Pendahuluan

Kompetensi Dasar Kurikulum Darurat

Kompetensi Dasar Kurikulum Darurat

Kompetensi dasar kurikulum darurat sangat merupakan muatan penting dari kurikulum yang disederhanakan. Penyederhanaan kurikulum tak pelak lagi harus dilakukan dalam menghadapi perubahan situasi akibat Pandemi Covid-19 yang terus berlanjut.  Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan pendidikan yang muaranya adalah pembelajaran dengan situasi terkini yang memuat konten esensial saja. Konten esensial dimaksud tiada lain terkait kompetensi yang paling mendasar yang harus dikuasai peserta didik sedangkan kompetensi lainnya dapat diperoleh secara mandiri.

Maka sisi lain dari isi kuriklum darurat adalah menjadikan peserta didik sebagai pembelajar seumur hidup. Walaupun peserta didik hanya mendapatkan konten esensial tetapi mereka akan mendapatkan hal lain ketika semangat belajar seumur hidup dan rasa ingin tahu menjadi bagian dari skill dan karakter mereka. Maka bukan berarti yang disederhanakan itu lebih buruk dari yang lengkap, tetapi justru yang konten esensial tersebut akan menjadikan kurikulum menjadi ringkas dan dapat lebih mudah menyesuaikan dengna kondisi yang ada.

Baca Juga

Konten Esensial 

Walaupun dikatakan darurat, akan tetapi konten esensial kompetensi dasar kurikulum darurat memuat hal-hal yang penting sepertid dapat di unduh pada link di bawah ini:

  1. SKK KD lengkap Kelas 1
  2. SKK KD lengkap Kelas 2
  3. SKK KD lengkap Kelas 3
  4. SKK KD lengkap Kelas 4
  5. SKK KD lengkap Kelas 5
  6. SKK KD lengkap Kelas 6

Pembelajaran 

Penerapan pembelajaran konten esensial kompetensi kurikulum darurat sesungguhnya lebih dikedepankan kepada otoritas guru di masing-masing sekolah untuk secara lebih leluasa mengembangkan model, strategi dan pendekatan pembelajaran. Salah satu contoh strategi pembelajaran yang dapat dilakukan dapat dilihat pada link di bawah ini:

https://www.sd7ok.id/laporan-pembelajaran-semester-ii-t-a-20202021/laporan-minggu-ke-xv-26-april-01-mei-2021

Konten pembelajaran yang disajikan tersebut, merupakan contoh pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan konten kompetensi dasar kurikulum darurat dalam tataran impelmentasi. Semoga bermanfaat.

loading...

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *