Apa pentingnya membelajarkan anak tentang coding?

SDN 7 Subagan Belajar Coding

Anak SDN 7 Subagan Belajar Coding Scratch

Perkembangan teknologi digital sepertinya akan menjadi trend kehidupan di masa yang akan datang. Seperti beberapa kali penulis sampaikan pada tulisan-tulisan terdahulu, bahwa di Era Industri 4.0  anak-anak harus memiliki keterampilan Abad 21 yang menuntut mereka untuk bernalar kritis, kreatif/inovatif, komunikatif dan kolaboratif. Menurut beberapa hasil survey mengatakan bahwa bidang pekerjaan yang potensial berkembang di masa yang akan datang adalah pengembang software. Sofware merupakan pengendali dari perangkat keras berupa gadget yang sekarang hampir menjadi gaya hidup manusia di muka bumi. Perkembangan teknologi perangkat keras dalam bidang IT juga berdampak kepada masifnya pengembangan perangkat lunak atau sofware. Maka dari itu peluang kerja bagi pengembang software merupakan profesi dengan penghasilan tertinggi.

Bahasa pemrograman atau coding merupakan struktur yang bekerja di balik pernagkat lunak dan perangkt keras. Saat kita sedang mengetik di tooth komputer maka kita berinteraksi langsung dengan sofware aplikasi pengolah kata dan angka, dimana di balik semua itu dikendalikan oleh bahasa pemrograman.  Pengembang sofware terbesar di dunia yaitu Microsoft dan Google sebagai mesin pencari yang digunakan oleh miliaran orang di dunia. Mereka mampu berkembang karna mempekerjakan tenaga ahli dalam bidang pengembang sofware yang sangat ahli dalam bidang Bahasa pemrograman.  Melihat hal itu, sudah tidak diragukan lagi, peluang pekerjaan dalam bidang pengembang software adalah pekerjaan bergengsi saat ini dan di masa yang akan datang. Maka sudah seharusnya dunia pendidikan juga beradaptasi untuk mulai mengembangkan kurikulum yang di dalamnya terdapat materi terkait pengembangan perangkat lunak tersebut. Tidak hanya terbatas pada pendidikan jenjang SMK dan perguruan tinggi, tetapi sangat relevan dikenalkan sejak dini kepada anak-anak.

SD & Subagan Belajar Coding

Anak SDN 7 Subagan Belajar Coding Secara Virtual

Nadeim Makarim ketika baru saja dilantik menjadi Mentri Pendidikan mengatakan, “saat ini pelajaran IT yang ada di sekolah-sekolah sudah tidak zaman  bila anak hanya diajari cara menggunakan Ms.Word. Kini saatnya anak-anak diajari coding” Sinyal perubahan itu membawa angin segar bagi upaya memajukan pendidikan untuk mengejar ketertinggalan dalam hal kemampuan mengembangkan teknologi dalam bidang pengembang perangkat lunak. Hal ini jangan sekedar menjadi wacana, karena semakin cepat dimulai maka akan semakin baik. Kemajuan teknologi software berkembang pesat, sementara kita masih nyaman dan cukup karna bisa mengoperasikan Microsoft Word dan Excel saja.  Jika kondisi ini terus berlanjut maka maka bersiaplah menjadi bangsa yang terus dijajah teknologi. Sementara negara lain yang memiliki ketertarikan dengan coding, akan mampu bertahan dan bahkan menjadi penjajah, sementara kita yang tertinggal akan menjadi ladang jajahan.

Manfaat apa yang diperoleh ketika anak-anak belajar coding?

Selain mengupayakan skill generasi muda kita yang ahli dalam coding di masa depan, secara tidak langsung terdapat manfaat yang dapat kita kembangkan ketika belajar coding. Hal itu akan berdampak kepada karakter anak sebagai sebuah soft skill. Kalau kita kaji lebih jauh lagi, sesungguhya representasi anak berkarakter Abad 21 yang memiliki sikap dan keterampilan 4C adalah terdapat pada mereka yang belajar coding. Keterampilan Abad 21 sebagai sebuah soft skill dapat diuraikan sebagai berikut:

Menumbuhkan karakter bernalar kritis

Belajar coding merupakan kegiatan mempelajari bahasa komputer. Sistem komputer yang menggunakan teknologi digital mengandalkan bahasa mesin yang berbentuk byte ( nol dan satu). Bahasa mesin yang oleh para pakar bahasa pemrograman selanjutnya diturunkan menjadi bahasa yang lebih dapat dipahami manusia. Beberapa bahasa pemrograman yang dikenal saat ini seperti bahasa Basic, Foxpro, Delfy, C+, Java, html, Python, Symbian dan PHP yang selanjutnya menjadi struktur penting di balik aplikasi-aplikasi ternama saat ini seperti Microsoft Windows, Linux, Android Mac, Apple dan sebagainya.

SDN 7Subagan Belajar Coding

Anak SDN 7 Subagan Belajar Coding dibimbing Guru

Struktur bahasa pemrograman bekerja berdasarkan algoritma yang dikembangkan untuk fungsi tujuan tertentu. Penulisan coding dengan menggunakan bahasa tertentu menuntut kemampuan logika nalar kritis yang baik dari penggunanya. Logika dalam pembuatan perangkat lunak dengan menggunakan coding dapat dilatih secara berulang-ulang hingga siswa yang belajar dapat memahami sekaligus menggunakannya secara tepat. Kesalahan tulis dalam membuat bahasa coding adalah hal yang biasa.Kesalahan itu menyebabkan eksekusi program tidak berjalan sehingga sistem memberitahukan teleah terjadi kesalahan penulisan. Tantangan belajar coding pemula adalah mereka belum tahu struktur bahasa dan fungsinya, akan tetapi seiring waktu, ketika proses latihan dilanjutkan dan berhasil memecahkan masalah, merupakan daya tarik dalam belajar coding.

Menumbuhkan karakter kreatif dan inovatif

Belajar coding, akan merangsang siswa untuk berpikir di luar konteks atau out of the box dalam upaya menyelesaikan masalah mereka baik ketika belajar maupun mengerjakan proyek-proyek coding. Maka jika kita ingin anak-anak kita mampu berkreasi dan inovatif maka langkah mengenalkan mereka dengan dunia coding adalah hal yang sangat tepat. Kompleksitas dan kerumitan dunia coding dengan berbagai macam aturan sintaknya, sesungguhnya bukan hal yang menakutkan jika dipelajari dengan metode yang tepat. Maka kehadiran guru atau platform belajar yang baik dapat membantu anak untuk memahami coding sebagai sebuah pelajaran yang akan menjadikan mereka kreatif dan inovatif.

Menumbuhkan karakter komunikasi yang efektif

Karakter komunikatif dari kegiatan belajar coding dapat dipupuk sejak awal dimana anak-anak akan belajar mengkomunikasikan cara dan trik menggunakan kode bahasa pemrograman yang dalam hal ini membutuhkan bimibingan guru atau platform tertentu. Proses mengkomunikasikan tips atau cara menulis kode bahasa pemrograman adalah salah satu cara mereka untuk semakin meningkatkan kemampuannya dalam menulis bahasa pemrograman. Selanjutnya jika kode sudah dieksekusi maka tugas mereka selanjutnya untuk meyakinkan calon pengguna untuk memanfaatkan hasil karyanya. Melalui strategi ini akan berdampak pada kepercayaan diri siswa yang semakin dipupuk untuk senantiasa berkembang.

Menumbuhkan karakter kolaborasi dalam kerjasama tim

Kegiatan belajar coding. Mulai sejak awal sudah harus dipupuk kerjasama tim. Proses mengerjakan proyek coding sebelum menjadi aplikasi yang berfungsi, memerlukan keterlibatan banyak orang. Masing-masing membagi diri dalam mengerjakan bagian-bagian aplikasi yang memerlukan keahlian khusus, selain coding itu sendiri seperti desain gambar, promosi hingga aspek pengujian aplikasi sebelum hasil karya tersebut di gunakan oleh orang lain.

Soft Skill apa saja yang diperoleh anak ketika belajar coding?

Selain ketrampilan Abad 21 yang diperoleh dari kegiatan belajar coding, anak juga akan memiliki kemampuan soft skill yang lain dan paling penting, yaitu:

Mengutamakan Nalar Logika

Landasan bahasa pemrograman adalah logika, maka siswa yang belajar coding akan selalu mengutamakan logika dalam setiap tindakannya. Hal ini juga akan berdampak pada proses pengambilan keputusan yang mereka lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan ini akan membawa siswa tidak lekas percaya dengan sumber informasi yang ada jika belum memenuhi akal sehat mereka

Memecahkan Masalah

Ketika berinteraksi dengan bahasa pemrograman, mau tidak mau mereka pasti akan menemukan masalah terutama dalam upaya menuliskan kode untuk tujuan tertentu yang terkadang salah tulis. Maka mereka akan terdorong untuk mengetahui sumber masalahnya untuk segera diperbaiki. Peralatan atau platform belajar koding selalu menyediakan petunjuk untuk memperbaiki, sehingga siswa tidak mengalami kebuntuan dalam proses belajar. Apalagi guru juga mendampingi dan ikut memberikan masukan agar masalah anak dalam penulisan koding dapat dipecahkan. Situasi ini akan membiasakan anak untuk selalu optimis bahwa tidak ada masalah yang tidak dapat dipecahkan.

Tangguh

Sikap tangguh juga akan menjadi dampak iringan ketika siswa belajar koding. Masalah yang mereka kerap alami, yang berhasil mereka pecahkan adalah salah satu motivasi pendorong bagi siswa dalam belajar lebih tekun lagi. Mereka akan terbiasa menjadi anak-anak yang tangguh dimana salah satu cirinya adalah tidak lekas putus asa.

Konsisten

Belajar koding akan mengajarkan nilai konsisten melebihi dari apapun yang selama ini pernah mereka pelajari dan alami. Nilai konsistensi menjadi sangat penting dalam belajar koding, karna jika tidak konsisten dalam penulisan sintak-sintaknya, akan berdampak program tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Fokus

Bahasa pemrograman akan berjalan sesuai dengan ruang lingkup variabel yang dikondisikan. Syarat ini menjadi suatu yang mutlak siswa kuasai. Ruang linkup variabel sangat berpengaruh pada cara penulisan bahasa coding. Koteks pembicaraan dalam ruang lingkup variabel terntentu tidak akan dapat di bawa ke ruang lingkup lain yang kondisinya berbeda. Pembelajaran seperti ini akan membawa siswa untuk senantiasa  berfikir fokus dan tidak bias dalam menentukan sikap. Aturan yang berlaku pada suatu ruang lingkup variabel terntentu tidak dapat diberlakukan pada kondisi lain, tanpa pemberintahuan terlebih dahulu ke variabel lainnya.

Disiplin

Orang-orang yang terjun untuk menggeluti dunia coding tidak dapat terlepas dari unsur disiplin. Sikap mereka memang dibiasakan ketika belajar maupun menggunakan bahasa pemrograman dalam mengembangkan suatu perangkat lunak. Salah satu syarat dari belajar bahasa pemrograman adalah taat aturan. Setiap bahasa memiliki kaedah atau aturan yang sangat ketat. Tingkat kepastian dalam hal aturan yang ketat itu adalah mutlak. Jika syarat dilanggar maka bahasa itu tidak akan berfungsi. Jika ini dibawa ke kehidupan yang nyata, maka anak-anak yang paham coding, akan sangat mengerti aturan, dan akan selalu berpikir, jika kita melanggar aturan maka sistem tidak akan berfungsi.

Rasa Ingin Tahu

Belajar coding adalah belajar bahasa pemrograman yang dapat dikembangkan secara tidak terbatas. Apalagi dengan tersedianya informasi belajar coding atau sumber belajar coding interaktif di internet. Hal ini akan merangsang siswa untuk mencari tahu informasi yang relevan terkait dengan masalah yang mereka alami. Karna di inteernet telah tersedia sumber yang siap membantu kita dalam menyelesaikan masalah terkait coding.

Dimanakah belajar coding?

Jenis layanan/aplikasi yang menyediakan layanan belajar coding secara gratis, yang dapat dikemukakan di sini adalah sebagai berikut :

Progate

Layanan yang disediakan situs ini menggunakan bahasa Indonesia. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah html, javascript yang mendukung pemrograman html dan css yang yang banyak digunakan pada platform android. Belajar disini akan dimbimbing secara penuh baik oleh guru-guru hingga system panduan yang terintegrasi ke dalam layanan. Platform ini layak digunakan mulai dari pemula hingga tingkat lanjut.

anakcoding

Situs ini sengaja diperuntukkan untuk anak-anak dalam rangka mengembangkan soft skill dalam hal penyelesaian masalah, mengasah kreatifitas, logika dan kemampuan matematika terapan yang menarik. Program ini disediakan bahkan dari TK, SD, SMP dan SMA. Bahsa yang digunakanpun sudah mendukung penggunaan Bahasa Indonesia.

Code Akademy

Platform belajar e-learning ini menyediakan kesempatan belajar 14 jenis bahasa pemrograman yang dapat dinikmati secara gratis. Secara teknis belajar di Code Akademy ini, peserta akan dibantu meningkatkan pemahaman tentang bahasa pemrograman melalui kuis, tugas praktis dan demo. Layanan ini juga menyediakan sertifikasi bagi para programer tingkat lanjut yang berkeinginan menjadi mentor. Layanan terakhir ini adalah berbayar, sebagai bentuk upaya situs ini mencari dukungan pendanaan.

BitDegree

Platform ini mengklaim telah berhasil mengembangkan karir sejumlah orang di dunia. Layanan yang disediakan dari layanan ini adalah belajar pengembangan web, ilmu pengelolaan data, pengembangan game dan AWS Cloud. Platform ini memiliki keunikan yaitu, menjadi penyedia layanan bagi interaksi peserta didik dan pengajar, dimana siapapun yang telah memiliki kemampuan dapat mengajukan diri sebagai pengajar coding di situs ini.

Udemy

Situs udemy.com menyediakan layanan belajar coding bagi anak-anak untuk belajar pemrograman yang menggunakan aplikasi scratch untuk praktek membuat animasi, game dan presentasi. Plaform ini hanya menyediakan layanan berbayar dan tersedia dalam bahasa Indoensia

FreeCodeCamp

Layanan ini hanya tersedia dalam Bahasa Inggris, dengan program yang sangat lengkap yang diperuntukkan untuk pengembangan web responsif, JavaScript, Data Visualization, API, Pemrograman Python.

Scratch

Adalah layanan belajar coding untuk anak yang sangat terkenal. Platform ini adalah layanan sumber terbuka (Open Source) yang dikembangkan pertama kali oleh Massachetts Institute Of Technology bekerja sama dengan National Science Foundation, Siegel Family, dan LEGO Fondations. Aplikasi layanan belajar coding untuk anak ini telah tersedia dalam format apk Andorid yang dapat dinikmati di hanphone.

Penutup

Belajar bahasa pemrograman adalah inti dari belajar coding, Belajar coding boleh jadi merupakan hal yang baru dan terkesan rumit dan sulit. Tetapi dengan modal landasan pemikiran yang berorientasi masa depan, tentang bagaimana masa depan itu akan sepenuhnya diwarnai dengan teknologi IT, dimana coding sebagai penggeraknya. Maka bangsa yang masyarakatnya mengerti tentang coding akan menjadi bangsa yang maju dan dominan, sementara yang mengabaikannya siap-siap menjadi bangsa tertindas dan terjajah.  Belajar coding pada anak, dalam jangka panjang adalah untuk mempersiapkan ahli pengembang software yang handal dan mampu bersaing, sementara dalam jangka pendek adalah dalam rangka mengembangkan karakter positifnya. Maka dari itu belajar coding menjadi sangat penting untuk dikenalkan kepada anak-anak sebagai persiapan mengembangkan karakter yang akan dibawanya dalam menapaki masa depan yang penuh dengan tantangan. Terimakasih, semoga bermanfaat.

loading...

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *