Refleksi pembelajaran kunci keberhasilan anak belajar, merupakan judul artikel yang memuat terkait bagaimana kolaborasi kepala sekolah, guru dan siswa . Hal tersebut memiliki potensi yang lebih besar dalam meningkatkan partisipasi dan penguasaan skill kompetensi masa depan bagi anak-anak. Inovasi adalah hal yang mutlak dilakukan para pelaksana pembelajaran untuk selalu dapat beradaptasi dengan kondisi kini dan masa yang akan datang. Pada penjelasan di bawah ini akan dikemukakan beberapa praktik baik yang telah dilaksanakan untuk memenuhi kreteria sebagai sekolah yang telah melaksanakan proses belajar yang mengambil topik judul refleksi pembelajaran kunci keberhasilan anak belajar.

PENDAHULUAN

Pelaksanaan refleksi pembelajaran kunci keberhasilan anak belajar, merupakan upaya sekolah untuk berinovasi menciptakan model refleksi kolaboratif yang melibatkan kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua. Hal ini harus dilakukan secara serius dan konsisten untuk menjamin pencapaian mutu sekolah berdasarkan pemahaman terkait teknologi refleksi. Kesediaan kita adalah untuk: Refleksi pembelajaran kunci keberhasilan anak belajar dengan program yang telah baik, dan beristirahat.

Baca juga

 

REFLEKSI PEMBELAJARAN MINGGU VIII

Refleksi pembelajaran kunci keberhasilan anak belajar RPP KELAS I MINGGU IX

Komentar

RPP Kelas I Minggu IX telah dibuat secara lengkap selama 1 minggu. RPP telah memuat tujuan pembelajaran yang sesuai dengan langkah pembelajaran. RPP juga telah memuat kegiatan awal dalam rangka pengembangan sikap yang dibiasakan pada kegiatan harian di rumah bersama dengan orang tua. Kolaborasi guru dengan orang tua dalam berperan serta membelajarkan anak telah tercermin pada tujuan pembelajaran. Rencana pembelajaran juga telah memuat tentang refleksi umpan balik, literasi dan pengisian jurnal oleh orang tua atau siswa.

Saran

Hal-hal yang telah direncanakan pada RPP harap dapat dilaksanakan secara berkesesuaian dengan situasi dan kondisi. Terimakasih, selamat dan tetap semangat.

KBM KELAS I MINGGU VIII

Komentar

KBM Kelas I Minggu VIII telah diselenggarakan dengan baik, dimana guru telah menyajikan kegiatan guru menyapa setiap pagi, absen kehadiran setiap hari, video dan teks menyapa, penugasan yang mengaktifkan siswa dalam belajar. Pembelajaran juga telah terpantau di Whatsapp Group dimana guru telah melayani setiap pertanyaan dan komentar siswa secara baik.

Saran

Praktik baik yang telah diselenggarakan mohn dipertahankan dan ditingkatkan pada minggu berikutnya. Selamat, terimakasih dan tetap semangat!

RPP KELAS II MINGGU IX

Komentar

RPP Kelas I Minggu IX telah dibuat secara lengkap selama 1 minggu. RPP telah memuat tujuan pembelajaran yang sesuai dengan langkah pembelajaran. RPP juga telah memuat kegiatan awal dalam rangka pengembangan sikap yang dibiasakan pada kegiatan harian di rumah bersama dengan orang tua. Kolaborasi guru dengan orang tua dalam berperan serta membelajarkan anak telah tercermin pada tujuan pembelajaran. Rencana pembelajaran juga telah memuat tentang refleksi umpan balik, literasi dan pengisian jurnal oleh orang tua atau siswa.

Saran

Hal-hal yang telah direncanakan pada RPP harap dapat dilaksanakan secara berkesesuaian dengan situasi dan kondisi. Terimakasih, selamat dan tetap semangat.

KBM KELAS II MINGGU VIII

Komentar

KBM Kelas II Minggu VIII telah berjalan baik, dimana guru telah menyelenggarakan pembelajaran secara bervariasi. Guru telah menggunakan berbagai platform belajar seperti Google Classroom berbasis akub belajar.id, Google Meet dan Whatsapp Group. Setiap kegiatan belajar juga telah berupaya maksimal mengaktifkan siswa dalam belajar. Guru juga telah menyajikan video dan teks guru menyapa, untuk mengingatkan siswa perihal pembiasaan di rumah, juga untuk memastikan siswa tetap melakukan Prokes di bawah bimbingan orang tua.

Saran

Terimakasih, praktik baik yang telah dilakukan agar dilanjutkan dan ditingkatkan pada pembelajaran selanjutnya. Selamat, tetap semangat.

RPP KELAS III MINGGU IX

Komentar

RPP Kelas II Minggu IX telah dibuat secara lengkap selama 1 minggu. RPP telah memuat tujuan pembelajaran yang sesuai dengan langkah pembelajaran. RPP juga telah memuat kegiatan awal dalam rangka pengembangan sikap yang dibiasakan pada kegiatan harian di rumah bersama dengan orang tua. Kolaborasi guru dengan orang tua dalam berperan serta membelajarkan anak telah tercermin pada tujuan pembelajaran. Rencana pembelajaran juga telah memuat tentang refleksi umpan balik, literasi dan pengisian jurnal oleh orang tua atau siswa.

Saran

Hal-hal yang telah direncanakan pada RPP harap dapat dilaksanakan secara berkesesuaian dengan situasi dan kondisi. Terimakasih, selamat dan tetap semangat.

KBM KELAS III MINGGU VIII

Komentar

KBM Kelas III Minggu VIII telah berlangsung baik, dimana guru telah setiap hari menghadirkan kegiatan guru menyapa siswa dengan teks maupun video. Guru telah menghadirkan pembelajaran yang mengaktifkan KBM seperti memuat penugasan yang tidak kaku sesuai dengan kurikulum disertai video pengantar pembelajaran, untuk memudahkan siswa memahami materi terutama materi matematika. KBM juga dikuatkan dengan diskusi yang nantinya dapat lebih ditingkatkan terutama dalam memberi layanan berupa komentar setiap pertanyaan atau tanggapan siswa. KBM juga telah menghadirkan soal HOTS, yang diharapkan dapat menggali ide dan pemikiran siswa. KBM juga telah menggunakan platform belajar.id seperti direkomendasikan oleh pemerintah.

Saran

KBM yang telah berlangsung baik, dilanjutkan dan ditingkatkan pada KBM berikutnya, terimakasih, semangat dan selamat, telah berupaya menjadi guru yang dirindukan siswa.

RPP KELAS IV MINGGU IX

Komentar

RPP Kelas IV Minggu IX telah tersaji dengan baik, dimana guru telah memuat tujuan pembelajaran yang dijabarkan pada langkah pembelajaran. Guru telah memuat rincian tujuan pembelajaran yang dapat mengaktifkan proses pembelajaran. Kegiatan awal juga sudah menyajikan kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan sikap dan karakter pada pembiasaan kegiatan positif di rumah. Kegiatan ini juga akan melibatkan orang tua melalui pengisian jurnal siswa.

Saran

Untuk tujuan pembelajaran, disarankan untuk membuat kalimat yang mengandung satu kata kerja, (ABCD dari sisi behavior-nya). Gunakanlah kata kerja yang operasional dan mudah diukur, karena kalau menggunakan “literasi” masih sangat umum dan disarankan untuk menggunakan kata  “membaca”. Tetapi secara umum keseluruhan RPP guru telah baik, tetap semangat, selamat dan terimakasih.

KBM KELAS IV MINGGU VIII

Komentar

KBM Kelas IV Minggu VIII telah dilaksanakan dengan baik, guru telah menyajikan pembelajaran melalui beberapa platform seperti Google Classroom, Whatsapp, Quisis dan Google Form. Guru juga sudah memvariasikan kegiatan belajar dimana penugasan yang diberikan dalam bentuk LKS dan wawancara. Guru menyapa merupakan kegiatan awal yang sudah rutin dilaksanakan.

Saran

Praktik pembelajaran yang telah baik harap untuk dilanjutkan dan ditingkatkan pelaksanaannya pada pembelajaran berikutnya.

RPP KELAS V MINGGU IX

Komentar

RPP Kelas V Minggu IX telah disusun dengan baik, dimana telah memuat tujuan pembelajaran yang telah dijabarkan dalam langkah pembelajaran pada kegiatan inti. Kegiatan awal juga telah memuat pengembangan sikap dan karakter siswa ketika belajar di rumah. Pada kegiatan akhir juga telah memuat kegiatan refleksi dan umpan balik, kegiatan literasi, penulisan jurnal berdoa dan beristirahat.

Saran

Masukan untuk tujuan pembelajaran yang disusun, disarankan dari :

  1. Melalui penugasan pembuatan jurnal, siswa dapat melakukan kegiatan pembiasaan pengembangan karakter di rumah masing-masing secara berkelanjutan.
  2. Melalui kegiatan kreatifitas dan pengamatan lingkungan sekitar siswa dapat membuat poster tentang cara menjaga kesehatan organ pernapasan.
  3. Melalui kegiatan kreatifitas siswa dapat membuat sebuah komik dengan cerita menjaga kesehatan organ pernapasan.
  4. Melalui pengamatan siswa dapat membuat karya kreatif dari barang bekas di sekitarnya. 
  5. Melalui kegiatan menyimak video siswa dapat memecahkan masalah  pecahan dengan tepat. 

Direvisi menjadi :

  1. Melalui penugasan pembuatan jurnal, siswa dapat melakukan kegiatan pembiasaan pengembangan karakter di rumah masing-masing secara berkelanjutan.
  2. Melalui kegiatan pengamatan lingkungan sekitar siswa dapat membuat poster tentang cara menjaga kesehatan organ pernapasan dengan baik
  3. Melalui penugasan siswa dapat membuat sebuah komik dengan cerita menjaga kesehatan organ pernapasan disertai penjelasannya secara lengkap
  4. Melalui pengamatan siswa dapat membuat karya kreatif dari barang bekas di sekitarnya dibantu oleh orang tua secara aktif
  5. Melalui kegiatan menyimak video siswa dapat memecahkan masalah  pecahan dengan tepat. 

KBM KELAS V MINGGU VIII

Komentar

KBM Kelas V Minggu VIII telah berlangsung dengan baik, dimana sudah terpantau guru melakukan KBM secara bervariasi melalui beberapa platform yaitu Google Classroom, Whatsapp dan Google Meet. Guru pada akhir minggu (Hari Sabtu) juga sudah menghadirkan soal evaluasi mingguan yang bersifat HOTS. Penugasan yang diberikan juga sudah bervariasi, mulai dari menggambar sistem pernafasan, mendeskripsikan, mengkomunikasikan fakta, peristiwa dalam sebuah paragraf. Guru juga sudah berupaya menghadirkan pembelajaran kontekstual dengan materi artikel tentang tempat wisata di Kabupaten Karangasem.

Saran

Selamat KBM telah berlangsung baik, ke depan siswa dapat ditugaskan mencari artikel yang siswa nantinya temukan sendiri dan menyertakan link nya. Hal ini akan berdampak pada bagaimana siswa akan memperoleh informasi alternatif dari suatu keadaan, yang dapat mencegah mereka langsung percaya pada suatu artikel. Hal ini menjadi skill penting di masa mendatang untuk bisa lebih kritis terhadap informasi dan sehingga mereka dapat memahami mana informasi terkonfirmasi dan mana informasi hoax.

RPP Kelas VI Minggu IX

Komentar

RPP Kelas VI Minggu IX telah disajikan dengan baik. Guru telah menampilkan tujuan pembelajaran yang diimplementasikan pada langkah kegiatan inti. Kegiatan awal juga telah memuat pengembangan sikap dan karakter dari guru. Pada kegiatan akhir juga telah memuat beberapa hal seperti: refleksi, literasi, mengisi jurnal, guru menilai tugas siswa (sebenarnya disini aktivitas siswa). Kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru telah mengaktifkan kegiatan belajar siswa seperti perencanaan menggunakan Google Classroom, Whatsapp, dan Google Meet.

Saran

Hal baik yang telah direncanakan agar ditingkatkan dan dilanjutkan. Saran perbaikan RPP adalah dari tujuan seperti:

  1. Melalui penugasan menulis jurnal siswa dapat melakukan kegiatan pembiasaan pengembangan   karakter di rumah masing-masing
  2. Melalui literasi dan diskusi, siswa mampu mengidentifikasi contoh hak dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
  3. Dengan mengamati dan melakukan wawancara, siswa mampu melaporkan perubahan sosial budaya masyarakat dengan ditemukannya listrik 
  4. Dengan percobaan, siswa mampu mengidentifikasi rangkaian seri dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari dengan lengkap
  5. Melalui diskusi dan google meet siswa dapat menentukan cara melakukan operasi hitung campuran penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah / atau bilangan pecahan

Diperbaiki menjadi:

  1. Melalui penugasan menulis jurnal siswa dapat melakukan kegiatan pembiasaan pengembangan   karakter di rumah masing-masing dengan baik
  2. Melalui diskusi, siswa mampu mengidentifikasi contoh hak dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
  3. Dengan melakukan wawancara, siswa mampu melaporkan hasil diskusi Bersama orang tua tentang perubahan sosial budaya masyarakat karena ditemukannya listrik, dengan baik.
  4. Melalui kegiatan percobaan, siswa mampu mengidentifikasi rangkaian seri dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari dengan lengkap
  5. Melalui diskusi pada media Google Meet siswa dapat menentukan cara melakukan operasi hitung campuran penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah / atau bilangan pecahan dengan tepat.

KBM Kelas VI Minggu VIII

Komentar

KBM Minggu VIII untuk Kelas VI telah terselenggara dengan sangat baik, dimana guru telah menghadirkan pembelajaran yang dengan beberapa platform belajar seperti Google Classroom, Whatsapp dan Google Meet. Media yang dihadirkan juga sudah sangat bervariasi, mulai dari video menyapa di kegiatan awal, video pengantar pembelajaran, soal evaluasi yang bersifat HOTS. Diskusi di Whatsapp juga telah berlangsung interaktif, dimana guru telah melayani siswa dalam berdiskusi.

Saran

Terimakasih, praktik baik yang telah dilaksanakan mohon dipertahankan, dilanjutkan dan ditingkatkan intensitas, kualitas dan variasinya pada pembelajaran selanjutnya. Temukan variasi-variasi aktivitas belajar, bahkan yang belum pernah dipikirkan oleh ibu sebelumnya. Galilah ide kreatifitas kita, tujuannya adalah supaya siswa tetap tertarik dengan sajian pembelajaran kita. Berikan kejutan-kejutan berbeda pada setiap sesi pembelajaran yang beda atau diinovasikan dari kegiatan sebelumnya. Selamat, dan tetap semangat.

RPP PJOK MINGGU IX

Komentar

RPP PJOK Kelas IV dan beberapa kelas lain yang terpantau telah disusun secara baik. RPP telah disusun dan dijabarkan dalam kegiatan inti. Walaupun RPP mata pelajaran, tetapi guru telah memuat kegiatan awal terkait pembuatan jurnal dalam rangka pengembangan sikap dan karakter siswa. Hal ini dilakukan untuk berkolaborasi dengan guru kelas, untuk membantu pengembangan karakter dan sikap siswa melalui kegiatan pembiasaan di rumah. Guru juga sudah terpantau memuat kegiatan akhir seperti refleksi, umpan balik dan literasi. Pelaksanaan pembelajaran juga telah terpantau direncanakan menggunakan platform belajar Google Classroom dan Whatsapp Group. Pengantar belajar juga telah direncanakan menggunakan video pengantar pembelajaran.

Saran

Perencanaan pembelajaran adalah kunci pertama bagi keberhasilan pelaksanaan pembelajaran, maka dari itu perumusan tujuan pembelajaran memegang peranan penting dalam menentukan keberhasilan pelaksanaan pembelajaran. Tujuan pembelajaran di RPP semula memuat: 

  1. Melalui penugasan pembuatan jurnal, siswa dapat melakukan kegiatan pembiasaan pengembangan karakter di rumah masing-masing secara berkelanjutan
  2. Melalui penggunaan literasi dan video, siswa dapat menerapkan variasi dan kombinasi berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
  3. Melalui penggunaan materi video gerak dasar variasi dan kombinasi berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai. Siswa dapat mempraktekan gerakan tersebut dengan baik dan benar
  4. Melalui kegiatan literasi dan video siswa dapat menggali informasi tentang berbagai aktivitas variasi dan kombinasi berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai. dengan mendalam

Selanjutnya untuk diperbaiki menjadi:

  1. Melalui penugasan pembuatan jurnal, siswa dapat melakukan kegiatan pembiasaan pengembangan karakter di rumah masing-masing secara berkelanjutan
  2. Melalui penugasan pembuatan jurnal, siswa dapat mengkomunikasikan praktik menaati Protokol Covid-19 berkolaborasi dengan orang tua secara berkelanjutan
  3. Melalui kegiatan demonstrasi berbantuan video panduan guru, siswa dapat menerapkan variasi dan kombinasi berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
  4. Melalui kegiatan pengamatan video siswa dapat menggali informasi tentang berbagai aktivitas variasi dan kombinasi berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai. dengan mendalam

KBM PJOK MINGGU VIII

Komentar

Pelaksanaan pembelajaran PJOK telah berlangsung dengan baik, dimana guru sudah memvariasikan KBM dengan menghadirkan materi baik teks maupun video pembelajaran. Penugasan yang diberikan juga sudah baik, yaitu bertujuan untuk mengaktifkan siswa dalam KBM. Pesan untuk mewujudkan kepatuhan pada Prokes merupakan hal yang bermakna dan bersinergi dengan guru kelas lainya.

Saran

Terimakasih, praktik baik KBM harap dilanjutkan dan ditingkatkan pada pembelajaran selanjutnya. Pada pembelajaran berbasis teks, pembelajaran dapat divariasikan dengan menugaskan siswa agar mencari informasinya secara mandiri di internet, terutama pada kelas tinggi. Guru dapat menugaskan siswa dengan mencari informasi tentang topik tertentu sesuai materi. Selanjutnya siswa ditugaskan memparafrase artikel yang ditemukan sendiri, sehingga masing-masing siswa akan memberi jawaban yang bervariasi, sesuai dengan konten artikel yang disukai (tetap dalam ruang lingkup topik pembicaraan). Hal ini akan memperkaya wawasan siswa terkait topik topik pengembangan terkait materi yang disajikan, yang sumbernya bertebaran di internet. Hal ini juga untuk menghindari guru sebagai satu-satunya sumber belajar, yang mana hal ini saat ini sudah tidak relevan lagi. Sekali lagi terimakasih, selamat dan tetap semangat.

RPP AGAMA HINDU KELAS TINGGI

Komentar

RPP Agama Hindu Kelas IV dan beberapa RPP yang dibuat telah menggambarkan perencanaan pembelajaran yang baik. RPP sudah memuat tujuan yang telah dijabarkan lebih lanjut dalam langkah kegiatan inti. RPP sudah memuat kegiatan awal terkait bagaimana mewujudkan sikap dan karakter anak yang diupayakan melalui kegiatan pembiasaan. Pada kegiatan akhir juga telah memuat refleksi, umpan balik, kegiatan literasi dan mengisi jurnal.

Saran

RPP sebagai sebuah rencana pembelajaran sangat menentukan keberhasilan kegiatan pembelajaran yang direncanakan. Tujuan pembelajaran menjadi bagian penting dari keberhasilan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Maka dari itu tujuan pembelajaran yang awalnya sebagai berikut :

  1. Melalui penugasan pembuatan jurnal, siswa dapat melakukan , kegiatan pembiasaan pengembangan karakter , di rumah masing-masing , secara berkelanjutan.
  2. Melalui  kegiatan  literasi , siswa  dapat  menjelaskan  Pengertian   Orang  Suci   
  3. Melalui  kegiatan  literasi , siswa  dapat , menyebutkan  bermacam-macam  nama  Orang  Suci
  4. Melalui  kegiatan  literasi , siswa  dapat   menjelaskan  proses  penyucian  Orang  Suci 
  5. Melalui kegiatan  literasi ,  Siswa  dapat , menyebutkan  , nama  gelar   Orang  Suci  

Rekomendasi perbaikan:

  1. Melalui penugasan pembuatan jurnal, siswa dapat melakukan, kegiatan pembiasaan pengembangan karakter, di rumah masing-masing, secara berkelanjutan.
  2. Melalui kegiatan wawancara dengan orang tua, siswa dapat menyebutkan tentang gelar orang suci dengan komunikasi yang baik
  3. Melalui kegiatan wawancara dengan orang tua, siswa dapat menjelaskan tentang orang suci dengan komunikasi yang baik
  4. Melalui penugasan membaca artikel di internet siswa dapat menjelaskan hal-hal terkait orang suci dengan komunikasi lisan yang baik.

KBM AGAMA HINDU KELAS TINGGI

Komentar

KBM Mapel Agama Hindu Kelas Tinggi telah berlangsung baik, dimana guru telah menghadirkan materi baik melalui teks dan video. Video kegiatan awal juga sudah di muat untuk mengingatkan anak-anak dalam menjalankan swadarma sebagai umat Hindu dalam keseharian kehidupan mereka, seperti mesode, ngejot, mebanten dan Tri Sandya. KBM juga sudah dilengkapi dengan LKS, dan sajian materi yang bersumber dari artikel. KBM juga sudah dihadirkan melalui Whatsapp yang diwarnai diskusi-diskusi positif. 

Saran

Upayakan artikelnya bersumber dari tulisan guru, dan ditambahkan dengan upaya siswa mencari informasi secara mandiri di internet dengan menyertakan linknya. Hal ini akan membuka ruang diskusi terhadap kemungkinan perbedaan informasi antara versi kita dan internet. Hal ini juga akan berdampak pada upaya menggali upaya siswa berpikir kritis. Kita sebagai akan secara tidak langsung akan dapat pelajaran dan belajar atas kekritisan siswa. Ingat jangan anti kritik, “ Guru yang sukses mengajar adalah mereka yang telah mampu memberikan kemampuan siswa berpikir secara mandiri, dan bahkan mampu mendorong siswa untuk menemukan informasi alternatif secara mandiri”.  Tidak masalah jika mesti dapat belajar dari siswa, karena guru bukan satu-satunya sumber informasi. Dengan cara itu kepercayaan diri mereka akan semakin tumbuh untuk dapat mengkomunikasikan ide kritisnya secara lebih terbuka. Terimakasih, selamat dan tetap semangat.

RPP AGAMA HINDU KELAS RENDAH

KBM AGAMA HINDU KELAS RENDAH

Komentar

KBM Mapel Agama Hindu Kelas I telah berlangsung dengan baik, dimana guru telah menghadirkan materi pembelajaran baik pada Google Classroom dan Whatsapp. Pesan awal saat guru menyapa juga sudah memuat praktik baik, dimana guru telah mengingatkan siswa untuk senantiasa membantu orang tua dalam membiasakan diri sejak anak-anak agar melaksanakan swadarmaning Umat Hindu. Guru sudah menghadirkan penugasan dalam meningkatkan aktivitas belajar anak-anak yang sesuai dengan level kelasnya. 

Saran

Praktik baik yang telah dilaksanakan harap dilanjutkan dan ditingkatkan pada pembelajaran selanjutnya. Sedapat mungkin agar menyajikan materi yang sederhana, tulisannya yang singkat, dengan huruf yang agak besar, sehingga relevan untuk siswa kelas I. Terimakasih, selamat dan tetap semangat.

PENUTUP 

Komentar Umum Refleksi pembelajaran kunci keberhasilan anak belajar

RPP yang disusun guru sudah tepat waktu sudah lengkap sesuai standar RPP satu halaman. RPP yang disajikan juga telah diinovasikan sedemikian rupa sehingga dapat digunakan dalam kurun waktu seminggu. Secara umum kegiatan awal disajikan dengan rincian pengembangan sikap dan karakter melalui kegiatan pembiasaan di rumah berkolaborasi dengan orang tua. Tujuan pembelajaran yang telah disusun juga telah dijabarkan pada kegiatan inti. Kegiatan akhir juga telah direncanakan dengan refleksi, literasi, pengisian jurnal, kegiatan berdoa dan beristirahat setelah kegiatan belajar selesai.

KBM yang dilaksanakan guru telah berlangsung dengan sangat baik yang hampir semuanya telah memuat :

  1. Kegiatan Awal yang bertujuan untuk meningkatkan kegiatan pembiasaan yang dilakukan siswa dalam hal:
  1. Melatih kemandirian dan disiplin, seperti bangun pagi, merapikan tempat tidur, mandi, sarapan, berpakaian
  2. Melatih empati dan simpati melalui kegiatan bergotong-royong membantu aktivitas orang tua di rumah
  3. Melatih taat Prokes, yang merupakan kebutuhan mendesak harus dimiliki siswa dalam keseharian hidupnya
  4. Melatih melaksanakan Ajaran Keagamaan dan Budaya Hindu di Bali seperti mebanten, ngejot, mesode, Tri Sandya dan lain-lain
  1. Mengembangkan sikap kritis dengan alternatif sumber belajar yang beragam sehingga terbuka peluang diskusi dan pertentangan untuk mengasah nalar siswa. Dalam hal ini guru bukan merupakan rujukan utama dan bukan sumber belajar paling dominan
  2. Membelajarkan agar siswa mampu kreatif dalam beride dan berkarya, melalui kegiatan menarik seperti mengarang, membuat prakarya dan produk belajar lainnya dengan format pembelajaran yang dirancang inovatif
  3. Membelajarkan agar siswa mampu berkolaborasi dalam belajar dengan pelibatan orang tua, dalam upaya memfasilitasi dan mendampingi belajar. Misalnya dalam membantu menjadi narasumber bagi anaknya melalui kegiatan wawancara, membantu menyelenggarakan proyek-proyek belajar yang bermakna seperti bercocok tanam dan lain-lain yang bermanfaat bagi kehidupan anak bersama keluarganya.
  4. Membelajarkan siswa agar dapat berkomunikasi efektif, sopan santun baik tulisan dan verbal, sebagai modal dan prasyarat keberhasilan mereka dalam mengkomunikasikan pemikiran kritis dan kreativitasnya. Kegiatan ini dapat diwujudkan melalui aktivitas diskusi, wawancara, penulisan jurnal, penulisan laporan, mengarang dan lain-lain

Saran

Saran terhadap RPP yang disajikan adalah agar :

  1. Tujuan pembelajaran yang disusun agar mengikuti kaidah pembuatan tujuan pembelajaran yang minimal memuat Audience, Behavior, Conditions dan Degree (ABCD)
  2. Tujuan pembelajaran yang disusun disarankan untuk memuat hanya satu Behavior dalam bentuk kata kerja dengan pilihan kata operasional berjenis teknik, strategi, metode dan model
  3. Pada kegiatan inti langkah kegiatan belajar dapat disempurnakan dengan menyelenggarakan pembelajaran yang lebih dapat mengaktifkan kegiatan pembelajaran
  4. Pada kegiatan akhir upayakan memuat beberapa tahapan seperti: refleksi, literasi, pengisian jurnal, berdoa dan beristirahat.

Saran terhadap KBM, dapat dideskripsikan sebagai berikut:

  1. Apresiasi yang sebesar-besarnya saya sampaikan kepada kawan-kawan guru SD Negeri 7 Subagan. Semua pembelajaran yang telah dilaksanakan telah sangat baik, dan harap dilanjutkan ditingkatkan pada pembelajaran selanjutnya
  2. Guru adalah teladan, maka cara berkomunikasi yang baik via medsos nantinya akan ditiru anak, maka dari itu harap bapak/ibu untuk berkomunikasi sedapat mungkin memperhatikan hal-hal detail ini. Hal-hal seperti menulis sesuai ejaan, mengkomunikasikan sesuatu secara verbal juga penting secara detail menyajikan aspek-aspek sedetail mungkin diperhatikan.
  3. Agar guru konsisten dengan apa yang dikatakan baik melalui penugasan dan yang lainnya dengan tindak lanjut. Seperti memeriksa setiap tugas dan pekerjaan siswa sehingga siswa percaya bahwa gurunya memang menindaklanjuti tugas yang telah diberikan
  4. Agar guru selalu memberi penguatan positif baik melalui gestur saat tampil di video, dan dalam sajian teks. Hal detail seperti tidak mengintimidasi siswa, memberi kesempatan mereka untuk berpikir, menyelesaikan tugas, lebih banyak mendengar keluhan siswa, memberi komentar yang adil sehingga siswa merasa diperhatikan oleh guru. Contoh:
  • “Kamu kok malas sekali ya?” Ganti dengan: “Kamu mestinya lebih rajin lagi dari kemarin, karena kalua rajin pasti di sayang Ayah!” 
  • “Tugasnya mana? Kok lambat?, Kemana saja kamu?” Ganti dengan: “Nak atur waktunya ya, kalau terlambat nyetor tugas, nanti tugas kamu numpuk, semangat ya!”
  • “Tidak boleh seperti itu, harusnya begini!” Diganti dengan; “Kalau kamu mengerjakannya dengan cara ini, labih baik kok nak, coba deh, karena ibu pernah coba!”
  • “Ya” (ini sinis), Ganti dengan: “O ya nak, ibu mau bilang seperti itu, lanjutkan nak!”
  • “Kamu harus rajin ya, jangan malas, malas itu tidak baik” Ganti dengan: “Nak, kamu harus lebih rajin dari kemarin ya, ingat ya kalau malas, nanti kamu akan tidak dipercaya orang”
  • “Ayo bangun, Sudah pagi” Diganti dengan: “Ayo nak, bangun ya, sudah pagi, orang yang bangun kesiangan, rezekinya dipatok ayam!”
  • Dan lain-lain

  1. Agar guru memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan orang tua seperlunya, dan tidak menciptakan masalah yang tidak perlu, yang berpotensi menjadi kesalahpahaman.
  2. Agar guru tidak pelit dengan pujian, sanjungan, tetapi tempatkan secara adil dan berimbang, agar tidak menimbulkan “Over Confident” yang justru berdampak buruk pada upaya siswa menyelesaikan tugasnya. Seperti guru menyanjung siswa secara berlebihan sehingga siswa merasa sudah mampu, dan akhirnya menjadi malas. Seperti “Kamu sudah pintar nak, bagus sekali, mantap, pokoknya kamu yang terbaik di kelas kamu” 
  3. Agar guru melakukan refleksi dengan cara mengajukan pertanyaan di akhir kegiatan. Kata kunci penting dalam bertanya adalah: “ceritakan”, “senangi”, pengalaman kalian”, “semangat” Ini sangat penting, supaya siswa mengingat kembali hal-hal yang sudah mereka pelajari. Hal ini dapat dilakukan seperti :
  • “Anak -anak, setelah belajar tadi, Bapak amati kalian bersemangat sekali, Bapak jadi ingin tahu, hal apa yang paling menarik menurut kalian saat belajar tadi? Karena Bapak akan selalu memberikan pelajaran yang paling kalian senangi, tulislah cerita kalian di kolom komentar ya!”
  • “Anak-anak, Ibu amati kalian semangat sekali tadi, sekarang Ibu mau bertanya ya, ceritakan di kolom komentar di bawah ya, Hal apa yang telah membuat kalian senang dalam belajar hari ini? Karena Ibu akan menyajikan kegiatan belajar yang membuat kalian senang pada kegiatan belajar besok”
  • “Hai anak-anak, masih semangat?, OK Ibu sekarang mau bertanya, coba ceritakan, hal baik apa yang telah kalian lakukan seharian ketika beraktifitas dan belajar di rumah di kolom komentar? Karena hal ini penting bagi ibu untuk mengingatkan kalian lagi esok hari”
  • “Anak-anak, Ibu tetap semangat ya, Ibu mau tanya, boleh kan? Hal apa yang menurut kalian kejadian yang membuat kalian senang hari ini? Karena ibu akan mengingatkannya besok, tulislah cerita kalian di kolom komentar!”
  • “Nak, sekarang Ibu mau tanya, setelah kalian belajar dengan penuh semangat hari ini, bagaimana perasaan kamu? Tulislah ceritakan di komentar ya, karena perasaan kamu sangat penting bagi ibu untuk membuat kegiatan belajar lebih menarik besok”
  • “Anak-anak yang selalu bersemangat, sekarang Bapak mau nanya, tulis cerita kamu di kolom komentar ya, Kamu sudah belajar apa hari ini?” Tulislah dengan cara kamu, kemukakan jawaban kamu sebanyak-banyaknya agar Bapak tahu, keberhasilan Bapak dalam mengajar!”
  • Dan lain-lain: Ingat Bapak Ibu kata Kuncinya adalah : “ceritakan”, “senangi”, pengalaman kalian”, “semangat”

Refleksi pembelajaran kunci keberhasilan anak belajar, merupakan topik yang relevan dilaksanakan secara serius dan konsisten untuk menjamin keberlangsungan proses belajar yang baik di sekolah. Proses pembelajaran yang berlangsung dengan baik selanjutnya merupakan modal awal bagi pengembangan kemampuan guru dalam mencapai target sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Situs yang digunakan sebagai platform alat bantu dalam laporan hasil reflksi ini. Berikut ini adalah situs alat bantu bagi sekolah untuk menegaskan bagaimana Refleksi pembelajaran kunci keberhasilan anak belajar pada Pandemi Covid-19 ini adalah: https://metode.id dan http://sd7ok.id. Selamat dan terimaksih

 

 

Sekian terimakasih,

loading...

1 Comment

Ni Luh Sari Suryastini · September 15, 2021 at 1:11 am

Menginspirasi. Terimakasih jadi ilmu buat saya juga. he he he

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *