SUPERVISI BERBASIS REFLEKSI
Supervisi Berbasis Refleksi ini disajikan sebagai bentuk laporan pertanggung jawaban kepala sekolah dalam melaksanakan tupoksinya sebagai pemimpin pembelajaran. Hal ini juga sangat terkait dengan aktivitas penulis dalam mengikuti Diklat Pembekalan Calon Praktik Pengajar Guru Penggerak. Kalau berkenan mari disimak laporan pelaksanaan pembelajaran Minggu ke V dengan judul Supervisi Berbasis Refleksi
Baca Juga
- SUPERVISI REFLEKSI PEMBELAJARAN MODEL SCS SEAQIS
- LAPORAN REFLEKSI PERANGKAT PEMBELAJARAN DAN PROSES PEMBELAJARAN
- REFLEKSI PEMBELAJARAN BAGI PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA
- REFLEKSI PELAKSANAAN ULANGAN DAN UJIAN SEKOLAH
Pendahuluan
Perkembangan filosofi pendidikan terus berevolusi seiring semakin berkembangnya pemikiran tentang hakikat pendidikan itu sendiri. Mungkin kita masih ingat sewaktu kita menjadi siswa dahulu. Kalau boleh dikatakan hampir semuanya pendekatan pendidikan yang bersifat behavioristik merupakan landasan pemikiran guru waktu itu. Hal ini dapat dipahami bahwa waktu itu hakikat pendidikan adalah merubah perilaku yang awalnya buruk menjadi baik, awalnya tidak tahu menjadi tahu dan awalnya tidak bisa menjadi bisa. Seolah guru menjadi penentu perubahan perilaku siswa.
Saat ini pemikiran saat itu telah bergeser, bahwa hakikat pendidikan itu sesungguhnya bagaimana mengupayakan siswa belajar untuk memulai perilaku yang baik, mencari tahu agar tahu, berlatih untuk bisa. Keadaan ini berimplikasi dalam implementasi pendidikan itu sendiri. Maka dari itu guru dalam upaya mewujudkan hal itu harus mampu menggerakkan siswa, sehingga mulai bergerak untuk tumbuh dan berkembang melalui kegiatan belajar. Seiring dengan itu kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran harus juga dapat menggerakkan guru sehingga dapat menciptakan siswa-siswa yang mulai bergerak untuk belajar.
Singkat kata, perubahan paradigma filosofi pendidikan di atas telah juga merubah cara pandang pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, sehingga mengerucut pada peluncuran Program Guru Penggerak. Inovasi pemerintah ini dikatakan sebagai episode ke 5 dari kebijakan Merdeka Belajar yang bermuara pada bagaimana menciptakan generasi masa depan yang bertumpu pada pengembangan potensi dan bakatnya. Narasi di atas sangat gampang untuk dibicarakan tetapi ruang lingkup pembahasannya menjadi sangat kompleks dalam hal implementasinya.
Hal yang paling penting yang menjadi tujuan dari Pendidikan Guru Penggerak adalah bagaimana mewujudkan Karakter Profil Pelajar Pancasila pada siswa, melalui pembelajaran yang berbasis Kebijakan Merdeka Belajar. Kalau disimak lagi intisari dari Program Guru Penggerak adalah refleksi, yang menyasar pada guru maupun kepala sekolah.
Refleksi
Terkait dengan hal itu penulis kembali untuk menyajikan laporan supervisi pembelajaran, sebagai bagian dari pelaksanaan tupoksi yang paling strategis. Pada uraian di bawah ini akan disajikan uraian tugas refleksi baik dari perencanaan hingga pelaksanaan pembelajaran di SD Negeri 7 Subagan. Adapun point-point supervisi berbasis refleksi ini adalah terkait, RPP, strategi pembelajaran seperti termuat dalam Google Class Room dan Whatsapp Group, yang disajikan dalam bentuk komentar dan saran.
RPP Kelas I Minggu VI
Komentar
RPP Kelas I Minggu VI telah sangat lengkap dan baik sekali
Saran
Agar penyusunan RPP seminggu sebelum dilakukan dilanjutkan secara konsisten
KBM Minggu V
Komentar
Posting materi mohon diperbaiki agar runut dan sistematis, sehingga orang tua tidak bingung melihat pemuatan materi.
Saran
Agar bisa meminta bantuan rekan lain, untuk membimbing dalam hal menata tampilan materi sehingga orang tua tidak bingung. Mohon video menyapa agar rutin disajikan, agar anak-anak merasa diperhatikan, minimal dua kali dalam seminggu.
RPP Kelas II Minggu VI
Komentar
RPP telah dibuat dengan lengkap, telah memuat upaya pengembangan sikap berkolaborasi dengan orang tua, pembelajaran kontekstual dan angket pengukuran aspek sikap.
Saran
RPP telah disajikan, terimakasih. Selamat
KBM Kelas II Minggu V
Komentar
KBM di Google Classroom telah disajikan dengan sangat lengkap dan detail meliputi: guru menyapa siswa baik tertulis maupun video yang sudah disajikan hampir setiap hari, pada saat menyajikan materi guru juga telah melakukan kegiatan pembelajaran bervariasi mulai dari panduan belajar via Google Classroom, Whatsapp.
Saran
Kegiatan pembelajaran Minggu V telah sangat baik, mohon dipertahankan dan ditingkatkan secara berkelanjutan. Selamat dan terimakasih.
RPP Kelas III Minggu VI
Komentar
RPP Kelas II telah disajikan dengan baik, telah memuat komponen minimal RPP satu halaman, telah merencanakan pembelajaran yang mencerminkan penumbuhan karakter dengan pelibatan orang tua, telah merencanakan pembelajaran aktif.
Saran
Mohon dipertahankan dan dilaksanakan secara berkelanjutan. Selamat dan terimakasih.
0 Comments