Menyambut Hari Kemerdekaan RI saat ini masih berlangsung dalam suasana Pandemi Covid-19. Masih seperti tahun lalu, suasana Hari Kemerdekaan tidak semarak seperti tahun-tahun sebelumnya. Mungkin hal ini, merupakan esensi perubahan itu sendiri. Perubahan tidak dapat diprediksi secara pasti sebelumnya, mungkin hanya Tuhan yang tahu terkait dengan hal ini.

Menyambut hari kemerdekaan RI ke 76 saat ini, dihadirkan dalam bentuk refleksi sebagai upaya berjuang memajukan kompetensi diri. Hal ini terinspirasi dari semangat para pejuang kemerdekaan yang secara iklas berkorban untuk memperjuangkan kemerdekaan. Perayaan dengan mode seremonial dan simbolik di masa Pandemi Covid-19 ini tidak mungkin dilaksnakan. Kenapa tidak dilakukan dengan kerja nyata saja. Walaupun kecil, tetapi semoga dapat memaknai semangat juang para perintis kemerdekaan. Mereka berjuang mengorbankan jiwa dan raga, kita berjuang mengorbankan waktu dan pemikiran, sekiranya belum setimpal dengan jasa-jasa mereka.

Pembaca yang budiman dan murah hati, penulis berupaya mamaknai jiwa para pejuang melalui ulasan berikut. Pembaca yang berjiwa pejuang, belum lengkap jika tidak iklas untuk membaca tulisan ini. Seberapapun jeleknya tulisan ini, sebagai upaya memaknai jiwa para pejuang, maka wajib untuk iklas membacanya. MERDEKA

Baca Juga


Pendahuluan

Refleksi adalah salah satu bentuk upaya melihat balik proses pembelajaran yang telah dilaksanakan, yang dilanjutkan dengan melihat perencanaan guru pada minggu berikutnya. Hal ini sangat penting dilakukan bukan sebagai bentuk intimidasi atau mencari kesalahan, tetapi lebih kepada semangat bersama menyesuaikan diri dengan perubahan yang sedang terjadi. Tanpa upaya secara bergotong-royong dalam upaya beradaptasi terhadap perubahan, maka yang akan terjadi adalah kegagalan adaptasi. Kegagalan dalam beradaptasi akan berdampak pada ketertinggalan, yang memerlukan energi sangat besar dalam upaya mengejarnya.

Bayangkan saja ketika kita berlari, ketika kita beristirahat terlalu lama, maka membutuhkan energi yang sangat besar untuk mengejar ketertinggalan tersebut. Berbeda halnya dengan istirahat yang kita lakukan dilakukan sesuai kebutuhan. Terlalu nyaman beristirahat yang lama maka akan berdampak pada kita telah tertinggal jauh. Maka kembali penulis sampaikan, energi yang diperlukan untuk mengejar akan semakin besar. Jika sampai hal ini terjadi, akan berdampak pada upaya untuk berubah merupakan pekerjaan berat.

Upaya mengantisipasi ketertinggalan dalam menyesuaikan diri dengan perubahan tuntutan pendidikan harus dilakukan jika tidak ingin tertinggal.  Maka tidak ada cara lain adalah secara perlahan tetapi berkelanjutan untuk berlari kecil, untuk mengejar ketertinggalan. Artinya hal sekecil apapun wajib dilakukan untuk dicicil sedikit demi sedikit sehingga kita tidak tertinggal jauh dalam hal kompetensi.

Pemikiran itulah yang menjadi landasan penulis melakukan refleksi berkelanjutan untuk memastikan guru dan siswa dapat beradaptasi dengan perubahan tersebut. Kenapa harus dilaksanakan konsisten? Karena perubahan yang kecil tetapi dilaksanakan secara berkelanjutan akan menjamin penyesuaian terhadap perubahan itu akan terjadi. Sekali saja berhenti atau tidak konsisten akan berdampak sangat buruk pada upaya perubahan tersebut. Orang akan mulai berpikir untuk mengabaikan upaya perubahan itu. Guru akan dianggap tidak serius, dan sekedar saja dalam melakukan tugasnya. Guru yang layak ditiru saja sudah tidak serius, apalagi siswanya.

Pekerjaan ini bukan pekerjaan mudah, tidak semudah mengucapkan “Ayo kita berubah”, tetapi di balik himbauan itu diperlukan beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu:

  1. Keberlanjutan, kembali penulis ulangi, keberlanjutan adalah hal yang niscaya harus dimiliki dalam mengusung upaya perubahan
  2. Bersedia belajar, guru dan siswa harus bersedia belajar secara berkelanjutan untuk memahami dan menguasai elemen-elemen perubahan tersebut
  3. Motivasi, hal ini merupakan hal yang sangat penting dimiliki sebagai bentuk dampak dari pemikiran perubahan tersebut. Motivasi adalah energi pendorong utama perubahan. Motivasi bersumber dari pemikiran atas kesadaran pentingnya perubahan. Motivasi diri untuk berubah yang kuat merupakan hal yang paling utama, sedangkan motivasi eksternal adalah upaya menumbuhkan motivasi internal dimaksud.
  4. Keteladanan, kepala sekolah merupakan teladan dari guru, guru merupakan teladan bagi siswa, maka perubahan dimaksud harus dapat diteladani baik oleh kepala sekolah dan guru sebelum siswanya dapat melakukan perubahan.
  5. Memelihara perubahan, perubahan yang terjadi tidak akan berlangsung lama jika tidak dipelihara. Pelaku perubahan tidak akan dapat memacu perubahan jika perubahan yang telah terjadi tidak terpelihara. Upaya memelihara perubahan itu harus diikuti dengan penguatan dan penghargaan, Pujian sekecil apapun yang dilakukan akan sangat berharga bagi upaya menjamin semangat perubahan itu akan dapat dilaksanakan.

Refleksi Pembelajaran Sesi Menyambut Hari Kemerdekaan

Kegiatan Menyambut Hari Kemerdekaan RI, penulis mencoba kembali mengadakan refleksi pembelajaran Minggu IV disertai meninjau RPP Minggu V. Apakah hubungan antara menyambut hari kemerdekaan dengan refleksi pembelajaran? Sesungguhnya hubungan tersebut hanya sebatas momen yang bersamaan saja, antara semangat menyambut hari kemerdekaan, agar tercermin dalam semangat dalam rangka secara berkelanjutan mengadakan perbaikan kinerja. Atau mungkin jika mau mencari judul alternatif adalah “Menyambut Hari Kemerdekaan dan Upaya Meningkatkan Kinerja”.

Pembelajaran Kelas I

Komentar

Aktivitas guru dalam meningkatkan partisipasi anak telah berlangsung baik. Guru setelah menyajikan pembelajaran pada Google Classroom, Whatsapp, dan juga telah melakukan bimbingan klinis. Tugas-tugas yang disajikan telah dipandu dengan video salam pembuka dan materi pembelajaran.

Saran

Mohon frekuensi penyajian materi dengan video intensitasnya ditingkatkan, dan sesekali upayakan dengan Google Meet.

RPP Kelas I Minggu V

Komentar

RPP telah disajikan secara baik dan untuk dilaksanakan dengan baik, pada pembelajaran Minggu V ini.

Saran

Tetap semangat

Pembelajaran Kelas II

Komentar

Proses pembelajaran di Kelas II telah berlangsung baik sekali, dimana selain melalui Whatsapp, Google Classroom, guru juga telah membuat video menyapa siswa sebagai pengantar dalam upaya pembentukan sikap. Demikian pula guru telah menghadirkan video materi pembelajaran sebagai panduan belajar anak-anak yang belajar didampingi orang tua. Terpantau juga diskusi dalam membuat kesepakatan belajar antara orang tua dengan guru.

Saran

Kegiatan pembelajaran yang telah baik mohon dipertahankan dan dilanjutkan. Tetap semangat.

RPP Kelas II Minggu V

Komentar

RPP Minggu V telah disusun dengan mengandung konten pembelajaran yang inovatif, sesuai dan adaptif dengan kondisi Kurikulum Darurat Covid-19. Beberapa langkah pembelajaran yang dilaksanakan juga telah sangat baik, yang mengakomodir optimalisasi partisipasi aktif siswa dalam belajar.

Saran

Pertahankan, tingkatkan dan tetap semangat.

Pembelajaran Kelas III

Komentar

Pembelajaran Kelas III, telah berlangsung baik, dimana guru telah menyajikan kelengkapan pembelajaran seperti kegiatan awal, absensi, tugas, pengisian jurnal harian, dan kegiatan akhir di Google Classroom. Tidak ada lagi nampak kalimat pendek dalam petunjuk guru, soal-soal yang disajikan juga telah mulai bernuansa HOTS. Selain itu aktivitas belajar juga sudah terpantau pada Whatsapp Group dimana guru telah menyapa siswa sebagai bentuk pengembangan sikap dan video kreativitas siswa sebagai bentuk perwujudan keterampilan proses IPA dalam hal mengkomunikasikan karya.

Saran

Selamat, pembelajaran telah berlangsung baik, mohon dipertahankan dan ditingkatkan, tetap semangat.

RPP Kelas III Minggu V

Komentar

RPP Kelas III, telah dibuat dan disajikan tepat waktu sebelum pembelajaran Minggu V dilaksanakan. Konten RPP juga telah baik, yang terpantau telah berupaya meningkatkan aktivitas belajar siswa. Tidak lagi ada nampak perencanaan yang asal-asalan, dan telah dikaji dengan seksama. Terimakasih tetap semangat.

Saran

Selamat, mohon untuk ditingkatkan dan dilanjutkan secara konsisten, tetap semangat.

Pembelajaran Kelas IV

Komentar

Pembelajaran di kelas IV sudah berlangsung sangat baik, dimana Guru sudah menyajikan materi melalui Google Classroom dengan fitur yang lengkap, seperti kegiatan awal yang disertai video menyapa siswa, absensi, kegiatan inti (materi) berupa sajian materi dari youtube dan video guru sendiri, tugas dengan menghadirkan soal HOTS, membuat jurnal, kegiatan refleksi dan literasi harian. Pembelajaran juga terpantau di Whatsapp Group dan kadang-kadang menggunakan Google Meet. Praktik baik dari beliau adalah secara rutin membuat video panduan kegiatan eksperimen untuk meningkatkan pencapaian proses sains, yang optimal dilaksanakan pada pembelajaran IPA.

Saran

Terimakasih, selamat, mohon pelaksanaannya dipertahankan dan dilanjutkan secara konsisten.

RPP Kelas IV Minggu V

Komentar

RPP Kelas IV Minggu V telah disajikan dengan baik, dengan komponen yang lengkap, sebagian besar nampak menggunakan Model Discovery Learning, dimana menyertakan langkah pembelajaran yang menggunakan metode  eksperimen. RPP juga telah disertai LKS.

Saran

Terimakasih, selamat, dan mohon dipertahankan dan dilanjutkan.

Pembelajaran Kelas V

Komentar

Pembelajaran di Kelas V telah berlangsung baik, dimana guru telah menghadirkan materi baik di Google Classroom, Whatsapp Group dan Google Meet. Diskusi juga berlangsung sangat aktif di Whatsapp Group secara tiga arah baik guru, siswa dan orang tua. Praktik baik di pembelajaran Kelas V adalah bagaimana orang tua telah aktif terlibat memberikan masukan dan saran kepada proses pembelajaran. Hal ini menunjukkan kepedulian orang tua daan aktivitas pendampingan anak tergolong baik. Proses pembelajaran telah terpantu menggunakan Inquiry Base Learning, dimana siswa terpantau aktif dalam diskusi.

Saran

Selamat, terimakasih, pembelajaran yang telah baik harap dilanjutkan dan ditingkatkan. Harap sesekali menghadirkan LKS dalam proses pembelajaran, karena untuk kelas V hal ini sangat relevan dalam penerapan Model Problem Base Learning dan atau Project base Learning, yang pernah dilakukan sebelumnya. Sering-seringlah menggunakan Inquiry Base Learning, untuk membuat siswa aktif belajar mencari sumber informasi terkait materi, karena guru bukan satu-satunya sumber belajar.

RPP Kelas V Minggu V

Komentar

Sebagian besar langkah pembelajaran telah berlangsung baik, mohon untuk dipertahankan dan ditingkatkan, terutama kegiatan belajar yang menggunakan Google Meet.

Saran

Terima Kasih, selamat untuk perencanaan yang telah disusun secara baik. Satu hal masukan dari saya, perbaiki langkah pembelajaran Hari Rabu, dimana siswa diarahkan menggunakan Aplikasi Google Earth pada materi tentang kondisi geografis Indonesia.Materi tersebut dapat diajarkan dengan Inquiry Base Learning berbasis metode demonstrasi atau penugasan lain yang relevan.

Pembelajaran Kelas VI

Komentar

Pembelajaran Kelas VI telah berlangsung baik, dimana guru telah menyajikan materi melalui Google Classroom, Whatsapp Group dan Google Meet. Pembelajaran juga telah menggunakan model pembelajaran Project base Learning, dengang menghadirkan LKS sebagai panduan percobaan. Pelaksanaan pembelajaran ini merupakan Praktik Baik dari kegiatan belajar kelas VI ini.  Kegiatan pembelajaran juga telah menggunakan panduan video, baik pada saat menyapa dan pelaksanaan pembelajaran.

Saran

Selamat, terima kasih, kepada Ibu Guru yang telah menyelenggarakan pembelajaran secara baik, mohon untuk ditingkatkan dan dilanjutkan secara konsisten.

RPP Kelas VI Minggu V

Komentar

Langkah pembelajaran telah berlangsung baik, terutama pada Best Practices kegiatan pembelajaran kelas VI. RPP yang disajikan telah memuat model Project Base Learning dalam hal mengamati pertumbuhan tanaman cabai. RPP ini merupakan RPP modifikasi yang sengaja dibuat untuk mengakomodir PjBL dapat diterapkan dalam pembelajaran.

Saran

Terimakasih, selamat kepada guru Kelas VI yang telah menyajikan materi dengan menerapkan model PjBL, terutama dalam konteks pembelajaran berbasis keterampilan proses IPA. Mohon untuk ditingkatkan dan dilanjutkan secara konsisten di masa yang akan datang.

Pembelajaran Agama Hindu Kelas Tinggi

Komentar

Pembelajaran sudah berlangsung baik, dimana guru telah menghadirkan proses pembelajaran melalui platform Google Classroom, Whatsapp Group, disertai video menyapa terkait pelaksanaan kegiatan meyadnya di keseharian anak-anak Hindu di rumahnya masing-masing. Guru juga telah menghadirkan pengantar materi pelajaran dengan video.

Saran

Terimakasih, dan selamat atas kegiatan pembelajaran inovatif yang telah diselenggarakan. Perbaikan kepada LKS yang disajikan hendaknya langkah kegiatan, bukan kepada penugasan siswa menjawab soal. Terimakasih.

RPP Agama Hindu Kelas Tinggi

Komentar

RPP yang disajikan telah baik, dimana secara kreatif bersifat mingguan. Komponen RPP juga telah menunjukkan kelengkapan.

Saran

Mohon agar rencana penyajian materi dikondisikan agar lebih sesuai dengan tingkat berpikir siswa, dimana penugasan mempelajari Kitab Bhagawad Gita memiliki karakteristik materi yang kompleks. Guru dapat memilihkan materi yang gampang dicerna siswa, tetapi masih terkait dengan materi dimaksud.

Pembelajaran Agama Hindu Kelas Rendah

Komentar

Kegiatan pembelajaran Materi Agama Hindu Kelas Rendah telah berlangsung baik, dimana guru telah menyajikan materi baik melalui Google Classroom dan Whatsapp. Guru juga telah menghadirkan soal-soal Hots.

Saran

Hendaknya materi yang disajikan lebih kontekstual, dengan pengalaman hidup keseharian siswa melakukan aktivitas keagamaan di rumah masing-masing. Selamat, lanjutkan yang sudah baik, dan tingkatkan agar lebih baik lagi. Semangat.

RPP Agama Hindu Kelas Rendah

Komentar

RPP Agama Hindu telah disajikan dengan baik yang mengakomodir kelengkapan minimal sebuah perencanaan pembelajaran.

Saran

Hendaknya lebih banyak menyajikan materi pembelajaran yang bersifat kontekstual sesuai dengan kehidupan keseharian siswa dalam menjalankan ajaran Agama Hindu. Selamat dan terimakasih atas kegiatan belajar inovatif yang telah dilakukan.

Pembelajaran PJOK

Komentar

Pembelajaran PJOK telah berlangsung baik, dimana guru telah menghadirkan materi, dan video pengantar materi pembelajaran di Google Classroom dan Whatsapp.

Saran

Mohon untuk sesekali membuat video pembelajaran sendiri dimana guru langsung menyampaikan materi. Terimakasih dan mohon untuk peningkatan variasi pembelajaran yang diselenggarakan oleh guru agar meningkat dan berkelanjutan di masa yang akan datang. Tetap Semangat.

RPP PJOK Minggu V

Komentar

Perencanaan pembelajaran PJOK telah berlangsung secara baik, dimana guru telah membuat RPP mingguan dengan berpatokan pada KI/KD Kurikulum yang telah disederhanakan.  Pada RPP minggu ke V ini guru PJOK telah menghadirkan video pembelajaran buatan sendiri, selain untuk menyapa siswa, juga untuk materi pembelajaran itu sendiri.

Saran

Agar apa yang telah dilakukan untuk dipertahankan dan ditingkatkan. Selamat dan terimakasih.

Pembelajaran Bahasa Bali

Pembelajaran mata pelajaran Bahasa Bali juga telah dilaksanakan, dengan baik. Materi telah disajikan baik melalui Google Classroom dan Whatsapp Group.

Saran

Pembelajaran Bahasa Bali, lebih baik disajikan dalam bentuk penugasan bagaimana menggunakan tata Bahasa Bali, sor singgih base yang dikomunikasikan secara lisan, seperti kegiatan perkenalan, menjelaskan petunjuk jalan dan lain-lainnya.

Refleksi Umum

Menyambut hari kemerdekaan dapat diisi dengan acara bermacam-macam, seperti upacara bendera, pameran, lomba-lomba dan lain sebagainya. Tetapi perlu diingat, menyambut hari kemerdekaan dapat juga diisi dengan memaknai semangat para pahlawan secara nyata dalam upaya meningkatkan kinerja. Acara simbolis dan seremonial masih tetap relevan, tetapi alangkah bagusnya jika semangat dan kerelaan para pahlaawn dalam berkorban tersebut diisi dengna kerja nyata. Semangat para pahlawan itu kita terjemahkan dalam semangat rela berkorban pada berbagai bidang kehidupan demi kemaslahatan bersama, seperti salah satunya memajukan pendidikan.

Hal itulah yang coba penulis lakukan misalnya bagaimana mengupayakan refleksi pembelajaran yang dilakukan guru secara iklas dan nyata. Sebagaimana penulis beranggapan bahwa semoga kerja nyata dalam merefleksi pembelajaran guru dapat berkontribusi dalam upaya memajukan pendidikan, mulai dari ruang lingkup peribadi yang akan berdampak pada lingkungan sekitar kita. MERDEKA


Info lengkap mengenai RPP di sini

 

 

 

 

 

 

 

loading...

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *