Ilustrasi Lomba

Pengertian

Kegiatan lomba adalah aktivitas mengadu kemampuan baik pengetahuan, keterampilan, dan sikap mental pada bidang-bidang tertentu. Setiap peserta lomba pasti menginginkan menjadi pemenang, sehingga dalam persiapannya mereka melakukan kegiatan latihan. Segala upaya kadang dilakukan agar efektif baik dalam sesi latihan maupun saat lomba sehingga mampu memperoleh penilaian yang baik oleh dewan juri.

Tujuan Lomba

Tujuan diselenggarakannya lomba oleh panitia lomba dapat dipilah menjadi beberapa hal penting yaitu:

  1. Memeriahkan suatu iven tertentu, sehingga lomba sejenis ini tidak dilaksanakan secara berkelanjutan, hanya dilaksanakan pada saat-saat tertentu untuk tujuan menjalin solidaritas dan kebersamaan melalui kegiatan yang menyenangkan
  2. Menumbuhkan motivasi untuk senantiasa meningkatkan produktifitas dalam belajar, berkarya dan berinovasi, lomba sejenis ini biasanya dilaksanakan secara berkelanjutan jika ingin menghasilkan suatu hal yang optimal
  3. Melestarikan suatu kebiasaan pada kelompok masyarakat yang tertarik pada hobi tertentu, sehingga kegiatan seperti ini memiliki kegiatan yang beragam baik berkelanjutan atau sesaat.

Jenis Lomba

Berikut adalah contoh-contoh lomba berdasarkan tujuan seperti dikemukakan di atas, yaitu :

  1. Lomba temporer, contohnya lomba dalam memeriahkan Peringatan Hari Kemerdekaan RI, dengan kegiatan lomba seperti lomba lari karung, lomba memancing botol, lomba panjat pinang dan sebagainya.
  2. Lomba mutu, yang bersifat menumbuhkan motivasi sehingga diharapkan berdampak pada hasil belajar, produktifitas kerja dan mutu, seperti lomba menulis, lomba siswa berprestasi, lomba kreatifitas mahasiswa, lomba sekolah, lomba desa dan lain-lain
  3. Lomba untuk melestarikan suatu hobi kalangan tertentu, sehingga mendatangkan manfaat baik untuk kepuasan batin semata atau bahkan hiburan yang mengarah kearah industri, seperti lomba sepak bola, lomba voli, lomba burung, lomba ikan koi dan sebagainya.

Kreteria Lomba

Kegiatan lomba dari mulai yang paling sederhana sampai melibatkan banyak peserta, tidak dapat melepaskan tahapan sebagai berikut:

  1. Menyusun perencanaan dan pengembangan ide lomba, perencanaan lomba yang tidak berkelanjutan dan melibatkan peserta yang sedikit, melakukan perencanaan yang sederhana dan tidak menyertakan dokumen-dokumen penting. Hal itu sangat berbeda dengan lomba yang diselenggarakan dengan melibatkan jumlah peserta lomba yang banyak, sehingga harus direncanakan secara matang dengan persiapan Langkah-langkah yang lebih matang dengan bantuan pengadministrasian yang baik.
  2. Pembentukan panitia lomba, menjadi tahapan yang penting, mulai dari Langkah sederhana dengan hanya menyiapkan juri dan peserta sampai dengan pelibatan panitia penyelenggara ayng lebih kompleks
  3. Pembuatan panduan lomba, dimana untuk lomba skala kecil, cukup dikomunikasikan saat itu sehingga juri mengambil dominasi yang lebih kuat dalam penilaian. Kegiatan lomba dengan melibatkan peserta yang lebih banyak juga memerlukan persiapan dan keterlibatan panitia yang lebih banyak. Hal ini akan berdampak kepada mekanisme yang lebih sulit, sehingga memerlukan panduan yang baik.
  4. Penyiapan instrument penilaian lomba dan juri, mulai dengan instrument yang sederhana sampai dengan penilaian menggunakan instrument yang lebih kompleks.
  5. Pelaksanaan lomba dan penilian, dimana para peserta lomba mulai beraksi, dan disaat bersamaan juri melakukan penilaian, dengan menggunakan panduan lomba dan instrument yang telah ada
  6. Pengumuman dan pemberian penghargaan, merupakan kegiatan yang ditunggu-tunggu peserta, untuk mendapatkan hadiah dan penghargaan dari panitia, bagi peserta yang memenangkan lomba

Tugas Panitia Penyelenggara

Sesederhana apapun kegiatan lomba, menghendaki pembagian tugas yang jelas di antara panitia pelaksanaan lomba. Susunan panitia lomba yang biasa dilaksanakan adalah sebagai berikut:

  1. Ketua Pelaksana Lomba
  2. Sekretaris
  3. Bendahara
  4. Seksi

Panitia lomba seperti dijelaskan di atas memiliki tugas adalah sebagai berikut:

  1. Merencanakan lomba
  2. Membuat aturan dan atau panduan lomba
  3. Mengatur teknis pelaksanaan lomba
  4. Menyediakan fasilitas yang diperlukan saat kegiatan lomba
  5. Mengumumkan dan menyerahkan penghargaan kepada pemenang lomba

Tugas Juri

Padab beberapa lomba juri menjadi bagian dari kepantiaan yang masuk ke bagian seksi, akan tetapi pada beberapa kegiatan lomba lain, juri diambil dari pihak lain yang diundang berdasarkan kepakarannya pada bidang itu. Pada beberapa iven lomba tertentu memerlukan keterlibatan juri yang lebih banyak. Berikut adalah tugas juri adalah:

  1. Menyiapkan instrument penilaian
  2. Menilai peserta lomba
  3. Mengolah skor penilaian
  4. Menentukan pemenang

Sebagai seorang juri, sangat memegang peranan penting dalam kegiatan lomba. Keputusan yang diambil oleh juri lomba sedapat mungkin memuaskan semua pihak. Maka dari itu, sikap juri adalah :

  1. Selalu mengacu pada instrument penilaian yang digunakan
  2. Selalu memperhatikan tata-tertib pelaksanaan lomba berdasarkan panduan panitia
  3. Selalu bersifat independent dalam proses penilaian
  4. Berupaya bersikap jujur, tidak di bawah tekanan, adil, objektif dan tidak mudah terpengaruh
  5. Selalu konsisten dengan tindakan ketika melakukan penilaian\

Kesimpulan

Pembahasan di atas telah menggambarkan bagaimana pentingnya suatu lomba diaksanakan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Sesederhana apapun kegiatan lomba dimaksud setidak-tidaknya memenuhi beberapa unsur penting seperti dikemukakan di atas. Kelalaian panitia dan juri dalam mengikuti panduan yang dihasilkan baik atas dasar kesepakatan dengan peserta atau ketentuan tertentu yang diikuti, dapat berdampak kepada pelaksanaan lomba yang diindikasi curang. Perencanaan lomba yang awalnya dilaksanakan untuk tujuan baik, pada akhirnya menimbulkan masalah yang dapat merugikan semua pihak. Alih-alih mendapatkan manfaat, akhirnya lomba berujung bermasalah dan menimbulkan masalah baru yang jauh dari tujuan yang diharapkan semula.

loading...

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *