ANTISIPASI LEARNING LOSS MELALUI REFLEKSI MINGGUAN

Published by TeacherCreativeCorner on

RPP Agama Hindu Kelas Tinggi Minggu VIII

Komentar

RPP Mapel Agama Hindu Kelas Tinggi telah diketik rapi dan disajikan secara baik. RPP telah memuat rancangan tujuan pembelajaran yang berhubungan dengan langkah pembelajaran. Hal yang perlu disempurnakan dari RPP ini adalah pada tujuan yang awalnya seperti ini:

  1. Melalui penugasan pembuatan jurnal, siswa dapat melakukan , kegiatan pembiasaan pengembangan karakter , di rumah masing-masing , secara berkelanjutan.
  2. Melalui  kegiatan  literasi  ,  Siswa    dapat    menceritakan  isi  kitab  Suci  Veda  melalui  cerita  Yawakrida 
  3. Melalui  kegiatan  literasi , siswa  dapat  Menjelaskan   kembali   cerita  Yawakrida   yang  termuat  dalam  Kitab  Suci  Weda 
  4. Melalui   kegiatan  literasi,  siswa  dapat   menyebutkan ,  tokoh-tokoh   yang  termuat  dalam  cerita   Yawakrida    yang  termuat    dalam     Kitab  Suci  Weda
  5. Melalui   kegiatan  literasi,  Siswa  dapat  menjalankan  ajaran  yang  termuat  dalam   cerita  Yawakrida  dalam    kehidupan   sehari- hari

Disempurnakan menjadi:

  1. Melalui penugasan pembuatan jurnal, siswa dapat melakukan , kegiatan pembiasaan pengembangan karakter , di rumah masing-masing , secara berkelanjutan.
  2. Melalui  kegiatan  membaca buku sumber ,  siswa    dapat    menceritakan  cerita  Yawakrida seperti yang termuat dalam Kitab Suci Weda
  3. Melalui   kegiatan  demonstrasi ,  siswa  dapat   menyebutkan ,  tokoh-tokoh   yang  termuat  dalam  cerita   Yawakrida   seperti  termuat    dalam     Kitab  Suci  Weda
  4. Melalui   kegiatan  penugasan,  siswa  dapat  menjalankan  ajaran seperti  yang  termuat  dalam   cerita  Yawakrida  dalam    kehidupan   sehari- hari yang diselaraskan dengan pelaksanaan Prokes

Saran

Rencana praktik baik yang direncanakan agar dilaksanakan, dilanjutkan dan ditingkatkan. Terimakasih, selamat dan tetap semangat!

KBM Agama Hindu Kelas Tinggi Minggu VII

Komentar

KBM Mapel Agama Hindu Kelas Tinggi sudah dihadirkan dengan baik. Tahapan belajar juga telah menghadirkan materi yang sesuai dengan kurikulum, dimana sesungguhnya dapat disederhanakan agar sesuai konteks kehidupan sehari-hari agar dapat mengimplementasikan ajaran Agama dalam kebiasaan hidup sehari hari. Guru juga telah terpantau menyapa siswa, menghadirkan video materi yang relevan. Platform juga telah meliputi Whatsapp Group, dan Google Classroom. 

Saran

Praktik baik yang telah dilaksanakan agar dilanjutkan dan ditingkatkan pada KBM selanjutnya. Selamat, terimakasih dan tetap semangat.

KBM Bahasa Bali

KBM Bahasa Bali juga telah dihadirkan di Google Classroom dan Whatsapp Group. Penyajian materi kontekstual terkait budaya dan Bahasa Bali telah disajikan, tanpa membebani siswa dan sesuai dengan konteksnya. Terima Kasih kepada Guru Mapel Agama Hindu baik kelas tinggi dan kelas rendah yang telah menyajikan materi Bahasa Bali secara terjadwal dan berkelanjutan.

Komentar Umum

RPP yang dirancang telah sangat baik, banyak rencana praktik baik telah tersaji. Penyempurnaan dapat dilakukan sesuai dengan komentar dan saran yang diberikan. Hal lain yang dapat menjadi perhatian untuk direncanakan dan diimplementasikan pada saat KBM adalah:

  1. Rencanakan kegiatan umpan balik dengan menanyakan tentang bagaimana materi pelajaran yang disajikan itu telah baik. Contoh kalimat yang dapat disajikan pada refleksi/tindak lanjut/umpan balik: “Anak-anak setelah belajar materi yang disajikan, apa perasaan kalian? Apa yang telah kalian lakukan agar mencerminkan hal yang disarankan? Tulislah pada kolom komentar!” (sajikan pada akhir pembelajaran)
  2. Rencanakan rencana pasti terkait kegiatan refleksi yang akan ditugaskan dengan menghadirkan kalimat seperti: “Anak-anak untuk memperdalam pemahaman kalian terkait dengan materi silahkan cari dan baca materi tentang….., lalu tulislah apa yang kalian sudah baca secara singkat pada kolom komentar dan sertakan link nya!” (Sajikan pada akhir pembelajaran!)
  3. Merencanakan evaluasi secara singkat, untuk mengetahui pemahaman siswa boleh dengan pertanyaan terbuka, seperti ; “Anak-anak setelah kalian belajar materi yang bapak sajikan, ceritakanlah apa yang sudah kalian pelajari secara singkat, baik materi yang bapak sajikan, atau materi yang kalian temukan sendiri!”
  4. Alternatif lain bisa dengan soal pilihan ganda, jawaban singkat, pilihan ganda kompleks dll
  5. Evaluasi ini dilaksanakan minimal seminggu sekali, atau tepatnya pada RPP hari Sabtu.

Pelaksanaan KBM Minggu VII, secara umum telah berlangsung baik, dimana praktik baik yang telah berlangsung dan agar dilanjutkan dan ditingkatkan seperti :

  1. Menghadirkan teks dan video menyapa siswa
  2. Menghadirkan video panduan belajar
  3. Menghadirkan pengingat pengembangan sikap dan karakter pada kegiatan awal
  4. Menghadirkan pengingat tentang kepatuhan pada protokol Covid-19
  5. Menghadirkan tentang pengingat pengisian jurnal
  6. Menghadirkan LKS pada pembelajaran
  7. Menghadirkan materi video dan atau artikel buatan sendiri atau bersumber dari media internet yang relevan

Adapun beberapa hal yang mesti ditingkatkan hanya terletak pada keberlanjutan dan intensitas kegiatan, agar berkesinambungan. Hal ini akan bermanfaat bagi upaya siswa memahami, mempraktekkan konsep materi pada kehidupan sehari-hari.

Demikianlah tulisan yang berjudul Antisipasi Learning Loss melalui Refleksi Mingguan, yang langsung dilengkapi dengan strategi teknis refleksi. Semoga laporan ini dapat dijadikan gambaran, bahwa guru dan kepala sekolah tidak diam dan pasif, pada masa Pandemi Covid-19 ini. Semoga dengan semangat berinovasi secara berkelanjutan dapat memberi andil bagi terciptanya pembelajaran siswa yang aktif. Terimakasih, selamat dan tetap semangat.

Categories: Uncategorized

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: