Perangkat Pembelajaran dalam Laporan Refleksi Pembelajaran Minggu I

Refleksi pembelajaran merupakan salah satu kunci keberhasilan implementasi perangkat pembelajaran secara menyeluruh. Kenapa seperti itu? Refleksi merupakan upaya melihat Kembali apa yang telah dilakukan sehingga kita dapat melihat kelebihan dan kekurangannya. Ibarat seorang wanita yang akan berhias, perlengkapan yang paling penting selain kosmetik itu sendiri sudah tentu adalah cermin. Tanpa cermin bagaimana mungkin si wanita tersebut mengetahui torehan pensil alisnya baik.

Pendahuluan

Hal ini sebenarnya berlaku dalam kegiatan apapun. Semakin sering kita melihat kembali, baik terhadap proses maupun hasil, maka kita akan semakin terampil untuk memperbaiki kesalahannya. Demikian halnya dalam pembelajaran, semakin sering kita merefleksi apa yang telah kita lakukan kepada siswa dalam bentuk pembelajaran, maka semakin terbuka peluang kita untuk mengoptimalkan keberhasilan pelaksanaan pembelajaran.

Maka dari itu, berikut penulis melakukan refleksi terhadap perangkat pembelajaran dan kegiatan proses pembelajaran  yang dilakukan guru saat menggunakan Google Class Room dalam mengimplementasikan Rencana Pembelajaran yang telah disusunnya. Aspek aspek refleksi yang dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Perencanaan Pembelajaran
  2. Pelaksanaan Pembelajaran
  3. Evaluasi Pembelajaran

Baca Juga

 

Refleksi Kelas I

Perangkat Pembelajaran Kelas I

Melihat perangkat pembelajaran pada RPP yang telah disusun yang dapat di lihat di sini, dapat disampaikan telah dilaksanakan secara baik. Dimana komponen tujuan pembelajaran telah memuat keinginan guru untuk mewujudkan sikap, pengetahuan dan keterampilan. Termasuk di dalamnya bagaimana guru dalam menyusun tujuan telah fokus untuk mewujudkan Skill Abad 21 melalui kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran tersebut selanjutnya dituangkan ke dalam mode pembelajaran jarak jauh melalui platform Google Class Room dan Whatsapp Group.

Pelaksanaan Implementasi Perangakat Pembelajaran

Implementasi RPP sebagai perangkat pembelajaran pada kegiatan pembelajaran pada siswa kelas I, lebih banyak melalui media Whatsapp, karena masih dalam tahap pemula. Guru juga telah menyapa siswa melalui video dan teks pesan di Whatsapp, dengan tujuan mengadakan pendekatan awal dengan siswa, sehingga lebih memudahkan guru dalam mengawali proses belajar. Kegiatan presensi kehadiran siswa juga telah dikonfirmasi melalui Google Class Room sebagai perkenalan guru dengan siswa dalam menggunakan platform PJJ. Anak-anak dalam kegiatan belajar masih dipandu secara seksama oleh orang tua dalam hal mengembangkan sikap, pengetahuan dasar (calistung) dan aktivitas lainnya yang masih sederhana.

Berikut adalah tampilan Google Class Room kelas I, seperti gambar di bawah ini:

Evaluasi pembelajaran

Kegiatan evaluasi pembelajaran sesuai dengan ketentuan pemerintah dalam menyesuaikan keadaan terkini  (Pandemi Covid-19) memuat paling tidak yaitu :

  1. Kehadiran
  2. Aktivitas belajar, seperti berdiskusi di platform belajar (Whatsapp)
  3. Mengerjakan tugas rutin seperti bangun pagi, mengadakan kegiatan kebersihan lingkungan dan dirinya dan membantu orang tua. Mengerjakan tugas yang diberikan guru juga masuk dalam ranah penilaian penugasan.
  4. Menjawab pertanyaan guru, baik tertulis maupun lisan yang bermaksud menggali pemahaman siswa
  5. Kumpulan tugas lainnya dalam bentuk portofolio
  6. Untuk saat ini aspek portofolio dari jalur prestasi belum dapat dilakukan karena hal ini terwujud jika siswa mengikuti lomba-lomba tertentu
  7. Penilaian lainnya adalah penilaian oleh orang tua sendiri, terkait keberhasilan belajar anaknya

Saran

  1. Hendaknya guru mencoba untuk membuat postingan langkah pembelajaran yang lengkap seperti pada kelas lainnya untuk membiasakan peserta didik kelas I yang dipandu orang tuanya dalam berinteraksi secara PJJ
  2. Guru harus memetakan profil anak secara lebih mendalam melalui wawancara dengan orang tua di Whatsapp pribadi, untuk mendapatkan gambaran mendetail terkuat kondisinya.

Refleksi Kelas II

Perencanaan Pembelajaran Kelas II

Melihat RPP sebagai perangkat pembelajaran yang telah disusun yang dapat di lihat di sini, dapat disampaikan telah dilaksanakan secara baik. Dimana komponen tujuan pembelajaran telah memuat keinginan guru untuk mewujudkan sikap, pengetahuan dan keterampilan. Termasuk di dalamnya bagaimana guru dalam menyusun tujuan telah fokus untuk mewujudkan Skill Abad 21 melalui kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran tersebut selanjutnya dituangkan ke dalam mode pembelajaran jarak jauh melalui platform Google Class Room dan Whatsapp Group.

Pelaksanaan Pembelajaran

Implementasi rencana pembelajaran pada siswa kelas II, secara berimbang telah dilaksanakan melalui media Google Classroom dan Whatsapp. Hal ini dapat dilakukan karena proses pengenalan platform belajar tersebut telah dimulai sejak kelas I.  Guru juga telah menyapa siswa melalui teks pesan di Whatsapp, dengan tujuan mengadakan pendekatan awal dengan siswa, sehingga lebih memudahkan guru dalam mengawali proses belajar. Anak-anak dalam kegiatan belajar masih dipandu secara seksama oleh orang tua dalam hal mengembangkan sikap, pengetahuan dasar (calistung) dan aktivitas lainnya yang masih sederhana.

Berikut adalah tampilan Google Class Room kelas II, seperti gambar di bawah ini:

Evaluasi pembelajaran 

Kegiatan evaluasi pembelajaran sesuai dengan ketentuan pemerintah dalam menyesuaikan keadaan terkini  (Pandemi Covid-19) memuat paling tidak yaitu

  1. Kehadiran
  2. Aktivitas belajar, seperti berdiskusi di platform belajar (Whatsapp) dan Google Classroom
  3. Mengerjakan tugas rutin seperti bangun pagi, mengadakan kegiatan kebersihan lingkungan dan dirinya dan membantu orang tua. Mengerjakan tugas yang diberikan guru juga masuk dalam ranah penilaian penugasan.
  4. Menjawab pertanyaan guru, baik tertulis maupun lisan yang bermaksud menggali pemahaman siswa
  5. Kumpulan tugas lainnya dalam bentuk portofolio
  6. Untuk saat ini aspek portofolio dari jalur prestasi belum dapat dilakukan karena hal ini terwujud jika siswa mengikuti lomba-lomba tertentu
  7. Penilaian lainnya adalah penilaian oleh orang tua sendiri, terkait keberhasilan belajar anaknya

Saran

  1. Guru harus menyajikan salam pembuka pelajaran secara lebih komunikatif dan tidak kaku
  2. Guru harus sesekali menghadirkan video perkenalan baik dikirimkan melalui Whatsapp maupaun platform Google Class Room untuk memotivasi siswa
  3. Guru harus memetakan profil siswa melalui kegiatan wawancara pada Whatsapp pribadi orang tuanya
  4. Guru harus memastikan pengisian jurnal harian yang dimuat pada topik khusus di Google Class Room
  5. Guru harus menanggapi siswa orang perorang, (tidak sekalian) untuk mengkondisikan agar siswa merasa dekat dengan guru

Refleksi Kelas III

Perencanaan Pembelajaran Kelas III

Melihat perencanaan pembelajaran yang telah disusun seperti perangkat pembelajaran sini, dapat disampaikan telah dilaksanakan secara baik. Dimana komponen tujuan pembelajaran telah memuat keinginan guru untuk mewujudkan sikap, pengetahuan dan keterampilan. Termasuk di dalamnya bagaimana guru dalam menyusun tujuan telah fokus untuk mewujudkan Skill Abad 21 melalui kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran tersebut selanjutnya dituangkan ke dalam mode pembelajaran jarak jauh melalui platform Google Class Room dan Whatsapp Group.

Pelaksanaan Pembelajaran

Implementasi rencana pembelajaran pada siswa kelas III, secara berimbang telah dilaksanakan melalui media Google Classroom dan Whatsapp. Guru juga telah menyapa siswa melalui video dan teks pesan di Whatsapp dan di Google Classroom, dengan tujuan mengadakan pendekatan awal dengan siswa, sehingga lebih memudahkan guru dalam mengawali proses belajar. Anak-anak dalam kegiatan belajar secara bertahap telah berhasil mengerjakan tugas, dengan sesekali dipandu oleh orang  tua dalam hal mengembangkan sikap, pengetahuan dasar (calistung) dan aktivitas lainnya.

Berikut adalah tampilan Google Class Room kelas III, seperti gambar di bawah ini:

Evaluasi pembelajaran 

Kegiatan evaluasi pembelajaran sesuai dengan ketentuan pemerintah dalam menyesuaikan keadaan terkini  (Pandemi Covid-19) memuat paling tidak yaitu

  1. Kehadiran
  2. Aktivitas belajar, seperti berdiskusi di platform belajar (Whatsapp) dan Google Classroom
  3. Mengerjakan tugas rutin seperti bangun pagi, mengadakan kegiatan kebersihan lingkungan dan dirinya dan membantu orang tua. Mengerjakan tugas yang diberikan guru juga masuk dalam ranah penilaian penugasan.
  4. Menjawab pertanyaan guru, baik tertulis maupun lisan yang bermaksud menggali pemahaman siswa
  5. Kumpulan tugas lainnya dalam bentuk portofolio
  6. Untuk saat ini aspek portofolio dari jalur prestasi belum dapat dilakukan karena hal ini terwujud jika siswa mengikuti lomba-lomba tertentu
  7. Penilaian lainnya adalah penilaian oleh orang tua sendiri, terkait keberhasilan belajar anaknya

Saran

  1. Guru harus menyajikan salam pembuka pelajaran secara lebih komunikatif dan tidak kaku
  2. Guru harus memetakan profil siswa melalui kegiatan wawancara pada Whatsapp pribadi orang tuanya
  3. Guru harus memastikan pengisian jurnal harian yang dimuat pada topik khusus di Google Class Room
  4. Guru harus menanggapi siswa orang perorang, (tidak sekalian) untuk mengkondisikan agar siswa merasa dekat dengan guru
  5. Dalam pemuatan deskripsi penugasan di Google Class Room hendaknya guru memberi uraian deskripsi yang lengkap sehingga peserta didik tidak kebingungan dalam mengerjakan tugas dimaksud.
  6. Guru hendaknya lebih intensif berlatih menggunakan platform belajar secara daring dan kegiatan pengembangan diri lainnya

Refleksi Kelas IV

Perencanaan Pembelajaran Kelas IV

Melihat perencanaan pembelajaran yang telah disusun yang dapat di lihat di sini, dapat disampaikan telah dilaksanakan secara baik. Dimana komponen tujuan pembelajaran telah memuat keinginan guru untuk mewujudkan sikap, pengetahuan dan keterampilan. Termasuk di dalamnya bagaimana guru dalam menyusun tujuan telah fokus untuk mewujudkan Skill Abad 21 melalui kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran tersebut selanjutnya dituangkan ke dalam mode pembelajaran jarak jauh melalui platform Google Class Room dan Whatsapp Group. Guru juga telah membuat tujuan untuk mendorong  aktivitas belajar yang baik.   

Pelaksanaan Pembelajaran

Implementasi rencana pembelajaran pada siswa kelas IV, secara berimbang telah dilaksanakan melalui media Google Classroom dan Whatsapp.  Guru juga telah menyapa siswa melalui video dan teks pesan di Whatsapp dan di Google Classroom, dengan tujuan mengadakan pendekatan awal dengan siswa, sehingga lebih memudahkan guru dalam mengawali proses belajar.  Anak-anak dalam kegiatan belajar telah belajar secara mandiri dengan sesekali dipandu oleh orang tua dalam hal mengembangkan sikap, pengetahuan dan Skill Abad 21. Hal paling baik yang layak direkomendasikan adalah proses belajar telah bersifat variatif dengan menggunakan video pembelajaran baik buatan sendiri atau dari sumber lain yang relevan.

Berikut adalah tampilan Google Class Room kelas IV, seperti gambar di bawah ini:

Evaluasi pembelajaran 

Kegiatan evaluasi pembelajaran sesuai dengan ketentuan pemerintah dalam menyesuaikan keadaan terkini  (Pandemi Covid-19) memuat paling tidak yaitu

  1. Kehadiran
  2. Aktivitas belajar, seperti berdiskusi di platform belajar (Whatsapp) dan Google Classroom
  3. Mengerjakan tugas rutin seperti bangun pagi, mengadakan kegiatan kebersihan lingkungan dan dirinya dan membantu orang tua. Mengerjakan tugas yang diberikan guru juga masuk dalam ranah penilaian penugasan.
  4. Menjawab pertanyaan guru, baik tertulis maupun lisan yang bermaksud menggali pemahaman siswa
  5. Kumpulan tugas lainnya dalam bentuk portofolio
  6. Untuk saat ini aspek portofolio dari jalur prestasi belum dapat dilakukan karena hal ini terwujud jika siswa mengikuti lomba-lomba tertentu
  7. Penilaian lainnya adalah penilaian oleh orang tua sendiri, terkait keberhasilan belajar anaknya

Saran

  1. Agar praktik baik yang telah dilakukan seperti membuat video pembelajaran yang inovatif dilaksanakan secara berkelanjutan
  2. Agar meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis jurnal sehingga lebih komunikatif dan lengkap, sambil membelajarkan kaidah kebahasaan secara tepat.
  3. Guru harus sesekali menghadirkan soal-soal HOT atas materi yang disajikan (persiapan pengenalan soal AKM)

Refleksi Kelas V

Perencanaan Pembelajaran Kelas V

Melihat perencanaan pembelajaran yang telah disusun yang dapat di lihat di sini, dapat disampaikan telah dilaksanakan secara baik. Dimana komponen tujuan pembelajaran telah memuat keinginan guru untuk mewujudkan sikap, pengetahuan dan keterampilan. Termasuk di dalamnya bagaimana guru dalam menyusun tujuan telah fokus untuk mewujudkan Skill Abad 21 melalui kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran tersebut selanjutnya dituangkan ke dalam model pembelajaran jarak jauh melalui platform Google Class Room dan Whatsapp Group. Guru juga telah memuat tujuan untuk mendorong  aktivitas belajar yang baik.   

Pelaksanaan Pembelajaran

Implementasi rencana pembelajaran pada siswa kelas V, secara berimbang telah dilaksanakan melalui media Google Classroom dan Whatsapp.  Guru juga telah menyapa siswa melalui  teks pesan di Whatsapp dan di Google Classroom, dengan tujuan mengadakan pendekatan awal dengan siswa, sehingga lebih memudahkan guru dalam mengawali proses belajar. Anak-anak dalam kegiatan belajar secara mandiri dengan sesekali mendapat pendampingan oleh orang tua dalam hal mengembangkan sikap, pengetahuan dan Skill Abad 21. Hal paling baik yang layak direkomendasikan adalah proses belajar telah bersifat variatif dengan menggunakan video pembelajaran dari sumber lain yang relevan.

Berikut adalah tampilan Google Class Room kelas V, seperti gambar di bawah ini:

Evaluasi pembelajaran 

Kegiatan evaluasi pembelajaran sesuai dengan ketentuan pemerintah dalam menyesuaikan keadaan terkini  (Pandemi Covid-19) memuat paling tidak yaitu

  1. Kehadiran
  2. Aktivitas belajar, seperti berdiskusi di platform belajar (Whatsapp) dan Google Classroom
  3. Mengerjakan tugas rutin seperti bangun pagi, mengadakan kegiatan kebersihan lingkungan dan dirinya dan membantu orang tua. Mengerjakan tugas yang diberikan guru juga masuk dalam ranah penilaian penugasan.
  4. Menjawab pertanyaan guru, baik tertulis maupun lisan yang bermaksud menggali pemahaman siswa
  5. Kumpulan tugas lainnya dalam bentuk portofolio
  6. Untuk saat ini aspek portofolio dari jalur prestasi belum dapat dilakukan karena hal ini terwujud jika siswa mengikuti lomba-lomba tertentu
  7. Penilaian lainnya adalah penilaian oleh orang tua sendiri, terkait keberhasilan belajar anaknya

Saran

  1. Agar proses pembelajaran yang variatif dan inovatif yang telah dilakukan dipertahankan untuk dilaksanakan secara berkelanjutan
  2. Agar meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis jurnal sehingga lebih komunikatif dan lengkap, sambil membelajarkan kaidah kebahasaan secara tepat.
  3. Guru harus sesekali menugaskan membaca buku referensi untuk mengupayakan kegiatan literasi
  4. Guru harus sesekali menghadirkan soal-soal HOT atas materi yang disajikan (persiapan pengenalan soal AKM)

 

Refleksi Kelas VI

Perencanaan Pembelajaran Kelas VI

Melihat perencanaan pembelajaran yang telah disusun yang dapat di lihat di sini, dapat disampaikan telah dilaksanakan secara baik. Dimana komponen tujuan pembelajaran telah memuat keinginan guru untuk mewujudkan sikap, pengetahuan dan keterampilan. Termasuk di dalamnya bagaimana guru dalam menyusun tujuan telah fokus untuk mewujudkan Skill Abad 21 melalui kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran tersebut selanjutnya dituangkan ke dalam mode pembelajaran jarak jauh melalui platform Google Class Room dan Whatsapp Group. Guru juga telah memuat tujuan untuk mendorong  aktivitas belajar yang baik.   

Implementasi Perangkat Pembelajaran

Implementasi rencana pembelajaran pada siswa kelas VI, secara berimbang telah dilaksanakan melalui media Google Classroom dan Whatsapp.  Guru juga telah menyapa siswa melalui video, teks pesan di Whatsapp dan di Google Classroom, dengan tujuan mengadakan pendekatan awal dengan siswa, sehingga lebih memudahkan guru dalam mengawali proses belajar. Anak-anak dalam kegiatan belajar secara mandiri dengan sesekali mendapat pendampingan oleh orang tua dalam hal mengembangkan sikap, pengetahuan dan Skill Abad 21. Hal paling baik yang layak direkomendasikan adalah proses belajar telah bersifat variatif dengan menggunakan video pembelajaran dari sumber lain yang relevan.

Berikut adalah tampilan Google Class Room kelas VI, seperti gambar di bawah ini:

Implementasi Perangkat Pembelajaran Kelas VI

Evaluasi pembelajaran

Kegiatan evaluasi pembelajaran sesuai dengan ketentuan pemerintah dalam menyesuaikan keadaan terkini  (Pandemi Covid-19) memuat paling tidak yaitu

  1. Kehadiran
  2. Aktivitas belajar, seperti berdiskusi di platform belajar (Whatsapp) dan Google Classroom
  3. Mengerjakan tugas rutin seperti bangun pagi, mengadakan kegiatan kebersihan lingkungan dan dirinya dan membantu orang tua. Mengerjakan tugas yang diberikan guru juga masuk dalam ranah penilaian penugasan.
  4. Menjawab pertanyaan guru, baik tertulis maupun lisan yang bermaksud menggali pemahaman siswa
  5. Kumpulan tugas lainnya dalam bentuk portofolio
  6. Untuk saat ini aspek portofolio dari jalur prestasi belum dapat dilakukan karena hal ini terwujud jika siswa mengikuti lomba-lomba tertentu
  7. Penilaian lainnya adalah penilaian oleh orang tua sendiri, terkait keberhasilan belajar anaknya

Saran

  1. Agar proses pembelajaran yang variatif dan inovatif yang telah dilakukan dipertahankan untuk dilaksanakan secara berkelanjutan
  2. Guru harus membuat video untuk menyapa dan/atau video pembelajaran terkait materi pelajaran yang relevan untuk dilaksanakan
  3. Agar meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis jurnal sehingga lebih komunikatif dan lengkap, sambil membelajarkan kaidah kebahasaan secara tepat.
  4. Guru harus sesekali menugaskan membaca buku referensi untuk mengupayakan kegiatan literasi
  5. Guru harus sesekali menghadirkan soal-soal HOT atas materi yang disajikan, dalam rangka menumbuhkan budaya berpikir kritis

Refleksi Guru Mapel

Guru mapel yang dimaksud dalam hal ini adalah Guru Mata Pelajaran Agama Hindu kelas tinggi dan rendah serta guru PJOK. Masing-masing guru tersebut menggunakan platform belajar setelah di undang oleh guru kelas. Berdasarkan pemantauan bahwa, guru Mata Pelajaran telah merencanakan pembelajaran secara baik, melaksanakan pembelajaran dengan menyajikan materi yang sesuai dan relevan. 

Hal-hal yang terlepas dari perhatian rekan-rekan guru adalah :

  1. Guru harus menyajikan materi yang lebih kontekstual sesuai dengan situasi pandemic dan dapat memanfaatkan bahan, alat dan sumber belajar yang mudah diakses seperti lingkungan rumah, internet dan buku yang direkomendasikan guru yang tersedia di sekolah
  2. Guru harus sesekali menyajikan soal HOT untuk melatih peserta didik berpikir kritis

Kesimpulan

Secara umum RPP sebagai perangkat pembelajaran, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran telah dilaksanakan secara baik, namun beberapa hal masih perlu mendapat masukan dan saran. Kegiatan refleksi terhadap perangkat pembelajaran dimana RPP menjadi bagiannya, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dilaksanakan untuk menjamin keberhasilan pembelajaran itu sendiri. Melalui upaya guru untuk melihat kelebihan dan kekurangan selama proses implementasi perangkat pembelajaran maka peluang mewujudkan proses pembelajaran berhasil dilaksanakan semakin besar.

loading...

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *