Antisipasi Learning Loss melalui refleksi mingguan merupakan judul dari Laporan refleksi pembelajaran mingguan pada minggu ke VII. Laporan ini dibuat dalam rangka memberi informasi kepada pihak terkait yang terutama Dinas Pendidikan sebagai jaminan guru dan kepala sekolah tetap melaksanakan tupoksinya dengan penuh tanggung jawab. Akan tetapi tujuan lebih luas dari Laporan Refleksi Pembelajaran Mingguan ini adalah untuk memberi jaminan konsistensi dan keberlanjutan pembelajaran utamanya pada masa Pandemi Covid-19 tetap terlaksana. Lebih dari itu tujuan yang lebih mendalam dan luas lagi dari itu adalah untuk menjamin siswa mendapat pelayanan pembelajaran sehingga potensi Learning Loss dapat diminimalkan. Kegiatan antisipasi learning loss melalui refleksi mingguan dilaksanakan dengan strategi yang berbeda. Keunikan dari Laporan yang bertujuan untuk melakukan antisipasi learning loss melalui refleksi mingguan ini dapat disimak pada uraian di bawah ini.

Laporan Refleksi Pembelajaran Minggu VII SD Negeri 7 Subagan

Baca Juga

APA ITU ANTISIPASI LEARNING LOSS MELALUI REFLEKSI MINGGUAN?

Secara lebih mendalam pengertian dari kegiatan Antisipasi Learning Loss melalui Refleksi Mingguan ini adalah suatu upaya kolaboratif untuk melihat kembali proses perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru, sehingga ditemukan kekuatan-kekuatannya untuk dapat dilanjutkan, begitu juga sebaliknya. Upaya ini melibatkan komponen guru dengan produk RPP yang dibuat dan proses pembelajaran yang diselenggarakan.

KENAPA ANTISIPASI LEARNING LOSS MELALUI REFLEKSI MINGGUAN DILAKSANAKAN?

Alasan dilaksanakannya program ini, adalah karena potensi ancaman kehilangan kesempatan belajar siswa sangat tinggi, ketika aktivitas belajar dari rumah dilakukan pada masa Pandemi Covid-19 ini. Ancaman itu menjadi semakin nyata karena beberapa alasan berikut;

  1. Kepemilikan gadget siswa yang terbatas
  2. Hambatan sinyal dan jaringan
  3. Kemampuan guru dalam melaksanakan BDR sangat beragam
  4. Belum siapnya perangkat keras dan lunak yang akan mendukung kegiatan ini
  5. Anggapan belajar tatap muka dari sekolah masih lebih baik dari BDR

BAGAIMANA STRATEGI ITU DAPAT  DILAKSANAKAN?

Melalui inovasi dari sekolah dalam melakukan refleksi berkelanjutan terhadap perencanaan dan implementasi pembelajaran dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam belajar. Pembelajaran yang menyenangkan, tidak kaku, siswa sebagai pusat pembelajaran, guru mampu menjadi fasilitator dan pembimbing dalam belajar. akan berdampak pada berhasilnya KBM pada masa Pandemi Covid-19. Berdasarkan asumsi itu maka strategi pelaksanaan program sangat penting dilakukan, yaitu dengan langkah-langkah: 

  1. Sosialisasi Kegiatan
  2. Membangun kesepahaman 
  3. Membangun kesepakatan
  4. Pembuatan RPP
  5. Refleksi RPP
  6. Perbaikan RPP
  7. Pelaksanaan KBM
  8. Refleksi KBM
  9. Penguatan dan Umpan Bali
  10. Pelaporan

    BAGAIMANA TEKNIS STRATEGI LEARNING LOSS MELALUI REFLEKSI MINGGUAN ITU DILAKSANAKAN?

    Pada uraian di bawah ini akan disajikan proses refleksi pembelajaran tersebut dilakukan, secara berkolaborasi oleh kepala sekolah bersama guru. Media yang dimanfaatkan sebagai alat bantu adalah platform belajar Google Classroom, Whatsapp, Situs Sekolah http://www.sd7ok.id dan blog https://www.metode.id

    RPP Kelas I Minggu VIII

    Komentar

    Perencanaan pembelajaran telah dibuat dan tepat waktu, seminggu sebelum pembelajaran terlaksana. Tujuan pembelajaran telah nyambung dengan langkah dan kegiatan pembelajaran. Rencana pembelajaran juga telah memuat penugasan yang mengacu pada aktivitas belajar siswa.

    Saran

    Selamat, terimakasih, RPP telah disusun dengan sangat baik, lengkap, dan rapi. Masukan penting adalah untuk penyempurnaan kata kerja pada uraian tujuan yang masih mengemukakan metode yang tidak spesifik seperti belajar dan literasi. Gunakan kata kerja metode yang spesifik seperti “penugasan, diskusi, wawancara, simulasi, demonstrasi, inkuiri, discovery dll”. Tetap semangat.

    KBM Kelas I Minggu VII

    Komentar

    Kegiatan belajar Minggu VII telah berlangsung dengan baik, dimana guru telah menyajikan materi pembelajaran melalui Google Classroom, Whatsapp Group. Sementara itu video menyapa siswa telah dihadirkan melalui Google Classroom dan Whatsapp Group. Pembelajaran seperti yang ditampilkan di dua platform tersebut telah berdampak pada aktivitas belajar siswa yang baik dan meningkat dari hari ke hari. Siswa juga telah mampu menulis dan membaca. Keterlibatan orang tua dalam proses belajar telah sangat membantu dalam rangka mengembangkan kemampuan anak menulis dan membaca.

    Saran

    Praktik baik yang telah dilaksanakan agar dilanjutkan dan ditingkatkan pada pembelajaran selanjutnya. Keterlibatan orang tua siswa yang baik harus dipertahankan, dan kepada Ibu Komang Sukerti harap jangan bosan-bosan untuk berkoordinasi dengan orang tua siswa. Ini demi kemajuan belajar anak dan keberhasilan guru. Selamat dan terimakasih.

    RPP Kelas II Minggu VIII

    Komentar

    RPP telah disajikan dengan baik, diketik rapi dan lengkap. Tujuan pembelajaran yang dibuat telah memuat, pengembangan karakter dan sikap, pengembangan kompetensi sesuai jenjangnya, memuat metode atau strategi yang dapat mengaktifkan siswa belajar, dan kegiatan literasi untuk mendukung dan meningkatkan kebiasaan siswa dalam belajar. 

    Saran

    Terimakasih dan selamat, RPP yang telah disusun telah sangat baik. Penyempurnaan tujuan pembelajaran, silahkan disisipkan langkah kegiatan untuk mendorong siswa dapat mematuhi protokol kesehatan. Seperti “melalui kegiatan wawancara sederhana siswa dapat mengkomunikasikan cara menjaga kesehatan dengan penerapan Prokes, kepada narasumber atau orang tua”. Selamat dan tetap semangat.

    KBM Kelas II Minggu VII

    Komentar

    Keseluruhan proses belajar siswa kelas II telah berlangsung dengan baik. Guru telah menghadirkan proses belajar yang bervariasi baik melalui platform Google Classroom, Whatsapp Group dan terpantau sesekali belajar sinkronous melalui Google Meet. Guru juga telah kreatif menghadirkan video pembelajaran dengan menggunakan video powerpoint. Guru menyapa siswa juga telah dihadirkan melalui teks di Google Classroom dan Whatsapp Group.

    Saran

    Praktik baik yang telah dilaksanakan harap dilanjutkan dan ditingkatkan pada KBM selanjutnya. Selamat dan terimakasih kepada Bu Putu Asriani, atas kreativitasnya dalam menyelenggarakan pembelajaran, terimakasih, tetap semangat.

    RPP Kelas III Minggu VIII

    Komentar

    RPP Kelas III Minggu VIII telah dirancang dengan baik, lengkap dan ditulis rapi. RPP telah memuat tujuan pembelajaran, dan langkah-langkah pembelajaran yang dapat mengaktifkan proses pembelajaran. Guru juga telah merencanakan pembelajaran dengan tetap menyisipkan langkah KBM untuk mengingatkan tentang Prokes. Kegiatan awal terkait upaya mengembangkan karakter siswa ketika PJJ dibawah bimbingan orang tua juga telah nampak.

    Saran

    Perencanaan langkah pembelajaran yang baik dan praktik baik yang telah dilaksanakan mohon dilanjutkan dan ditingkatkan. Selamat, terimakasih dan selamat.

    KBM Kelas III Minggu VI

    Komentar

    KBM Kelas III Minggu VII telah berlangsung dengan sangat baik. Guru telah menghadirkan proses belajar yang mampu membuat siswa kreatif, melalui platform yang bervariasi yaitu Google Classroom, Whatsapp Group dan menghadirkan video menyapa dan video panduan belajar. Hal ini sangat berarti bagi siswa dalam memotivasi kegiatan belajarnya agar lebih berhasil. Guru menyapa yang rutin dihadirkan setiap hari baik secara teks maupun video juga telah meningkatkan partisipasi siswa dalam belajar.

    Saran

    Selamat, Bu Sudiasri, dan diharapkan proses belajar yang baik tersebut dapat ditingkatkan dan dilanjutkan pada KBM berikutnya, tetap semangat.

    RPP Kelas IV Minggu VIII

    Komentar

    RPP Kelas IV Minggu VIII, telah dirancang secara baik dengan menyajikan tujuan dan langkah pembelajaran yang terhubung. Kalimat tujuan pembelajaran telah disajikan dengan baik. Strategi pembelajaran yang tersaji pada tujuan pembelajaran telah mampu mengaktifkan pembelajaran.

    Saran

    Praktik pembelajaran yang telah terlaksana dengan baik, agar dilanjutkan dan ditingkatkan. Terimakasih, selamat dan tetap semangat.

    KBM Kelas IV Minggu VII

    Komentar

    KBM Kelas IV Minggu VII telah berlangsung dengan baik, dimana guru telah menghadirkan pembelajaran yang mampu mendorong aktivitas belajar siswa. Guru telah terpantau menyajikan pembelajaran melalui Google Classroom dan Whatsapp Group. Kegiatan guru menyapa juga telah disajikan melalui teks di Google Classroom dan video yang disebarkan melalui Google Classroom dan Whatsapp Group. Guru juga terpantau selalu mengingatkan siswa untuk menuliskan jurnal hariannya ketika kegiatan belajar dilaksanakan.

    Saran

    KBM yang telah terpantau baik harap ditingkatkan dan dilanjutkan pada KBM berikutnya. Selamat dan terimakasih kepada Pak Jik Parnama, semangat.

    RPP Kelas V Minggu VIII

    Komentar

    RPP Kelas V Minggu VIII, telah disajikan secara apik dan diketik rapi. RPP juga telah memuat tujuan yang berhubungan dengan langkah pembelajaran, dan untuk penyempurnaan RPP pada tujuan dituliskan terkait kegiatan taat protokol Prokes berikut strategi yang dilakukan seperti wawancara dan mengkomunikasikan, menonton video, menugaskan membuat poster, membuat video dan kegiatan lain yang mengaktifkan KBM.

    Saran

    Terimakasih, RPP yang telah memuat praktik baik agar dilanjutkan dan ditingkatkan, terutama dalam membuat variasi strategi pembelajaran seperti menggunakan LKS, Google Meet, Quisis dan strategi lain yang inovatif. Selamat dan tetap semangat.

    KBM Kelas V Minggu VII

    Komentar

    KBM Kelas V Minggu VII, telah berlangsung dengan sangat baik. Guru telah menyajikan materi secara rinci di Google Classroom, disertai petunjuk pengerjaan yang jelas. Guru juga sudah menyajikan pembelajaran dengan panduan LKS pengamatan yang sangat baik. Kehadiran guru dalam menyapa siswa dalam bentuk teks hampir dilakukan setiap hari. Demikian pula guru telah menyajikan teks narasi untuk mengupayakan agar siswa senantiasa ingat menulis jurnal kegiatan belajarnya sehari-hari.

    Saran

    Praktik KBM yang telah berlangsung baik harap ditingkatkan dan dilanjutkan pada KBM berikutnya. Adapun hal-hal yang perlu lainnya seperti video guru menyapa, video panduan belajar, adalah alternatif kreatifitas guru yang dapat diadakan setiap kegiatan belajar. Selamat Bu Komang Dita atas aktivitas KBMnya. Mohon untuk dilengkapi, ditingkatkan dan dilanjutkan pada KBM berikutnya, tetap semangat dan terimakasih.

    RPP Kelas VI Minggu VIII

    Komentar

    RPP Kelas VI Minggu VIII, telah disajikan secara apik dan diketik rapi. RPP juga telah memuat tujuan yang berhubungan dengan langkah pembelajaran, dan untuk penyempurnaan RPP pada tujuan dituliskan terkait kegiatan taat protokol Prokes berikut strategi yang dilakukan seperti wawancara dan mengkomunikasikan, menonton video, menugaskan membuat poster, membuat video dan kegiatan lain yang mengaktifkan KBM.

    Saran

    Terimakasih, RPP yang telah memuat praktik baik agar dilanjutkan dan ditingkatkan, terutama dalam membuat variasi strategi pembelajaran seperti menggunakan LKS, Google Meet, Quisis dan strategi lain yang inovatif. Selamat dan tetap semangat.

    KBM Kelas VI Minggu VII

    Komentar

    KBM kelas VI telah berlangsung baik. Semua tahapan pembelajaran di Google Classroom telah disajikan dengan baik. KBM mulai dari kegiatan menyapa siswa, absensi, materi pembelajaran, penugasan, pengingat menulis jurnal hingga kegiatan penutup telah dengan tertib dan konsisten disajikan. Diskusi juga telah terpantau di Whatsapp Group.

    Saran

    Kegiatan belajar yang telah baik mohon ditingkatkan dan dilanjutkan, sementara yang sedang diupayakan agar direalisasikan. Selamat, semangat dan terimakasih.

    RPP PJOK Minggu VIII

    Komentar

    RPP Mapel PJOK telah tersaji dengan diketik rapi dan baik. Tujuan pembelajaran yang disajikan telah berhubungan dengan langkah pembelajaran. Penyempurnaan tujuan pembelajaran dapat dilakukan dari awalnya seperti :

    1. Melalui penugasan pembuatan jurnal, siswa dapat melakukan kegiatan pembiasaan pengembangan karakter di rumah masing-masing secara berkelanjutan
    2. Melalui penggunaan literasi dan video, siswa dapat memahami latihan kebugaran jasmani dan pengukuran tingkat kebugaran jasmani peribadi secara sederhana 
    3. Melalui penggunaan materi pembelajaran siswa dapat mempraktikkan latihan kebugaran jasmani dan pengukuran tingkat kebugaran jasmani peribadi secara sederhana 

    dengan baik dan benar 

    1. Melalui kegiatan literasi dan video siswa dapat menggali informasi tentang latihan kebugaran jasmani dan pengukuran tingkat kebugaran jasmani peribadi secara sederhana  dengan mendalam 

    Disesuaikan menjadi:

    1. Melalui penugasan pembuatan jurnal, siswa dapat melakukan kegiatan pembiasaan pengembangan karakter di rumah masing-masing secara berkelanjutan
    2. Melalui pengamatan video, siswa dapat memahami latihan kebugaran jasmani dan pengukuran tingkat kebugaran jasmani peribadi secara sederhana 
    3. Melalui penugasan siswa dapat mempraktikkan latihan kebugaran jasmani dan pengukuran tingkat kebugaran jasmani peribadi secara sederhana 

    dengan baik dan benar 

    1. Melalui kegiatan membaca siswa dapat menggali informasi tentang latihan kebugaran jasmani dan pengukuran tingkat kebugaran jasmani pribadi yang dihubungkan dengan penanggulangan bahaya Covid-19 secara sederhana  dan mendalam 

    Saran

    Rencana praktik baik dari RPP yang disajikan mohon dilanjutkan dan ditingkatkan pada RPP berikutnya. Selamat, terimakasih dan tetap semangat.

    KBM PJOK Minggu VII

    Komentar

    KBM PJOK telah terlaksana dengan baik, dimana guru telah menghadirkan kegiatan menyapa, pengingat dan saran terkait Prokes, dan panduan belajar dalam format video. Penugasan juga telah dihadirkan setiap saat, yang disertai respon siswa yang lumayan baik.

    Saran

    Praktik mengajar yang telah baik mohon dilanjutkan dan ditingkatkan pada KBM selanjutnya, selamat, tetap semangat dan terimakasih.

    RPP Agama Hindu Kelas Rendah Minggu VIII

    Komentar

    RPP Agama Hindu Kelas III seperti di atas, telah diketik rapi dan baik. Mungkin ada beberapa kesalahan pengetikan bisa diperbaiki. Tujuan pembelajaran telah baik dan dapat disempurnakan dengan memuat tujuan pembelajaran yang awalnya seperti ini:

    1. Melalui kegiatan literasi, siswa dapat menggali informasi tentang  sifat pengendalian diri Asuri sampad dalam Bhagawadgitha.
    2. Melalui pengamatan di sekitar lingkungannya, siswa dapat mengendalikan diri  tingkah laku yang kurang baik / Asuri Sampad   dalam Bhagawadgitha melalui materi yang ada di Google Classroom.

    Dapat disempurnakan menjadi:

    1. Melalui kegiatan membaca buku sumber, siswa dapat menggali informasi tentang  sifat pengendalian diri Asuri sampad dalam Bhagawadgitha.
    2. Melalui pengamatan terhadap orang di sekitar, siswa dapat mengenali   tingkah laku yang sesuai dengan penerapan Prokes yang diselaraskan dengan ajaran Bhagawadgita
    3. Melalui pengamatan terhadap orang disekitar, siswa dapat mengenali   tingkah laku yang kurang baik / Asuri Sampad   dalam Bhagawadgitha melalui materi yang ada di Google Classroom.
    4. Melalui pengamatan terhadap orang disekitar, siswa dapat meneladani  tingkah laku yang kurang baik / Asuri Sampad   dalam Bhagawadgitha melalui materi yang ada di Google Classroom.

    Saran

    Perencanaan RPP yang baik mohon dilanjutkan dan ditingkatkan di masa yang akan datang. Selamat, terimakasih dan tetap semangat.

    KBM Agama Hindu Kelas Rendah Minggu VII

    Komentar

    KBM Agama Hindu Kelas Rendah sudah terlaksana dengan baik, tahapan proses belajar telah terlaksana dengan baik. Walaupun materi yang disajikan agak kompleks yang dapat disederhanakan sesuai konteksnya, tetapi secara umum telah baik.

    Saran

    Agar materi disederhanakan, disesuaikan dengan tingkat kelasnya, sambil lebih banyak menghadirkan materi terkait implementasi Ajaran Hindu dalam kehidupan sehari hari sebagai kegiatan pembiasaan. Hal yang telah baik mohon dilanjutkan dan ditingkatkan pada KBM berikutnya. Selamat, terimakasih dan tetap semangat.

    RPP Agama Hindu Kelas Tinggi Minggu VIII

    Komentar

    RPP Mapel Agama Hindu Kelas Tinggi telah diketik rapi dan disajikan secara baik. RPP telah memuat rancangan tujuan pembelajaran yang berhubungan dengan langkah pembelajaran. Hal yang perlu disempurnakan dari RPP ini adalah pada tujuan yang awalnya seperti ini:

    1. Melalui penugasan pembuatan jurnal, siswa dapat melakukan , kegiatan pembiasaan pengembangan karakter , di rumah masing-masing , secara berkelanjutan.
    2. Melalui  kegiatan  literasi  ,  Siswa    dapat    menceritakan  isi  kitab  Suci  Veda  melalui  cerita  Yawakrida 
    3. Melalui  kegiatan  literasi , siswa  dapat  Menjelaskan   kembali   cerita  Yawakrida   yang  termuat  dalam  Kitab  Suci  Weda 
    4. Melalui   kegiatan  literasi,  siswa  dapat   menyebutkan ,  tokoh-tokoh   yang  termuat  dalam  cerita   Yawakrida    yang  termuat    dalam     Kitab  Suci  Weda
    5. Melalui   kegiatan  literasi,  Siswa  dapat  menjalankan  ajaran  yang  termuat  dalam   cerita  Yawakrida  dalam    kehidupan   sehari- hari

    Disempurnakan menjadi:

    1. Melalui penugasan pembuatan jurnal, siswa dapat melakukan , kegiatan pembiasaan pengembangan karakter , di rumah masing-masing , secara berkelanjutan.
    2. Melalui  kegiatan  membaca buku sumber ,  siswa    dapat    menceritakan  cerita  Yawakrida seperti yang termuat dalam Kitab Suci Weda
    3. Melalui   kegiatan  demonstrasi ,  siswa  dapat   menyebutkan ,  tokoh-tokoh   yang  termuat  dalam  cerita   Yawakrida   seperti  termuat    dalam     Kitab  Suci  Weda
    4. Melalui   kegiatan  penugasan,  siswa  dapat  menjalankan  ajaran seperti  yang  termuat  dalam   cerita  Yawakrida  dalam    kehidupan   sehari- hari yang diselaraskan dengan pelaksanaan Prokes

    Saran

    Rencana praktik baik yang direncanakan agar dilaksanakan, dilanjutkan dan ditingkatkan. Terimakasih, selamat dan tetap semangat!

    KBM Agama Hindu Kelas Tinggi Minggu VII

    Komentar

    KBM Mapel Agama Hindu Kelas Tinggi sudah dihadirkan dengan baik. Tahapan belajar juga telah menghadirkan materi yang sesuai dengan kurikulum, dimana sesungguhnya dapat disederhanakan agar sesuai konteks kehidupan sehari-hari agar dapat mengimplementasikan ajaran Agama dalam kebiasaan hidup sehari hari. Guru juga telah terpantau menyapa siswa, menghadirkan video materi yang relevan. Platform juga telah meliputi Whatsapp Group, dan Google Classroom. 

    Saran

    Praktik baik yang telah dilaksanakan agar dilanjutkan dan ditingkatkan pada KBM selanjutnya. Selamat, terimakasih dan tetap semangat.

    KBM Bahasa Bali

    KBM Bahasa Bali juga telah dihadirkan di Google Classroom dan Whatsapp Group. Penyajian materi kontekstual terkait budaya dan Bahasa Bali telah disajikan, tanpa membebani siswa dan sesuai dengan konteksnya. Terima Kasih kepada Guru Mapel Agama Hindu baik kelas tinggi dan kelas rendah yang telah menyajikan materi Bahasa Bali secara terjadwal dan berkelanjutan.

    Komentar Umum

    RPP yang dirancang telah sangat baik, banyak rencana praktik baik telah tersaji. Penyempurnaan dapat dilakukan sesuai dengan komentar dan saran yang diberikan. Hal lain yang dapat menjadi perhatian untuk direncanakan dan diimplementasikan pada saat KBM adalah:

    1. Rencanakan kegiatan umpan balik dengan menanyakan tentang bagaimana materi pelajaran yang disajikan itu telah baik. Contoh kalimat yang dapat disajikan pada refleksi/tindak lanjut/umpan balik: “Anak-anak setelah belajar materi yang disajikan, apa perasaan kalian? Apa yang telah kalian lakukan agar mencerminkan hal yang disarankan? Tulislah pada kolom komentar!” (sajikan pada akhir pembelajaran)
    2. Rencanakan rencana pasti terkait kegiatan refleksi yang akan ditugaskan dengan menghadirkan kalimat seperti: “Anak-anak untuk memperdalam pemahaman kalian terkait dengan materi silahkan cari dan baca materi tentang….., lalu tulislah apa yang kalian sudah baca secara singkat pada kolom komentar dan sertakan link nya!” (Sajikan pada akhir pembelajaran!)
    3. Merencanakan evaluasi secara singkat, untuk mengetahui pemahaman siswa boleh dengan pertanyaan terbuka, seperti ; “Anak-anak setelah kalian belajar materi yang bapak sajikan, ceritakanlah apa yang sudah kalian pelajari secara singkat, baik materi yang bapak sajikan, atau materi yang kalian temukan sendiri!”
    4. Alternatif lain bisa dengan soal pilihan ganda, jawaban singkat, pilihan ganda kompleks dll
    5. Evaluasi ini dilaksanakan minimal seminggu sekali, atau tepatnya pada RPP hari Sabtu.

    Pelaksanaan KBM Minggu VII, secara umum telah berlangsung baik, dimana praktik baik yang telah berlangsung dan agar dilanjutkan dan ditingkatkan seperti :

    1. Menghadirkan teks dan video menyapa siswa
    2. Menghadirkan video panduan belajar
    3. Menghadirkan pengingat pengembangan sikap dan karakter pada kegiatan awal
    4. Menghadirkan pengingat tentang kepatuhan pada protokol Covid-19
    5. Menghadirkan tentang pengingat pengisian jurnal
    6. Menghadirkan LKS pada pembelajaran
    7. Menghadirkan materi video dan atau artikel buatan sendiri atau bersumber dari media internet yang relevan

    Adapun beberapa hal yang mesti ditingkatkan hanya terletak pada keberlanjutan dan intensitas kegiatan, agar berkesinambungan. Hal ini akan bermanfaat bagi upaya siswa memahami, mempraktekkan konsep materi pada kehidupan sehari-hari.

    Demikianlah tulisan yang berjudul Antisipasi Learning Loss melalui Refleksi Mingguan, yang langsung dilengkapi dengan strategi teknis refleksi. Semoga laporan ini dapat dijadikan gambaran, bahwa guru dan kepala sekolah tidak diam dan pasif, pada masa Pandemi Covid-19 ini. Semoga dengan semangat berinovasi secara berkelanjutan dapat memberi andil bagi terciptanya pembelajaran siswa yang aktif. Terimakasih, selamat dan tetap semangat.

    loading...
    Categories: Uncategorized

    0 Comments

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *