Pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru ada di sini!

Peneriman Peserta Didik Baru di Kabupaten Karangasem, yang mengacu pada Peraturan Bupati Karangasem, menyatakan bahwa agar penerimaan peserta didik baru tahun ini dilaksanakan secara optimal dengan memperhatikan objektifitas, akuntabilitas, transparansi, berkeadilan dan tidak diskriminatif. Selanjutnya dengan mempertimbangkan daya tampung sekolah agar mampu memberikan jaminan pelayanan yang lebih baik maka terdapat beberapa ketentuan teknis yang selanjutnya dijabarkan di bawah ini.

Penerimaan siswa baru tahun ajaran 2020/2021 telah bergulir, sesuai dengan Peraturan Bupati Karangaem Nomor 18 Tahun 2021. Peraturan tersebut menyebutkan bahwa tata cara Penerimaan Peserta Didik Baru dilaksanakan secara objektif, transparan dan akuntabel, serta dirancang untuk dapat melayani peserta didik dari kelompok, gender atau agama tertentu. Penerimaan peserta didik baru untuk sekolah dasar harus memenuhi beberapa kereteria di antaranya telah berusia 7 tahun, atau paling rendah berusia 6 (enam) tahun pada tanggal 1 Juli 2021. Ketentuan tersebut dikecualikan pada siswa yang diidentifikasi memiliki kecerdasan dan bakat istimewa serta memiliki kesiapan psikis, berusia paling rendah 5 tahun 6 bulan pada tanggal 1 Juli 2021, dengan menyertakan bukti tertulis dari psikiater atau rekomendasi dari Dewan Guru sekolah bersangkutan.

Peneriman Peserta Didik Baru dilaksanakan melalui jalur pendaftaran dengan memperhatikan zonasi paling sedikit 70%, afirmasi paling sedikit 15%, perpindahan orang tua paling banyak 5% dan sisanya dapat diisi melalui jalur preatasi. PPDB pada jalur zonasi diperuntukkan bagi calon peserta didik yang berdomisili/surat keterangan domisili di wilayah zonasi. Surat tersebut diterbitkan oleh Klian Banjar Dinas yang dilegalisir Lurah/Perbekel yang membuktikan bahwa calin perserta didik telah tinggal di wilayah zonasi sekurangnya 1 (satu ) tahun. Aturan mengenai wilayah zonasi selanjutnya ditetapkan oleh pemerintah daerah.

Dalam rangka pelayanan kepada calon peserta didik untuk mendapatkan sekolah dan proses pendidikan yang lebih baik maka peserta didik hanya dapat memilih 1 (satu) jalur pendaftaran dalam 1 (satu) wilayah zonasi. Peserta didik yang memilih pendaftaran melalui jalur afirmasi atau prestasi, dapat memilih sekolah di laur zonasinya, sepanjang memenuhi persyaratan. Penerimaan Peserta Didik Baru tidak dibenarkan dilakukan secara tes dalam bentuk apapun.

Pengertian jalur afirmasi adalah peserta didik yang berasal dari keluarga tidak mampu dan atau penyandang disabilitas, yang dapat berasal dari dalam atau di luar zonasi sekolah bersangkutan. Ketentuan tambahan bagi peserta didik yang mendaftar dari jalur afirmasi adalah menyertakan bukti keikutsertaan peserta didik dalam penanganan keluarga tidak mampu oleh pemeritah pusat. Orang tua calon peserta didik harus menjamin kebenaran data dimaksud dengan membuat surat pernyataan. Sementara itu untuk jalur perpindahan orang tua, dibuktikan dengan surat penugasan dari instansi, Lembaga, kantor atau perusahaan yang mempekerjaan.

loading...

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *