ANTISIPASI LEARNING LOSS MELALUI REFLEKSI MINGGUAN
Antisipasi Learning Loss melalui refleksi mingguan merupakan judul dari Laporan refleksi pembelajaran mingguan pada minggu ke VII. Laporan ini dibuat dalam rangka memberi informasi kepada pihak terkait yang terutama Dinas Pendidikan sebagai jaminan guru dan kepala sekolah tetap melaksanakan tupoksinya dengan penuh tanggung jawab. Akan tetapi tujuan lebih luas dari Laporan Refleksi Pembelajaran Mingguan ini adalah untuk memberi jaminan konsistensi dan keberlanjutan pembelajaran utamanya pada masa Pandemi Covid-19 tetap terlaksana. Lebih dari itu tujuan yang lebih mendalam dan luas lagi dari itu adalah untuk menjamin siswa mendapat pelayanan pembelajaran sehingga potensi Learning Loss dapat diminimalkan. Kegiatan antisipasi learning loss melalui refleksi mingguan dilaksanakan dengan strategi yang berbeda. Keunikan dari Laporan yang bertujuan untuk melakukan antisipasi learning loss melalui refleksi mingguan ini dapat disimak pada uraian di bawah ini.
Laporan Refleksi Pembelajaran Minggu VII SD Negeri 7 Subagan
Baca Juga
- REFLEKSI PRA COACHING
- SUPERVISI BERBASIS REFLEKSI
- MENYAMBUT HARI KEMERDEKAAN DALAM REFLEKSI
- SUPERVISI REFLEKSI PEMBELAJARAN MODEL SCS SEAQIS
APA ITU ANTISIPASI LEARNING LOSS MELALUI REFLEKSI MINGGUAN?
Secara lebih mendalam pengertian dari kegiatan Antisipasi Learning Loss melalui Refleksi Mingguan ini adalah suatu upaya kolaboratif untuk melihat kembali proses perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru, sehingga ditemukan kekuatan-kekuatannya untuk dapat dilanjutkan, begitu juga sebaliknya. Upaya ini melibatkan komponen guru dengan produk RPP yang dibuat dan proses pembelajaran yang diselenggarakan.
KENAPA ANTISIPASI LEARNING LOSS MELALUI REFLEKSI MINGGUAN DILAKSANAKAN?
Alasan dilaksanakannya program ini, adalah karena potensi ancaman kehilangan kesempatan belajar siswa sangat tinggi, ketika aktivitas belajar dari rumah dilakukan pada masa Pandemi Covid-19 ini. Ancaman itu menjadi semakin nyata karena beberapa alasan berikut;
- Kepemilikan gadget siswa yang terbatas
- Hambatan sinyal dan jaringan
- Kemampuan guru dalam melaksanakan BDR sangat beragam
- Belum siapnya perangkat keras dan lunak yang akan mendukung kegiatan ini
- Anggapan belajar tatap muka dari sekolah masih lebih baik dari BDR
BAGAIMANA STRATEGI ITU DAPAT DILAKSANAKAN?
Melalui inovasi dari sekolah dalam melakukan refleksi berkelanjutan terhadap perencanaan dan implementasi pembelajaran dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam belajar. Pembelajaran yang menyenangkan, tidak kaku, siswa sebagai pusat pembelajaran, guru mampu menjadi fasilitator dan pembimbing dalam belajar. akan berdampak pada berhasilnya KBM pada masa Pandemi Covid-19. Berdasarkan asumsi itu maka strategi pelaksanaan program sangat penting dilakukan, yaitu dengan langkah-langkah:
- Sosialisasi Kegiatan
- Membangun kesepahaman
- Membangun kesepakatan
- Pembuatan RPP
- Refleksi RPP
- Perbaikan RPP
- Pelaksanaan KBM
- Refleksi KBM
- Penguatan dan Umpan Bali
- Pelaporan
BAGAIMANA TEKNIS STRATEGI LEARNING LOSS MELALUI REFLEKSI MINGGUAN ITU DILAKSANAKAN?
Pada uraian di bawah ini akan disajikan proses refleksi pembelajaran tersebut dilakukan, secara berkolaborasi oleh kepala sekolah bersama guru. Media yang dimanfaatkan sebagai alat bantu adalah platform belajar Google Classroom, Whatsapp, Situs Sekolah http://www.sd7ok.id dan blog https://www.metode.id
RPP Kelas I Minggu VIII
Komentar
Perencanaan pembelajaran telah dibuat dan tepat waktu, seminggu sebelum pembelajaran terlaksana. Tujuan pembelajaran telah nyambung dengan langkah dan kegiatan pembelajaran. Rencana pembelajaran juga telah memuat penugasan yang mengacu pada aktivitas belajar siswa.
Saran
Selamat, terimakasih, RPP telah disusun dengan sangat baik, lengkap, dan rapi. Masukan penting adalah untuk penyempurnaan kata kerja pada uraian tujuan yang masih mengemukakan metode yang tidak spesifik seperti belajar dan literasi. Gunakan kata kerja metode yang spesifik seperti “penugasan, diskusi, wawancara, simulasi, demonstrasi, inkuiri, discovery dll”. Tetap semangat.
KBM Kelas I Minggu VII
Komentar
Kegiatan belajar Minggu VII telah berlangsung dengan baik, dimana guru telah menyajikan materi pembelajaran melalui Google Classroom, Whatsapp Group. Sementara itu video menyapa siswa telah dihadirkan melalui Google Classroom dan Whatsapp Group. Pembelajaran seperti yang ditampilkan di dua platform tersebut telah berdampak pada aktivitas belajar siswa yang baik dan meningkat dari hari ke hari. Siswa juga telah mampu menulis dan membaca. Keterlibatan orang tua dalam proses belajar telah sangat membantu dalam rangka mengembangkan kemampuan anak menulis dan membaca.
Saran
Praktik baik yang telah dilaksanakan agar dilanjutkan dan ditingkatkan pada pembelajaran selanjutnya. Keterlibatan orang tua siswa yang baik harus dipertahankan, dan kepada Ibu Komang Sukerti harap jangan bosan-bosan untuk berkoordinasi dengan orang tua siswa. Ini demi kemajuan belajar anak dan keberhasilan guru. Selamat dan terimakasih.
RPP Kelas II Minggu VIII
Komentar
RPP telah disajikan dengan baik, diketik rapi dan lengkap. Tujuan pembelajaran yang dibuat telah memuat, pengembangan karakter dan sikap, pengembangan kompetensi sesuai jenjangnya, memuat metode atau strategi yang dapat mengaktifkan siswa belajar, dan kegiatan literasi untuk mendukung dan meningkatkan kebiasaan siswa dalam belajar.
Saran
Terimakasih dan selamat, RPP yang telah disusun telah sangat baik. Penyempurnaan tujuan pembelajaran, silahkan disisipkan langkah kegiatan untuk mendorong siswa dapat mematuhi protokol kesehatan. Seperti “melalui kegiatan wawancara sederhana siswa dapat mengkomunikasikan cara menjaga kesehatan dengan penerapan Prokes, kepada narasumber atau orang tua”. Selamat dan tetap semangat.
KBM Kelas II Minggu VII
Komentar
Keseluruhan proses belajar siswa kelas II telah berlangsung dengan baik. Guru telah menghadirkan proses belajar yang bervariasi baik melalui platform Google Classroom, Whatsapp Group dan terpantau sesekali belajar sinkronous melalui Google Meet. Guru juga telah kreatif menghadirkan video pembelajaran dengan menggunakan video powerpoint. Guru menyapa siswa juga telah dihadirkan melalui teks di Google Classroom dan Whatsapp Group.
Saran
Praktik baik yang telah dilaksanakan harap dilanjutkan dan ditingkatkan pada KBM selanjutnya. Selamat dan terimakasih kepada Bu Putu Asriani, atas kreativitasnya dalam menyelenggarakan pembelajaran, terimakasih, tetap semangat.
RPP Kelas III Minggu VIII
Komentar
RPP Kelas III Minggu VIII telah dirancang dengan baik, lengkap dan ditulis rapi. RPP telah memuat tujuan pembelajaran, dan langkah-langkah pembelajaran yang dapat mengaktifkan proses pembelajaran. Guru juga telah merencanakan pembelajaran dengan tetap menyisipkan langkah KBM untuk mengingatkan tentang Prokes. Kegiatan awal terkait upaya mengembangkan karakter siswa ketika PJJ dibawah bimbingan orang tua juga telah nampak.
Saran
Perencanaan langkah pembelajaran yang baik dan praktik baik yang telah dilaksanakan mohon dilanjutkan dan ditingkatkan. Selamat, terimakasih dan selamat.
0 Comments