    • Bangga dengan keunikan budaya dan keberagaman dalam sudut pandang menghargai setiap perbedaan 

2. Kritis dan Problem Solving, yang tercermin dalam kemampuannya menganalisis masalah yang menjadi bagian terpenting dari kehidupan untuk dicarikan solusi sebagai landasan pengambilan keputusan

3. Kreatif dan Inovatif, yang tercermin dari kemampuannya menemukan ide dan karya baru yang bermanfaat bagi pengembangan diri dan kemaslahatan orang banyak

4. Komunikasi yang efektif, yang tercermin dari tutur bahasa yang tidak menyakiti orang lain, jelas maksudnya, jujur, dan menyampaikan informasi berdasarkan sumber yang jelas.

5. Kolaborasi dan kerjasama tim, yang tercermin dari kemampuan bekerjasama secara efektif dalam rangka mencapai tujuan bersama.

Aspek-aspek yang digambarkan di atas berupaya diwujudkan melalui pelaksanaan pembelajaran yang selama ini dikembangkan berupa:

1. Kegiatan awal yang diisi dengan menyapa siswa setiap pagi, sebelum memulai KBM. Unsur-unsur penting yang menjadi isi dari kegiatan menyapa siswa adalah:

    • Mengucapkan salam “Selamat Pagi”
    • Mengingatkan siswa untuk bangun pagi, merapikan tempat tidur dan membantu mengadakan kegiatan kebersihan di lingkungan rumah berkolaborasi dengan orang tua
    • Mengingatkan siswa untuk membiasakan untuk peduli dengan kesehatan dirinya, seperti mandi, mencuci pakaiannya, menyetrika  hingga terkait ketaatan pada pelaksanaan protokol kesehatan untuk menanggulangi penyebaran penyakit menular
    • Mengingatkan siswa untuk membiasakan diri untuk berdoa dan melakukan hal-hal terkait dengan budaya positif sesuai dengan konteksnya seperti berdoa sebelum beraktifitas belajar, membantu orang tua untuk melakukan kewajiban harian khususnya umat Hindu, seperti, mesoda, ngejot, membuat sarana upakara persembahan, dan hal-hal lain yang disesuaikan dengan budaya setempat.

2. Merancang KBM yang mengedepankan upaya siswa dapat dilibatkan dalam upaya memahami materi dan aktif. Implementasinya adalah merancang pembelajaran dengan strategi Project Base Learning, Problem Base Learning, diskusi, presentasi, wawancara, pengamatan dan penugasan lain yang relevan dengan Kurikulum 2013, AKM dan Merdeka Belajar. Hal ini dilakukan tidak lain agar siswa ke depannya memiliki Skill Abad 21.

3. Memuat kegiatan refleksi pada setiap akhir pembelajaran, dimana kepada siswa diajukan pertanyaan yang merangsang berkembangnya budaya positif dan motivasi belajar siswa meningkat. Pertanyaan yang diajukan adalah kalimat-kalimat tanya,

“Hai nak, Ibu lihat kalian sangat antusias belajar hari ini. Terimakasih ya, beruntung sekali Ibu mengajar murid seperti kalian, karena kalian sangat serius dalam belajar. Pertanyaan Ibu, “Selama kita belajar tadi, silahkan kalian ingat dan tuliskan, hal-hal baru yang telah kalian pelajari hari ini. Bagian mana dari KBM hari ini yang paling menarik menurut kalian”.

4. Selain itu siswa juga diajak untuk belajar membuat kesimpulan atas materi pelajaran yang telah mereka pelajari hari itu.

  1. Memuat tugas literasi pada setiap KBM, hal ini dilakukan agar anak-anak mampu mengembangkan rasa ingin tahunya melalui kegiatan literasi dalam berbagai aspek dan ruang lingkup seperti salah satunya adalah membudayakan budaya baca pada siswa.
  2. Membuka seluas-luasnya ruang diskusi dan komentar siswa sebagai bagian dalam rangka mengemangkan kegiatan melatih diri agar dapat berkomunikasi yang efektif.
  3. Menulis Jurnal Harian, bagian ini adalah hal terpenting dari hal baik kawan-kawan guru. Melalui kegiatan tersebut, orang tua akan dapat memantau setiap tahapan kegiatan yang siswa telah melaksanakan hari itu. Anak yang ditugaskan menulis pada jurnal anak, juga akan terbiasa mengkomunikasikan perasaan nya melalui tulisan, secara jujur.

Saran Superfleksibel (Supervisi Refleksi Pembelajaran)

Superfleksibel (Supervisi Refleksi Pembelajaran) memberikan saran yang dapat diberikan secara umum terkait Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dibuat dan KBM yang dilaksanakan oleh guru yaitu:

  1. Menyarankan agar guru mempertahankan, meningkatkan dan mengembangkan praktik baik yang telah dilakukan selama ini.
  2. Menyarankan kepada guru untuk terus berlatih meningkatkan kemampuannya menggunakan perangkat IT, 
  3. Menyarankan kepada guru untuk senantiasa mencari alternatif strategi pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam KBM, seperti penggunaan PBL, wawancara dengan narasumber dan atau orang tua dalam melatih berkomunikasi secara efektif, untuk mencari atau konfirmasi informasi
  4. Menyarankan untuk meningkatkan upaya implementasi strategi agar tercipta kolaborasi dengan orang tua dalam KBM
  5. Menyarankan agar sesekali memuat himbauan tentang upaya mengantisipasi munculnya sikap-sikap tidak produktif pada siswa seperti perundungan dan hal-hal lain yang merugikan orang lain
  6. Menyarankan agar mengoptimalkan kegiatan literasi dengan penugasan mencari sumber materi belajar alternatif di internet dan pemanfaatan buku-buku bacaan untuk menumbuhkan budaya literasi pada siswa.
  7. Menyarankan agar mengoptimalkan upaya berkomunikasi efektif kepada siswa sebagai bentuk layanan agar siswa senantiasa termotivasi untuk belajar.

Tulisan ini bersumber dari kegiatan menganalis perencanaan dan RPP yang bersumber dari data http://sd7ok.id

loading...

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *