PJJ dalam Laporan Refleksi Pembelajaran Minggu II

Pembelajaran jarak jauh memerlukan refleksi berkelanjutan untuk memastikan proses dan produk belajarnya dapat diketahui keberhasilannya. Kegiatan refleksi harus melibatkan teman sejawat atau kepala sekolah. Pada pembahasan berikut ini akan dideskripsikan strategi supervisi dan refleksi pembelajaran.

Pendahuluan

Pembelajaran jarak jauh merupakan upaya menjawab tantangan pembelajaran di masa Pandemi Covid-19. Kegiatan ini merupakan hal yang unik dan sangat luar biasa. Bagaimana tidak, pola pembelajaran yang telah biasa dilakukan guru, 2 (dua) tahun silam, akhirnya berevolusi menjadi pembelajaran jarak jauh, yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Secara perlahan-lahan kawan guru telah dapat beradaptasi dengan kondisi ini. Walaupun keluar dari zona nyaman, tetapi apa boleh buat, kita harus mengikuti perubahan. 

Pola pembelajaran yang berubah, juga memaksa kegiatan supervisi mengikuti perubahan tersebut. Dulu, kegiatan refleksi dan supervisi dilakukan langsung, dengan mengamati guru ketika kegiatan belajar berlangsung. Tetapi saat ini, pola itu sudah tidak memadai, refleksi dan supervisi pemantauan pembelajaran jarak jauh juga harus dilaksanakan secara daring. 

 

Refleksi

Pembelajaran Kelas I

Pembelajaran Kelas I

Komentar

Berikut supervisi pemantauan pembelajaran di kelas I. Pembelajaran telah terpantau berlangsung di Whatsapp Group dan Google Class Room, dan beberapa dilakukan dengan strategi bimbingan klinis di sekolah  (tidak lebih dari 2 orang per jamnya), dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang ketat. 

Saran kepada guru, untuk melengkapi komponen pada Google Class Room, sedapat mungkin mengomentari dan menanggapi setiap pertanyaan dan tanggapan siswa yang sebagian besar diwakili oleh orang tuanya. Untuk siswa kelas I, sebagian besar masih dibimbing oleh orang tua.

Kelas II

Pembelajaran Kelas II

Komentar

Proses pembelajaran siswa kelas II, telah berlangsung baik, dengan tampilan sistematis di Google Class Room dan beberapa kali sudah terpantau guru melakukan Google Meet. Konten materi juga sudah disajikan secara interaktif dengan teks dan video pembelajaran disertai tugas-tugas yang walaupun belum maksimal tampil di Google Class, karena sebagian siswa mengumpulkannya melalui Whatsapp dan langsung ke sekolah sambil bimbingan klinis.

Saran

Supervisi pemantauan pembelajaran untuk siswa kelas II merekomendasikan hal berikut. Agar memuat post pengisian jurnal khusus di Google Class Room sehingga tugas tersebut nampak jelas dan memudahkan siswa untuk melengkapinya. Demikian pula komentar dan tanggapan guru di Forum Google Class Room dan Whatsapp Group agar dimaksimalkan sehingga merangsang siswa untuk termotivasi dalam belajar.

Kelas III

Pembelajaran Kelas III

Komentar

Proses pembelajaran di kelas III, telah terpantau di Google Class Room dan Whatsapp Group. Guru juga telah menghadirkan video pengantar pembelajaran dalam upaya mengembangkan sikap siswa, dan menyajikan materi dilengkapi media video. 

Saran

Guru sebaiknya menyajikan materi di Google Class Room dengan sistematika yang teratur, mengemukakan petunjuk yang jelas, dan pengantar materi yang deskriptif dan jelas, sehingga mudah dipahami siswa. Guru juga hendaknya menanggapi komentar dan tanggapan siswa secara lebih intensif, sehingga meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. 

Kelas IV

Pembelajaran Kelas IV

Komentar

Proses pembelajaran di kelas IV telah tersaji dengan sangat apik dan baik. Guru juga sudah terpantau menyajikan pembelajaran dengan membuat video pengambangan karakter siswa sebagai kegiatan mengawali pembelajaran secara konsisten. Guru sudah terpantau menyajikan materi dengan prinsip pendekatan berdiferensiasi, dimana sering melakukan video conference melalui Google Meet, serta memberikan penugasan kepada siswa yang lain, dengan karakteristik berbeda.  Guru sudah terpantau menyajikan proses pembelajaran yang menantang dengan panduan tutorial kegiatan eksperimen. 

Saran

Kegiatan seperti ini sangat baik untuk dilanjutkan secara konsisten sehingga sesuai dengan visi, misi sekolah yang bertujuan mewujudkan keterampilan Abad 21.

Pembelajaran Jarak Jauh Kelas V

Pembelajaran Kelas VI

Komentar

Proses pembelajaran di kelas V telah tersaji dengan sangat apik dan baik. Guru juga sudah terpantau menyajikan pembelajaran dengan membuat video pengambangan karakter siswa sebagai kegiatan mengawali pembelajaran secara konsisten. Guru sudah terpantau menyajikan materi dengan prinsip pendekatan berdiferensiasi, dimana sering melakukan video conference melalui Google Meet, serta memberikan penugasan kepada siswa yang lain, dengan karakteristik berbeda.  

Saran

Karakteristik siswa kelas V yang telah mempelajari materi pelajaran yang agak kompleks, sangat memerlukan sumber materi dan media pembelajaran yang beragam, maka dari itu guru harus sesekali membuat kegiatan belajar yang menantang dengan penugasan bereksperimen berbasis Model Project Base Learning, dipandu tutorial guru. Guru hendaknya sesering mungkin memberikan tanggapan dan komentar dalam diskusi baik di Forum Google Class Room dan Whatsapp Group. 

Pembelajaran Jarak Jauh Kelas VI

Pembelajaran Kelas VI

Komentar

Proses pembelajaran di kelas VI  telah tersaji dengan sangat apik dan baik. Guru juga sudah terpantau menyajikan pembelajaran dengan membuat video pengambangan karakter siswa sebagai kegiatan mengawali pembelajaran secara konsisten. Guru sudah terpantau menyajikan materi dengan prinsip pendekatan berdiferensiasi, dimana sering melakukan video conference melalui Google Meet, serta memberikan penugasan kepada siswa yang lain, dengan karakteristik berbeda.  

Saran

Karakteristik siswa kelas VI yang telah mempelajari materi pelajaran yang agak kompleks, sangat memerlukan sumber materi dan media pembelajaran yang beragam, maka dari itu guru harus sesekali membuat kegiatan belajar yang menantang dengan penugasan bereksperimen berbasis Model Project Base Learning, dipandu tutorial guru. Guru hendaknya sesering mungkin memberikan tanggapan dan komentar dalam diskusi baik di Forum Google Class Room dan Whatsapp Group. 

Agama Hindu Kelas Rendah

Komentar

Guru telah menyajikan materi pada setiap kelas sesuai jadwal dengan baik. Uraian materi juga telah disajikan deskriptif.

Saran

Materi Agama Hindu yang banyak terkait dengan implementasi ajaran Agama Hindu pada budaya kehidupan masyarakat Karangasem, maka hendaknya sesering mungkin mengemas konten materi secara lebih kontekstual.  Hal ini akan sangat bermanfaat bagi kegiatan anak di rumah yang lebih bermakna, seperti membantu kegiatan orang tua dalam menjalankan swadarmaning masyarakat Hindu Bali.

Pembelajaran Agama Hindu Kelas Tinggi

Komentar

Guru telah menyajikan materi pada setiap kelas sesuai jadwal dengan baik. Uraian materi juga telah disajikan deskriptif. Guru juga telah menghadirkan video pengantar pembelajaran untuk memotivasi dan memberi makna bagi setiap kegiatan belajar yang diselenggarakan.

Saran

Materi Agama Hindu yang banyak terkait dengan implementasi ajaran Agama Hindu pada budaya kehidupan masyarakat Karangasem, maka hendaknya sesering mungkin mengemas konten materi secara lebih kontekstual.  Hal ini akan sangat bermanfaat bagi kegiatan anak di rumah yang lebih bermakna, seperti membantu kegiatan orang tua dalam menjalankan swadarmaning masyarakat Hindu Bali

PJOK

Komentar

Karakteristik matari PJOK yang kebanhyakan bersifat dril dan latihan berulang terhadap keterampilan tertentu, mengharuskan guru membuat video tutorial secara berkelanjutan. Sementara ini video tutorial telah dihadirkan diselingi dengan teks materi yang deskriptif, dibantu kehadiran media dari sumber yang relevan.

Saran

Terkait dengan proses pembelajaran PJOK yang seperti itu, maka guru harus menugaskan siswa melakukan gerakan olahraga setiap hari sebagai kebiasaan. Hal ini sangat terkait dengan pembiasaan berperilaku hidup sehat bagi dirinya. Seperti, ketika baru bangun, berolahraga sesuai dengan kaidah olah tubuh dengan mempertimbangkan jenjang dan umurnya. Hal ini dapat disajikan ketika awal kegiatan belajar setiap minggunya. Misalnya mewajibkan siswa untuk senam bersama anggota keluarganya di rumah, yang pelaksanaannya dapat didokumentasikan dan menceritakan kegiatan dimaksud di Jurnal harian siswa.

Komentar dan Saran  Secara Umum

 

Komentar

Melihat proses belajar secara menyeluruh, semua guru di SDN 7 Subagan telah melaksanakan pembelajaran untuk mengarahkan siswa:

  1. Membentuk sikap dan perilaku berkeTuhanan yang Maha Esa, berakhlak mulia, bergotong-royong, kritis, kreatif, mandiri. Sementara untuk berkebinekaan global hingga saat ini belum terpantau
  2. Menghadirkan materi pembelajaran yang interaktif , berdiferensiasi, dan mengedepankan perolehan pengalaman belajar yang meningkat
  3. Guru secara aktif telah berkolaborasi dengan siswa dan orang tua dalam menghadirkan pembelajaran yang komprehensif untuk menutup kelemahan dari PJJ itu sendiri
  4. Sementara yang belum optimal dilaksanakan adalah terkait kegiatan literasi, pengisian jurnal yang terlalu pendek, 
  5. Konsistensi kegiatan belajar yang berlanjut perlu ditingkatkan
  6. Penggunaan media, sumber belajar dan alat dari lingkungan rumah perlu dioptimalkan
  7. Penyajian materi secara kontekstual perlu ditingkatkan
  8. Evaluasi dengan menghadirkan soal HOTs, perlu ditingkatkan, karena hanya terpantau di beberapa kelas saja
  9. Secara umum pada Minggu ke II, ini proses pembelajaran telah meningkat
  10. Untuk kesesuaian antara RPP dengan proses pembelajaran, saya belum sempat memantau.

Catatan

  1. Guru telah belajar dengan giat dalam hal mendalami fitur belajar jarak jauh dengan menggunakan Google Class Room, Google Form, Google Meet, Whatsapp, dan Quistis.
  2. Penggunaan Akun belajar id, hanya terpantau pada beberapa kelas, karena permasalahan pengaktifan akun tersebut, yang belum baik. Seperti laporan dari guru kelas IV yang telah mencoba menggunakan akun belajar id sebagai berikut:

Penutup

Terima Kasih kepada rekan-rekan guru yang telah bekerjasama dalam mewujudkan pendidikan dalam rangka membentuk Skill Abad 21 dapat diselenggarakan di  SDN 7 Subagan. Pembelajaran jarak jauh merupakan tantangan kita bersama, dengan tidak berakhirnya kondisi pandemi, maka PJJ merupakan alternatif kegiatan belajar yang perlu dioptimalkan. Pandemi boleh berlanjut, tetapi kegiatan belajar yang efektif tidak boleh berhenti. Semangat.

RPP dan Dokumentasi Minggu ke dua ada di sini

loading...

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *