Pendahuluan

Sebelum menyunting di Google Doc silahkan baca sekilas pengantar ini. Mungkin diantara Anda ada yang sedang melakukan kegiatan menulis, baik menulis surat resmi, menulis surat pribadi, menulis laporan keuangan, skripsi hingga tesis, sangat khawatir jika terdapat tulisan yang salah ketik. Tidak usah khawatir, Anda tidak perlu bayar untuk hal yang satu ini, apalagi menginstal aplikasi yang rumit dan janjinya gratis tetapi ujung-ujungnya berbayar. Apalagi deadline penyelesaian laporan sangat darurat, dan bahkan anda hampir putus asa, “Biarkan, salah sedikit tidak apa-apa”. Tetapi akhirnya Anda diperingatkan oleh atasan Anda ternyata ada yang salah ketik. Tentu akan membuat kepercayaan diri Anda di hadapan atasan anda akan turun bukan?

Jangankan mengharapkan bonus tambahan dari pekerjaan yang Anda lakukan, justru Anda akan disemprot atasan dan dikatakan tidak becus bekerja. Sekali lagi Anda tidak usah khawatir, apalagi Anda harus membayangkan bahwa Anda harus membayar jasa editor, atau menyewa aplikasi berbayar. Sudahlah, itu sudah tidak jamannya lagi. Biar tidak berlama-lama langsung saja, saya bocorkan rahasianya.

Baca Juga

Langkah Pertama Menyunting di Google Doc

Selesaikan dulu konsep tulisan anda, jangan pedulikan dengan kesalahan ejaan atau salah ketik. Pastikan Anda telah bekerja pada aplikasi Microsoft Word. Yang cukup Anda perhatikan adalah tanda baca, seperti koma, titik, tanda tanya dan tanda baca lainya. Yang lainnya tidak usah diperhatikan.

Langkah Kedua 

Setelah tulisan Anda selesai uploadlah file Microsoft Word ke Google Drive dan file Anda akan tersimpan dalam format Google Doc. Selanjutnya Anda telah siap menyunting tulisan di Google Doc dengan membuka ulang file Google Doc dari Browser Google Chrome. Setelah terbuka maka Anda akan menemukan tulisan Anda yang bergaris merah di bawahnya, dan Anda tinggal klik kanan pada kata yang bergaris bawah merah tersebut dan Google Doc akan otomatis menampilkan referensi ejaan yang benar dari tulisan yang salah tersebut. Tinggal klik dan otomatis tulisan Anda akan diperbaiki langsung oleh Google Doc.

Menyunting di Google Doc

Langkah Ketiga 

Langkah ketiga adalah langkah akhir. Anda tidak usah menyimpan Google Doc seperti halnya ketika Anda bekerja di Microsoft Word yang offline. File Google Doc yang telah anda perbaiki akan disimpan otomatis di Google Drive untuk Anda buka di lain kesempatan.

Keuntungan Kerugian Menyunting di Google Doc

Kerugian dari Menyunting di Google Doc untuk mengedit ejaan adalah Anda hanya akan memerlukan kuota untuk tetap online ketika bekerja. Selebihnya saya katakan adalah kelebihan yaitu, Anda tidak perlu melakukan sesuatu untuk menyimpan file, dapat dibuka dimana saja asal ada jaringan internet, dapat diperbaiki dengan hanya menggunakan gadget atau hp, dapat diunduh, dapat dibagikan secara cepat dengan hanya mengatur settingan berbaginya.

Selamat mencoba

Sumber Relevan disini

 

loading...

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *