QITEP IN SCIENCE

\    

Pengantar

Setelah setahun tertunda, akhirnya program Training Course on Science Classroom Supervision yang diselenggarakan SEAMEO QITEP in Science (SEAQIS) akhirnya diselenggarakan mulai tanggal 05 s/d 14 Agustus 2021. Kegiatan yang rencananya diselenggarakan pada tanggal 17 s.d. 24 Maret 2020 bertempat di Hotel Banana Inn Bandung, Jl. Dr. Setiabudi No. 191, Kota Bandung, Jawa Barat, direschedule menjadi tanggal 13 s.d. 17 Juli 2021 juga dengan moda tatap muka. Tetapi karena Pandemi Covid-19 terus merebak, kegiatan akhirnya di reschedule kembali menjadi tanggal 05 – 14 Agustus 2021 dengan moda daring. Setelah menerima jadwal kegiatan dari panitia, kegiatan meliputi durasi harian yang padat, berkisar mulai pukul 09.00 Wita sampai 20.00 Wita. 

Seperti tertuang dalam deskripsi program tersebut dinyatakan bahwa SEAMEO QITEP in SCIENCE (SEAQIS) merupakan salah satu dari 24 pusat kegiatan yang berada di bawah South Asian Minister Education Organization (SEAMEO). Organisasi tersebut memiliki tugas dan fungsi meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan di bidang sains untuk cakupan Asia Tenggara. Tugas ini pun tertuang  dalam Enabling Instrumen SEAQIS sebagai tujuan dari pendirian SEAQIS.

Upaya mendukung pengembangan pendidikan di Abad 21, SEAQIS telah mengembangkan program-program yang mendukung Adapting a 21st Century Curriculum sebagai salah satu dari tujuh area prioritas SEAMEO (SEAMEO 7 Priority Areas). Hal ini sebagai upaya untuk menjawab berbagai tantangan di Abad-21 yang semakin kompleks dan dinamis yang mendorong urgensi pengembangan standar pendidikan yang relevan dengan perkembangan zaman.

Dalam upaya pencapaian standar pengelolaan pendidikan, diperlukan kegiatan penjaminan mutu, melalui aktivitas pemantauan, supervisi, dan evaluasi, kegiatan-kegiatan ini antara lain dilakukan oleh pengawas maupun kepala sekolah. Sebagai upaya untuk membekali pengawas dan kepala sekolah dengan kemampuan menjamin mutu kegiatan pembelajaran, khususnya pembelajaran IPA, SEAQIS menyelenggarakan Training Course on Science Classroom Supervision.

Training Course on Science Classroom Supervision bagi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah membantu dalam mencapai peningkatan efektifitas pengelolaan sekolah dan penjaminan mutu, sehingga menghasilkan sekolah yang dapat berkontribusi secara signifikan dalam membentuk lingkungan sekolah menjadi masyarakat ilmiah.

Baca Juga

 

Materi Pelatihan Training Course on Science Classroom Supervision

Pada tahun ini SEAQIS akan menyelenggarakan Training Course on Science Classroom Supervision melalui moda daring dengan metode Synchronous dan Asynchronous bagi kepala sekolah dan pengawas sekolah dengan materi dan jadwal berikut:

  1. Kecenderungan dan Isu Pendidikan Global
  2. SEAQIS Flagship Programme
  3. Hakikat IPA
  4. Pembelajaran IPA
  5. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan
  6. Supervisi Pembelajaran IPA
  7. TIndak Lanjut Hasil Supervisi
  8. Pengembangan Program PKB Guru
  9. Pretes, Postes dan RTL

Pada pelatihan Training Course on Science Classroom Supervision peserta akan mendapatkan informasi tentang kecenderungan dan isu pendidikan global misalnya tentang  pembelajaran STEM dan SEAQIS Flagship Programme. Peserta akan mempelajari bagaimana pembelajaran IPA harus disajikan sesuai dengan perkembangan zaman yaitu bagaimana meningkatkan keterampilan Abad-21, serta berpikir kritis, pemecahan masalah, serta literasi dan numerasi pada peserta didik. Selain itu, pada pelatihan inipun akan dibahas sistem penjaminan mutu pendidikan dan bagaimana penjaminan mutu pembelajaran supervisi pembelajaran IPA.

SEAQIS QITEP in SCIENCE

Flagship Programme SEAQIS QITEP In Science, dimana salah satu kegiatannya diimplementasikan pada Training Course on Science Classroom Supervision, selain hal lain yang menjadi bidang kegiatannya. SEAMEO QITEP in SCIENCE, merupakan salah satu organisasi pada tahun 1965 dengan sekretariat berlokasi di Bangkok Thailand dengan member countries yaitu Laos, Indonesia Vietnam, Filipina, Brunei Darussalam, Kamboja, Malaysia, Myanmar, Thailand, Singapura dan Timor Leste. Selain anggota tetapi ada juga negara yang menjadi Associate Member dan organisasi lembaga peduli pendidikan internasional yang menjadi Affiliate Member.

Visi Misi

Bersumber dari pemaparan Pak Reza yang menyampaikan materi tentang profil dari SEAQIS QITEP in SCIENCE bahwa visi dari organisasi ini adalah menjadi pusat pengembangan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan di bidang sains menuju pembangunan berkelanjutan di Asia Tenggara. Visi tersebut selanjutnya menurut beliau dijabarkan ke dalam misi yaitu:

  1. Menyelenggarakan program-program yang relevan dan berkualitas untuk meningkatkan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan dalam bidang pendidikan sains di Asia Tenggara
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan di bidang pendidikan sains, manajemen sekolah, kebijakan publik, serta bidang lainnya yang sesuai dengan tugas dan fungsi QITEP in SCIENCE
  3. Mengembangkan jejaring melalui berbagai sumber daya dan informasi untuk mendukung visibilitas dan kepemimpinan
  4. Menyediakan  data dan informasi terkini di bidang pendidikan sains sebagai referensi bagi para pengambil kebijakan
  5. Meningkatkan kualitas manajemen sumberdaya QITEP in SCIENCE untuk menciptakan pelayanan yang prima

Nilai-nilai yang dikembangkan QITEP in SCIENCE adalah Quality, Innovativeness,  Togetherness, Empowerment, Professionalism yang salah satunya dikembangkan melalui kegiatan Training Course on Science Classroom Supervision

Kegiatan QITEP

Dalam rangka mengimplementasikan visi dan misi di atas, QITEP in SCIENCE melaksanakan beberapa program seperti :

  1. Seminar dan Konferensi baik nasional maupun internasional
  2. Webinar dan pelatihan online
  3. Penelitian seperti penelitian lembaga, dan SEAQIS Research Grant (Hibah Penelitian)
  4. Pelatihan-pelatihan
  5. Lokakarya dan atau workshop 
  6. Ki Hajar Dewantara Award

Kegiatan unggulan yang sudah dilaksanakan dalam bentuk Training dan atau Non Reguler Training

  1. Environmental Educations for Sustainable Development
  2. Science Classroom Supervision
  3. Earth and Space Science

Topik Kajian

Topik kajian yang dikembangkan oleh QITEP in SCIENCE adalah sebagai berikut :

  1. Pedagogical Content Knowledge Pembelajaran IPA
  2. Computational Thinking
  3. Environmental Education for Sustainable Development
  4. Manajemen Laboratorium IPA
  5. Supervisi Kelas IPA
  6. Inquiry Base Science Educations
  7. Pembelajaran STEM

STEM

Pengembangan STEM memerlukan beberapa strategi yaitu:

  1. Integrasi STEM dalam Kurikulum nasional
  2. Publikasi STEM olah guru dan tenaga kependidikan
  3. Pengembangan diri guru secara berkelanjutan
  4. Kolaborasi antar stakeholder baik birokrat inti dan daerah

Hal yang penting dibahas pada kegiatan awal ini adalah, Computational Thinking, pendampingan sekolah.

Penutup

Demikian gambaran diklat Training Course on Science Classroom Supervision yang diselenggarakan oleh QITEP in SCIENCE yang penulis ikuti dalam rangka mengembangkan wawasan pengelolaan sekolah dari sisi kepemimpinan pembelajaran, dimana salah satu aspeknya adalah supervisi. Kegiatan ini rencana nya akan berakhir pada tanggal 14 Agustus 2021, yang jadwalnya bersifat variatif seputar pembelajaran inovatif untuk mata pelajaran IPA dan bagaimana strategi supervisinya.


Info lebih lanjut ada di sini

loading...

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *