Pendahuluan

Sekolah Ramah Anak

Sekolah ramah anak merupakan wujud dari sekolah inklusif, itulah hubungan sekolah ramah anak dengan sekolah insklusi. Sesuai dengan prinsip pendidikan inklusif, anak berhak mendapatkan kenyamanan, keamanan, perlindungan dan pelayanan pendidikan di sekolah. Selain pelayanan dalam bidang pendidikan yang mengakomodir berbagai karakteristik anak dengan segala keunikannya, sekolah juga harus menciptakan suasana lingkungan yang ramah bagi anak. 

Program untuk mewujudkan kondisi sekolah aman, bersih, sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup, yang mampu menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi, dan perlakuan salah lainnya, selama anak berada di satuan pendidikan selanjutnya disebut dengan Sekolah Ramah Anak. Dalam hal ini anak juga diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam mewujudkan program sekolah ramah anak dengan melibatkan mereka dalam hal perencanaan, pembuatan kebijakan dan pengawasan terhadap kinerja sekolah. Prinsip utama sekolah ramah anak adalah bahwa anak memiliki hak untuk dapat hidup, tumbuh dan berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai harkat dan martabat kemanusiaan,. serta mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan dekriminalisasi.

Beberapa indikator yang mencerminkan suatu satuan pendidikan tergolong sekolah ramah anak jika :

  1. Sekolah ramah anak mampu menciptakan suasana aman, bersih, sehat, peduli dan berbudaya lingkungan
  2. Sekolah ramah anak mampu menjamin , memenuhi menghargai hak-hak dan perlindungan anak-anak, perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi dan perlakuan salah lainnya
  3. Sekolah ramah anak mendukung partisipasi anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusif dan nyaman bagi perkembangan fisik, kognisi dan psikososial anak perempuan dan anak laki-laki termasuk anak yang memerlukan pendidikan khusus dan/atau pendidikan layanan khusus

Baca Juga

Tujuan dan Manfaat Sekolah Ramah Anak

Secara prinsip hubungan sekolah ramah anak dengan sekolah inklusif dapat digambarkan dalam tujuan dan manfaat sekolah ramah anak. Sekolah ramah anak adalah salah satu strategi dalam upaya memberikan jaminan pelaksanaan pendidikan untuk anak sehingga mereka mampu merasakan nyaman aman dan dilindungi oleh lingkungan fisik maupun non fisik di satuan pendidikan. Maka dari itu tujuan diselenggarakannya Sekolah Ramah Anak adalah :

  1. untuk memenuhi menjamin dan melindungi hak-hak yang dimiliki anak. 
  2. memastikan bahwa sekolah mampu mengembangkan minat dan bakat kemampuan anak serta mempersiapkan anak untuk bertanggung jawab kepada kehidupan yang toleran, saling menghormati, bekerja sama untuk kemajuan dan semangat perdamaian

Sekolah ramah anak adalat tempat berlangsungnya proses pendidikan di mana anak mengalami kenyamanan, keamanan dan terlindungi dari aspek fisik dan non fisik yang membahayakan akan berdampak kepada proses pelaksanaan pendidikan yang lebih baik di sekolah. Pada akhirnya proses pendidikan seperti itu akan melahirkan generasi yang cerdas secara intelektual, emosional dan spiritual

Strategi Mewujudkan Sekolah Ramah Anak

Upaya mewujudkan sekolah ramah anak, merupakan wujud dari hubungan sekolah ramah anak dengan sekolah inklusif dapat ditempuh dengan melaksanakan beberapa hal seperti:

Pengelolaan lingkungan fisik untuk wujudkan sekolah ramah anak

Hal yang paling penting dari pengelolaan lingkungan fisik adalah aksesibilitas di lingkungan sekolah, yang bertujuan untuk memberi kesempatan yang sama kepada semua peserta didik termasuk Anak Berkebutuhan Khusus untuk mengakses segala sarana dan fasilitas sekolah secara mudah dan tidak membahayakan. Maka dari itu konstruksi sekolah harus memenuhi desain universal terkait produk, lingkungan, program dan layanan yang dapat digunakan untuk semua peserta didik semaksimal mungkin tanpa memerlukan desain tambahan.

Pengelolaan lingkungan non fisik untuk wujudkan sekolah ramah anak

Guru yang mengajar di kelas inklusif disamping menerapkan prinsip-prinsip umum, juga diharapkan memiliki kemampuan menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran khusus sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus. Maka dari itu sekolah perlu mengembangkan pengembangan karakter anak melalui pembiasaan budaya sekolah yang mendukung upaya penciptaan suasana lingkungan bebas bullying dengan mengedepankan sikap saling menghargai terhadap kelebihan dan kekurangan orang lain. Selain itu pelaksanaan pembelajaran yang diselenggarakan guru harus dikelola sedemikian rupa dapat mendukung upaya menciptakan rasa aman dan bebas bullying bagi peserta didik dengan mengedepankan sikap saling menghargai antar warga kelas. Pengembangan sikap untuk saling menyadari terhadap kelebihan dan kekurangan orang lain sebagai sebuah karunia Tuhan yang harus disyukuri.

Kesimpulan

Sekolah ramah anak adalah salah satu cara dalam mengupayakan pelayanan pendidikan inklusif kepada semua peserta didik tanpa terkecuali. Itulah hubungan sekolah ramah anak dengan sekolah inklusif. Sekolah ramah anak bukan bermaksud untuk memberikan keistimewaan kepada salah satu siswa yang memiliki karakteristik tertentu, tetapi berupaya memberi pelayanan kepada semua anak. Maka dari itu aspek fisik dan non fisik sekolah harus dirancang untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi peserta didik. Sarana fisik dan non fisik tersebut harus mempertimbangkan hal yang universal dan praktis. Universal maksudnya, dapat digunakan oleh semua, sementara praktis adalah mudah diakses dan digunakan dengan menghadirkan petunjuk yang juga mudah dimengerti.

Info terkait sekolah ramah anak dapat dilihat disini

loading...

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *