Pendahuluan

Seperti pembahasan sebelumnya penulis kemukakan terkait dengan bagaimana peran guru masa kini dalam mengupayakan pemelajaran untuk membentuk siswa tangguh belajar sepanjang hayat dengan mengimplementasika Pengembangan Karakter Profil Pelajar Pancasila berbasis kelas seperti diuraiakn dalam refleksi pembelajaran guru melalui supervise Google Class Room. Kegiatan ini dilakukan setiap minggu, selain dalam rangka menjalankan tugas pokok kepala sekolah sebagai pemimpin pebelajaran juga menjamin kepastian bahwa pembelajaran telah dilakukan guru secara efektif dan optimal.

Secara menyeluruh pengembangan pembelajaran daring masih menemui beberapa hambatan terkait dengan keterssediaan jaringan dan kepemilikan perangkat, namun hal tersebut telah di atasi dengan strategi alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu :

Baca Juga

LOMBA SEKOLAH NADI BERSINAR DALAM PENGEMBANGAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

10 PERAN GURU MASA KINI, INTEGRASI PENGEMBANGAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA BERBASIS KELAS DALAM PEMBELAJARAN

DISKUSI KELOMPOK TERPUMPUN PUSPEKA PROFIL PELAJAR PANCASILA

IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA BERBASIS KELAS

  1. Strategi kunjungan rumah dilakukan kepada siswa yang masih mengalami hambatan dalam proses belajar yang dilaksanakan secara daring
  2. Pembimbingan inklusif, dilakukan kepada siswa yang mengalami masalah pembelajaran untuk dipanggil ke sekolah untuk mendapatkan pembimbingan khusus, dan banyak terjadi pada siswa kelas I
  3. Pembimbingan bakat minat, dilakukan kepada siswa yang berminat kepada hal khusus yang terkait dengan kegiatan lomba-lomba
  4. Memberi kebebasan kepada siswa untuk melengkapi penyelesaian tugasnya dalam durasi waktu seminggu, jika terjadi halangan terkait ketersediaan jaringan maupun paket kuota
  5. Memberi alternatif cara mengumpulkan tugas pada siswa yang dapat dilakukan langsung secara daring melalui aplikasi layanan Google Class Room, Whatsaap Group, menyetorkannya ke sekolah secara langsung

Refleksi Pembelajaran

Walaupun demikian banyak hal yang masih perlu disempurnakan dari proses kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Penulis karena keterbatasan waktu dan tenaga, hanya mendapat kesempatan terbatas dalam membimbing, memfasilitasi dan mendampingi guru dalam penyelenggaraan pembelajaran. Berikut beberapa hal yang dapat dikemukakan terkait kegiatan refleksi penyelenggaraan pembelajaran adalah sebagai berikut :

Kelas I

Proses pembelajaran kelas I, yang diselenggarakan secara kombinasi daring (sebagian melalui Google Class Room dan sebagian lagi melalui Whatsaap Group), secara luring (pembimbingan inklusi dan kunjungan rumah). Sebagian besar proses pembelajaran telah berlangsung sangat baik, hal ini tercermin dari kemampuan dan produk hasil belajar siswa terkait membaca dan berhitung telah dapat dilakukan oleh siswa. Selain kemampuan kognitif seperti dikemukakan di atas, hal yang perlu ditekankan di sini adalah bagaimana siswa mampu Mengembangkan Karakter Profil Pelajar Pancasila sejak dini. Mungkin karena kesibukan mempersiapkan instrument ulangan semester, pembimbingan khusus, dan kunjungan rumah, sehingga tampilan Google Class Room seperti di bawah ini belum sempat memuat penugasan kepada siswa untuk melakukan pembiasaan harian, yang sebelumnya telah rutin dilakukan. Seperti dikemukakan sebelumnya, kegiatan pembiasaan adalah bersifat berulang dan dilakukan terus menerus, maka sekali saja kita melupakan, untuk mengingatkan siswa, hal ini akan berdampak menurunya keyakinan siswa, dan orang tua tentang konsistensi program kita. Maka dari itu harapan saya, untuk kegiatan pembiasaan, seusungguhnya tidak mengenal hari libur. Pada saat kegiatan PJJ ini kita dapat membuktikan perhatian kita yang lebih besar kepada anak hanya dengan tetap menyapa, baik siswa maupun orang tua untuk tetap menjaga hubungan baik dengna mereka. Kegiatan menyapa itu dapat dilakukan melalui Google Class Room atau Whatsaap Group, baik kepada siswa maupun orang tua.

Kelas II

Proses pembelajaran kelas II seperti terekam dalam Google Class Room yang dimuat di bawah ini telah mencerminkan penugasan kepada siswa yang secara konsisten dilaksanakan. Masukan yang perlu diberikan dalam kaitannya dengan bagaimana mengupayakan Pengembangan Karakter Profil Pelajar Pancasila secara konsisten dan memperhatikan variasi bahasa. Penugasan kegiatan pembiasaan seperti dikemukakan di bawah ini, kalua dilihat dari hari ke hari tetap sama, jadi kurang menarik. Upayakan untuk menghadirkan sapaan yang lebih komunikatif, tidak langung di salin dari kalimat yang sudah ada. Saran berikutnya, perlu kiranya guru secara rutin mengucapkan selamat ulang tahun kepada siswa, karena guru telah memiliki catatan tanggal kelahiran siswa. Upaya ini akan lebih mendekatkan siswa dengan guru, demikian pula orang tua akan sangat senang ketika guru memperhatikan anaknya. Melalui aktivitas tersebut, siswa akan tanggap, semangat dan termotivasi lagi untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru.

Kelas III

Proses pemuatan materi dan instruksi tugas di Google Class Room pada siswa kelas III seperti di bawah ini, perlu disempurnakan. Seperti dikemukakan sebelumnya, upaya guru untuk membiasakan siswa sehingga mampu melakukan kegiatan positif yang sesuai dengan Pengembangan Karakter Profil Pelajar Pancasila, guru perlu memperhatikan banyak hal yaitu :

  1. Uraikan kalimat sapaan setiap hari kepada siswa, tidak memandang hari libur, baik melalui Whatsaap Group atau Google Class Room (ini sangat direkomendasikan), sehingga mencerminkan guru sangat memperhatikan siswa.
  2. Upayakan untuk mengucapkan selamat pagi, salam keagamaan, bahkan selamat ulang tahun kepada siswa (karena guru punya catatan kelahiran siswa), hal ini akan berdampak simapati anak dan orang tua, sehingga timbul jalinan keakraban yang lebih intensif. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan kepada siswa.
  3. Variasi kata-kata sapaan hendaknya beragam, hindari untuk menyalin kalimat yang sudah ada, dan hal ini terkesan guru memperhatikan siswa bukan datang dari hati, tetapi karena terpaksa.

Kelas IV

Proses pemuatan instruksi dan materi penugasan pada Google Class Room kelas IV talah sangat baik, karena telah memuat sapaan yang tidak monoton dan bervasiasi setiap saat. Mohon untuk dilanjutkan dan ditingkatkan, karena hal ini sangat bermanfaat bagi siswa. Jalinan emosional siswa dengan guru yang lebih akrab adalah modal dasar bagi upaya memotivasi siswa untuk meningkatkan intensitas belajarnya. Terimakasi  kepada Jik Parnama, telah memperhatikan siswa dengan seksama. Perhatian guru yang lebih kepada siswa akan sangat berpengaruh bagi siswa untuk mendengarkan apa yang kita katakana, sehingga lebih mudah dalam mengupayakan Pengembangan Karakter Profil Pelajar Pancasila yang sangat beragam dan kompleks. Santai tapi pasti, sedikit demi sedikit jika hal ini dilakukan secara konsisten pasti akan berbuah manis pada akhirnya. Pada postingan berikutnya, hendaknya kawan-kawan selalu memperhatikan tanggal lahir siswa, dimana secara berkelanjutan dapat mengucapkan ulang tahun untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.

Kelas V

Demikian hal ya dengan postingan instruksi materi pembelajaran pada Google Class Room kelas V telah mencerminkan hal yang positif. Seperti Nampak pada gambar di bawah ini, selain kegiatan pembiasaan rutin, siswa juga disapa dengan salam dari guru. Kondisi ini sangat meningkatkan hubungan emosional antara guru, siswa dan bahkan orang tua. Pengembangan pembiasaan kegiatan positif kepada siswa untuk mengambangkan Karakter Profil Pelajar Pancasila akan lebih mudah dilakukan. Terimakasi kepada Bu Komang Dita telah memperhatikan hal sampai sedetail itu. Pada postingan berikutnya, hendaknya kawan-kawan selalu memperhatikan tanggal lahir siswa, dimana secara berkelanjutan dapat mengucapkan ulang tahun untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.

Kelas VI

Salut kepada Bu Jero Tunjung, karena walaupun siswanya sedang mengikuti ujian, tetapi tetap menyempatkan diri mengucapkan salam kepada siswa. Kita tida perlu risau, apakah kata itu sudah dibaca atau tidak, yang terpenting adalah kita telah memiliki standar pemuatan tugas yang baik kepada siswa, sehingga dapat mempererat hubungan emosional pada siswa yang nantinya akan mempermudah kita dalam menugaskan siswa untuk belajar lebih intensif. Pada postingan berikutnya, hendaknya kawan-kawan selalu memperhatikan tanggal lahir siswa, dimana secara berkelanjutan dapat mengucapkan ulang tahun untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.

PJOK

Tampilan postingan materi pada Google Class Room PJOK juga telah memuat salam kepada siswa dan hal ini akan berdampak kepada hubungan emosional siswa dengna guru akan semakin baik. Dengan kondisi tersebut, akan memudahkan guru dalam menugaskan siswa karena mereka telah memiliki motivasi untuk belajar. Terimakasih Jik Purna, telah secara konsisten menugaskan siswa dengan tidak lupa menyampaikan salam kepada mereka secara konsisten. Pada postingan berikutnya, hendaknya kawan-kawan selalu memperhatikan tanggal lahir siswa, dimana secara berkelanjutan dapat mengucapkan ulang tahun untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.

Agama Hindu Kelas Rendah

Terimakasih saya ucapkan kepada Bu Ngah Suartini yang telah memuat salam keagamaan kepada siswa, sehingga siswa akan lebih memiliki jalinan emosional kepada guru. Hal ini akan memudahkan kita menugaskan siswa untuk belajar lebih giat lagi karena melalui salam yang kelihatannya sepele tersebut telah berdampak besar untuk memotivasi siswa. Pada postingan berikutnya, hendaknya kawan-kawan selalu memperhatikan tanggal lahir siswa, dimana secara berkelanjutan dapat mengucapkan ulang tahun untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.

Agama Hindu Kelas Tinggi

Seperti bianya Bu Wayan Rindi selalu mengawali aktivitas pembelajaran dengan salam keagaman, tetapi kali ini, mungkin karena lupa tidak sempat diposting. Harapan untuk kedepannya, sebelum siswa diberikan materi atau penugasan tetap didahului oleh salam pembuka, sehingga dapat meningkatkan jalinan keakraban siswa dengan guru bahkan orang tua. Hal ini akan mempermudah kita menugaskan siswa untuk belajar lebih giat lagi, karena melalui salam yang kelihatannya spele bagi kita tetapi sangat besar artinya bagi siswa. Pada postingan berikutnya, hendaknya kawan-kawan selalu memperhatikan tanggal lahir siswa, dimana secara berkelanjutan dapat mengucapkan ulang tahun untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.

Bahasa Bali Kelas Rendah

Demikian halnya masukan yang sama juga kepada guru Bahasa Bali yang saat ini dirangkap oleh Guru Mapel Agama Hindu

Bahasa Bali Kelas Tinggi

Demikian halnya masukan yang sama juga kepada guru Bahasa Bali yang saat ini dirangkap oleh Guru Mapel Agama Hindu

 

Kesimpulan

Berdasarkan pengamatan terhadap aspek penugasan yang dilakukan guru melalui Google Class Room telah dimuat dengan sangat baik dan apik. Walaupun di sana-sini masih Nampak tidak konsisten mungkin karena lupa atau guru sedang ada kesibukan lainnya. Berikut rangkuman masukan secara umum yang dapat dikemukakan di sini adalah :

  1. Perlunya guru memberikan ucapan salam baik normatif/standar atau keagamaan, untuk mendekatkan hubungan emosional antara guru, siswa dan prang tua dalam rangka memudahkan kita membiasakan siswa dalam melaksanakan tugas rutinitas kepada siswa
  2. Perlunya guru memuat penugasan untuk membiasakan kebiasaan positif kepada siswa secara konsisten seperti:
    • Bangun pagi, membersihkan dan merapikan tempat tidur
    • Membantu orang tua melaksanakan kegiatan kebersihan dan pekerjaan rumah lainnya
    • Melakukan kegiatan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan diri dan lingkungan, seperti sarapan, mandi, mebersihkan halaman dan lain-lain
    • Melakukan kegiatan sembahyang dan rutinitas keagamaan harian lainya
    • Mengerjakan penugasan terkait pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru
    • Mengisi waktu luang dengan membaca buku, majalah, koran dan berita di internet
    • Mengurangi waktu bermain game yang kurang baik
    • Menggunaka layanan medsos untuk kegiatan positif dan produktif, seperti menonton youtube yang bermanfaat, membaca informasi di facebook secara bijak
    • Meminta bimbingan orang tua atau guru jika mengalami masalah
    • Tetap berkomunikasi aktif dengan teman sesama siswa di kelas dan sekolahnya melalui media sosial dengan menggunakan bahasa yang baik.
  1. Perlunya guru selalu secara aktif menjalin komunikasi efektif dengan orang tua, sekedar menanyakan kabar siswa dan masalah yang mungkin meraka alami ketika proses belajar
  2. Perlunya guru memperhatika karakteristik siswa secara detail misalnya dengan ungkapan selamat ulang tahun kepada anak, yang akan memberi kesan hubungan emosional guru dengan siswa. Hal ini akan berdampak untuk memudahkan guru dalam menugaskan siswa dalam mengerjakan tugas pelajaran yang diberikan

loading...

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *