Sebelum menyajikan contoh kurikulum adaptif daring/luring, penulis perlu sampaikan bahwa contoh kurikulum adaptif luring/daring ini adalah sekedar contoh. Jadi bukan rujukan untuk dijadikan panduan, karena masih banyak kekurangan. Contoh curriculum merdeka belajar ini merupakan hasil karya dari pemikiran bahwa dalam rangka mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah dan Prinsip Merdeka Belajar, sekolah perlu belajar memikirkan proses penyusunan secara mandiri. Kurikulum ini bukan kurikulum mandiri, tetapi kurikulum yang masih mengacu pada kurikulum nasional yang Sebagian isinya adalah kurikulum yang disederhanakan karena harus menyesuaikan dengan berbagai prinsip secara terintegrasi.

Prinsip pengembangan kurikulum ini mengadopsi berbagai kebijakan dan pemikiran yang  saat ini menjadi visi utama pemerintah dalam rangka menciptakan SDM yang unggul. Integrasi dimaksud adalah :

  1.   Terintegrasi dengan merdeka belajar
  2.   Terintegrasi dengan pendidikan berdiferensiasi
  3.   Terintegrasi dengan Pengembangan Profil Pelajar Pancasila
  4.   Terintegrasi dengan upaya mewujudkan Skill Abad 21

Baca Juga

Menurut pendapat penulis kurikulum ini dapat digunakan pada masa kondisi normal maupun darurat sehingga tidak perlu merubah kurikulum di tengah-tengah tahun ajaran. Merubah kurikulum di tengah-tengah tahun ajaran akan berdampak pada kebingungan dalam upaya mengimplementasikan. Contoh kurikulum adaptif daring/luring ini disusun sedemikian rupa agar tetap dapat digunakan baik dalam kondisi pembelajaran tatap muka, tetap muka terbatas dan pembelajaran jarak jauh sesuai kondisi terkini.

Jika para pembaca memiliki pendapat lain atau alternatif kurikulum berbeda dari yang kami sajikan silahkan isi di kolom komentar.

Dokumentasi Review dan File Contoh Kurikulum Adaptif klik disini

Contoh Kurikulum Adaptif daring/luring 

 

loading...
Categories: Uncategorized

2 Comments

Putu Tirta · July 24, 2021 at 12:19 pm

Sangat luar biasa dan menginspirasi sudah share kurikulum yang adaftif Pak Wayan Putra. Mohon ijin untuk diadopsi sebagai contoh untuk bisa dikembangkan di sekolah kami. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *