REFLEKSI PEMBELAJARAN BAGI PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA

Published by TeacherCreativeCorner on

    1. Guru mengetahui kelemahan dan kekuatan pembelajaran yang telah dilaksanakan sehingga dapat secara tepat menentukan strategi perbaikannya.
    2. Guru dapat meningkatkan kemampuannya dalam memilih strategi yang relevan dilaksanakan terutama ketika merencanakan pembelajaran
    3. Guru dapat mengetahui karakteristik siswa secara mendalam sehingga dapat merencanakan tindakan yang tepat dalam membimbing dan mendamingi siswa
    4. Guru dapat melatih instingnya dalam melakukan tidakan cepat ketika terjadi permasalahan di kelas karna karakteristik siswa telah dipahaminya

Unsur unsur Karakteristik Anak

Siswa SD menurut Piaget beradap pada tahapan operasional konkret dengan rentangan umur kisaran 6 s/d 13 tahun. Strategi yang tepat dalam rangka menentukan langkah refleksi yang kita akan laksanakan harus didahului dengan upaya mengetahui karakteristik anak. Secara umum karakteristik anak SD sangat bervariasi, yang memerlukan tindakan beragam dalam proses pembelajaran. Jika dikaitkan dengan kepentingan belajar secara kelasikal, maka beberapa variasi karakter anak adalah sebagai berikut:


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: