Landasan

Ada hal yang penting akan terjadi pada tahun 2045. Apakah itu? Saat itulah Indonesia memiliki sumber daya manusia produktif tersedia sangat melimpah. Generasi itulah yang disebut generasi emas. Melihat perkembangan karakter peserta didik, dilihat dari perkembangan kasus-kasus  intoleransi, kekerasan seksual, dan perundungan yang diistilahkah dengan 3 dosa pendidikan oleh Mas Menteri Nadiem Makarim. Hal ini menjadi tren nasional yang mengancam harapan pencapaian Indonesia Emas di tahun 2045. Maka dari itu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui lembaga Pusat Pengembangan Karakter telah mengembangkan berbagai strategi untuk mendukung menekan kasus-kasus ayng cenderung disebabkan oleh karakter siswa sebagai generasi penerus bangsa.

Salah satu kegiatan yang dirancang Puspeka adalah Kegiatan Diskusi Kelompok Terpumpun Penguatan Karakter Agen Penguatan Karakter Fasilitator dan Sahabat Karakter adalah kegiatan yang dilakukan oleh Pusat Pendidikan Karakter Kementerian Pendidikan Nasional yang dilaksanakanan bertempat di Hotel Amaroossa Grande Jalan Ahmad Yani No 88 Bekasi, yang dilaksanakan mulai tanggal 26 s/d 27 April 2021. Kegiatan yang dilakanakan oleh Pusat Penguatan Karatker Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2021.

Baca Juga

LOMBA SEKOLAH NADI BERSINAR DALAM PENGEMBANGAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

10 PERAN GURU MASA KINI, INTEGRASI PENGEMBANGAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA BERBASIS KELAS DALAM PEMBELAJARAN

DISKUSI KELOMPOK TERPUMPUN PUSPEKA PROFIL PELAJAR PANCASILA

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang mendukung Nawacita Pemerintah. Salah satu program Nawacitas adalah penguatan pendidikan karakter bangsa. Semangat gotong-royong antara berbagai unsur atau pIhak yang berkepentingan dengan dunia pendidikan utanya adalah pengembangan pendiikan karakter. Kegiatan yang mengikut sertakan Agen Penguatan Karakter, Sahabat Karakter, dan Fasilitator sebanyak 76 orang, yang terdiri dari 32 Agen Penguatan Karakter, 23 Fsilitaitro Pnguatan Karakter, 22 Sahabat Penguatan Karakter dan Staff Pusat Penguatan Karakter.

Tujuan

Adapun tujuan yang diharapkan dari kegiatan DKT “Penguatan Karakter dengan Agen Penguatan karakter, Sahabat Karakter dan Faslititator Pendidikan Keluarga adalah :

  1. Tersosialisasinya, kebijakan-kebijakan karakter di lingkungan Kemendikbud
  2. Tersosialisasinya Liga Kampanye Penguatan Karakter
  3. Terbangunnya kemitraan Agem Penguatan Karakter, Sahabat Karakter dan Fasilitator dengan Pusat Pengautan Karakter dalam upaya pelaksanaan program dan kebijakan penguatan karakter
  4. Adanya masukan untuk penyempurnaan Liga Kampanye Penguatan Karakter

Materi

Adapun materi DKT Penguatan Karakter dengan Agen Penguatan Karakter, Sahabat Karakter dan Fasilitator mengundang lima (5) narasumber dengan topik masing-masing narasumber adalah sebagai berikut :

  1. Kepala Pusat Penguatan karakter, dengan materi Kebijakan Tentang Merdeka Belajar
  2. Direktir Agama, Pendidikan dan Kebudayaan badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPENAS), menyampaikan materi tentang Grand Design Penguatan Pendidikan Karakter
  3. Kepala Pusat Asesemen dan Pembelajaran, menyampaikan tentang matari Assesemen dan Survey Karakter
  4. Tim Pusaka, Menyampakan tentang Sosialisasi Liga kampanye Penguatan Karakter.

Berikut link panduan kegiatan seperti di bawah ini.

 

Peristiwa

 

Berbincang dengan Kepala Puspeka Ir Hendarman, MSc.,Phd

 

Bersama Staff Puspeka Pak Taufik dan Kawan Peserta dari Belitung Pak Ares Paujiah

 

loading...

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *