Sebelum membicarakan refleksi pra coaching perlu penulis sampaikan tentang kegiatan mengikuti Pendidikan Pengajar Praktik guru Penggerak. Di sel-sela kesibukan itu berusaha menyempatkan diri untuk mengadakan refleksi diri dan kolaboratif. Hal ini dilakukan terhadap perencanaan dan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru di SD Negeri 7 Subagan sebagai persiapan menuju refleksi pra coaching.

Baca Juga


Refleksi Pembelajaran Minggu VI

Pengantar

Sebelum membahas tentang refleksi pra coaching, penulis dapat gambarkan terkait kegiatan program Pendidikan Pengajar Praktik Guru Penggerak. Setelah mengikuti kegiatan itu beberapa hari justru semakin menantang penulis untuk melakukan kegiatan refleksi terhadap RPP dan KBM guru. Semakin mendalami bagaimana peran seorang fasilitator dalam upaya bersama-sama untuk mewujudkan budaya positif, maka kegiatan refleksi merupakan suatu ajang untuk bereksperimen terkait hal itu. 

Menggerakkan guru dalam rangka memerdekakan pendidikan Indonesia merupakan materi dan tugas pokok dari Pengajar Praktik Guru Penggerak. Tugas ini akan menjadi ladang eksplorasi guru dalam mengembalikan pendidikan Indonesia sesuai dengan kodrat anak manusia yang memerlukan perhatian, pelayanan dalam segala keunikannya. Seiring dengan kodrat alam yang niscaya selalu berubah, maka sebagai guru juga merupakan sebuah keniscayaan untuk merubah mindset agar tidak tertinggal dan tergilas zaman. 

Perubahan yang paling baik adalah perubahan yang ditemukan sendiri. Perubahan yang disebabkan oleh orang lain akan menyebabkan ketidaknyamanan dan hanya bersifat sementara. Pemikiran perubahan yang mampu digali oleh diri kita akan lebih membuat kita nyaman dan hal itu bersifat permanen. Bukan mentoring, training, atau strategi sejenis itu yang relevan dengan prinsip ini. Tak lain adalah hal yang terbaru dan terkini yang disebut dengan Coaching.

Coaching menjadi strategi yang lebih memanusiakan manusia, sehingga aspek kepercayaan diri guru dicoba untuk tetap dijaga selama proses merubah pola pikir tersebut. Akan tetapi coaching memerlukan kesiapan mengeksplorasi ide yang lebih matang. Guru harus sering dihadapkan dengan tantangan dan masalah sebelum fase coaching dilaksanakan. Untuk itulah maka kegiatan refleksi ini tetap dilaksanakan dengan harapan, suatu saat nanti, strategi coaching mulai dapat diterapkan di SD Negeri 7 Subagan. Hal ini penulis istilahkan dengan Refleksi Pra Coaching

Refleksi Pra Coaching

RPP Kelas I Minggu VII

Komentar

RPP yang disajikan telah sangat baik, dimana kegiatan pembelajaran telah dirancang secara mingguan, dimana tujuan pembelajaran telah ditulis sekali dengan penjabaran kegiatan pembelajaran dalam seminggu. Setiap hari telah dilaksanakan kegiatan pembiasaan pengembangan karakter siswa ketika belajar di rumah.

Saran

Selamat Ibu Komang telah menyelesaikan RPP setiap minggu dengan tepat waktu, sehingga memperlancar dalam pelaksanaan pembelajaran. Untuk tujuan pembelajaran upayakan untuk memuat deskripsi tentang penugasan dalam menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan. Mohon hindari pernyataan yang mengemukakan berlatih soal-soal, karena proses belajar bermakna harus mengacu pada kompetensi yang diwajibkan di kelas itu,  bukan berorientasi pada kegiatan inti untuk berlatih soal. Sekali lagi Bu Komang Sukerti, terimakasih lanjutkan dan tingkatkan.

KBM Kelas I Minggu VI

Komentar

Selamat Ibu Komang sudah menyajikan pembelajaran dengan baik, semoga dapat dipertahankan dan ditingkatkan. Guru sudah terpantau menyajikan materi baik melalui Google Classroom dan Whatsapp Group. Guru juga sudah menyapa siswa dengan memuat video, selain penugasan yang melibatkan orang tua. Dalam pesan guru juga sudah terpantau memberikan penekanan pada pembiasaan penerapan Prokes Covid-19.

Saran

Untuk penyempurnaan, mungkin pada penyajian materi di Google Classroom, agar setiap menyajikan komponen minimal seperti :

  1.   Kegiatan Awal
    • Guru menyapa siswa
    • Absensi
  1.   Kegiatan Inti
    • Pengantar materi
    • Materi

          Penugasan

  1.   Kegiatan Akhir
    • Refleksi
    • Literasi

RPP Kelas II Minggu VII

Komentar

Perencanaan pembelajaran yang telah dibuat telah baik, yang memuat tujuan pembelajaran yang memuat kompetensi seperti termuat dalam kurikulum dan silabus. Tujuan pembelajaran juga telah memuat rencana penggunaan media pembelajaran PJJ yang relevan seperti Google Classroom, dan Google Meet selain pemanfaatan Whatsapp. Kegiatan pembelajaran juga telah direncanakan diawali dengan kegiatan pengembangan karakter melalui penulisan jurnal harian siswa.

Saran

Selamat Bu Jero Asri, perencanaan RPP telah ditulis dengan apik dan baik sekali. Apa yang sudah baik mohon untuk dilanjutkan dan ditingkatkan, adapun hal-hal yang perlu disempurnakan adalah rencanakan juga kegiatan refleksi dan literasi pada RPP

KBM Kelas II Minggu VI

Komentar

Selamat Ibu Asri yang telah menyajikan materi pembelajaran dengan sangat baik. Kegiatan guru telah terpantau menggunakan metode bervariasi yaitu dari sisi platform, telah menggunakan Google Classroom, Whatsapp Group dan Google Meet. Dari sisi konten juga telah dihadirkan dengan media video, teks dan penugasan. Konten menyapa siswa yang disinkronkan dengan upaya mengingatkan siswa agar tetap mematuhi protocol Covid-19 juga telah tersaji dengan baik. Terimakasih.

Saran

Mohon untuk dilanjutkan, ditingkatkan pada pertemuan selanjutnya. Saat ini hanya kita harapan dari orang tua untuk masa depan anak-anak mereka, sekali lagi selamat dan terimakasih.

RPP Kelas III Minggu VII

Komentar

Perencanaan pembelajaran yang telah dibuat telah baik sekali. Tujuan pembelajaran yang telah dibuat telah memuat pengembangan sikap ketika belajar di rumah. Guru juga telah menugaskan siswa melakukan pengamatan terhadap persoalan untuk dihubungkan dengan penjumlahan bilangan cacah. Penyempurnaan dapat dilakukan dengan memuat tujuan tentang bagaimana siswa dipastikan akan melakukan refleksi dan kegiatan literasi.

Saran

Selamat dan terimakasih atas praktik baik yang telah dilaksanakan, untuk dapat dilakukan secara berkelanjutan, ditingkatkan di pembelajaran selanjutnya.

KBM Kelas III Minggu VI

Komentar

Selamat Bu Sudiasri, pembelajaran yang disajikan telah sangat baik. Langkah-langkah pembelajaran yang ditampilkan dan disajikan telah runut dan sistematis. Guru juga telah terpantau menyapa siswa melalui Google Classroom dengan teks. Video pengantar materi juga telah disajikan dengan baik. Kegiatan KBM juga telah terpantau disajikan melalui Whatsapp Group.

Saran

Terimakasih atas penyajian materinya yang baik, untuk ditingkatkan dan dilanjutkan di kegiatan belajar selanjutnya. Perencanaan dan pembelajaran yang dilaksanakan secara baik, menjadi pertanda tujuan kita meningkatkan aktivitas belajar siswa ketika belajar di masa pandemic akan lebih baik lagi, tetap semangat.

RPP Kelas IV Minggu VII

Komentar

RPP Minggu VII telah disajikan dengan baik. Pembelajaran telah diawali dengan menyajikan guru menyapa siswa. Guru telah merencanakan KBM dengan memanfaatkan teknologi dan lingkungan belajar yang relevan. Pembelajaran ditutup dengan kegiatan refleksi dan umpan balik melalui pengisian jurnal. RPP juga telah memuat kegiatan literasi.

Saran

Terima Kasih kepada Pak Jik Parnama yang telah merencanakan pembelajaran dengan baik. Mohon untuk ditingkatkan dan dilanjutkan di kegiatan pembelajaran selanjutnya.

KBM Kelas IV Minggu VI

Komentar

KBM Kelas IV Mingggu Vi telah berlangsung dengan sangat baik. Dimana pembelajaran telah disajikan melalui platform Whatsapp Group dan Google Classroom, sesekali guru telah mengantarkan materi melalui pembuatan video menyapa yang langsung mengaitkan dengan materi pembelajaran. Berbagai alat bantu belajar seperti media video youtube yang relevan juga telah disajikan.

Saran

Selamat, kepada Pak Jik Parnama telah menyajikan materi dengan sangat apik, semoga siswa benar-benar terbantu dalam belajar. Hal itu sebagai bentuk pelayanan kita dalam membantu siswa belajar dengan lebih baik. Sekali lagi semangat, tingkatkan dan lanjutkan.

RPP Kelas V Minggu VII

Komentar

RPP Minggu VII telah dibuat dengan sangat baik dan apik. Pemuatan tujuan pembelajaran untuk mengembangkan karakter pada pembelajaran jarak jauh dengan pelibatan orang tua melalui pembuatan jurnal juga telah dikemukakan. Hal ini telah menjadi tujuan paling penting dari perencanaan KBM, karena hanya dengan pengembangan karakter, maka pencapaian unsur lain dari proses belajar dapat dilakukan secara lebih efektif.

Saran

Selamat, hal-hal baik yang telah dilakukan untuk dapat dikembangkan, dilanjutkan dan ditingkatkan di masa yang akan datang. Sekali lagi terimakasih dan selamat.

KBM Kelas V Minggu VI

Komentar

Pembelajaran yang dilaksanakan pada siswa kelas V telah berlangsung dengan baik, dimana guru telah menghadirkan pembelajaran secara bervariasi. Platform belajar yang digunakan juga telah beragam mulai dari penggunaan Google Classroom, Goole Meet dan Whatsapp Group. Penugasan yang dihadirkan juga telah bervariasi dengan menggunakan sumber naskah tidak hanya video tetapi artikel dari sumber media internet. Pembelajaran juga telah menghadirkan penugasan pengamatan.

Saran

Selamat Bu Komang Dita proses belajar telah baik mohon ditingkatkan, terutama dalam menghadirkan pembelajaran yang menggunakan pengamatan agar menggunakan LKS seperti contoh yang saya berikan dulu. Sekali lagi semangat, Anda pasti bisa!

RPP Kelas VI Minggu VII

Komentar

Rencana pembelajaran Minggu VII kelas VI telah dibuat dengan baik. Perencanaan dimaksud telah memuat rencana pengembangan karakter, literasi dan perwujudan kompetensi seperti tertuang dalam kurikulum. Langkah pembelajaran juga telah memuat tentang upaya mengingatkan untuk mematuhi Prokes. RPP juga telah memuat rencana penggunaan sarana Google Meet dalam KBM.

Saran

Selamat, kepada Bu Ni Nengah tunjung yang telah menyajikan materi dengan baik. Untuk memaksimalkan perencanaan kegiatan pembelajaran adalah dengan menggunakan kompetensi sebagai katak kerja pada tujuan pembelajaran dan untuk menghindari konteks tujuan pembelajaran yang memuat pengerjaan soal-soal.

KBM Kelas VI Minggu VI

Komentar

Kegiatan pembelajaran telah terpantau berlangsung dengan baik. Guru telah menggunakan platform belajar yang beragam seperti Google Classroom, Whatsapp Group dan Google Meet. Guru juga telah menerapkan pembelajaran PjBL dengan menugaskan siswa berdasarkan petunjuk LKS untuk menghasilkan produk belajar berdasarkan tahapan pembelajaran. Kegiatan menyapa juga telah dihadirkan secara konsisten melalui teks di Google Classroom.

Saran

Selamat, kegiatan belajar yang telah baik dilanjutkan dan ditingkatkan, sementara yang perlu diadakan seperti video pembelajaran dan menyapa buatan sendiri oleh guru bisa diadakan minimal 2 kali dalam seminggu. Tetap semangat.

RPP PJOK Minggu VII

Komentar

RPP PJOK telah dibuat dengan baik dan apik yang memuat tujuan pembelajaran sesuai kompetensi PJOK pada standar kompetensi yang ada pada kurikulum. Kegiatan pembelajaran juga telah direncanakan menggunakan media literasi dan video pembelajaran buatan guru.

Saran

Terimakasih Pak Jik Purna yang telah membuat perencanaan pembelajaran tepat waktu sebelum pembelajaran dilaksanakan. Untuk penyempurnaan RPP agar sesuai dengan konteks Pandemi Covid 19, maka perlu disertakan tujuan pembelajaran yang mengerucut pada upaya penyadaran untuk peduli dalam hal mengikuti Prokes. Sekali lagi selamat dan terimakasih, praktik baik yang telah dilaksanakan untuk ditingkatkan dan berkelanjutan pada KBM berikutnya.

KBM PJOK Minggu VI

Komentar

Kegiatan belajar PJOK pada beberapa kelas yang terpantau telah berlangsung baik. Guru telah menghadirkan kegiatan belajar dengan panduan video buatan guru. Guru juga telah menggunakan berbagai platform pembelajaran seperti Whatsapp Group dan Google Classroom. Pada beberapa kelas juga terpantu guru menyajikan soal-soal.

Saran

Selamat, kegiatan belajar PJOK yang sudah baik mohon ditingkatkan dan dilanjutkan. Pada beberapa topik dapat diperkaya dengan menampilkan pembelajaran yang membuat siswa senang belajar, seperti menghadirkan video permainan, diman siswa diminta untuk mengomentarinya. Tetap semangat dan semangat.

RPP Agama Kelas Rendah

Komentar

Perencanaan pembelajaran Mapel Agama Kelas rendah telah dibuat dengan baik. Tujuan pembelajaran yang dibuat telah dikerjakan tepat waktu. RPP juga telah menunjukkan pemuatan kegiatan awal. Kegiatan inti yang direncanakan juga telah memuat tujuan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang dipersyaratkan

Saran

Selamat, praktik baik yang telah dirancang atau di gagas silahkan ditingkatkan dan dilaksanakan, selamat dan terimakasih.

KBM Agama Kelas Rendah

Komentar

Kegiatan belajar Minggu Vi Agama Hindu Kelas Rendah telah dilaksanakan dengan baik. Siswa dalam proses belajar itu telh berpartisipasi dengan aktif. Kegiatan belajar juga telah mengemukakan pengembangan sikap terkait bagaimana membiasakan kegiatan keseharian untuk pembiasaan membantu orang tua menyelenggarakan kegiatan yadnya sesa, sembahyang Tri Sandya setiap pagi dan sore hari.

Saran

Kegiatan praktik baik pelaksanaan pembelajaran Agama Hindu Kelas rendah telah berjalan dengan sangat baik. Mohon untuk praktik baik tersebut ditingkatkan dan dilanjutkan, suksma, sekali lagi selamat Bu Nengah Suartini.

RPP Agama Hindu Kelas Tinggi

Komentar

Perencanaan pembelajaran yang disusun pada Mapel Agama Hindu Kelas Tinggi telah baik. Muatan pelajaran telah membelajarkan konsep-konsep sesuai dengan materi pada kurikulum Agama Hindu yang diterapkan. Kegiatan belajar juga telah terpantau direncanakan melalui media Google Meet, Google Meet dan Whatsapp Group.

Saran

Selamat, hal-hal baik yang telah direncanakan harap ditingkatkan dan dilaksanakan secara berkelanjutan. Untuk kesempurnaan kegiatan pembelajaran agar sesekali menyesuaikan materi Agama Hindu lebih kontekstual dengan kehidupan anak di rumahnya masing-masing. Maksudnya adalah agar konsep yang disajikan yang masih bersifat abstrak dapat diimplementasikan secara lebih mudah dan nyata terutama dalam mengembangkan karakter positif anak. Selamat dan terimakasih.

KBM Agama Hindu Kelas Tinggi

Komentar

KBM yang diselenggarakan sudah sangat relevan dengan konteks pelajaran maupun konteks waktu, karena materi berdekatan dengan pelaksanaan Hari Raya Siwaratri. KBM juga sudah terpantau menggunakan Google Meet, dan juga menghadirkan video menyapa pada setiap kesempatan di Whatsapp Group.

Saran

Terimakasih, kepada Bu Wayan Rindi, telah menyajikan pembelajaran dengan baik, untuk praktik baik yang telah dilaksanakan untuk dilanjutkan dan ditingkatkan di pembelajaran selanjutnya. Selamat dan tetap semangat.

KBM Bahasa Bali

Komentar

Pelaksanaan KBM Bahasa Bali sebagai mapel muatan lokal juga sudah dilaksanakan dengan baik. Siswa juga telah ditugaskan untuk lebih mengenal Bahasa Bali dan Tulisan Bali sebagai sebuah Budaya Bali yang sangat wajib untuk dilestarikan.

Saran

Selamat, pelaksanaan pembelajaran Bahasa Bali yang telah dilaksanakan dengan baik untuk ditingkatkan dan berkelanjutan. Untuk melengkapi proses pembelajaran sertakan juga video berbahasa Bali dengan menggunakan huruf/aksara Bali. Terimakasih.

Komentar Umum

Penyusunan RPP Minggu VII telah dilaksanakan secara tepat waktu oleh guru-guru SD Negeri 7 Subagan. Hal ini dilakukan untuk memudahkan rekan-rekan dalam mengembangkan langkah pembelajaran, karena RPP nya telah tersusun dan siap untuk didiskusikan dengan kepala sekolah sebelum dilaksanakan. RPP yang sudah dikonsultasikan telah baik, dan hanya ada beberapa saja yang diberikan masukan terkait Teknik metodik pembelajaran beserta media yang digunakan. Selebihnya telah baik dan hal yang paling membanggakan adalah bahwa;

  1. Setiap awal kegiatan belajar, telah disertai narasi teks maupun video untuk mengingatkan anak dalam rangka pembiasaan di rumah, yang nantinya diharapkan berkembang menjadi bagian dari karakter anak-anak SD Negeri 7 Subagan
  2. Kehadiran video menyapa siswa juga telah membantu mendekatkan siswa dan orang tuanya dengan guru. Komunikasi yang lebih efektif seperti itu akan menjadi strategi bagi upaya mendekatkan hubungan sekolah dengan siswa walaupun kegiatan belajar dilakukan jarak jauh.
  3. Kegiatan penugasan telah dihadirkan dengan sangat kontekstual dimana mudah di cari di sekitar rumah siswa, atau di media internet, sehingga tidak membebani siswa
  4. Pengembangan karakter kritis dan rasa ingin tahu siswa juga telah dikembangkan dengan menghadirkan pembelajaran menantang melalui penugasan dengan menggunakan LKS
  5. Walaupun belum maksimal, tetapi penugasan kepada siswa untuk membiasakan kegiatan refleksi dan literasi turut menambah aktivitas belajar siswa
  6. Kehadiran penugasan melalui pembuatan jurnal siswa, telah membantu semakin melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran melalui pemberian komentar pada jurnal siswa.
  7. Walaupun belum maksimal kehadiran jurnal siswa telah memberi peluang kepada siswa sebagai sarana mengemukakan ide, perasaan melalui media tulis.

Penutup

Proses refleksi yang diselenggarakan oleh kepala sekolah merupakan upaya berkelanjutan yang dilaksanakan dalam rangka menjamin pelaksanaan pelayanan pendidikan yang diberikan oleh sekolah tetap berjalan maksimal walaupun KBM dilakukan dalam mode PJJ. Strategi ini kemudian penulis istilahkan dengan refleksi pra coaching. Strategi refleksi pra coaching diperlukan sebelum coaching dilaksanakan. Coaching baru dapat dilaksanakan jika guru telah berada dalam suasana dan kondisi tertantang dan ada upaya untuk menciptakan tujuan-tujuan terntentu. 

Strategi refleksi atau nantinya berlanjut pada coaching menjadi sangat penting, dilaksanakan untuk meminimalisir dari potensi Learning Loss yang mengancam siswa. Pelaksanaan pembelajaran mode PJJ  tanpa strategi tertentu dan masih mengakomodir cara-cara lama sudah harus ditinggalkan. Pola pikir perubahan itu nantinya akan terjadi jika setelah tahapan refleksi pra coaching ini dilakukan secara berkelanjutan dimana guru siap untuk berubah menuju kenyamanan baru. Maka saat itulah strategi coaching dapat efektif dilaksanakan. 

Pendekatan dan strategi baru secara perlahan akan ditemukan dan semakin nyaman digunakan jika dan hanya jika proses refleksi berkelanjutan ini dapat dilaksanakan. Sekali lagi hanya dengan refleksi seperti ini, kita tahu apa kelebihan dan kekurangan dari perencanaan dan KBM yang telah kita laksanakan. Semoga dengan deskripsi laporan ini dapat meningkatkan motivasi diri saya sebagai kepala sekolah untuk memperkuat diri dalam konsisten mengadakan kegiatan ini, sekaligus memotivasi guru untuk tetap nyaman dengan perubahan yang berkelanjutan ini.

Lihat laporan pembelajaran SD N 7 Subagan Minggu VI dan Minggu VII

 

loading...

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *