HUT Kota AmlpuraPemerintah Kabupaten Karangasem dalam rangka memperingati hari Bung Karno dan Hut Kota Amlapura ke 381 menyeleggarakan beberapa iven, salah satunya adalah lomba “Nadi Bersinar dalam Pengembangan Profl Pelajar Pancasila”. Pada lomba ini melibatkan beberapa sekolah dasar dari masing-masing kecamatan di Kabupaten Karangasem. Pelaksanaan lomba ini melibatkan beberapa instansi seperti Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, BNNK Karangasem dan Dinas Pendidikan Kabupaten Karangasem.

Kegiatan ini telah disosialisasikan pada tanggal 10 s/d 25 Mei 2021, yang dilanjutkan dengan technical meeting pada tanggal 25 Mei 2021. Pendaftaran lomba resmi dibuka pada tanggal 26 Mei s/d 03 Juni 2021. Penilaian sekolah tersebut dilakukan oleh para juri dari instansi DLH, Dinas Kesehatan, BNNK, dan Disdikpora Kabupaten Karangasem mulai tanggal 04 s/d 15 Juni 2021. Adapun pengumuman pemenang direncanakan akan dilaksnaakan pada tanggal 18 Juni 2021 yang dilanjutkan dengan pembagian

penghargaan pada tanggal 22 Juni 2021.

 

Baca Juga

Profil Pelajar Pancasila

LOMBA SEKOLAH NADI BERSINAR DALAM PENGEMBANGAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

10 PERAN GURU MASA KINI, INTEGRASI PENGEMBANGAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA BERBASIS KELAS DALAM 

PEMBELAJARAN

DISKUSI KELOMPOK TERPUMPUN PUSPEKA PROFIL PELAJAR PANCASILA

 

Kreteria lomba Nadi Bersinar dalam Pengembangan Profil Pelajar Pancasila meliputi kebersihan, penataan halaman dan taman sekolah, penerapan Prokes Covid-19, sadar bahaya narkoba dan pengembangan karakter Profil Pelajar Pancasila. Penilian dilakukan melalui metode kunjungan, wawancara, observasi fisik langsung, telaah dokumen.

Penghargaan berdasarkan hasil penilaian dewan juri meliputi beberapa katagori yaitu penghargaan kepada sekolah bersih, sekolah sehat, sadar narkoba dan memiliki budaya sekolah sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.

Melalui pelaksanaan lomba ini diharapkan sekolah telah dan akan mengupayakan kondisi sekolah yang Nyaman, Aman, Damai, Indah, Bebas Narkoba, dalam Pengembangan Profil Pelajar Pancasila. Harapan ini tidak hanya diwujudkan oleh sekolah yang menjadi sasaran penilaian tetapi lebih dari itu sekolah lain juga dapat mengembangkan hal yang serupa. Hal ini bukan dalam rangka kepentingan jangka pendek semata tetapi lebih kepada pengembangan budaya sekolah, sehingga mampu menciptakan ekosistem sekolah yang kondusif. Maka melalui kegiatan ini pada akhirnya akan bermuara kepada berkembangnya karakter anak-anak yang akan mengisi kehidupan di masa yang akan datang.

loading...
Categories: Artikel

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *