Supervisi Berbasis Refleksi ini disajikan sebagai bentuk laporan pertanggung jawaban kepala sekolah dalam melaksanakan tupoksinya sebagai pemimpin pembelajaran. Hal ini juga sangat terkait dengan aktivitas penulis dalam mengikuti Diklat Pembekalan Calon Praktik Pengajar Guru Penggerak. Kalau berkenan mari disimak laporan pelaksanaan pembelajaran Minggu ke V dengan judul Supervisi Berbasis Refleksi

Baca Juga

Pendahuluan

Perkembangan filosofi pendidikan terus berevolusi seiring semakin berkembangnya pemikiran tentang hakikat pendidikan itu sendiri. Mungkin kita masih ingat sewaktu kita menjadi siswa dahulu. Kalau boleh dikatakan hampir semuanya pendekatan pendidikan yang bersifat behavioristik merupakan landasan pemikiran guru waktu itu. Hal ini dapat dipahami bahwa waktu itu hakikat pendidikan adalah merubah perilaku yang awalnya buruk menjadi baik, awalnya tidak tahu menjadi tahu dan awalnya tidak bisa menjadi bisa. Seolah guru menjadi penentu perubahan perilaku siswa. 

Saat ini pemikiran saat itu telah bergeser, bahwa hakikat pendidikan itu sesungguhnya bagaimana mengupayakan siswa belajar untuk memulai perilaku yang baik, mencari tahu agar tahu, berlatih untuk bisa. Keadaan ini berimplikasi dalam implementasi pendidikan itu sendiri. Maka dari itu guru dalam upaya mewujudkan hal itu harus mampu menggerakkan siswa, sehingga mulai bergerak untuk tumbuh dan berkembang melalui kegiatan belajar. Seiring dengan itu kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran harus juga dapat menggerakkan guru sehingga dapat menciptakan siswa-siswa yang mulai bergerak untuk belajar.

Singkat kata, perubahan paradigma filosofi pendidikan di atas telah juga merubah cara pandang pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, sehingga mengerucut pada peluncuran Program Guru Penggerak. Inovasi pemerintah ini dikatakan sebagai episode ke 5 dari kebijakan Merdeka Belajar yang bermuara pada bagaimana menciptakan generasi masa depan yang bertumpu pada pengembangan potensi dan bakatnya. Narasi di atas sangat gampang untuk dibicarakan tetapi ruang lingkup pembahasannya menjadi sangat kompleks dalam hal implementasinya.
Hal yang paling penting yang menjadi tujuan dari Pendidikan Guru Penggerak adalah bagaimana mewujudkan Karakter Profil Pelajar Pancasila pada siswa, melalui pembelajaran yang berbasis Kebijakan Merdeka Belajar. Kalau disimak lagi intisari dari Program Guru Penggerak adalah refleksi, yang menyasar pada guru maupun kepala sekolah.

Refleksi

Terkait dengan hal itu penulis kembali untuk menyajikan laporan supervisi pembelajaran, sebagai bagian dari pelaksanaan tupoksi yang paling strategis. Pada uraian di bawah ini akan disajikan uraian tugas refleksi baik dari perencanaan hingga pelaksanaan pembelajaran di SD Negeri 7 Subagan. Adapun point-point supervisi berbasis refleksi ini adalah terkait, RPP, strategi pembelajaran seperti termuat dalam Google Class Room dan Whatsapp Group, yang disajikan dalam bentuk komentar dan saran. 

RPP Kelas I Minggu VI

Komentar

RPP Kelas I Minggu VI telah sangat lengkap dan baik sekali

Saran

Agar penyusunan RPP seminggu sebelum dilakukan dilanjutkan secara konsisten

KBM Minggu V

Komentar

Posting materi mohon diperbaiki agar runut dan sistematis, sehingga orang tua tidak bingung melihat pemuatan materi.

Saran

Agar bisa meminta bantuan rekan lain, untuk membimbing dalam hal menata tampilan materi sehingga orang tua tidak bingung. Mohon video menyapa agar rutin disajikan, agar anak-anak merasa diperhatikan, minimal dua kali dalam seminggu.

RPP Kelas II Minggu VI

Komentar

RPP telah dibuat dengan lengkap, telah memuat upaya pengembangan sikap berkolaborasi dengan orang tua, pembelajaran kontekstual dan angket pengukuran aspek sikap.

Saran

RPP telah disajikan, terimakasih. Selamat

KBM Kelas II Minggu V

Komentar

KBM di Google Classroom telah disajikan dengan sangat lengkap dan detail meliputi: guru menyapa siswa baik tertulis maupun video yang sudah disajikan hampir setiap hari, pada saat menyajikan materi guru juga telah melakukan kegiatan pembelajaran bervariasi mulai dari panduan belajar via Google Classroom, Whatsapp.

Saran

Kegiatan pembelajaran Minggu V telah sangat baik, mohon dipertahankan dan ditingkatkan secara berkelanjutan. Selamat dan terimakasih.

RPP Kelas III Minggu VI

Komentar

RPP Kelas II telah disajikan dengan baik, telah memuat komponen minimal RPP satu halaman, telah merencanakan pembelajaran yang mencerminkan penumbuhan karakter dengan pelibatan orang tua, telah merencanakan pembelajaran aktif.

Saran

Mohon dipertahankan dan dilaksanakan secara berkelanjutan. Selamat dan terimakasih.

KBM Kelas III Minggu V

Komentar

KBM telah berlangsung dengan sangat baik dimana guru telah menyajikan pembelajaran dengan baik dimana telah menyediakan video dan teks guru menyapa, guru juga sudah terpantau menyajikan pembelajaran melalui video sebagai panduan belajar, guru juga sudah terpantau memanfaatkan Whatsapp Group untuk berdiskusi dengan siswa.

Saran

Selamat dan terimakasih atas praktik baik yang telah dilakukan dan diharapkan untuk ditingkatkan dan dilaksanakan secara berkelanjutan.

RPP Kelas IV Minggu V

 

Komentar

Penyajian RPP Minggu VI Kelas IV telah sangat baik. Upaya mengembangkan karakter anak bekerjasama dengan orang tua telah terjadi. Demikian pula rencana pembelajaran yang menyajikan kegiatan belajar dengan panduan video yang dibuat oleh guru juga telah dirancang.

Saran

Agar praktik baik yang telah dilakukan dilanjutkan dan ditingkatkan intensitasnya. Selamat dan terimakasih.

KBM Kelas IV Minggu V

 

Komentar

KBM kelas IV telah berjalan dengan baik. Guru telah berupaya menghadirkan media dan panduan belajar berupa video baik dari youtube dan buatan guru itu sendiri. Kegiatan belajar kontekstual seperti mengaitkan antara peringatan HUT RI dengan gerakan angin.

Saran

KBM telah berlangsung baik, pertahankan dan tingkatkan

RPP Kelas V Minggu VI

 

Komentar

Perencanaan pembelajaran di kelas V telah disajikan dengan baik. Dimana guru telah merumuskan tujuan yang mengarahkan kegiatan belajar berpusat pada siswa. RPP juga telah memuat upaya pengembangan karakter anak berkolaborasi dengan orang tua.

Saran

RPP telah dirancang baik agar ditingkatkan dan dirancang secara berkesinambungan. Selamat Terima Kasih.

KBM Kelas V Minggu V

Komentar

KBM Kelas V telah berlangsung optimal. Variasi kegiatan belajar telah nampak berlangsung secara berkelanjutan. Guru telah menyapa siswa dengan teks, sebagai perwujudan pengambangan karakter berkolaborasi dengan orang tua. Guru juga telah menyajikan video panduan belajar, yang sedikit banyak telah membantu siswa dalam belajar. Guru juga telah terpantau melayani siswa hingga larut malam untuk mengingatkan tentang kegiatan belajar esok.

Saran

Praktik baik yang telah dilakukan agar dipertahankan, ditingkatkan secara berkelanjutan. Selamat, terima kasih.

RPP Kelas VI Minggu VI

Komentar

Penyajian RPP oleh guru kelas VI telah sangat baik. Perencanaan pembelajaran telah memuat upaya pengambangan sikap dan karakter dengan berkolaborasi dengan orang tua.

Saran

Agar capaian yang telah bagus ini ditingkatkan dan dilanjutkan.

KBM Kelas VI Minggu V

Komentar

KBM kelas VI telah berlangsung dengan baik, dimana guru telah memotivasi siswa untuk belajar melalui kegiatan menyapa. Guru juga telah mengantarkan pembelajaran melalui video baik youtube maupun buatan sendiri.

Saran

Agar kegiatan praktik baik dalam pembelajaran ditingkatkan dan dilanjutkan secara konsisten. Selamat terima kasih.

RPP Mapel Agama Kelas Tinggi Minggu VI

Komentar

Penyajian RPP sudah baik, telah memuat pengembangan sikap, rencana guru menyapa siswa dan kegiatan pembelajaran telah mendorong siswa untuk aktif belajar.

Saran

Praktik baik yang telah dilakukan agar dilanjutkan, mohon tambahkan langkah pembelajaran yang menggunakan video Wejangan Krisna kepada Arjuna. Selamat, Semangat dan terimakasih.

KBM Agama Hindu Kelas Tinggi Minggu V

Komentar

Sajian pembelajaran telah sangat bagus, yang telah memuat tentang bagaimana membelajarkan siswa agar aktif. Guru juga telah menampilkan pembelajaran yang mendorong pengembangan sikap dalam kehidupan sehari-hari. Dukusi intensif juga telah nampak pada proses pembelajaran di Whatsapp.

Saran

Praktik baik yang telah dilakukan agar ditingkatkan dan dilanjutkan. Saran saya mengenai LKS kalau berkenan agar seperti ini!

RPP Mapel Agama Kelas Rendah Minggu VI

Komentar

RPP telah disajikan tepat waktu dan sangat baik. RPP telah memuat upaya mendorong pengembangan sikap, keaktifan belajar, refleksi dan literasi. 

Saran

Praktik baik yang telah dilakukan agar ditingkatkan dan dilanjutkan secara konsisten. Upayakan pengetikan agar diedit lagi agar sesuai dengan kaidah penggunaan tanda baca. Terimakasih, selamat dan semangat.

KBM Agama Hindu Kelas Rendah Minggu V

Komentar

KBM Mapel Agama Hindu di Kelas Rendah telah berjalan baik. Guru telah menghadirkan kegiatan menyapa dengan teks, telah menghadirkan himbauan pengembangan karakter spiritual terkait pembiasaan Tri Sandya.

Saran

Praktik baik yang telah dilakukan agar ditingkatkan dan dilanjutkan secara konsisten. Jika memungkinkan agar dihadirkan video Trisandya buatan guru, sepertinya lebih pass. Semanta, Selamat, terima kasih.

RPP Mapel PJOK

Komentar

RPP PJOK telah memuat komponen pembelajaran kontekstual yang mampu melibatkan siswa secara aktif. Pada RPP juga telah dimuat pengembangan karakter dan prosedur perilaku yang mengedepankan Prokes. Demikian pula guru telah merencanakan pembelajaran yang dipandu dengan video buatan sendiri.

Saran

Praktik baik yang telah dilakukan dalam perancangan RPP agar ditingkatkan dan dilanjutkan secara konsisten. Sekian terima kasih, selamat dan tetap semangat.

KBM Mapel PJOK

Kegiatan pembelajaran PJOK terpantau baik di Google Classroom dan di Whatsapp Group. Kehadiran video panduan buatan guru akan sangat membantu untuk memotivasi siswa dalam belajar. Demikian pula kehadiran guru untuk mengingatkan terkait pengembangan sikap dan mematuhi protokol kesehatan juga telah baik.

Saran

Praktik baik yang sudah dilakukan agar ditingkatkan, dilanjutkan secara berkelanjutan. Terimakasih, selamat dan tetap semangat.

RPP dan KBM Bahasa Bali

RPP Bahasa Bali belum direncanakan oleh guru, tetapi telah dimuat dalam kegiatan pembelajaran baik melalui Whatsapp Group dan Google Classroom. Terimakasih dan semangat.

Komentar Umum

Kegiatan pembelajaran di SD Negeri 7 Subagan telah berlangsung baik. Sejauh ini efektifitas pembelajaran telah terpantau baik, akan tetapi pengukuran secara valid masih sedang direncanakan oleh kepala sekolah. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran riil dapat terpantau. Kegiatan refleksi mingguan ini tidak terlepas dari kelebihan dan kekurangan. Adapun masukan dan saran dari rekan-rekan guru, orang tua dan bahkan siswa perlu dilakukan untuk memaksimalkan proses refleksi, yang semata-mata untuk mengoptimalkan aktivitas siswa dalam belajar.

Saran Umum

Saran yang bisa dikemukakan adalah, agar praktik baik yang telah dilakukan guru dapat ditingkatkan dan dilaksanakan secara berkelanjutan. Memulai sesuatu yang baik adalah sangat mudah, tetapi yang menjadi tantangan adalah bagaimana menjaga agar kegiatan ini dapat berlanjut secara konsisten. Saya sangat mengharapkan dukungan dan peran serta kawan-kawan guru, orang tua dan siswa, sehingga kegiatan ini dapat berlanjut. Tanpa dukungan itu, refleksi sebagus apapun tidak ada gunannya.

Situs lengkap laporan minggu v ada di sini

loading...

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *